Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
03 Desember 2019

Benarkah Cokelat Mencegah Diabetes Tipe 2? Ini Penjelasannya!

Peneliti menemukan bahwa konsumsi cokelat setiap minggu bisa mencegah diabetes tipe 2
Benarkah Cokelat Mencegah Diabetes Tipe 2? Ini Penjelasannya!

Konon, cokelat dapat mencegah diabetes tipe 2, terutama cokelat hitam. Penderita diabetes yang menyukai cokelat hitam nampaknya sangat beruntung jika fakta ini benar.

Menurut Endocrine Abstracts, konsumsi cokelat hitam setiap hari memberikan efek positif pada sensitivitas insulin dan gula darah, yakni dua faktor utama dalam pengembangan diabetes.

Tetapi sebelum mengonsumsinya, pastikan Moms mengetahui fakta tentang cokelat mencegah diabetes tipe 2.

Baca Juga: Makan Cokelat Mengurangi Risiko Stroke? Begini Penjelasannya

Kaitan antara Cokelat Hitam dan Diabetes

Benarkah Cokelat Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2 01.jpg

Foto: Benarkah Cokelat Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Menurut peneliti dari Universitas Brigham Young, kakao mengandung senyawa yang disebut monomer epicatechin.

Senyawa tersebut membantu tubuh melepaskan lebih banyak hormon insulin, hormon pengelola glukosa yang mencapai tingkat tidak sehat pada diabetes. Senyawa dalam kakao itu juga meningkatkan respons tubuh terhadap peningkatkan glukosa darah.

Cokelat hitam juga mengandung polifenol, senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat molekul berbahaya.

Polifenol dalam cokelat hitam dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, polifenol dapat membantu mengontrol gula darah. Peningkatan sensitivitas insulin seperti itu dapat menunda, bahkan mencegah timbulnya diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Appetite pun menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam setidaknya sekali seminggu memiliki prevalensi diabetes lebih rendah. Di sinilah diyakini cokelat mencegah diabetes tipe 2.

Selain itu, mereka juga berisiko lebih rendah menderita diabetes empat hingga lima tahun kemudian.

Analisis dari 908 orang nondiabetes dan 45 orang dengan diabetes menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam kurang dari satu kali seminggu memiliki risiko diabetes dua kali lipat dibandingkan yang makan lebih dari satu hari per minggu.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

Tetapi Bagaimana Jika Sudah Menderita Diabetes Tipe 2?

Benarkah Cokelat Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2 02.jpg

Foto: Benarkah Cokelat Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Nah, mungkin ada beberapa manfaat dari konsumsi cokelat hitam bagi penderita diabetes. Penelitian oleh ARYA Atherosclerosis menganalisis orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam dan putih selama delapan minggu.

Mereka yang makan cokelat hitam memiliki tekanan darah lebih rendah setelah delapan minggu dibandingkan mereka yang makan cokelat putih.

Bahkan penderita diabetes tipe 2 yang makan cokelat hitam juga mengalami penurunan gula darah.

Meski begitu, penderita diabetes juga sebaiknya membatasi konsumsi cokelat terlalu banyak untuk mencegah peningkatan kadar gula darah.

Melansir dari diabetes.co.uk, penderita diabetes tanpa masalah berat badan bisa mengonsumsi cokelat sebelum olahraga.

Adapun jenis cokelat yang paling baik untuk penderita diabetes, yakni jumlah kakao lebih tinggi dengan kadar gula dan lemak lebih rendah. Biasanya cokelat hitam yang masuk dalam kualifikasi.

Nah, jadi, itulah penjelasan mengenai berita bahwa cokelat mencegah diabetes tipe 2. Tapi, ingat, cokelatnya jangan yang banyak mengandung gula dan susu, alias cokelat hitam saja, ya, Moms.

Baca Juga: Konsumsi Cokelat Berlebih Memicu Jerawat

(SA/DIN)