Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING ISLAMI
18 Maret 2022

13 Doa Akhir Ramadan untuk Menyambut Hari Kemenangan, Yuk Amalkan!

Kuatkan ikhtiar dengan memanjatkan doa akhir Ramadan ini
13 Doa Akhir Ramadan untuk Menyambut Hari Kemenangan, Yuk Amalkan!

Doa akhir Ramadan perlu diketahui untuk menambah ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu kedatangannya dengan hati gembira oleh nabi dan para sahabat sebelumnya.

Sebab, mereka tahu dan yakin akan adanya keutamaan dari bulan ini. Dan saat akan berpisah, tak lupa para sahabat juga memanjatkan doa akhir Ramadaan.

Saat Ramadan, ada tiga amalan besar untuk mencatatkan diri menjadi sebagai bagian orang yang bertakwa jika melakukannya.

Tiga amalan itu adalah shiyam atau puasa Ramadan, qiyam atau shalat-shalat selama Ramadan, dan juga qiyam Lailatul Qadar, dikutip Persatuan Islam (Persis).

Yang wajib adalah puasanya, karena dua di antaranya hukumnya sunnah. Meski begitu, Rasulullah SAW tidak meninggalkan ketiganya karena satu sama lain saling menguatkan dalam mencapai derajat takwa.

Dari awal hingga akhir Ramadan, semua amalan itu akan diberi pahala berlipat ganda.

Baca Juga: Unik, Begini Cara Negara Lain Rayakan Kemeriahan Bulan Ramadhan

Fokus Ibadah di 10 Hari Terakhir

Doa Akhir Ramadhan -1

Foto: Doa Akhir Ramadhan -1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang yang terlanjur mengira bahwa turunnya Alquran pada 17 Ramadan. Padahal ulama berbeda pandangan terkait hal ini.

Ada yang tanggal 17, 21, 23, 27 Ramadhan. Tetapi Ibnu Hajar dalam fath al Bary menegaskan bahwa turunnya Lailatul Qadar itu di malam ganjil di 10 hari terakhir.

Nabi Muhammad SAW sendiri pada sepuluh hari terakhir memilih berada di Masjid untuk beri'tikaf. Hal ini dilakukan karena beliau ingin meraih malam yang kemuliaannya lebih dari seribu bulan.

Tapi bukan berarti nabi tidak perhatian pada 20 hari sebelumnya.

Sebuah hadist dari Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa menegakkan lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Bukhari 34, diriwayatkan juga oleh jamaah ahli hadis).

Ini juga bukan berarti I’tikaf hukumnya wajib. I'tikaf memang ditekankan, tapi Islam adalah agama yang mudah dan memudahkan. Lakukan segalam amalan sesuai kemampuan.

Jika seseorang belum mampu beri'tikaf, maka perbanyak saja amalan lainnya.

Selain itu, Lailatu Qadar akan didapati oleh seseorang yang mengerjakan ibadah dengan landasan iman dan berdasar syari'at, baik yang melakukan i'tikaf ataupun tidak.

Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan 10 hari terakhir Ramadan.

Sebab, pada penghujung Ramadan terdapat ampunan dan juga pembebasan dari siksa neraka dari Allah SWT.

Memperbanyak doa akhir Ramadan juga diharapkan dapat membuat Allah SWT bisa menerima semua amal serta ibadah yang sudah dilakukan selama Ramadan.

Baca Juga: Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Saat Ramadhan

Doa Akhir Ramadan yang Bisa Dibacakan

Doa Akhir Ramadhan -2

Foto: Doa Akhir Ramadhan -2

Foto: Orami Photo Stock

American Journal of Clinical Nutrition mencatat, puasa Ramadan biasanya dikaitkan dengan berkurangnya aktivitas dan waktu tidur, tetapi tidak ada perubahan signifikan pada RMR atau TEE dalam penelitian ini.

Hal ini menunjukkan bahwa pola hidup yang baik akan tercipta saat Ramadan.

Itu adalah salah satu manfaat yang didapat saat beraktivitas dengan baik selama Ramadan.

Selain itu, akan ada banyak doa yang dikabulkan jika mengerjakan semua ibadah dengan taat dan ikhlas pada bulan Ramadan.

Seperti doa yang sudah diajarkan Rasulullah SAW yang khusus di bulan Ramadan, yakni: “Asyhadu an-laa ilaha illa-Allah, astaghfirullah.. Asaluka ridhoka wal jannahwa a’uudzu bika min sakhatika wan naar,”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, aku memohon ampunan Allah, aku memohon ridho-Mu dan surga, ya Allah dan aku memohon dihindarkan dari kemurkaan-Mu dan azab neraka.”

Setiap malam selama Ramadan juga disarankan untuk melantunkan doa:

“Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa’fu annaa,”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau mencintai permaafan, karena itu maafkanlah daku,”.

Saat bulan Ramadan semakin mendekati akhir, ada juga doa akhir Ramadan yang bisa dibacakan. Berikut ini adalah beberapa alternatif doa yang bisa dipanjatkan sebagai doa akhir Ramadan:

1. Doa Akhir Ramadan Pertama

Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah:

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati, bukan yang hampa semata.”

2. Doa Akhir Ramadan Kedua

Ya Allah, aku mohon dengan perantaraan rahmat, keluhuran, kebaikan, ampunan, karunia, kebaikan, dan pemberianMu. Janganlah Engkau menjadikan Ramadan ini sebagai kesempatan terakhirku.

Sudilah kiranya Engkau mengantar aku hingga Ramadan berikutnya dalam keadaan yang paling baik dan perlihatkan aku hilal Ramadan berikutnya bersama dengan orang-orang yang melihat keleluasaan rakhmatMu. Limpahkanlah anugerahMu. Tiada Tuhan selain Allah.

3. Doa Akhir Ramadan Ketiga

Ya Allah, aku memohon padaMu, sudilah Engkau mencurahkan RahmatMu pada Muhammad dan keluargaNya, dan jadikan juga bulan ini penuh dengan keagungan Ramadan yang sudah berlalu dari kami sejak Kau turunkan ke dunia ini sebagai sebuah berkah di dalam menjaga agama, jiwa dan semua kebutuhanku.

Berilah aku berkat untuk mengatasi semua masalah, sempurnakan juga pemberian nikmatMu ini, palingkan aku dari semua keburukan dan hias aku dengan pakaian kesucian pada bulan ini.

4. Doa Akhir Ramadan Keempat

Ya Allah, hamba berharap jangan Engaku jadikan puasa ini menjadi puasa terakhir di dalam kehidupanku.

Andai Engkau memiliki ketetapan sebaliknya, maka hamba mohon untuk menjadikan puasaku menjadi puasa yang penuh dengan rahmat dan bukan sebuah puasa yang sia-sia serta tidak berarti.

Jika ada dosaku yang belum Engkau ampuni atau siksaan yang akan aku dapatkan karena dosa tersebut sehingga menyebabkan terbit fajar pada malam ini atau bulan ini berlalu, maka hamba mohon ampunilah hamba wahai Zat yang maha pengasih dari semua yang mengasihi.

5. Doa Akhir Ramadan Kelima

Ya Allah, terima puasaku dengan sebaik mungkin penerimaan, pengampunan, kemurahan dan juga hakikat keridhaanMu sehingga akhirnya Kau bisa memenangkanku dalam segala kebaikan dan semua anugerah yang sudah Engkau curahkan pada bulan yang suci ini.

Selamatkan hamba dalam rasa bimbang pada bencana yang sedang mengintai dan juga doa berkepanjangan.

Dengan rahmatMu, golongkan aku pada orang yang mendapat keutamaan malam al-Qadar, malam yang sudah Engkau tetapkan menjadi malam baik dari seribu bulan di dalam keagungan ganjaran, keindahan syukur, kemuliaan perbendaharaan, panjang umur serta kemudahan yang berkepanjangan.

6. Doa Akhir Ramadan Keenam

Doa ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai doa perpisahan bulan Ramadan malam ke-28 dan malam ke-29.

Orang yang mendoakan ini pada malam terakhir bulan Ramadhan maka akan mendapat 2 kebaikan yakni berjumpa dengan Ramadan berikutnya atau pengampunan serta rahmat dari Allah.

Ya Allah, Ramadan sebentar lagi akan berlalu, aku mohonkan padaMu dengan perantaraan WajahMu yang mulia, dengan perantaraan kalimatMu yang sempurna, seandainya masih bersisa padaku dosa yang belum Kau ampuni, atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya atau hingga berlalunya bulan Ramadan ini, maka ampunilah semuanya ya Allah.

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku.

Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati dan bukan puasa yang hampa semata Maha Suci Allah dengan segala Firmannya. Aamin.

Baca Juga: Tetap Bugar di Kala Ramadhan

7. Doa Akhir Ramadan Ketujuh

Ya Allah, berilah hamba petunjuk menuju pada keridhaanMu dan jangalah Kau memberikan jalan pada setan agar menguasai aku.

Jadikan surga bagiku sebagai tempat untuk tinggal dan peristirahatanku, wahai pemenuh keperluan bagi orang yang meminta.

8. Doa Akhir Ramadan Kedelapan

Ya Allah, penuhkan hidupku dengan banyak amalan sunnah dan muliakan aku dengan terkabulnya seluruh doaku. Dekatkan perantaraanku padaMu di antara semua perantara, wahai yang tak sibuk dengan permintaan orang yang meminta.

9. Doa Akhir Ramadan Kesembilan

Ya Allah, liputi aku dengan rahmat dan berikan juga padaku taufik serta penjagaan. Sucikan hatiku dan juga noda fitnah wahai pengasih para hamba-Nya yang mukmin.

10. Doa Akhir Ramadan Kesepuluh

Ya Allah, jadikan puasaku disertai dengan syukur dan juga penerima diatas keredhaanMu dan juga keredhaan rasul.

Cabangnya kukuh dan juga kuat berkat pokoknya dan akhirnya, terima hakikat kefardauan puasa Ramadan dan juga ikhlaskan hati saat melakukannya hanya semata untuk Allah SWT.

11. Doa Akhir Ramadan Kesebelas

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, beliau berkata:

”Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?”

Beliau menjawab:

”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).”

Saat perpisahan dengan bulan Ramadan, sebaiknya seseorang berharap agar semua dosa diampuni sehingga jika tidak bisa bertemu dengan bulan suci ini di tahun depan, orang tersebut telah membawa sesuatu yang sangat berharga, yaitu dihapuskannya dosa dan diterima amalan ibadah.

12. Doa Akhir Ramadan Keduabelas

Makna dari doa ini adalah permohonan agar bisa bertemu kembali dengan Ramadan berikutnya, sekaligus juga meminta agar pahala puasa yang telah dilakukan dapat diterima, dan mohon ampun atas semua dosa yang telah berlalu.

“Ya Allah, hamba berharap jangan Engkau jadikan puasa ini menjadi puasa terakhir dalam kehidupanku. Andai Engkau memiliki ketetapan sebaliknya, maka hamba mohon untuk menjadikan puasaku menjadi puasa yang penuh rahmat dan bukan puasa yang sia-sia.

Jika ada dosaku yang belum Engkau ampuni atau siksaan yang akan aku dapat hingga terbit fajar pada malam ini atau bulan ini berlalu, maka ampunilah hamba wahai Zat yang maha pengasih dan maha pengampun.”

13. Doa Akhir Ramadan Ketigabelas

Makna dari doa ini adalah permohonan agar ibadah puasa yang telah dilakukan selama sebulan penuh ini diterima oleh Allah SWT. Selain itu, semua harapan baik pun tergambar dalam doa ini agar keberkahan Ramadan melekat pada dirinya.

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik mungkin penerimaan, kemurahan, dan juga hakikat keridhaanMu sehingga Engkau bisa memenangkanku dalam segala kebaikan dan semua anugerah yang sudah Engkau curahkan pada bulan suci ini.”

Demikianlah beberapa doa akhir Ramadan yang bisa dijadikan referensi.

Semoga puasa dan segala amalan shaleh yang telah dilakukan selama sebulan penuh bisa diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah dan penuh dengan keberkahan. Aamin.

  • https://academic.oup.com/ajcn/article/107/1/54/4825210