01 Maret 2022

13 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik untuk Anak, Moms Harus Coba!

Ajari anak agar lebih mahir berbahasa Inggris dengan pilihan aplikasi ini

Belajar bahasa Inggris tak harus kursus bertatap muka di tempat les. Sekarang sudah ada aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa dengan mudah diunduh di ponsel pintar.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh negara untuk berkomunikasi satu sama lain.

Tidak hanya untuk bekerja saja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap kali dihadapkan dalam situasi yang melibatkan penggunaan bahasa Inggris.

Misalkan saja saat melihat kemasan produk tertentu yang keterangan atau deskripsinya menggunakan bahasa Inggris. Tak heran kalau kemampuan bahasa Inggris sangatlah diperlukan.

Baca Juga: 3 Lagu Bahasa Inggris untuk Bayi, Yuk Coba!

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Mudah Digunakan

Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris sangat mudah digunakan dan kebanyakan tersedia secara gratis, lho Moms!

Moms bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu repot datang ke tempat les bahasa Inggris.

Selain itu, Moms juga dapat menggunakan lebih dari satu aplikasi belajar bahasa Inggris supaya bisa cepat menguasainya.

Berikut ini rekomendasi 13 aplikasi yang bisa digunakan secara online dan offline, serta mudah digunakan yang patut Moms lirik.

1. Babbel

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Babbel
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Babbel (apps.apple.com)

Foto: apps.apple.com

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama adalah Babbel. Babbel ini memiliki beragam fitur menarik yang bisa memudahkan Moms dalam belajar bahasa Inggris.

Ada fitur yang bisa dipilih dalam tujuan penggunaannya, baik itu untuk percakapan harian atau untuk memperkaya kosakata, dan lain sebagainya.

Selain bahasa Inggris, Babbel juga menyediakan layanan belajar bahasa asing lainnya. Mulai dari bahasa Jerman, Spanyol, Rusia, Italia, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Babbel membutuhkan sekitar 26 MB kapasitas memori untuk pengunduhannya.

Baca Juga: 6 Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak

2. Duolingo

Sebagian besar orang mungkin sudah mengenal aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini, yakni Duolingo. Aplikasi Duolingo memiliki fitur belajar bahasa Inggris yang cukup lengkap.

Dari aplikasi ini, kita bisa mengasah kemampuan untuk mengucapkan (pronunciation), belajar kosa kata baru (dictionary), hingga melatih skill mendengar (listening) dalam bahasa Inggris.

Pada aplikasi Duolingo, Moms juga bisa menguji sejauh mana kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris karena ada kuis dengan gambar interaktif yang bisa diikuti setiap harinya.

Duolingo juga menyediakan fitur alarm untuk menentukan target belajar penggunanya. Jadi Moms bisa belajar bahasa Inggris dengan rutin seperti sedang dipantau oleh guru.

Aplikasi ini hanya membutuhkan memori sekitar 14 MB untuk mengunduhnya pertama kali.

Selain bahasa Inggris, Duolingo juga memiliki pembelajaran bahasa asing lainnya seperti bahasa Spanyol, Perancis, Mandarin, Jerman, Italia, dan masih banyak lagi.

3. Beelinguapp

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Beelinguapp
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Beelinguapp (beelinguapp.com)

Foto: beelinguapp.com

Beelinguapp juga direkomendasikan sebagai salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang mudah dan cepat.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah menggunakan konsep story telling yang membuat kita lebih mudah mencerna pembelajaran.

Jadi nantinya kita akan belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris, lalu di sebelahnya akan ada cerita dalam bahasa Moms sendiri.

Selain fitur tersebut, ada fitur karaoke style yang memudahkan saat membaca sambil mendengar pronunciation kata atau kalimat yang sedang dibacakan.

Belajar bahasa Inggris pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Beelinguapp hanya membutuhkan memori sekitar 13 MB ketika mengunduhnya di ponsel.

4. Memrise

Selanjutnya ada Memrise yang merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris dengan ribuan video pembelajaran, permainan memori, hingga fitur berbicara kepada native speaker.

Aplikasi ini memiliki jutaan pengguna dan masing-masing pengguna bisa saling berinteraksi dengan sesama untuk mengobrol serta menanyakan perkembangan belajar bahasa Inggris satu sama lain.

Dari aplikasi Memrise ini, Moms juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya seperti bahasa Spanyol, Jerman, Perancis, Italia, China, Korea, dan Jepang.

Untuk mengunduhnya dibutuhkan memori hanya sebesar 10 MB saja sehingga aplikasi Memrise ini sangat ringan digunakan.

Baca Juga: Sekilas Sejarah Bahasa Indonesia yang Bisa Moms Beritahu pada Anak

5. Grammarly

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Grammarly
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Grammarly (grammarly.com)

Foto: grammarly.com

Aplikasi belajar bahasa Inggris berikutnya adalah Grammarly yang bisa membantu penggunanya dalam belajar bahasa Inggris, terutama dalam hal menulis (writing).

Ketika aplikasi Grammarly terpasang dalam ponsel pengguna, Grammarly akan menggantikan fungsi keyboard default pada ponsel Moms. Dengan begitu, ejaan bahasa Inggris bisa langsung dicek ketika kita menuliskannya dalam pesan.

Selain itu, aplikasi Grammarly ini mampu mendeteksi konteks yang terkandung di dalam sebuah kalimat. Jadi, nantinya usulan ejaan bisa disesuaikan tergantung dengan konteks kalimat yang diketik oleh Moms.

Grammarly ini sangat membantu ketika kita sedang menulis surat maupun pesan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu banyak yang menggunakannya.

Untuk mengunduh Grammarly, dibutuhkan memori dalam ponsel sekitar 95 MB.

6. HelloTalk

Kita beralih ke HelloTalk yang juga merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris. Keunikan dari HelloTalk ini adalah menyediakan fitur obrolan (chatting) di dalamnya.

Jadi, Moms bisa berinteraksi dengan banyak pengguna HelloTalk yang asalnya dari negara-negara lain. Perbedaannya dari aplikasi lain, saat Moms mengetik pesan, setiap kata yang diketik akan dideteksi dan dikoreksi oleh sistem HelloTalk.

Selain itu, dalam HelloTalk akan ada fitur konversi suara ke teks dan juga sebaliknya. Kalimat yang diucapkan atau dituliskan juga bisa langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Selain bahasa Inggris, ada ratusan bahasa asing lainnya yang juga bisa Moms gunakan dalam HelloTalk ini. HelloTalk bisa diunduh dengan menyiapkan memori sebanyak 87 MB di ponsel.

Baca Juga: Ayo Lestarikan Budaya Indonesia, Ini 15 Tarian Tradisional Jawa Timur

7. Busuu

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Busuu
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Busuu (www.busuu.com)

Foto: www.busuu.com

Busuu adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Moms dan Si Kecil. Mulai dari vocabulary, grammer, hingga speaking.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah Moms bisa mendapatkan feedback dari native speaker bahasa Inggris sehingga kemampuan bahasa Inggris bisa dievaluasi setiap harinya.

Fitur dalam aplikasi Busuu ini ada sesi percakapan, penulisan, serta pengulangan materi setiap harinya. Busuu membutuhkan memori sebanyak 23 MB untuk menyimpannya di ponsel.

8. BBC Learning English

Buat yang ingin belajar bahasa Inggris sehari-hari, ada aplikasi BBC Learning English yang bisa Moms coba.

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini memiliki keunggulan fitur mini daily lesson yang merupakan materi pengajaran dalam waktu tiga menit saja.

BBC Learning English juga menawarkan keterampilan mendengar dan pelafalan yang mudah dipelajari. Untuk mengunduhnya, sediakan memori cukup 6 MB saja di ponselmu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penjual Kurban Online, Idul Adha Sebentar Lagi

9. Cake

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris cake
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris cake (play.google.com)

Foto: play.google.com

Mendengar nama cake, apa yang terlintas dalam benak Moms? Pastinya dessert atau kue. Cake di sini bukanlah nama makanan melainkan nama aplikasi belajar bahasa Inggris.

Cake menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang nantinya akan disampaikan melalui sebuah video. Dalam video ini akan ada materi yang diucapkan dalam bahasa Inggris dan disertai dengan bahasa Indonesia.

Aplikasi ini juga bisa membantu Moms dalam mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan fitur Al Speech Recognition.

Jadi, pengguna dapat melafalkan kalimat dalam bahasa Inggris dan langsung mendapatkan koreksi dari aplikasi, apakah kalimat yang diucapkan benar atau tidak.

Cake juga menyediakan fitur kuis untuk mengasah dan menguji kemampuan bahasa Inggris Moms serta memantau sejauh mana Moms bisa menyerap materi pembelajaran yang disampaikan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Cake, Moms harus menyediakan tempat di ponsel sebanyak 10 MB.

10. Drop: Learn English

Drop: Learn English adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan dua metode pembelajaran bahasa Inggris, yakni Inggris British (UK) dan Inggris Amerika Serikat (US).

Kedua jenis bahasa Inggris ini memang ada perbedaan, baik itu dari segi kosakata, pengucapan, maupun pelafalannya. Moms bisa memilih mana yang ingin dipelajari.

Kebanyakan orang memilih aplikasi ini untuk mempelajari Inggris British (UK).

Nantinya Moms akan dipantau setiap harinya, sejauh mana pembelajaran yang sudah dipelajari, baik itu dari penguasaan kosakata, penulisan, hingga pelafalan.

Dibutuhkan kapasitas memori ponsel sebesar 39 MB supaya dapat mengunggah aplikasi Drop: Learn English.

Baca Juga: 7 Ragam Resep Tempe Goreng Menggugah Selera, Moms Wajib Coba!

11. Rosetta Stone

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Rosetta
Foto: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Rosetta (rosettastone.com)

Foto: rosettastone.com

Rosetta Stone adalah salah satu pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris yang juga sangat populer digunakan. Aplikasi ini khusus berfokus pada pengucapan dan perbincangan.

Rosetta Stone memiliki kelebihan belajar penguasaan bahasa Inggris dalam waktu singkat. Dibutuhkan kurang lebih 10 menit setiap harinya untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Di sini akan ada fitur mengenai pembelajaran kosakata dasar yang digunakan dalam kehidupan sehari-sehari seperti obrolan saat berbelanja, bepergian, bekerja, dan lain sebagainya.

Selain bahasa Inggris, Moms juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, dibutuhkan kapasitas memori sebesar 59 MB.

12. FluentU

Di antara berbagai jenis aplikasi belajar bahasa Inggris, FluentU mungkin salah satu aplikasi dengan teknik pembelajaran yang memiliki keunikan tersendiri.

Aplikasi ini menerapkan metode pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan video autentik, seperti video musik, cuplikan film, dan berita yang tingkatnya dapat dipersonalisasi.

Ini berarti Moms dapat memilih jenis materi mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Moms yang lebih condong belajar dengan menggunakan metode audio visual, sebab selain proses pemahaman akan lebih cepat, penggunaan aplikasi ini juga menyenangkan.

FluentU tersedia di IOS dan Android, dan dapat diunduh dengan ukuran sekitar 79 MB.

Baca Juga: 7 Website Edukasi Luar Negeri untuk Si Kecil, Cocok untuk belajar Bahasa Inggris!

13. EWA: Learn English & Spanish

EWA: Learn English & Spanish
Foto: EWA: Learn English & Spanish

Foto: play.google.com

Aplikasi belajar bahasa Ingrris yang terakhir ada EWA yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Spanyol.

Aplikasi ini menggunakan cuplikan dari film dan acara televisi sebagai metode untuk meningkatkan penggunaan grammar dan keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Pembelajarannya terbagi menjadi beberapa topik, yaitu:

  • Pemula
  • Tingkat terampil
  • Bahasa Inggris tingkat lanjut
  • Bahasa Inggris untuk perjalanan
  • Bahasa Inggris untuk bisnis
  • Grammar
  • dan lain-lain.

EWA: Learn English & Spanish tersedia dan bisa diunduh secara gratis di IOS dan Android, dengan ukuran aplikasi sekitar 67 MB.

Itulah beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa Moms donwload dan dijadikan sebagai alat untuk pembelajaran di rumah bersama Si Kecil. Selamat belajar!

  • https://www.educationalappstore.com/best-apps/5-best-apps-for-english-language-learners
  • https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/aplikasi-belajar-bahasa-inggris/
  • https://www.suara.com/tekno/2021/02/19/213000/lagi-belajar-bahasa-inggris-5-aplikasi-android-ini-bisa-diandalkan
  • https://www.fluentu.com/blog/english/best-apps-for-learning-english/
  • https://tofluency.com/apps-learn-english/
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ewa.ewaapp

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb