14 Februari 2022

Birthing Ball untuk Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya

Yuk, gunakan birthing ball untuk redakan nyeri saat hamil dan bantu lancarkan proses melahirkan

Birthing ball atau yang disebut juga bola bersalin merupakan bola yang digunakan untuk melakukan gerakan-gerakan yang bermanfaat dalam persiapan proses persalinan. Bola ini dapat memberi sejumlah manfaat yang baik untuk Moms yang sedang hamil.

Pada umumnya, manfaat dari penggunaan bola ini adalah untuk meringankan nyeri selama masa kehamilan, persalinan, serta nyeri vagina yang dialami setelah persalinan. Yuk, kenali lebih lanjut tentang bola bersalin ini!

Baca Juga: 20 Mitos Kehamilan yang Masih Dipercaya, Wajib Tahu Faktanya!

Cara Memilih Ukuran Birthing Ball yang Tepat

cara memilih ukuran birthing ball
Foto: cara memilih ukuran birthing ball

Foto: motherandbaby.co.uk

Birthing ball terbuat dari bahan anti selip dan tidak akan pecah, serta tidak licin jika berada di lantai. Saat dipompa, ukuran bola ini dapat menjadi 65 hingga 75 cm.

Bola bersalin merupakan metode non-farmakologi yang dapat memberikan efek pereda nyeri yang signifikan selam proses persalinan. Selain itu, bola ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau obat-obatan. Sehingga aman digunakan selama masa kehamilan.

Gerakan-gerakan yang dilakukan pun terbukti dapat menjaga keseimbangan tubuh.

Untuk menggunakan bola ini, Moms perlu memilih ukuran yang tepat sesuai dengan tinggi badan. Saat menggunakannya, pastikan agar lutut harus berada sekitar 10 cm lebih rendah dari pinggul saat duduk di atasnya. Untuk memilih ukuran yang sesuai perhatikan hal ini:

  • Bagi yang memiliki tinggi hingga 173 cm ke bawah, dapat menggunakan bola dengan ukuran diameter 65cm.
  • Bagi yang memiliki tinggi lebih dari 173 cm, dapat memilih bola dengan ukuran diameter 75 cm.

Untuk berat badan, Moms tidak perlu khawatir, sebab bola bersalin yang berkualitas baik telah diuji dapat menopang beban hingga 300 kg.

Cukup kuat, bukan?

Baca Juga: Aturan dan Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil

Cara Menggunakan Birthing Ball

cara menggunakan birthing ball
Foto: cara menggunakan birthing ball

Foto: Freepik.com/standret

Moms bisa menggunakan birthing ball sejak usia kehamilan berapa saja. Akan tetapi, manfaatnya akan lebih terasa jika dilakukan pada usia kehamilan 32 minggu. Berikut ini cara menggunakannya saat masa kehamilan, antara lain:

1. Duduk di Atas Bola

Duduklah di atas bola dengan meletakkan kaki selebar bahu. Setelah itu, lakukan gerakan-gerakan seperti bergoyang dari sisi ke sisi atau gerakan melingkar.

Gerakan ini membantu Moms meregangkan tubuh, serta membuat bayi berada dalam posisi yang baik untuk lahir. Pastikan tubuh tertopang dengan baik saat melakukan gerakan.

2. Menyandarkan Punggung pada Bola

Posisi bersandar pada bola dapat dilakukan selama masa kehamilan hingga menjelang melahirkan. Bergoyanglah ke depan dan ke belakang saat posisi bersandar dapat membantu meregangkan bagian punggung bawah dan punggung atas.

Perenggangan ini membantu meringankan nyeri punggung yang biasanya diderita oleh ibu hamil. Posisi ini dapat dilakukan di lantai atau di tempat tidur.

Moms tidak perlu khawatir, sebab selama posisi bola tetap stabil, maka aman untuk dilakukan.

3. Menyandarkan Bagian Tangan, Kepala dan Dada pada Bola

Moms bisa meletakkan bola di lantai, lalu sandarkan tangan, kepala, hingga dada pada bola. Bertumpulah pada lutut di lantai. Ini dapat membantu janin berada pada posisi yang tepat untuk melahirkan.

Selama posisi tersebut, Moms bisa mendapatkan kenyamanan saat bersandar ke depan. Saat menggunakan posisi ini, Moms perlu memastikan bahwa tubuh berada cukup tertopang bola agar tetap aman.

Baca Juga: 5 Kebutuhan Dasar Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi, Dads Juga Wajib Tahu!

Manfaat Birthing Ball

manfaat birthing balls
Foto: manfaat birthing balls (Orami Photo Stock)

Foto: motherandbaby.co.uk

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Pregnancy and Childbirth tahun 2019, para peneliti mengungkapkan gerakan yang dilakukan menggunakan birthing ball dapat meredakan nyeri, meningkatkan fleksibilitas serta memperbaiki posisi janin.

Selain itu, latihan dengan bola ini dapat membantu ibu hamil memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan. Dengan melakukan gerakan-gerakan yang disarankan, Moms dapat memperoleh banyak manfaat, lho! Berikut ini manfaat yang perlu diketahui.

1. Pereda Nyeri

Selama masa kehamilan, nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti punggung, dan pergelangan kaki, telah menjadi masalah umum bagi ibu hamil.

Untuk mengatasi hal tersebut, Moms yang sedang hamil bisa menggunakan bola bersalin.

Penggunaan bola ini selama kehamilan dapat membantu meredakan tekanan pada tulang belakang, nyeri punggung, serta mampu menunjang kesehatan lutut dan pergelangan kaki.

2. Dapat Membantu Olahraga untuk Menjaga Berat Badan

Masa kehamilan umumnya dapat membuat berat badan ibu hamil meningkat dengan pesat. Untuk mencegah kelebihan berat badan, penting untuk tetap melakukan olahraga ringan guna membakar lemak tubuh.

Salah satu olahraga ringan, serta aman yang bisa Moms gunakan adalah berolahraga dengan bola bersalin ini.

Tidak hanya memberi kenyamanan saat berolahraga, menggunakan bola bersalin juga mampu menjaga postur tubuh yang baik dan keseimbangan tubuh, serta melatih otot perut.

Hal tersebut terjadi karena melakukan gerakan memantul di atas bola dapat membuat otot perut dan punggung secara otomatis akan bekerja keras dalam membuat tubuh agar tetap tegak.

Selain itu, melakukan gerakan di atas bola juga dapat membantu mendistribusikan berat badan tubuh menjadi lebih merata.

3. Melenturkan Panggul saat Persalinan

Manfaat selanjutnya yaitu dapat melenturkan panggul.

Penggunaan bola bersalin rupanya juga dapat mendorong pembukaan otot panggul atau jalan lahir. Hal ini dapat memudahkan calon bayi menuju ke jalan lahir saat proses persalinan.

4. Mengurangi Nyeri Persalinan

Bola ini dapat digunakan juga ketika sesaat sebelum proses persalinan berlangsung.

Sebelum itu, pastikan agar bola telah mengembang sempurna, sehingga jika duduk di atas bola, pinggul berada lebih tinggi daripada lutut.

Posisi tersebut dapat membuat ibu hamil dapat mencondongkan tubuh ke depan, hingga mengayun ke depan dan ke belakang, guna melebarkan panggul, serta meregangkan leher rahim selama proses persalinan.

Baca Juga: 15 Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar Persalinan Lancar Yuk, Coba!

Itu dia manfaat serta cara menggunakan birthing ball bagi ibu hamil. Semoga dapat membantu Moms dalam menjalani kehamilan dan proses persalinan, ya!

  • https://www.thebirthcollective.org/how-to-use-a-pregnancy-ball-and-the-benefits/
  • https://www2.hse.ie/wellbeing/pregnancy-and-birth/labour/preparing/birthing-balls/
  • https://www.babycentre.co.uk/a1048463/using-a-birthing-ball
  • https://www.tommys.org/using-birth-ball
  • https://www.verywellfamily.com/labor-positioning-with-a-birth-ball-2759019
  • https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy/labour-birth/birthing-balls/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb