Trimester 1

TRIMESTER 1
5 Maret 2021

9 Manfaat Memakai Bantal Hamil Selama Kehamilan dan Setelah Melahirkan

Bantal hamil ternyata bisa dipakai setelah melahirkan juga, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak ibu hamil yang merasakan kaki bengkak, sakit punggung, dan sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. Salah satu solusi yang dapat Moms coba adalah maternity pillow atau bantal hamil.

Namun, perlukah memakai bantal khusus ibu hamil ini selama kehamilan? Sebenarnya apa fungsi dan manfaat bantal hamil ini?

Bantal hamil adalah bantal yang berukuran cukup besar, biasanya berbentuk U atau L. Ada juga bantal hamil yang berbentuk lebih kecil. Pada umumnya, ibu hamil bisa tidur dengan lebih nyaman dengan menggunakan bantal ini.

Seiring bertambahnya usia kehamilan dan perut makin membesar, tubuh kita pun jadi makin tidak nyaman untuk beraktivitas.

Kapan Harus Pakai Bantal Hamil?

Bantal Hamil U Shape

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya tidak ada waktu khusus yang menyarankan Moms untuk memakai bantal ini. Moms bisa mulai memakainya ketika sudah tidak lagi merasa nyaman saat tidur.

Dilansir dari Parenting First Cry, pada usia kandungan 20 minggu, perut akan semakin membesar. Membesarnya perut ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit di berbagai macam area karena peningkatan berat badan.

Nah ketika hal ini terjadi, Moms bisa memanfaatkan penggunaan dan fungsi dari bantal khusus ibu hamil.  

Selain kenyamanan, bantal dengan harga cukup mahal ini juga memiliki banyak manfaat lho, Moms. Berikut beberapa manfaat dari bantal hamil:

1. Membantu Menyokong Tubuh

Bantal hamil membantu menopang tubuh ibu hamil, terutama pada bagian perut, leher, paha, bahu, dan punggung.

Jika Moms merasakan sakit punggung atau tidak nyaman di bagian-bagian tubuh tersebut, cobalah untuk berbaring miring ke samping sambal menggunakan bantal ini.

Bantal hamil yang berkualitas baik dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang, punggung, dan pinggang, sekaligus membantu menjajarkan pinggang, bahu, dan tulang belakang.

2. Membantu Ibu Hamil Tidur Nyenyak (Deep Sleep)

Ibu hamil dianjurkan banyak istirahat, termasuk tidur cukup untuk kesehatan janin.

Desain ergonomis bantal hamil akan membantu Moms mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman, sehingga Moms pun akan tidur lebih lelap. Bantal hamil juga dipercaya dapat membantu janin berada di posisi yang tepat untuk proses persalinan.

3 Melancarkan Peredaran Darah

Dokter merekomendasikan ibu hamil untuk tidur menghadap ke kiri, karena posisi tidur berefek pada kelancaran peredaran darah. Dengan menggunakan bantal hamil, ibu hamil dapat tidur dengan posisi tersebut.

Baca Juga: 3 Posisi Tidur yang Baik setelah Berhubungan agar Cepat Hamil, Bagaimana Faktanya?

4. Relaksasi Otot

Dengan bantuan bantal hamil, Moms  tidak perlu sering berganti-ganti posisi tidur, sehingga otot-otot tubuh dapat kesempatan untuk relaksasi.

5. Mengurangi Rasa Pegal

Moms, mungkin merasa pegal-pegal selama hamil. Ini terjadi karena Moms membawa beban lebih di rahim. Kenyamanan yang didapat dari menggunakan bantal hamil bisa berkurang, bahkan hilang, lho. Tentunya hal ini didukung dengan waktu tidur yang cukup.

6. Mengurangi Heartburn

Ada beberapa bumil yang merasakan sensasi panas di dada atau dikenal juga sebagai heartburn selama hamil. Hal ini bisa berkurang jika Moms merasa nyaman, seperti saat menggunakan bantal hamil. Layak dicoba, bukan?

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan? Berikut Penjelasannya

Manfaat Bantal Hamil Setelah Persalinan

Bantal Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Selain harganya yang cukup mahal, mungkin Moms ragu membelinya karena hanya digunakan sebentar.

Pada umumnya ibu hamil menggunakan bantal hamil ketika perut mulai membesar dan sulit untuk mencari posisi tidur yang nyaman, atau sekitar trimester 2 dan 3.

Jangan khawatir, Moms. Bantal hamil masih bisa digunakan setelah Si Kecil lahir, kok. Misalnya untuk hal-hal sebagai berikut:

1. Pengganti Bantal Menyusui

Bantal hamil dapat digunakan sebagai bantal menyusui juga lho, Moms. Biasanya, bantal diletakkan di bawah lengan Moms agar tidak merasa pegal saat menyusui Si Kecil dalam waktu lama.

2. Benteng untuk Si Kecil

Moms dapat meletakkan Si Kecil di tengah bantal hamil sebagai pelindung agar Si Kecil tidak berguling ke tempat yang berbahaya.

3. Mengurangi Sakit Punggung

Jika ada anggota keluarga yang sedang sakit punggung, ia bisa menggunakan ini untuk mengurangi rasa sakitnya. Jadi bukan hanya untuk ibu hamil saja, Moms.

Tertarik untuk mencobanya? Semoga tidur Moms lebih nyaman dan lelap dengan bantal hamil yang berbentuk unik ini.

Baca Juga: Bantal Hamil untuk Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Simak Manfaat dan Jenisnya!

Perbedaan Bantal Hamil dan Guling

Bantal Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ketika membicarakan bantal untuk ibu hamil, mungkin banyak yang berpikiran guling bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan kenyamanan.

Bantal untuk ibu hamil didesain khusus untuk membantu memberikan kenyamanan ketika bentuk tubuh sudah mulai berubah akibat peningkatan berat badan.

Jadi, ketika guling hanya berbentuk lurus saja, bantal yang dikhususkan untuk ibu hamil ini memiliki bentuk yang khusus agar kenyamanan saat tidur tetap terjaga.

Nahm dalam pemilihan bantal hamil, Moms juga harus selektif ya! Jangan asal membelinya, Moms perlu memerhatikan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saat ini.

Ketika Moms memiliki bantal hamil yang cocok dengan tubuh, hal tersebut bisa membantu mengurangi sakit pinggang dan punggung yang disebabkan oleh kenaikan berat badan saat hamil.

Jadi, bantal khusus ibu hamil ini akan memberikan kenyamanan agar Moms bisa tidur pulas. Waktu tidur yang cukup pun sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin.

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Cara Tidur Berkualitas untuk Ibu Hamil

Bantal Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari The Journal of the Canadian Chiropractic Association, ada beberapa cara agar ibu hamil mendapatkan tidur yang berkualitas.

Biasanya, perubahan bentuk tubuh dan hormon yang terjadi di masa kehamilan membuat banyak perempuan mengalami susah tidur atau merasa tidak nyaman meski sudah mengganti berbagai macam posisi.

Berikut trik untuk mendapatkan tidur berkualitas bagi ibu hamil;

1. Makan Sedikit Sebelum Tidur

Makanlah sedikit sebelum tidur. Hal tersebut bisa membantu ibu hamil terhindari dari masalah jantung yang terasa terbakar.

Ketika makan, sebaiknya menghindari makanan yang pedas atau berlemak karena bisa mengganggu sistem pencernaan.

Baca Juga: Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu? Simak Jawabannya Berikut Ini!

2. Olahraga

Meski sedang mengalami masa kehamilan, hal tersebut bukanlah alasan bagi Moms untuk berhenti olahraga.

Cobalah untuk tetap aktif di siang hari dengan melakukan olahraga kecil atau yoga. Dengan olahraga, hal tersebut bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta membantu agar tidur menjadi lebih nyaman.

3. Banyak Minum

Jangan sampai Moms kurang minum pada masa kehamilan, ya! Cobalah untuk banyak minum di siang hari dan menghindari banyak minum di malam hari.

Terlalu banyak mengonsumsi cairan di malam hari bisa mengganggu tidur karena meningkatkan kemungkinan untuk buang air kecil di tengah malam.

Bagaimana penjelasan mengenai kegunaan bantal hamil serta cara agar membuat tidur Moms lebih berkualitas saat hamil?

Jika Moms masih memiliki berbagai macam pertanyaan seputar topik yang telah dibicarakan ini, jangan malu atau ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

Jaga kesehatan selalu dan semoga persalinannya berjalan dengan lancar, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait