Fashion & Beauty

29 Mei 2021

6 Rekomendasi Deodorant untuk Ibu Hamil dan Tips Memilihnya

Simak beberapa tipsnya berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Keringat berlebih memang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Apalagi jika diiringi dengan aroma tubuh dan aroma ketiak tidak sedap. Inilah yang menyebabkan banyak orang mengandalkan deodorant atau antiperspirant.

Banyak wanita mungkin akan lebih tenang menggunakan deodorant jika dalam kondisi tidak hamil. Namun, bagaimana jika dalam kondisi hamil?

Moms tentu akan lebih pilih-pilih mencari dan menggunakan berbagai jenis produk. Lalu, amankah penggunaan deodorant untuk ibu hamil?

Dikatakan oleh dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK selaku dermatologis beberapa waktu lalu dalam acara Dove Media Gathering di Hermitage, Menteng, Jakarta, umumnya produk kosmetik yang sudah dikeluarkan oleh BPOM merupakan produk yang aman.

Yang perlu diperhatikan lebih mendalam oleh ibu hamil adalah produk kosmetik yang dikeluarkan oleh dokter kulit.

Hal ini karena medical grade yang biasanya memiliki kekuatan lebih tinggi dari produk yang dikeluarkan di pasaran.

Jadi, amankah penggunaan deodorant untuk ibu hamil? Jawabannya adalah aman, selama kandungan yang terdapat di dalam produk tidak membuat kulit menjadi sensitif.

Apalagi jika kulit ketiak berpotensi cenderung sensitive dan mudah mengalami iritasi.

Menurut situs greenbabydeals.com, beberapa kandungan yang perlu dihindari agar kulit tidak sensitive adalah aluminium, triclosan, paraben, pengawet, propylene glycol, pewangi, dan phthalates.

Tips Memilih Deodorant untuk Ibu Hamil yang Aman

cara memutihkan ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Dijelaskan lebih lanjut oleh dr. Mely, waktu yang tepat untuk menggunakan deodorant adalah malam hari. Diamkan selama 6 hingga 8 jam. Hal ini karena saat malam hari, kelenjar tidak aktif.

Pada kondisi ini, tubuh Moms pun akan lebih tenang dan tidak banyak beraktivitas.

Saat pagi hari, Moms bisa membersihkan tubuh seperti biasa. Jangan lupa untuk mengaplikasikan deodorant pada saat kondisi ketiak kering, jangan ada air yang melekat pada ketiak.

Produk antiperspirant yang bercampur dengan air, malah akan membentuk substansi yang memicu iritasi. Tak hanya itu saja, dilansir dari situs dove.com, ada beberapa tips lain saat memilih deodorant untuk ibu hamil, yaitu:

1. Pilih yang Kandungannya 0% Alkohol

Tips pertama memilih deodorant untuk ibu hamil adalah jangan memilih produk yang mengandung alkohol. Alkohol bisa menyebabkan ketidakcocokan dan alergi bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif.

Selain itu wanita hamil juga sebaiknya menghindari bahan alkohol pada kosmetik (termasuk deodoran) yang dipakai sehari-hari.

Tujuannya untuk mencegah efek samping yang bisa berisiko pada kondisi kehamilan, karena bagaimanapun setiap orang berbeda dalam bereaksi terhadap pemakaian produk berbahan alkohol.

2. Pilih Produk Berlabel Antiperspirant

Tips kedua saat memilih deodorant untuk ibu hamil adalah pilih produk yang berlabel antiperspirant. Apakah artinya?

Sebenarnya, ada dua perbedaan berbeda antara deodorant dan antiperspirant. Sebagaimana fungsinya, produk deodoran bertugas menghilangkan bau tak sedap. Sedangkan antiperspirant berperan untuk menahan produksi keringat berlebih.

Label antiperspirant ini lebih cocok untuk ibu hamil, karena antiperspirant sebenarnya tidak berbau. Sehingga ramah untuk penciuman ibu hamil yang sensitif.

Namun, jika tidak bermasalah dengan masalah penciuman, Moms bisa memilih produk berlabel deodorant dan antiperspirant.

Baca juga: Deodorant untuk Remaja

3. Pilih Produk Khusus Kulit Ketiak Sensitif

Jika tidak menemukan merek deodorant untuk ibu hamil secara spesifik, Moms bisa memilih produk dengan label yang diformulasi untuk kulit ketiak sensitif. Produk jenis ini biasanya juga ramah untuk ibu hamil. Hal ini karena mengandung formulasi bahan yang lebih aman.

4. Pilih Produk Berbentuk Roll-on atau Serum

Tips memilih deodorant untuk ibu hamil selanjutnya adalah pilih produk yang berbentuk roll-on yang cenderung lebih aman digunakan ibu hamil.

Hal ini karena deodorant aerosol atau spray bisa terhirup dan masuk ke saluran pernapasan sehingga lebih berisiko bagi kehamilan.

Alternatif lain, pilihlah produk berbentuk serum yang bisa dioleskan ke kulit ketiak. Bahan serum yang mild biasanya lembut dan mudah terserap di kulit.

Baca juga: 13 Obat Biang Keringat pada Bayi, Ampuh Lho Moms!

Rekomendasi Deodorant untuk Ibu Hamil

Penyebab Ketiak Terasa Gatal-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Di pasaran, dijual berbagai macam produk perawatan kulit ketiak dan deodorant. Agar tidak bingung memilih produk yang tepat, simak beberapa rekomendasi deodorant untuk ibu hamil berikukt:

1. Dove Silk Dry Roll On

Deodorant untuk Remaja-4.jpg

Sedang mencari deodorant untuk ibu hamil? Coba Dove Silk Dry Roll on.Deodorant ini tidak mengandung paraben, alkohol, dan dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Sangat cocok dipakai dalam kondisi hamil, menyusui, atau pemilik kulit sensitif karena formulanya cepat kering sekaligus melembutkan saat melekat di kulit.

Oleskan pada kulit ketiak setiap habis mandi dalam keadaan kering.

2. Rexona Advance Whitening + Anti Noda Roll On

Deodorant-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi kedua dalam memilih deodorant untuk ibu hamil selanjutnya adalah Rexona Advance Whitening + Anti Noda Roll On.

Deodorant dan antiperspirant ini memiliki kandungan 0% alkohol dan membantu memberi perlindungan hingga 48 jam dari keringat dan bau badan.

Tak hanya itu saja, produk ini pun memiliki kandungan ekstrak lemon alami, vitamin E, dan vitamin F yang membantu kulit ketiak lebih cerah dan lembut tanpa meninggalkan noda bekas pada pakaian.

3. Peek Me Naturals Bye Bye Odor Vegan

Deodorant kulit sensitif

Foto: namasteorganic.com

Peek Me Naturals adalah merek lokal yang hadir sejak tahun 2016. Produk ini memang dikenal fokus pada berbagai produk natural remedy aromaterapi. Salah satu produknya yaitu Bye Bye Odor Vegan.

Produk ini merupakan deodoran berbahan natural tanpa mengandung aluminium serta diformulasi dengan campuran essential oil .

Produk ini pun diklaim sebagai produk vegan, tetapi juga aman sehingga cocok sebagai deodorant untuk ibu hamil dan menyusui.

4. Sebamed, Balsam Deodorant Sensitive Roll On

sebamed

Foto: Shopee.co.id

Deodorant dengan kandungan pH 5.5 ini dapat membantu mengontrol produksi keringat berlebih. Selain itu, deodorant ini tidak mengandung alkohol, alumininum dan terbukti secara klinis aman untuk kulit sensitif.

Moms pasti akan sangat nyaman menggunakan deodorant untuk ibu hamil ini karena aroma yang sangat lembut tanpa khawatir meninggalkan noda pada baju.

5. The Body Shop, Aloe Deodorant Roll On

deodorant ibu hamil

Foto: thebodyshop.co.id

Deodorant untuk ibu hamil yang perlu Moms coba selanjutnya adalah The Body Shop Aloe Deodorant Roll On yang mengandung aloe vera dari Campeche, Meksiko.

Kandungan berbahan alami ini tidak hanya mampu membantu melembapkan dan menjaga kulit ketiak tetap kering dan segar sepanjang hari. 

Deodorant ini juga tidak mengandung parfum, pewarna dan alkohol sehingga aman untuk digunakan kulit sensitif, lho!

6. Nivea, Whitening Happy Shave Deodorant

deodorant kulit sensitif

Foto: Shopee.co.id

Deodorant untuk ibu hamil selanjutnya ada Nivea Whitening Happy Shave Dedodorant yang tidak mengandung alkohol serta pewarna, cocok untuk kulit ketiak sensitif.

Memiliki masalah kulit ketiak yang menggelap karena sering bercukur? Tenang, produk ini diklaim bisa meminimalkan tampilan tersebut dengan kandungan pro vitamin B5 dan vitamin C.

Aplikasikan setiap habis mandi, pastikan kulit ketiak tidak lembap. Penggunaan produk secara teratur membantu ketiak tetap kering, lembut, cerah dan segar sepanjang hari. 

Itulah beberapa tips dan rekomendasi deodorant untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Perhatikan setiap kandungan yang terdapat pada produk yang dipilih, ya!

  • https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/tips-keringat/tips-memilih-deodorant-aman-untuk-ibu-hamil.html
  • https://greenbabydeals.com/safe-deodorant-pregnancy/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait