Home & Living

20 Agustus 2021

17 Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Rumah, Moms Wajib Tahu!

Perangkap lilin seperti yang biasa ditemui di rumah makan jadi salah satu cara mengusir lalat yang efektif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Lalat rumah, juga dikenal sebagai lalat pengganggu, adalah hama yang terkenal di rumah-rumah di seluruh dunia. Beberapa cara mengusir lalat pun pasti dipikirkan oleh Moms dan Dads.

Lalat yang biasa ada di rumah dikenal secara ilmiah sebagai Musca domestica, adalah lalat yang tidak menggigit. Namun, masing-masing dapat membawa lebih dari 1 juta bakteri yang dapat berpindah ke makanan dan permukaan menurut Center for Disease Control and Prevention.

Sehingga, cara mengusir lalat pun sangat menantang. Ada beberapa cara untuk membasmi lalat menggunakan produk komersial dan pengobatan rumah alami yang tidak beracun dan aman untuk rumah dan lingkungan.

Cara Mengusir Lalat

Lalat

Foto: Pixabay

Lalat secara alami tertarik pada sampah, potongan buah, dan makanan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah untuk mengusir lalat dan mencegah infeksi lalat. Berikut ini beberapa cara mengusir lalat yang bisa diaplikasikan dalam rumah:

1. Membersihkan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah

Foto: Orami Photo Stock

Air diperlukan lalat untuk berkembang biak. Ini adalah bagian penting dari diet mereka, karena lalat tidak dapat hidup lebih dari 48 jam tanpa akses ke air dilansir dari World Health Organization.

Banyak infestasi lalat rumah disebabkan oleh kelembaban dan puing-puing yang menumpuk di sekitar rumah. Air sering kali dapat menumpuk di area basah atau lembab seperti wastafel atau saluran air.

Moms atau Dads harus memeriksa dan membersihkan tempat-tempat yang meliputi lantai, menghilangkan makanan atau sisa makanan, wastafel dan saluran air mandi atau pancuran, saluran air, pel kotor, di dalam wadah sampah, di bawah peralatan, seperti lemari es, retakan pada ubin lantai atau dinding tempat bakteri dapat tumbuh sebagai cara mengusir lalat.

Lalat rumah biasanya masuk dari luar tetapi terkadang berkembang biak di dalam ruangan. Tempat berkembang biak di dalam lebih umum pada bangunan dengan ruang sampah interior dan pemadat.

Menjaga tempat di mana lalat rumah cenderung berkembang biak bersih akan membantu mencegah infestasi di masa depan.

2. Menyiapkan Perangkap Lalat

ilustrasi alat perangkap lalat

Foto: Pixabay

Ada banyak jenis perangkap lalat yang tersedia, yang dapat membantu cara mengusir lalat. Perangkap ini meliputi:

  • Perangkap lampu yang menggunakan sinar ultraviolet untuk menarik lalat dan papan lem untuk menjebaknya. Mereka paling efektif melawan lalat yang lebih besar.
  • Perangkap yang menggunakan arus listrik tegangan rendah untuk melumpuhkan lalat.
  • Perangkap yang menggunakan umpan untuk menarik lalat, seperti madu atau aroma manis lainnya.
  • Perangkat yang menggunakan feromon untuk menarik lalat. Perangkap lalat ini berguna untuk mengidentifikasi infestasi, tetapi mereka jarang menghilangkan masalah.
  • Pilihan alami, seperti penangkap lalat Venus, yang merupakan tanaman yang menjebak dan mencerna lalat.

Baca Juga: Pertolongan Pertama ketika Bayi Digigit Serangga, Catat!

3. Semprotan Pengusir Lalat Buatan Sendiri

Ilustrasi cairan semprotan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir lalat dengan semprotan sendiri ini membutuhkan campuran sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka dapat dimasukkan ke dalam botol semprot. Campuran harus mengandung beberapa tetes sabun cuci piring dan satu sendok makan masing-masing cuka dan soda kue per cangkir air. Beberapa semprotan campuran ini bisa menjadi pengusir lalat yang efektif. Mereka mungkin disemprotkan di area di mana agas biasa terlihat, seperti di sekitar tanaman dan di kamar mandi.

Selain itu, Moms dan Dads juga bisa mencoba campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring dapat diisikan ke dalam botol semprot. Campuran ini dapat disemprotkan langsung pada lalat untuk membunuhnya.

4. Perangkap Lalat Cuka Sari Apel

Ilustrasi penggunaan cuka sari apel

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa sendok makan cuka sari apel, beberapa tetes sabun cuci piring, dan satu sendok makan gula dapat dicampur dalam mangkuk dan ditempatkan di area yang sering ditemukan lalat seperti dapur, kamar mandi, atau taman dalam ruangan. Gula dan cuka sari apel menarik agas; sabun cuci piring menjebak lalat dan menyebabkan mereka tenggelam.

5. Perangkap Lilin

Ilustrasi lilin

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya, cara mengusir lalat ini kerap dipakai di beberapa rumah makan. Caranya, lilin harus diletakkan di tempat lilin, dan tempat lilin itu harus diisi sebagian dengan air. Lilin harus dinyalakan, dan lampu harus dimatikan. Lalat tertarik pada nyala api, terbakar, atau jatuh ke air dan tenggelam.

6. Tumbuhan Karnivora

Venus Flytrap

Foto: Freepik

Tumbuhan karnivora seperti penangkap lalat Venus menggunakan getahnya yang berbau harum untuk memikat serangga ke dalam mulutnya. Tanaman menjebak dan mencerna lalat. Tanaman karnivora hanya dapat menangkap beberapa serangga dalam satu waktu dan tetap tertutup sampai mereka benar-benar mencerna serangga, yang dapat memakan waktu hingga 5 hari. Oleh karena itu, mereka mungkin tidak cukup efektif sebagai cara mengusir lalat.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Gigitan Serangga saat Hamil, Efektif!

Cara Mengusir Lalat dengan Wangi Natural

Pixabay_Simpan minyak esensial di tempat sejuk, kering dan jauh dari sinar matahari.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada tumbuhan dan pohon tertentu yang lalat tidak tahan! Ini biasanya cukup aromatik dan menyenangkan untuk hidung manusia, beberapa di antaranya bahkan digunakan Moms dan Dads sebagai bahan masakan.

Idenya adalah menanam beberapa herba ini di dalam pot di dekat pintu , sebagai cara untuk mencegah lalat masuk ke rumah atau cukup menanamnya di luar ruangan dan menikmati makan malam di luar ruangan tanpa ada serangga yang mengganggu di sekitarnya.

Namun, jika kalian tidak dapat menanam herbal ini atau tinggal di apartemen, kemangi kering dan mint juga akan membantu. Tempatkan saja di tas kecil dan gantung di luar atau di dalam.

7. Peppermint

Lalat membenci aroma yang kuat dan segar, sesuatu yang peppermint lebih baik daripada ramuan lainnya. Ini adalah ramuan indah yang membutuhkan perawatan minimal, membuat tambahan yang bagus untuk rumah

8. Lemon Balm

Juga dikenal sebagai Horsemint, ramuan ini memiliki aroma jeruk yang kuat dan sangat mudah tumbuh, bahkan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada peppermint.

9. Serai

Serai merupakan salah satu herbal yang paling efektif untuk mengusir lalat, namun tidak menyukai dingin dan sangat sensitif, membutuhkan sinar matahari sekitar 6 jam setiap hari. Sebagian besar pengusir nyamuk dibuat dengan serai.

10. Kemangi

Kemangi memiliki bau yang kuat, segar, dan agak manis. Ini efektif untuk mengusir lalat dan nyamuk, tetapi seperti yang Moms dan Dads ketahui, juga bagus untuk memasak dan menyiapkan pesto. Jadi mengapa tidak menanam kemangi dan menikmati masakan segar tanpa lalat?

Baca Juga: 5 Serangga Berbahaya yang Perlu Dijauhkan dari Si Kecil

11. Thyme

Thyme adalah ramuan yang sangat mudah tumbuh dan pengusir nyamuk dan lalat yang kuat. Sangat cocok untuk keperluan kuliner, kalian juga dapat menemukannya dalam bentuk kering di sebagian besar toko.

12. Catnip

Ramuan obat ini menghasilkan minyak yang dikatakan dapat membunuh serangga dengan sangat efisien. Namun, jika Moms atau Dads bukan pecinta kucing, kami tidak menyarankan untuk menanamnya karena kucing sangat menyukai tanaman ini.

Baca Juga: Moms Mau Tahu Caranya Menghilangkan Serangga Buah?

13. Rosemary

Tujuan Rosemary adalah tidak hanya membuat masakan ayam terasa luar biasa, tetapi juga menjadi penolak lalat dan serangga yang kuat. Mudah ditanam dan sangat tahan terhadap dingin dan kekeringan.

14. Marigold

Bunga yang tampak lucu ini, yang dapat ditanam selama musim panas dan musim semi, akan membantu mengusir lalat. Mereka juga hadir dalam warna oranye dan kuning yang indah, membawa kebahagiaan ke rumah mana pun!

Baca Juga: 4 Cara Alami Membasmi Serangga Di Rumah

15. Lavender

Lavender memiliki sifat relaksasi yang luar biasa, dan juga digunakan dalam pembuatan komersial pengusir nyamuk dan lalat. Lavender memiliki semak yang kuat, sehingga kalian dapat menanamnya langsung di tanah atau di dalam pot. Ini juga berfungsi jika Anda mengeringkan bunga, memasukkannya ke dalam tas kecil, dan meletakkannya di dalam ruangan.

16. Eucalyptus

Beberapa orang mengatakan bahwa jika Anda memiliki hidung yang bengkak, mencium aroma daun Eucalyptus akan memberikan sedikit kelegaan. Ini mungkin benar untuk manusia, tetapi serangga membencinya! Ini mungkin juga pohon yang paling mudah untuk tumbuh di sini di Australia.

17. Pohon Teh

Pohon teh bekerja sangat baik dalam mengusir nyamuk dan lalat, tetapi daunnya juga memberikan kelegaan bagi orang-orang yang telah digigit dan menderita gatal-gatal akibat gigitan.

Itu dia beberapa cara mengusir lalat yang bisa dicoba di rumah, mau pakai cara yang mana?

  • https://www.medicinenet.com/what_scent_will_keep_flies_away/article.htm
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-houseflies#health-risks
  • https://www.who.int/water_sanitation_health/resources/vector302to323.pdf
  • https://www.cdc.gov/nceh/publications/books/housing/cha04.htm
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-house-flies#insecticides-and-traps
  • https://insightpest.com/how-to-really-keep-the-flies-away/
  • https://www.bobvila.com/articles/how-to-get-rid-of-flies-outside/
  • https://littlebirdorganics.co.nz/blogs/little-bird-blog/84025473-6-natural-ways-to-keep-pesky-flies-away
  • https://www.countryliving.com/uk/homes-interiors/interiors/a28589164/how-get-rid-house-flies/
  • https://pestline.com.au/blog/how-to-keep-flies-away-from-the-home/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait