Di atas 5 tahun

20 Oktober 2021

5 Cara Fokus Belajar, Yuk Moms Ajarkan pada Si Kecil!

Fokus dapat membuat proses belajar lebih efektif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Belajar termasuk salah satu kewajiban seorang anak usia sekolah. Namun, mempertahankan konsentrasi dalam jangka waktu tertentu mungkin bisa menjadi sulit bagi beberapa anak. Oleh karena itu, Moms mungkin bisa mencoba cara fokus belajar berikut.

Konsentrasi atau fokus merupakan komponen penting dalam proses belajar sehingga anak dapat menyerap ilmu pengetahuan dengan efektif.

Namun, beberapa gangguan bisa saja memecah fokus belajar mereka.

Apabila anak Moms termasuk individu yang cukup sulit untuk fokus, coba terapkan cara fokus belajar di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Fokus Belajar

Ini dia cara fokus belajar yang bisa Moms ajarkan pada anak di rumah.

Meski cara berikut tidak selalu berhasil, tetapi bisa disesuaikan dengan preferensi atau gaya belajar anak. Dengan mencoba salah satunya, anak Moms mungkin bisa menemukan teknik yang paling sesuai bagi mereka.

1. Buat Jadwal Belajar

jadwal belajar

Foto: Pexels/Monstera

Cara fokus belajar yang pertama, yakni membuat jadwal belajar agar anak dapat benar-benar fokus dalam meluangkan waktu dan energinya.

Dengan menerapkan jadwal belajar, anak pun akan memiliki rutinitas yang pasti. Ia pun akan lebih mudah untuk fokus belajar dan mencapai tujuannya.

Hal ini karena aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus dapat membantu anak untuk konsisten.

Jadwal belajar juga dapat membuat anak mengerti cara manajemen waktu mereka dengan baik.

Selain itu, jadwal belajar bisa membantu Moms dalam mengecek seberapa jauh anak berkembang. Jadi, jika dirasa ada sesuatu yang masih kurang, jadwal belajar mungkin bisa ditingkatkan intensitasnya sehingga lebih efektif.

Tidak hanya menetapkan jadwal belajar saja, Moms perlu mempertimbangkan waktu istirahat di sela-sela waktu belajar anak. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan fokus dan kesehatan tubuh.

Dalam membuat jadwal belajar, coba ajak anak untuk terlibat agar mereka lebih nyaman menjalaninya. Tulislah jadwal di kertas warna dan beri dekorasi menarik untuk memicu semangat.

Baca Juga: 10 Aplikasi Belajar Online, Cocok untuk Anak Saat di Rumah Saja

2. Menghindari Gangguan

cara fokus belajar - menghindari gangguan

Foto: Orami Photo Stock

Cara fokus belajar selanjutnya, yakni pastikan anak Moms terhindar dari berbagai sumber gangguan.

Melansir Oxford Summer Courses, rata-rata individu membutuhkan waktu selama 23 menit untuk kembali fokus pada pekerjaan setelah diganggu.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mencegah gangguan tersebut. Misalnya, dengan mematikan TV, video game, atau komputer saat anak sedang belajar.

Usahakan agar perangkat elektronik tersebut jauh dari jangkauan anak agar konsentrasi mereka tak terganggu.

Hal ini juga berlaku dengan ponsel, sebaiknya Moms menyarankan mereka untuk mematikan notifikasi sehingga waktu belajar bisa lebih fokus.

Menurut sebuah proyek penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Universitas Harvard, ketika seseorang menerima pemberitahuan media sosial, otak akan mengirimkan dopamin kimia di sepanjang jalur penghargaan dan membuat tubuh merasa baik.

Hormon dopamin ini dikaitkan dengan semua hal yang disukai, seperti makanan, olahraga, game, hingga media sosial.

Seiring waktu, pukulan dopamin ini bisa menjadi adiktif, dan tubuh pun akan terus mendambakan perasaan positif itu. Dengan demikian, rentang perhatian mulai memendek karena semakin sering melihat ponsel.

Jadi, sumber gangguan ini perlu dihilangkan agar anak tetap fokus dalam belajar. Selain itu, bisa mencegah anak dari kecanduan gadget.

Baca Juga: Anak Susah Mengingat Huruf dan Angka? Ini 10 Tips Belajarnya, Moms!

3. Lingkungan Belajar yang Tepat

cara fokus belajar - lingkungan yang tepat

Foto: Orami Photo Stock

Cara fokus belajar berikutnya, yaitu memilih lingkungan belajar yang tepat sehingga proses belajar lebih efektif. Oleh karena itu, Moms perlu menyediakan tempat khusus untuk belajar.

Buatlah area belajar yang nyaman, tetapi tidak bersuasana santai agar anak tetap berkonsentrasi saat belajar. Hindari menggunakan kamar tidur untuk belajar.

Menurut artikel Brian Robben yang berjudul “Never Do Homework In Bed: 3 Reasons Why,” dan diterbitkan 1 Oktober 2016 oleh American College of Healthcare Sciences disebutkan bahwa belajar atau menyelesaikan pekerjaan di tempat tidur dapat merugikan bagi mahasiswa karena dapat menyebabkan keterbatasan fokus, penurunan produktivitas, dan masalah tidur.

Bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah di tempat tidur akan mengurangi fokus seseorang karena kebanyakan orang cenderung mengasosiasikan tempat tidurnya dengan kenyamanan dan tidur.

Belajar di tempat tidur juga dapat menyebabkan penyimpangan otak menjadi lebih malas dan mungkin tertidur.

Tak hanya sampai di situ, duduk di tempat tidur untuk mengerjakan tugas sekolah bisa sangat berbahaya bagi kesehatan anak, terutama postur tubuh.

“Membungkuk bisa berdampak buruk bagi punggung karena kurangnya dukungan lumbar. Leher yang tertekuk terlalu tajam juga dapat berdampak negatif pada postur tubuh dan menyebabkan rasa sakit,” tulis Hilary Lebow pada artikelnya yang diterbitkan pada 5 Agustus 2016 oleh Alternative Daily.

Dalam mengatasinya, sebaiknya Moms menyediakan meja dan kursi untuk belajar di rumah agar anak bisa berkonsentrasi dengan baik saat belajar.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Mengatasinya, Orang Tua Wajib Tahu!

4. Berolahraga Secara Teratur

cara fokus belajar - olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Berolahraga juga dapat menjadi salah satu cara fokus belajar lho, Moms. Pasalnya, kesehatan fisik berkaitan dengan kemampuan otak untuk tetap fokus dan menyimpan informasi baru.

John Ratey, penulis "Spark - The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain" mengatakan bahwa olahraga meningkatkan otak dalam jangka pendek dengan meningkatkan fokus selama 2-3 jam setelahnya.

Dalam jangka panjang, olahraga bahkan dapat membantu mencegah penuaan otak dan penyakit Alzheimer.

Aktivitas ini bekerja pada tingkat sel melalui neuroplastisitas, kemampuan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri dengan aliran darah, dan kadar protein yang diturunkan dari otak.

Selain itu, meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur telah terbukti meningkatkan suasana hati dan tidur secara keseluruhan, sekaligus mengurangi gejala stres dan kecemasan, yang semuanya dapat memengaruhi fungsi kognitif dan kemampuan berkonsentrasi.

Moms bisa mengajak anak olahraga dengan cara sederhana, yakni jalan kaki atau jogging di sekitar rumah.

Apabila anak memiliki olahraga favorit, seperti bersepeda, main sepak bola, atau berenang, cobalah dorong mereka untuk melakukannya dengan rutin.

Baca Juga: Kesulitan Belajar pada Anak, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

5. Pastikan Istirahat Cukup

cara fokus belajar - tidur cukup

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan anak Moms mendapatkan istirahat yang cukup agar mereka bisa lebih fokus dalam belajar.

Menurut Sleep Foundation, mendapatkan cukup jam tidur berkualitas tinggi dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi. Tidur juga mendukung banyak aspek pemikiran lainnya termasuk memori, pemecahan masalah, kreativitas, pemrosesan emosional, dan penilaian.

Anak yang kurang tidur akan memicu otak mereka untuk berjuang lebih keras.

Karena tidak punya waktu untuk memulihkan diri, neuron pun menjadi terlalu banyak bekerja dan kurang mampu melakukan kinerja optimal dalam berbagai jenis pemikiran.

Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat menempatkan seseorang pada risiko penurunan kognitif dan demensia yang lebih tinggi.

Maka, pastikan anak Moms tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

Baca Juga: Kenali Metode Belajar Anak, Apakah Gaya Belajar Visual, Audio, atau Kinestetik?

Itu dia beberapa cara fokus belajar yang dapat Moms terapkan pada anak. Semoga informasi ini bisa membuat proses belajar buah hati mejadi lebih efektif, ya.

  • https://sitn.hms.harvard.edu/flash/2018/dopamine-smartphones-battle-time/
  • https://oxfordsummercourses.com/articles/how-to-stay-focused-while-studying/
  • https://www.forbes.com/sites/jennifercohen/2012/05/08/6-ways-exercise-makes-you-smarter/?sh=2364139c305d
  • https://pepperdine-graphic.com/dont-study-in-bed/
  • https://achs.edu/blog/2016/10/01/never-do-homework-in-bed-3-reasons-why/
  • https://www.sleepfoundation.org/sleep-deprivation/lack-of-sleep-and-cognitive-impairment
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait