Parenting Islami

24 Desember 2021

5+ Doa Pembuka dan Penutup Acara dalam Islam yang Mudah Dihafalkan

Beda acara, beda juga doa pembuka dan penutupnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Doa pembuka dan penutup acara selalu diucapkan supaya acara yang sedang berjalan bisa berlangsung dengan lancar, penuh berkah, dan selamat tanpa ada kendala yang berarti.

Doa pembuka diucapkan ketika acara belum dimulai sebagai awal dari pembukaan acara yang akan berlangsung. Sedangkan doa penutup acara diucapkan setelah acara berakhir.

Pembacaan doa pembuka dan penutup acara ini sudah menjadi tradisi di banyak negara, termasuk Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Untuk pilihan doanya, tentu saja ada banyak, tapi hanya sedikit yang mudah untuk dihafalkan.

Baca Juga: Doa Terbebas dari Utang, Yuk Amalkan Sambil Terus Berikhtiar!

Doa Pembuka dan Penutup Acara Resmi

Doa untuk Membuka Acara

Foto: voi.id

Untuk doa pembuka dan penutup acara resmi seperti acara pertunangan, acara lamaran, acara pernikahan, hingga acara kirim doa kepada keluarga yang sudah meninggal. Berikut doa pembuka dan penutup acara resmi, yaitu:

1. Doa Pembuka Acara Resmi

Alhamdulillahi rabbil aalamiin, wassolatu wassalamu ‘ala isyrofil anbiya i walmursaliin, waala alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.”

Artinya:

Segala puji bagi Tuhan Yang Mahakuasa, Tuhan Seluruh Alam. Semoga shalawat dan selamat tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal, Yuk Panjatkan!

2. Doa Penutup Acara Resmi

“Allahumma aqsim lana min khasy-yatik, maa tahulu bainana wa baina ma’shiyyatik, wa min thaa’atika maa tuballighuna bihi jannatak wa minal yaqiini ma tuhawwinu bihi ‘alaina mashaaibad dunya.

Allahumma matti’naa bi asmaa’inaa wa abshaarina wa quwwatinaa ma ahyaytana waj’alhul waaritsa minna waj’alhu tsa’ranaa ‘alaa man ‘aadanaa wa laa taj’al mushiibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunya akbara hammina wa laa mablagha ‘ilminaa wa laa tusallith ‘alainaa man laa yarhamunaa.”

Artinya:

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat perbuatan maksiat kepada-Mu. Anugerahkanlah kepada kami ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan kami ke surga-Mu dan anugerahkanlah pula keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini.

Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami.

Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami.

Janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.”

Baca Juga: 3 Doa Selamat untuk Keluarga dari Segala Mara Bahaya, Yuk Panjatkan!

Doa Pembuka dan Penutup Acara Rapat

Doa Meeting

Foto: forbes.com

Saat mengadakan rapat di kantor, biasanya akan ada doa pembuka dan penutup yang diucapkan supaya acara rapat bisa berjalan lancar tanpa kendala. Berikut doa pembuka dan penutup acara yang bisa Moms hafalkan, yaitu:

3. Doa Pembuka Rapat

“Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.”

Artinya:

Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.”

4. Doa Penutup Rapat

“Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil'alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin.

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina 'adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin.”

Artinya:

“Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepadamu ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu.

Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.

Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari adzab api neraka."

Baca Juga: 5 Sunnah Rasul dan Doa Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Amalkan!

Doa Pembuka dan Penutup Acara Pengajian

Berdoa untuk Acara Pengajian

Foto: harvardmagazine.com

Sebelum dan sesudah melakukan acara pengajian atau acara keagamaan, pastinya Moms akan memanjatkan doa terlebih dahulu.

Doa pembuka dan penutup acara pengajian ini dimaksudkan supaya acara pengajian bisa diberkahi dengan baik.

5. Doa Pembuka Acara Pengajian

“Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuwanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina. Man yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.”

Artinya:

Kami panjatkan segala puji kepada Allah dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan Allah dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya.

Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba Allah dan utusan Allah.

Baca Juga: Bacaan dan Tata Cara Doa Qunut Subuh, Wajib Tahu!

6. Doa Penutup Acara Pengajian

“Subhanakallahumma wabihamdika ashhadu an laa ilaaha illa anta astagfiruka wa atuubu ilaik.”

Artinya:

“Maha suci Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Itulah sekilas mengenai doa pembuka dan penutup acara. Jadi mulai sekarang Moms bisa menggunakannya jika disuruh untuk memimpin doa. Semoga informasi bisa berguna untuk Moms nantinya ya!

  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/doa-penutup-acara-rapat-beserta-adab-dan-keutamaan-berdoa-1wy18exYv8k
  • https://www.merdeka.com/sumut/doa-pembukaan-acara-dan-penutupan-yang-mudah-diucapkan-dan-dihafal-kln.html
  • https://www.99.co/blog/indonesia/doa-pembukaan-acara-penutupan/
  • https://www.populeria.com/doa-pembukaan-acara/
  • https://news.detik.com/berita/d-5186154/doa-pembuka-dan-penutup-acara-yang-bisa-dipanjatkan
  • https://id.scribd.com/doc/246551403/Teks-Doa-Pembuka-Dan-Penutup-Dalam-Acara
  • https://id.scribd.com/document/480264887/Teks-Doa-Pembuka-dan-Penutup-dalam-Acara
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait