Kesehatan

2 Juli 2021

4 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Kaki

Tidak hanya di wajah, ternyata flek hitam juga bisa muncul di kaki.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Jika Moms berpikir bahwa flek hitam cuma bisa hadir di wajah, maka hal ini sangat keliru. Namun, jika Moms memiliki bintik-bintik atau flek hitam di kaki, maka itu artinya Moms tidak sendirian. Untuk itu, Moms perlu menyimak cara menghilangkan bintik hitam di kaki berikut ini.

Tidak hanya di wajah, banyak orang menemukan bintik hitam di lengan dan juga kaki. Bintik-bintik hitam di lengan atau kaki ini umumnya terjadi ketika tambalan kulit menghasilkan atau mengandung lebih banyak melanin daripada kulit di sekitarnya.

Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Semakin banyak melanin yang Moms miliki, maka semakin gelap warna kulit.

Dokter Kulit dan Bedah Plastik asal Amerika Serikat, Eliot Battle, mengatakan pendekatan terbaik untuk kulit adalah dengan tidak berlebihan merawatnya.

Lebih sedikit penerapan, seringkali lebih efektif daripada orang-orang yang sibuk melakukan perawatan diri dari hari ke hari.

Baca Juga: Agar Kulit Bersih, Coba 6 Masker DIY untuk Menghilangkan Flek Hitam

"Ada langkah-langkah sederhana yang seiring waktu, dapat membantu flek hitam atau hiperpigmentasi pergi. Ini dapat membawa Anda kembali pada kulit bercahaya yang layak Anda dapatkan," ujarnya yang juga bekerja dengan industri kosmetik serta berkaitan dengan cara menggunakan produk, perawatan estetika, laser, dan bedah plastik secara aman dan efektif pada pasien kulit berwarna.

Yuk, simak ulasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan bintik hitam di kaki.

Penyebab Bintik Hitam di Kaki

penyebab-kaki-hitam.jpeg

Foto: herfamily.ie

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bintik hitam di kaki, Moms perlu mencari tahu apa penyebabnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bintik hitam di kaki. Meskipun kemungkinan besar tidak berbahaya, beberapa bintik hitam bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.

1. Kerusakan Akibat Sinar Matahari

SInar Matahari sebabkan Bintik Hitam di Kaki.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kulit yang bereaksi terhadap sinar matahari ternyata dapat memproduksi lebih banyak melanin. Beberapa bercak kulit dapat menghasilkan melanin dalam jumlah banyak sementara kulit di dekatnya menghasilkan lebih sedikit.

Menurut American Academy of Dermatology, pada orang kulit putih, bintik hitam disebabkan terlalu banyak terpapar sinar matahari. Umumnya, area tubuh yang paling sering terkena paparan sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, paling mungkin mengalami bintik hitam karena matahari.

Namun jika Moms memiliki bintik hitam di kaki Moms, ada kemungkinan juga bahwa hal itu disebabkan oleh kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Apalagi setelah berjemur di bawah sinar matahari atau tanning bed.

Baca Juga: Penyebab Kulit Kaki Kering dan Cara Mudah Mengatasinya

2. Hiperpigmentasi

hiperpigmentasi

Foto: Orami Photo Stock

Hiperpigmentasi adalah alasan umum di mana bintik-bintik hitam terbentuk pada kulit Moms.

Jika Moms memiliki jerawat, eksim, psoriasis, atau cedera pada kulit, itu dapat menyebabkan peradangan dan peningkatan melanin di daerah di mana lesi kulit muncul. Hal ini dapat membuat bintik-bintik atau bercak kulit tampak lebih gelap dari daerah sekitarnya.

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum. Kondisi ini dapat memengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit.

Beberapa bentuk hiperpigmentasi, termasuk melasma dan bintik matahari, lebih cenderung mempengaruhi area kulit yang menghadapi paparan sinar matahari, termasuk wajah, lengan, dan kaki.

Jenis hiperpigmentasi lainnya terbentuk setelah cedera atau peradangan kulit, seperti luka, luka bakar, jerawat, atau lupus. Ini dapat terjadi di mana saja di tubuh.

3. Diabetes

penyebab bintik hitam di kaki - diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang dengan diabetes mengembangkan resistensi terhadap insulin atau dapat mencegah tubuh dari menggunakan insulin yang diproduksi oleh pankreas. Akibatnya, jumlah insulin yang berlebih dapat menumpuk dalam aliran darah.

Ini bahkan dapat menyebabkan flek hitam yang cenderung muncul di leher dan dikenal sebagai acanthosis nigricans dan umumnya tidak terjadi pada kaki.

Menurut American Academy of Dermatology, ada satu flek hitam lain yang biasanya muncul pada penderita diabetes, yakni dermopati diabetes.

Kondisi kulit ini menyebabkan bintik-bintik (dan kadang-kadang garis) yang membuat depresi yang hampir tidak terlihat pada kulit. Ini biasa terjadi pada orang yang menderita diabetes. Biasanya terbentuk di tulang kering. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda akan melihatnya di lengan, paha, belalai, atau area tubuh lainnya.

4. Melanoma

penyebab bintik hitam di kaki - melanoma

Foto: Orami Photo Stock

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit. Pada pria, melanoma cenderung muncul di wajah atau badan dan pada wanita, melanoma cenderung berkembang pada kaki.

Melanoma dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan mungkin memerlukan pemeriksaan visual oleh dokter kulit untuk mendeteksinya. Melanoma juga dapat berkembang dari tahi lalat yang ada atau datang sebagai lesi baru sebagai flek hitam.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat dan Resep Masker Tomat untuk Wajah

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Kaki

Dr. Battle mengatakan waktu yang diperlukan untuk menghilangkan flek hitam di kaki ini bisa bervariasi dari orang ke orang dan biasanya dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya.

Selain itu, perawatan pada flek hitam di kaki ini juga harus dilakukan secara rutin agar hiperpigmentasi tidak dapat kembali.

Menurutnya salah satu kesalahpahaman tentang hiperpigmentasi adalah semakin keras seseorang menggosok atau membersihkan flek hitam di kaki, maka semakin cepat flek hitam itu memudar.

"Faktanya adalah terlalu agresif membersihkan, hanya akan semakin mengganggu area kulit itu. Ini menyebabkan fleknya akan semakin menghitam dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dibersihkan," jelas Dr Battle.

Namun, terdapat beberapa obat alami atau rumahan dan cara medis yang bisa Moms gunakan untuk membersihkan flek hitam di kaki.

1. Tabir Surya

sunscreen untuk menghilangkan bintik hitam

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bintik hitam di kaki yang pertama adalah dengan sun screen atau tabir surya.

Tabir surya memang tidak akan meringankan bintik hitam pada kaki Moms, tetapi dapat membantu mencegahnya menjadi lebih gelap. Krim tabir surya ini juga dapat mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam yang baru.

Jika kaki Moms terpapar sinar matahari, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Menggunakan tabir surya sangatlah penting sehingg perlu dilakukan setiap hari, bahkan saat hujan atau turun salju di luar ruangan, tabir surya dapat mencegah penggelapan lebih lanjut.

Tabir surya juga dapat membantu Moms memaksimalkan produk pencerah kulit yang digunakan.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Kulit jadi Mulus

2. Lidah Buaya

Aloe-Vera-Gel-Untuk-Flek-Hitam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi menunjukkan bahwa aloin atau bahan aktif dalam lidah buaya, memiliki potensi untuk mencerahkan kulit. Namun, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa lidah buaya efektif sebagai salah satu cara menghilangkan bintik hitam di kaki.

Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menyelidiki penggunaan lidah buaya ini. Namun, gel dan lotion lidah buaya dapat memberikan kelegaan pada kulit yang kering dan terbakar sinar matahari.

Moms dapat membuka daun tanaman lidah buaya dan mengoleskan gelnya langsung ke kulit atau membeli lotion dan gel yang mengandung lidah buaya.
Sensasi dinginnya bisa membuat kulit terasa lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah dan Kering, Ampuh!

3. Perawatan Laser

Laser untuk Bintik Hitam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dokter atau dokter kulit Moms dapat merekomendasikan perawatan laser, tergantung pada penyebab flek hitam yang Moms derita. Moms mungkin perlu beberapa kali perawatan untuk melihat perubahannya.

Laser adalah cara menghilangkan bintik hitam di kaki paling mahal, tetapi paling efektif untuk mengurangi bintik hitam.

"Ini menggunakan sinar cahaya terfokus yang memiliki target spesifik atau (pigmen) kromofor untuk memecah dan menghilangkan partikel pigmen di kulit," kata Dr. Cook-Bolden, seperti yang dikutip dari laman Self.

"IPL (intens pulsed light) dapat mengobati pigmentasi yang tidak diinginkan. Namun, ini memberikan cahaya yang kurang fokus dan mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan pada kulit di sekitarnya, terutama pada wanita dengan warna kulit yang lebih gelap atau kecokelatan."

Perawatan laser dapat dilakukan sendiri atau dikombinasikan dengan terapi pencerah kulit secara topikal. Cara kerja laser tergantung pada jenis laser yang digunakan dan penyebab spesifik hiperpigmentasi yang Moms alami.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kaki Agar Kulit Mulus dan Terasa Halus

4. Cryotherapy

cara menghilangkan bintik hitam di kaki

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bintik hitam di kaki lainnya adalah dengan cryotherapy.

Cryotherapy adalah prosedur dimana nitrogen cair digunakan untuk menghancurkan sel-sel pigmen kulit.

Saat kulit Moms sembuh, flek hitam di kaki Moms itu mungkin akan memudar.

Satu hal yang perlu Moms ingat bahwa cryotherapy biasanya hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit yang berpengalaman.

Jadi, temui dokter spesialis kulit yang benar-benar teruji kredibilitasnya sehingga Moms terhindar dari risiko yang tak diinginkan.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Itulah ulasan lengkap mengenai penyebab dan cara menghilangkan bintik hitam di kaki.

Jika penyebabnya merupakan penyakit serius, Moms perlu mendiskusikannya dengan dokter.

  • https://www.aad.org/public/diseases/a-z/diabetes-warning-signs
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808#what-is-hyperpigmentation
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833#how-to-remove
  • https://www.self.com/story/dark-spot-treatments
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait