Kesehatan Umum

2 Februari 2021

9 Cara Mengonsumsi Buah Bit untuk Menu Makanan yang Enak

Enak dijadikan jus yang bisa langsung diminum
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tahukah Moms tentang buah bit? Apakah Moms suka buah ini? Atau membenci buah ini?

Buah bit adalah salah satu harta di dunia nabati, dan kita tidak boleh melewatkan buah ini dalam menu makanan kita.

Namun karena manfaatnya yang banyak, sebaiknya Moms dan keluarga harus banyak mengonsumsi buah ini.

Ada banyak cara mengonsumsi buah bit yang bisa dilakukan.

Mungkin karena tidak biasa dengan rasanya, Moms dan keluarga merasa aneh jika cara mengonsumsi buah bit dilakukan secara mentah atau tidak dijadikan minuman atau masakan dengan campuran lainnya.

Tenang Moms, buah berwarna merah yang cantik ini sebenarnya sangat bisa dijadikan berbagai hidangan makanan atau minuman yang enak.

Jika Moms bingung, berikut beberapa cara mengonsumsi buah bit dan mengolahnya.

Baca Juga: Lezatnya Sup dari Buah Bit untuk MPASI Si Kecil

Cara Mengonsumsi Buah Bit yang Lezat

Mengutip artikel yang dipublikasikan oleh University of Wisconsin – Madison, ternyata bit adalah salah satu makanan dengan kandungan asam folat tertinggi.

Buah ini memang tidak banyak dikonsumsi, tetapi bukan berarti buah bit tak dapat dibuat menjadi variasi dalam penyajiannya.

Berikut ini beberapa inspirasi cara mengonsumsi buah bit yang bisa dilakukan.

1. Keripik Bit

cara mengonsumsi buah bit

Foto: hock.id

Buah bit yang berwarna merah, menjadikannya mirip dengan ubi merah.

Nah jika memikirkan ubi merah, salah satu cara mengonsumsi buah bit terbaik selain direbus adalah dengan dijadikan keripik!

Cara yang sama bisa Moms terapkan pada buah bit.

Cara mengonsumsi buah bit selain dimakan begitu saja layaknya buah, Moms bisa lho membuat keripik buah bit.

Selain bisa dijadikan makanan sehat, juga bisa dijadikan camilan dikala lapar. Dijamin Si Kecil pasti akan ketagihan memakan keripik buah bit.

2. Buah Bit Panggang

buah bit

Foto: cookpad.com

Cara mengonsumsi buah bit lainnya yang bisa kita coba adalah dengan memanggangnya.

Proses pemanggangan akan membantu mengeluarkan rasa manis buah bit, dan karamelisasi gula alami dari buah ini akan memberikan rasa yang lezat.

Bersihkan buah, lalu pastikan buah bit dibungkus dengan aluminium foil saat dipanggang agar tidak mengering.

Panggang dengan suhu 400 derajat celcius selama 1 jam 15 menit.

Setelah itu, kupas buah dan bumbui dengan cuka balsamic dan kulit jeruk secukupnya.

Moms tentunya selalu ingin mencoba cara mengonsumsi buah bit ini yang dijadikan sebagai kudapan.

Baca Juga: MPASI Pertama Sebaiknya Buah atau Serealia?

3. Bit Serut untuk Salad

buah bit sebagai salad

Foto: cookpad.com

Salad identik sebagai makanan yang sehat.

Nah agar menu salad Moms lebih bervariasi, bisa ditambahkan buah bit dalam campuran salad yang dibuat.

Selain diiris dengan tipis, Moms bisa memarutnya agar mudah dimakan.

Ini juga menjadi cara mengonsumsi buah bit yang tentunya patut dicoba.

Sebagai sausnya, kita bisa menggunakan yogurt tanpa lemak. Setelahnya tambahi juga dengan cuka balsamic dan sejumput rempah segar.

Buah bit mentah dapat dijadikan sebagai salad segar yang dipenuhi serat tanpa harus dimasak!

4. Puree dari Buah Bit

buah bit dijadikan puree

Foto: makananbayi-sehat.com

Perlu Moms ketahui, puree adalah makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, atau yang sejenis.

Untuk memastikan bahwa puree yang dihasilkan benar-benar lembut, terkadang perlu disaring.

Moms juga bisa membuat puree sebagai cara mengonsumsi buah bit, bahkan bit termasuk buah yang rendah kalori.

Satu cangkir bit hanya mengandung 59 kalori.

Untuk melakukannya, cukup siapkan buah bit panggang, pasta wijen tahini, jus bawang putih, dan lemon.

Haluskan semuanya lalu bumbui secukupnya, campur hingga merata.

Puree ini bisa dijadikan sebagai bahan cocolan untuk makanan kita, seperti mentimun, roti tawar, dan lainnya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil?

5. Jus Buah Bit

jus buah bit

Foto: hellosehat.com

Cara mengonsumsi buah bit yang paling mudah dan sederhana tentu dengan menjadikannya sebagai jus!

Jus buah bit ini juga sebenarnya lezat dan kaya akan serat.

Satu cangkir jus bit mengandung sekitar 5 gram serat dan setengah jumlah gula dibandingkan dengan satu cangkir jus jeruk segar, yang juga hanya mengandung 1g serat.

Dari segi rasa, bit cocok hampir dengan semua buah atau sayuran, serta menambah warna cerah pada minuman jus.

Resep klasiknya adalah jus yang terdiri dari buah apel, bit, dan wortel yang dicampur menjadi satu.

Namun jika ingin rasa yang unik, Moms bisa mencoba campuran buah apel, buah bit, dan jahe untuk mendapatkan rasa yang sedikit pedas.

Ingat, jangan memisahkan serat dari jus, karena serat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

6. Teh Buat Bit

cara mengonsumsi buah bit

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya dibuat menjadi jus sehat, cara mengonsumsi buah bit juga bisa dijadikan teh dengan cita rasa yang unik dan bebas kafein sehingga Moms bisa menikmatinya dan memberikan manfaat buah bit.

Teh buah bit ini punya khasiat dan pastinya menyegarkan.

Moms hanya perlu merebus satu liter air di dalam panci dan kemudian menambahkan 4 buah bit yang sudah dikupas dan diparut halus, ½ cangkir madu, dan 2 buah lemon peras.

Biarkan air mendidih dan kemudian matikan api dan biarkan campuran terendam hingga sekitar 20 menit. Jika sudah, sajikan dengan hiasan daun mint untuk menambah kesegaran.

7. Acar Buah Bit

acar buah bit

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai cara mengonsumsi buah bit yang lain, Moms bisa membuat acar buah bit sebagai olahan lain yang bisa digunakan sebagai camilan, salad, atau sebagai tambahan saat membuat roti isi atau tortilla roll.

Untuk membuatnya, Moms perlu sekitar enam hingga tujuh buah yang kecil, setengah cangkir gula, ¼ cangkir cuka putih, ½ sendok teh merica hitam, ¼ sendok teh garam, dan 2 lembar daun salam.

Moms dapat membuang akar dan batang hijau satu inci dari akar bit dan gosok hingga bersih, untuk menghilangkan kotoran.

Lalu, masukkan ke dalam panci berukuran sedang dan tambahkan air untuk merebusnya. Lalu, tutup panci dan didihkan dan biarkan selama 45 menit sampai empuk.

Angkat airnya, dan bilas dengan air dingin dan biarkan buah bit menjadi dingin. Setelah itu, kupas kulitnya dan iris tipis-tipis ke dalam mangkuk besar.

Buat air rendaman dengan mencampurkan cuka, gula, garam, merica, dan daun salam dalam panci terpisah. Tuang campuran tadi di atas irisan bit.

Tutup dan rendam pada suhu kamar selama setengah jam.

Jika sudah, buang daun salam dan simpan dalam toples kedap udara untuk digunakan nanti. Teh buah bit bisa langsung disajikan.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Diet, Bisa Buat Langsing!

8. Nasi Casserole Buah Bit

nasi buah bit

Foto: Orami Photo Stock

Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Tahukah Moms, ada cara mengonsumsi buah bit dengan menjadikannya sebagai nasi casserole buah bit.

Untuk bahan-bahannya, cukup sediakan irisan buah bit yang sudah dimasak, nasi merah matang, 1 siung bawang putih (opsional), ayam suwir matang, kaldu ayam, susu atau yogurt, kuning telur.

Untuk cara pembuatannya, Moms bisa langsung mencampur nasi, buah bit, bawang dan ayam di dalam mangkuk. Lalu, tambahkan kuning telur dan susu.

Sebagai oleskan minyak zaitun dalam cetakan casserole secara merata, lalu panggang campuran bahan selama satu jam pada suhu 170 derajat Celcius.

9. Sup Buah Bit yang Lembut

sup buah bit

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai menu lauk, Moms bisa membuat sup buah bit sebagai cara mengonsumsi buah bit yang patut dicoba.

Untuk bahan yang dibutuhkan, Moms bisa menyiapkan buah bit merah, dan 3/4 air.

Cara membuatnya, cukup campurkan buah bit dan air di dalam panci, aduk rata dan biarkan matang.

Lalu, diamkan sejenak hingga uapnya hilang, kemudian haluskan menggunakan blender atau food processor.

Saring sup buah bit yang sudah selesai di blender ke dalam wadah terpisah, dan Moms bisa menyajikan sup buah bit super lembut dan lezat ini dalam kondisi hangat sebagai cara mengonsumsi buah bit.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Manfaat Buah Bit untuk Tubuh

makanan penurun tekanan darah selanjutnya adalah buah bit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui tentang ragam cara mengonsumsi buah bit yang bisa dilakukan.

Buah bit sendiri memiliki ragam nutrisi untuk tubuh yang patut diketahui.

Dalam Journal of Biosciences and Medicines, konsumsi produk bit merah, termasuk jus asli dan fraksinya memiliki beberapa efek nutrisi yang menguntungkan.

Jus dari bit tampaknya paling efektif sebagai produk anti-anemia, anti-iskemik, anti-inflamasi, antioksidan dan antikankerogenik.

Selain itu, konsumsi dari akar bit merah mungkin juga bermanfaat untuk peristaltik usus serta optimalisasi metabolisme lipid.

Jus buah bit juga dapat mengurangi risiko penurunan kognitif kondisi pikun dan pencegahan penyakit Alzheimer.

Itu dia Moms beberapa cara mengonsumsi buah bit yang bisa Moms kreasikan jika tidak ingin memakannya begitu saja. Coba praktikkan di rumah ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait