Kesehatan

20 Juni 2021

Apa Itu Body Goals dan Bagaimana Mendapatkannya?

Sering lihat komentar body goals di media sosial? Ini dia artinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Seiring dengan maraknya kampanye kesehatan dan pola hidup seimbang, banyak orang yang mengagungkan bentuk tubuh idaman atau yang sering dikenal dengan body goals.

Tren ini muncul untuk mengajak orang memperhatikan kesehatan dan mempertahankan bentuk tubuh yang sehat. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mencapai body goals?

Body Goals

Dalam penelitian Rising Burden of Obesity in Asia di tahun 2010, menemukan kegemukan dan obesitas telah mencapai proporsi epidemik di berbagai negara di Asia.

Obesitas telah diketahui berkaitan erat dengan berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan jantung, dimana para usia pengidapnya pun semakin muda, terutama di negara-negara barat.

Tidak hanya pada orang dewasa, penyakit-penyakit ini pun mulai muncul pada anak-anak. Penyebab paling umum yang ditemukan berhubungan dengan perubahan gaya hidup yang kurang sehat.

Saat ini mudah sekali untuk mengakses berbagai informasi terutama dalam bidang kesehatan. Terdapat berbagai gerakan media sosial daring yang mempromosikan bentuk ideal tubuh yang sehat.

Alasan mendasar munculnya gerakan ini agar masyarakat bisa beralih ke pola hidup yang sehat dan memiliki kondisi tubuh yang bugar.

Sebagian negara bahkan mengerahkan kampanye hidup sehat guna menekan angka penyakit akibat obesitas yang terus bertambah.

Berdasarkan American Journal of Men's Health tahun 2019, aspek terpenting dari body goals adalah menitikberatkan pada daya tarik yang ada pada diri sendiri demi mencapai citra diri yang diidamkan.

Masing-masing orang tentunya memiliki motivasi yang berbeda untuk berolahraga, tetapi untuk mencapai body goals impian memang diperlukan konsistensi dan kedisiplinan.

Baca Juga: 4 Gerakan Yoga untuk Mengencangkan Paha

Cara Mendapatkan Body Goals

Pada dasarnya, berolahraga secara rutin dan menjalani gaya hidup sehat akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Tetapi sebagai bonus dari latihan tertentu yang dilakukan rutin, tubuh akan terbentuk dengan otot-otot yang lebih kuat dan kencang sehingga menciptakan body goals.

Mungkin Moms dan Dads memiliki body goals impian masing-masing. Namun, pilihlah cara yang aman dan sehat untuk mewujudkannya.

Merujuk pada Finding Uphoria, ada beberapa cara mendapatkan body goals yang sehat, yaitu:

1. Memahami Motivasi Membentuk Body Goals

Cari motivasi kuat untuk body goals

Foto: freepik.com

Cara mendapatkan body goals pada intinya adalah tergantung pada motivasi.

Apa yang memotivasi Moms dan Dads untuk melakukan kegiatan berolahraga demi mencapai body goals harus menjadi dasar yang kuat dalam melaksanakannya.

Motivasi yang kurang kuat, akan membuat Moms dan Dads akan terhenti di tengah jalan.

Contoh motivasi yang bisa digunakan adalah menentukan target berat badan atau massa otot tertentu yang ingin dicapai.

2. Fokus Pada Proses Diri Sendiri

Fokus pada diri sendiri tentu akan membuat perjalanan dalam membentuk body goals impian menjadi lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Tidak perlu membandingkan keadaan diri dengan orang lain. Sebab tidak semua orang memiliki kondisi yang sama, baik secara fisik, mental, dan situasi yang dijalani. Bahkan tingkat kebugaran orang tidak ada yang pernah sama.

Moms dan Dads pastinya lebih mengenal kondisi tubuh sendiri. Sehingga satu-satunya pesaing yang Moms dan Dads harus hadapi adalah diri sendiri. Fokuslah untuk membuat diri sendiri jadi lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Body goals perlu gaya hidup sehat

Foto: freepik.com

Mendapatkan body goals bukan hanya tentang latihan fisik belaka. Makanan yang bernutrisi dan seimbang berperan penting dalam membentuk tubuh yang sehat.

Usahakan dengan menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak, minyak jenuh, gula, dan garam berlebih.

Pastikan Moms dan Dads lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur dan protein.

Moms dan Das juga perlu lebih banyak minum air putih. Minimum konsumsi air putih yang dianjurkan per harinya adalah 1,5 liter per hari, bahkan lebih banyak ketika Moms dan Dads berolahraga.

Tidak ketinggalan pula jam tidur yang cukup dan pengelolaan stres agar tidak berlebihan.

4. Komitmen dan Konsisten Waktu

Kesalahan yang sering menghambat kemajuan untuk mendapatkan body goals adalah menentukan waktu olahraga yang tidak realistis.

Tidak perlu melakukan latihan yang berlebihan demi mencapai body goals dalam waktu yang singkat. Namun, tentukanlah waktu yang konsisten sehingga bisa berolahraga dengan lebih fokus dan optimal.

Jika Moms memiliki pekerjaan full-time sekaligus mengurus rumah tangga, mungkin sulit rasanya untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Tetapi tidak perlu gundah dan merasa kesulitan.

Cobalah untuk menyediakan waktu berolahraga setidaknya 3 hari selama seminggu dan pertahankanlah jadwal tersebut.

Tak perlu secara tiba-tiba memaksa untuk berolahraga lebih dari waktu yang ditargetkan.

Menambah durasi olahraga dalam satu waktu hanya akan membuat Moms cepat kelelahan dan berhenti di tengah jalan.

Misalnya Moms hanya memiliki waktu 2 jam berolahraga, maka cobalah untuk konsisten tetap berolahraga selama 2 jam pada hari berikutnya.

Menjalani pola hidup sehat dengan konsisten akan membuat bentuk tubuh bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

5. Cari Partner dalam Berolahraga

Olahraga berdua lebih termotivasi

Foto: freepik.com

Bagi sebagian orang akan lebih fokus berolahraga sendiri saja.

Tetapi, bila Moms dan Dads ingin lebih termotivasi dalam berolahraga, carilah partner yang bisa diajak untuk berolahraga bersama.

Biasanya orang yang berada di gym adalah orang yang memiliki motivasi diri yang kuat. Berolahraga di tempat khusus seperti gym juga turut menambah semangat dan lebih fokus dalam berolahraga.

6. Lakukan Latihan yang Disukai

Jika Moms dan Dads melakukan latihan yang tidak sukai, hasilnya tidak akan maksimal dan hanya akan menyiksa diri sendiri.

Tujuan berolahraga adalah untuk mencapai body goals yang bugar. Namun, jika melatih otot yang sama secara terus menerus setiap hari tentu terasa membosankan dan tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, cobalah melakukan latihan seluruh tubuh atau fokus ke bagian tubuh yang berbeda setiap hari dengan melakukan latihan sirkuit atau latihan interval.

Bagi Moms dan Dads yang masih pemula, lakukanlah latihan yang sederhana karena tubuh akan merespons latihan lebih cepat.

Latihan sederhana yang dapat dilakukan misalnya squat, hip thrust, sit up, push up, row dan press, dapat melatih banyak otot sekaligus.

Apabila sudah terbiasa, Moms dan Dads dapat menantang diri sendiri untuk melakukan latihan yang lebih berat.

Namun, segera hentikan bila Moms dan Dads merasa latihan tersebut terlalu menyiksa dan tidak cocok dengan kemampuan.

7. Belajar Menerima

Menerima tubuh sendiri

Foto: freepik.com

Ketika baru pertama kali dimulai, hasil latihan mungkin tidak akan langsung terlihat, karena cara mendapatkan body goals tidak mungkin dicapai dalam waktu singkat.

Bahkan mungkin ada yang telah menjalaninya selama beberapa bulan namun tidak menunjukkan banyak perubahan penampilan.

Moms dan Dads juga perlu bisa menerima kenyataan bahwa proses untuk mencapai tubuh ideal mungkin memerlukan waktu yang lebih lama daripada target awal yang ditetapkan.

Jangan mudah berputus asa atau menyerah untuk mencapainya. Lakukan evaluasi dan konsultasikan kepada ahlinya bila perlu agar mengetahui apa yang salah dan perlu diperbaiki ke depannya. Hal ini perlu dilakukan agar Moms dan Dads dapat mencapai hasil dari latihan selama ini.

Baca Juga: 7 Latihan Peregangan untuk Atasi Bahu Kaku, Coba Sekarang!

Tidak ada yang instan untuk cara mendapatkan body goals. Bagi Moms dan Dads yang ingin mencapai body goals masing-masing, penting untuk melakukannya dengan cara yang sehat dan benar.

  • https://findinguphoria.com/12-beginner-fitness-tips-to-help-you-reach-your-body-goals/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31775566/
  • https://www.hindawi.com/journals/jobe/2010/868573/
  • https://thevarsity.ca/2018/06/27/what-is-the-true-meaning-of-reasonable-body-goals/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait