Fashion & Beauty

7 Agustus 2021

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi, Penting Konsumsi Makanan Seimbang!

Yuk Moms ikuti cara-caranya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Adeline Wahyu

Seiring bertambahnya waktu, Moms pasti mulai khawatir dengan kondisi kulit wajah. Sebab, kerutan yang berulang dapat menyebabkan garis kerutan, termasuk di daerah dahi. Penuaan dini, hilangnya elastisitas kulit, sinar matahari, dan genetik mungkin menjadi penyebabnya.

Namun, jangan terburu-buru menemui dokter kulit atau stylist untuk menutupi kerutan di dahi dengan poni. Ada beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi yang cepat, tapi ada juga yang alami, yakni dengan perubahan gaya hidup dan menggunakan produk perawatan kosmetik.

Baca Juga: Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya

Penyebab Umum Kerutan Dahi

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi -1.jpg

Foto: Stylecraze.com/Shutterstock

Menurut dokter kulit bersertifikat dan pendiri Entière Dermatology, Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, kerutan di dahi adalah salah satu masalah perawatan kulit terbesar di antara pasien berusia 25 tahun ke atas. Seperti banyak masalah perawatan kulit lainnya, usia berperan dalam perkembangan kerutan di dahi.

“Hanya karena berlalunya waktu menyebabkan penurunan produksi kolagen dan elastin, tidak berarti tidak ada faktor lain yang ikut berperan. Pikirkan juga paparan sinar matahari yang berlebihan yang secara progresif memperlambat produksi alami kolagen dan elastin tubuh, “ jelas Melissa, dikutip Byrdie.

Melisaa menambahkan, selain sinar matahari, ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan adanya kerutan di dahi, seperti:

  • Kekuatan otot wajah
  • Ekspresi wajah dahi berulang-ulang yang disebabkan oleh aktivitas otot frontalis, yang memungkinkan mengangkat alis sambil mengekspresikan diri
  • Menatap layar telalu lama
  • Stress
  • Gravitasi
  • Polusi
  • Kebiasaan atau perilaku
  • Genetika

Baca Juga: Suplemen Kolagen: Manfaat, Efek Samping, Serta Rekomendasi Produk Suplemen

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi secara Alami

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi -2.jpg

Foto: Prevention.com/Gettyimages

Gaya hidup berdampak besar pada kesehatan kulit dan perkembangan keriput. Ini adalah cara menghilangkan kerutan di dahi yang alami dan bisa dilakukan oleh laki-laki ataupun perempuan.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk menjaga kulit Anda halus dan membantu mencegah penuaan dini, dikutip Healthline:

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang pertama adalah dengan melindungi kulit kita dari sinar matahari.

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dalam jangka panjang diketahui sangat berkontribusi pada adanya penuaan dini dan kerutan. Jika tanpa perlindungan seperti menggunakan sunscreen, kondisi kulit wajah akan cepat berkurang keelastisannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Skin Cancer, penggunaan sunscreen yang memiliki SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari akan memperlambat penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam dan kerutan di kemudian hari.

2. Kelola Stres

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata rasa khawatir juga dapat menyebabkan adanya garis halus di wajah, dan juga menyebabkan kerutan di dahi.

Sulit untuk menghilangkan semua stres, tetapi tetap mengendalikannya adalah salah satu cara menghilangkan kerutan di dahi yang optimal.

Untuk membantu mengelola stres, Anxiety and Depression Association of America memberikan beberapa cara untuk dicoba:

  • Bermeditasi
  • Berlatih yoga
  • Pernapasan diafragma
  • Aromaterapi
  • Makan makanan yang sehat
  • Cukup tidur
  • Berbicara dengan terapis
  • Penjurnalan
  • Berolahraga setiap hari

3. Tetap Terhidrasi

Kulit yang kering akan membuat kerutan tampak lebih menonjol. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi. Namun, penting juga untuk melembabkan dari dalam ke luar agar kondisi kulit selalu terjaga dengan baik.

Sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum delapan gelas cairan setiap hari.

Saat berolahraga atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, minumlah lebih banyak. Moms juga dapat menggunakan infused water agar menambah kesegaran saat minum.

4. Konsumsi Makanan Seimbang

Konsumsi makanan seimbang juga merupakan cara menghilangkan kerutan di dahi.

Dalam hal penyebab keriput, pepatah ‘You are what you eat’ (Anda adalah apa yang Anda makan) adalah benar. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada 2007 yang lalu.

Hasilnya, pola makan memainkan peran penting dalam penuaan kulit. Para peneliti menemukan bahwa asupan tinggi vitamin C dan asam linolenat (asam lemak omega-3) mengurangi risiko kulit kering pada perempuan paruh baya di Amerika. Vitamin C juga dikaitkan dengan penurunan risiko tampak ‘keriput’.

5. Berhenti Merokok

Jika peningkatan risiko kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung tidak cukup untuk menjadi alasan untuk berhenti merokok, mungkin pemikiran tentang penuaan dini dan kerutan bisa menjadi penyebabnya.

Merokok adalah penyebab utama penuaan dini dan kerutan. Menurut penelitian tahun 2008 dari Journal of Dermatological Science, bahan kimia dalam asap tembakau mengurangi produksi kolagen dan merusak elastisitas kulit. Berhenti merokok adalah cara menghilangkan kerutan di dahi yang tepat.

Baca Juga: Simak 14 Cara Menghilangkan Mata Panda, Dijamin Aman!

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Perawatan Kecantikan

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi -3.jpg

Foto: Ulta.com

Tanyakan kepada dokter kulit bagaimana cara mencegah kerutan di dahi dan mereka akan meminta untuk mulai menerapkan rutinitas perawatan kulit anti-penuaan.

Triknya adalah mengetahui produk dan perawatan mana yang cocok dengan kondisi kulit, serta kapan harus mempraktikkannya.

Sebagai pedoman umum, ahli kulit mengatakan bahwa Moms harus memulai perjalanan pencegahan penuaan antipenuaan antara usia 20-an dan 30-an. Banyak merek kosmetik yang mengklaim dapat menghilangkan kerutan, tapi nyatanya tidak.

Namun, beberapa kandungan dalam produk kecantikan sebenarnya dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di dahi. Moms bisa mulai membaca labelnya dan membelinya jika produk tersebut mengandung:

6. Mengandung Retinol

Retinol adalah bentuk yang lebih ringan dari produk sampingan dari vitamin A yang dikenal sebagai tretinoin. Tretinoin disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS. untuk mengobati masalah jerawat dan kerutan di kulit.

Retinol berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel kulit dan mendukung produksi kolagen. Retinol tidak akan berfungsi dengan baik di bawah sinar matahari. Untuk hasil terbaik sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi, gunakan produk yang mengandung retinol di malam hari.

7. Produk Eksfoliasi dengan Asam Glikolat

Asam glikolat adalah asam alfa hidroksi yang digunakan oleh beberapa produk perawatan kulit dalam proses pengelupasan kulit mati agar kulit tampak lebih sehat dan tampak lebih muda. Asam glikolat adalah bahan utama dalam banyak produk eksfoliasi.

Produk eksfoliasi tersebut banyak dijual di pasaran dan bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di dahi yang efektif.

Namun, asam glikolat memiliki sensitivitas terhadap sinar matahari, jadi pastikan untuk memakai sunscreen setelah menggunakan produk asam glikolat ini.

8. Primer

Sama seperti cat primer yang mempersiapkan permukaan sebelum dicat, primer wajah juga mempersiapkan kulit sebelum menggunakan alas bedak. Primer tidak akan menghilangkan kerutan di dahi, tetapi ini adalah cara mudah untuk membuatnya kurang terlihat.

Primer tersedia dalam bentuk bubuk, gel, atau krim. Ini akan memberikan kesan kulit yang halus saat menggunakanannya, ‘menghilangkan’ kulit keriput dan membantu alas bedak tetap bertahan sepanjang hari di wajah.

9. Botox

Jika jarum suntik tidak membuat takut, Moms mungkin ingin mempertimbangkan suntikan Botox sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi. Botox adalah obat yang terbuat dari toksin botulinum. Saat disuntikkan ke otot tertentu, otot tersebut akan lumpuh sementara sehingga tidak dapat berkontraksi.

Dengan kata lain, saat mengerutkan kening, dahi tidak akan berkerut secara alami. Namun, suntikan botoks tidak untuk semua orang. Botox memiliki label harga yang tidak murah dan juga menyebabkan efek samping yang tidak biasa seperti:

  • Nyeri, bengkak, atau memar di tempat suntikan
  • Sakit kepala
  • Gejala seperti flu
  • Mata kering

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang paling optimal adalah dengan memiliki pola hidup yang sehat. Hasilnya bukan hanya akan terlihat di dahi, tapi juga baik untuk seluruh tubuh.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait