Parenting Islami

14 Januari 2022

5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Dapat Dilakukan untuk Menyambut Ramadan

Salah satunya memperbanyak doa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di Indonesia, amalan malam Nisfu Syaban sudah menjadi tradisi dan kebiasaan. Menurut penelitian Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin, tradisi tersebut sering dilakukan setiap tahun pada hari ke 15 Syaban.

Kegiatannya meliputi pembacaan surat Yasin sebanyak tiga kali, berserta salat hajat untuk memohon dipanjangkan umur dan sentiasa dalam ketaatan, memohon juga untuk diluaskan rezeki dan dikurniai rezeki yang halal.

Selain itu, memohon untuk sentiasa ditetapkan dalam iman dan Islam. Hal ini karena adanya keyakinan dengan melakukannya, maka akan dikabulkan segala keinginan, dipermudah segala urusan, diberikan 10 kali lipat pahala dan terhindar dari kesulitan.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah Bulan Januari 2022 Yuk, Amalkan!

Keistimewaan Bulan Syaban

Bolehkah Sholat Tahajud sebelum Tidur? Ini Penjelasannya!

Foto: Orami Photo Stock

Bulan Syaban adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriyah yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Di Indonesia, malam Nisfu Syaban sering diperingati dengan ibadah khusus.

Sebenarnya, keistimewaan bulan Syaban ada di sepanjang bulan tersebut, bukan hanya di malam Nisfu Syaban saja. Sebab, bulan ini termasuk dalam salah satu bulan yang mulia.

Hal yang istimewa dari bulan ini adalah karena semua amalan akan dinaikan ke langit. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Usamah Bin Zaid ini:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Bulan Syaban (bulan antara Rajab dan Ramadan) adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR An-Nasa’i)

Banyak umat Islam yang merasakan kegembiraan saat bulan Syaban. Ini karena sebentar lagi akan bertemu dengan bulan Ramadan yang selalu dinanti.

Baca Juga: Terapkan 7 Tips Puasa Tanpa Sahur Berikut Ini Agar Tetap Semangat

Amalan Malam Nisfu Syaban Sesuai Sunnah

Seputar-Puasa-Arafah-yang-Wajib-Diketahui.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Terkait amalan Nisfu Syaban, bagaimana hukumnya? Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki mengatakan:

لكن لا مانع أن يضيف الإنسان إلى عمله مع إخلاصه مطالبه وحاجاته الدينية والدنياوية، الحسية والمعنوية، الظاهرة والباطنة، ومن قرأ سورة يس أو غيرها من القرآن لله تعالى طالبا البركة في العمر، والبركة في المال، والبركة في الصحة فإنه لا حرج عليه، وقد سلك سبيل الخير (بسرط أن لا يعتقد مشروعية ذلك بخصوصه) فليقرأ يس ثلاثا، أو ثلاثين مرة، أو ثلاث مئة مرة، بل ليقرأ القرآن كله لله تعالى خالصا له مع طلب قضاء حوائجه وتحقيق مطالبه وتفريج همّه وكشف كربه، وشفاء مرضه وقضاء دينه، فما الحرج في ذلك…؟.. والله يحب من العبد أن يسأله كل شئ، حتى ملح الطعام وإصلاح شسع نعله

Artinya: Tidak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salehnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca Surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta‘ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah.

Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salehnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut).”

Maka apapun amalan malam Nisfu Syaban, jika hal itu termasuk perkara yang baik dan ditujukan kepada Allah SWT, maka akan diterima dan diberikan ridha serta balasan dari Allah SWT.

Jadi, amalan yang sifat umum pun bisa dilakukan. Beberapa amalan malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan adalah:

Baca Juga: Yuk Ajarkan Doa Buka Puasa dan Maknanya pada Si Kecil, Intip di Sini!

1. Berpuasa

Sebelum menghadapi bulan puasa yang panjang di bulan Ramadan, Nabi Muhammad SAW lebih sering melakukan puasa sunnah di bulan Syaban.

Selain itu, bulan Syaban juga dekat dengan Ramadan, sehingga bagi siapapun yang memiliki hutang puasa bisa dilunasi di bulan ini. Terkait dengan hal ini, ‘Aisyah RA mengatakan:

كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِىَ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ

Artinya: “Aku masih memiliki utang puasa Ramadan. Aku tidaklah mampu mengqodho’nya kecuali di bulan Syaban.” (HR. Bukhari)

Sementara itu, dalil mengenai anjuran sering-sering berpuasa di bulan Syaban diriwayatkan oleh Aisyah RA saat berkata:

فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya: “Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Syaban.” (HR Bukhari)

2. Membaca Yasin

Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza fis Syaban menjelaskan bahwa amalan apapun yang baik dan ikhlas karena Allah SWT pada malam Nisfu Syaban akan tetap diberi pahala.

Salah satunya adalah membaca Yasin tiga kali, yang diiringi dengan berbagai macam permintaan. Caranya adalah dengan membaca surat Yasin seperti biasa sebanyak tiga kali.

Hanya saja saat membaca awal-awal surat, kita niatkan untuk permohonan tertentu. Misalnya, bacaan Yasin pertama diniatkan dengan memohon agar diberikan panjang umur dan penuh keberkahan.

Bacaan Yasin kedua diniatkan dengan memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari wabah dan bala’ serta diberikan rezeki yang berkah.

Sedangkan bacaan Yasin ketiga diniatkan dengan memohon kepada Allah SWT agar diberikan khusnul khatimah.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Tengah Bulan dengan Pahala Setara Setahun Puasa

3. Perbanyak Doa

Dilansir NU Online ada amalan malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan menurut kitab Madza fi Syaban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Anjuran berdoa ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR Al-Baihaqi).

4. Baca Kalimat Syahadat

Dari kitab yang sama, membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya dapat dilakukan karena termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله"

Artinya: “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah’, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

Baca Juga: Bolehkah Puasa di Hari Jumat? Ini Penjelasannya!

5. Memperbanyak Istigfar

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Meski begitu, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun.

Oleh karena itu, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan:

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya: “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya.

Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alqur’an dan hadits. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.”

Itulah penjelasan mengenai amalan malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan sebagai ‘pemanasan’ menjelang bulan Ramadan.

  • http://repository.uinjambi.ac.id/5031/1/NUR%20ADIBAH%20BINTI%20SAHUDDIN.pdf
  • https://islamkita.co/nisfu-syaban/
  • https://islami.co/nisfu-syaban-2020-di-rumah-saja-ini-amalan-malam-nisfu-syaban-yang-bisa-kamu-lakukan-di-rumah/
  • https://nu.or.id/ubudiyah/tiga-amalan-utama-pada-malam-nisfu-syaban-WGAgP
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait