08 Oktober 2023

10+ Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil, Sangat Menyehatkan!

Coba jus sayur, Moms!

Apa yang Moms makan dan minum selama kehamilan memiliki dampak besar terhadap bayi yang sedang tumbuh. Hal ini membuat Moms perlu mengetahui minuman yang baik untuk ibu hamil.

Cari tahu, yuk, Moms!

Terkadang, minum lebih mudah daripada makan, terutama selama trimester pertama. Namun, penting untuk minum dengan 'benar' demi kesehatan dan perkembangan bayi.

Moms perlu mengetahui apa saja minuman untuk ibu hamil yang sehat dan disarankan. Sebab, tidak semua minuman sama dalam hal kehamilan.

Terdapat beberapa jenis minuman yang dipercaya dapat memberikan efek buruk jangka panjang pada bayi.

Sementara itu, beberapa lebih bergizi daripada yang lain, misalnya seperti jus buah atau air putih.

Penasaran dengan daftar minuman yang baik untuk ibu hamil? Berikut adalah minuman sehat untuk ibu hamil yang perlu Moms konsumsi.

Baca Juga: 11 Tips Menjalani Puasa Bagi Ibu Hamil agar Ibu Tidak Dehidrasi dan Janin Selalu Sehat

Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil

Dalam studi di Journal of Pregnancy, disebutkan bahwa berat badan yang sehat dan perilaku gaya hidup sehat dianggap sebagai prasyarat penting untuk masa kehamilan yang sukses.

Untuk itu, Moms bisa mengonsumsi minuman untuk ibu hamil yang aman dan menyehatkan Moms dan janin dalam kandungan berikut ini.

1. Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih
Foto: Ilustrasi Minum Air Putih (sumber: clatterans blog)

Mari kita mulai dengan pilihan minuman yang paling baik untuk semua orang, khususnya bagi ibu hamil, yaitu air putih.

Air putih adalah minuman yang baik untuk ibu hamil dan paling penting dari minuman lainnya, termasuk saat Moms tidak sedang hamil.

Selama kehamilan, kebutuhan air meningkat. Salah satu manfaatnya yakni sangat penting untuk kesehatan sel darah Moms.

Konsumsi air yang cukup bisa mencegah mencegah dehidrasi. Dalam kondisi tertentu, dehidrasi dapat menyebabkan persalinan prematur pada beberapa wanita.

"Pilihan terbaik untuk minum bagi wanita hamil adalah air. Cairan ketuban perlu diisi ulang dan air membantu bayi dengan banyak cara," kata Natalie B. Allen, seorang ahli diet dan instruktur klinis dietetika terdaftar di Missouri State University.

Ingatlah untuk selalu minum air putih yang sudah matang, ya, Moms.

2. Air Kelapa

Air Kelapa
Foto: Air Kelapa (Momjunction.com)

Minuman yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah air kelapa. Sajian ini kerap dianggap sebagai salah satu minuman untuk mencegah dehidrasi.

Hal ini dikarenakan air kelapa adalah minuman isotonik alami. Selain bagus untuk menambah cairan tubuh, air kepala juga baik untuk kesehatan kulit.

Ini juga bermanfaat untuk mengisi kembali garam alami dalam tubuh. Selain itu, air kelapa mengandung elektrolit yang bisa membantu mengatasi kram kaki saat Moms sedang hamil.

Bahkan, untuk wanita hamil yang tidak mengalami kram kaki, minuman olahraga yang diperkaya dengan elektrolit adalah pilihan yang baik.

Jadi, lain kali Moms saat merasa haus, salah satu pilihan minuman yang baik untuk ibu hamil adalah air kelapa.

Baca Juga: Air Kelapa Bermanfaat Untuk Ibu Hamil, Benarkah?

3. Jus Jeruk atau Limun

Es Lemon
Foto: Es Lemon (Freepik.com)

Siapa yang tidak suka segelas limun atau jus jeruk?

Minum satu gelas jus limun atau jeruk ternyata bagus untuk tetap menghidrasi tubuh, selain itu vitamin C dalam kedua jus ini juga bagus untuk ibu hamil.

Jika morning sickness membuat Moms kelelahan, segelas limun akan menjadi minuman yang baik untuk ibu hamil.

Jus jeruk telah menjadi pilihan minuman yang baik untuk ibu hamil.

"Pastikan untuk memilih jus jeruk atau limun yang telah diperkaya dengan kalsium karena ini penting untuk kesehatan tulang," jelas ahli diet terdaftar Natalie B. Allen mengutip The List.

Selain itu, minuman untuk ibu hamil yaitu jus jeruk juga mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kondisi yang berpotensi berbahaya pada wanita hamil.

4. Susu Rendah Lemak

Susu Rendah Lemak
Foto: Susu Rendah Lemak (sumber: momjunction)

Segelas susu sehari dapat membantu Moms tetap sehat dan bugar. Ini berlaku tidak hanya selama kehamilan, tetapi juga saat Moms tidak sedang hamil.

Konsumsi susu sebagai satu dari beragam minuman yang baik untuk ibu hamil sekaligus menyehatkan.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi tiga cangkir produk susu per hari, tapi itu tidak selalu berarti susu.

Ahli diet terdaftar Julie Redfern mengungkapkan dalam sebuah artikel di Baby Center bahwa minum susu tanpa lemak atau rendah lemak dapat membantu Moms menghindari lemak jenuh.

"Bagi banyak wanita, kemampuan untuk mencerna laktosa meningkat selama kehamilan, terutama di akhir kehamilan," ungkap ahli diet terdaftar dan berlisensi Katherine Zeratsky mengutip Mayo Clinic.

Ini berarti Moms mungkin dapat minum susu dan makan produk susu lainnya tanpa rasa tidak nyaman. Namun, perhatikan bila Moms memiliki intoleransi laktosa, ya!

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

Moms mungkin tahu bahwa buah-buahan baik untuk kesehatan. Namun, apakah jus buah sama baiknya?

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb