Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Benarkah Ibu Hamil Sedih, Bayi di Perut Ikut Sedih? Lihat Juga 4 Efek Buruk Lainnya

Bagikan


Benarkah Ibu Hamil Sedih, Bayi di Perut Ikut Sedih? Lihat Juga 4 Efek Buruk Lainnya

Banyak yang mengatakan ibu hamil seringkali merasa lebih sensitif dan mudah emosi. Baik marah, cemburu maupun sedih.

Ketidakstabilan emosi yang dialami oleh wanita hamil ini memang merupakan hal yang wajar, karena adanya hormon yang dihasilkan serta perubahan bentuk fisik. Tak jarang pula ketidakstabilan emosi ini diakhiri dengan menangis.

Baca Juga : Mengapa Ibu Hamil Lebih Sensitif dan Mudah Marah?

Namun, seringkali ibu hamil disarankan agar jangan terlarut dalam kesedihan berlama-lama. Pasalnya, hal itu bisa mempengaruhi calon bayi yang Moms kandung jadi ikut bersedih.

Apa iya demikian?

Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya selama mengandung Moms ingat harus menjaga janin yang sedang dalam masa perkembangan dengan baik. Sebab Si Kecil dalam rahim Moms sedang mengalami perkembangan pesat baik dari sel-sel otak maupun organ tubuhnya.

Janin tak hanya mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari makanan yang Moms konsumsi, tapi ia juga menyerap emosi sang ibu. Dengan kata lain, jika Moms bersedih dan mengalami tingkat stres yang tinggi maka akan mempengaruhi janin. Antara lain:

1. Perkembangan Otak

Ketika Moms mengalami stres yang berlebihan, perkembangan otak janin akan terganggu. Hal ini dikarenakan mereka ikut merasakan tak nyaman. Dimana hal ini nantinya akan berefek pada psikologis mereka saat menuju dewasa, seperti menjadi sosok yang penakut maupun cengeng. 

Baca Juga : 10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

2. Keguguran

Kesedihan yang Moms alami karena stres dapat membuat kondisi janin menjadi lemah, terlebih ketika usia kandungan masih sangat muda. Kondisi kandungan yang melemah akan meningkatkan risiko keguguran bagi janin Moms.

3. Bayi Lahir Prematur

Kondisi janin akan berbeda bila kehamilan sudah memasuki masa yang lebih tua, efek dari kesedihan atau rasa stress Moms dapat membuat plasenta banyak mengeluarkan hormon pelepas kortikotropin (CRH).

Hormon ini merupakan hormon yang berfungsi sebagai pengatur jangka waktu kehamilan. Jika hormon ini di produksi  secara terus menerus oleh plasenta, akan mempercepat jangka waktu kehamilan Moms. 

4. Berkurangnya Suplai Oksigen

Efek terakhir yang dapat terjadi bila Moms sedih dan menangis adalah terhambatnya sirkulasi oksigen untuk janin. Mengapa demikian? Karena saat Moms menangis dan stres, pembuluh darah akan berikatan dengan kuat yang disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon Norepinephrine dang mengurangi sirkulasi oksigen untuk janin.

Baca Juga : 4 Cara Ayah Hadapi Mood Swing Ibu Hamil

Tips agar Ibu Hamil Tidak Stres

Mengingat sejumlah efek buruk dapat terjadi pada janin Moms bila mengalami stres saat hamil, ada baiknya Moms menyimak sejumlah tips berikut guna menghindari stres:

Pertama, jangan pendam sendirian apapun yang Moms rasakan, cobalah untuk berbagi cerita dengan suami atau kerabat terdekat guna mengurangi beban Moms

Kedua, saat hamil bukan berarti Moms berenti berolahraga. Maka, lakukanlah olahaga ringan untuk membuat otak jauh lebih fresh.

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran adalah meditasi atau yoga, selain menenangkan pikiran, yoga sekaligus menjadi alternatif olahraga yang relatif aman untuk ibu hamil.

Terakhir Moms harus mampu mengatur pola makan dengan baik serta istirahat yang cukup agar asupan nutrisi terpenuhi dan badan tak lelah.

Baca Juga : Cara Instan Meredakan Amarah

Setiap orang mengingkan kehamilan yang indah dan lancar, untuk itu mulailah untuk menghindari segala pikiran yang dapat membebani Moms dan berefek buruk pada kehamilan.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.