Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
12 Februari 2021

Ini Doa sebelum Belajar dan setelahnya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Ada beberapa doa sebelum belajar yang bisa dipanjatkan agar mendapatkan keberkahan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms tahu, Islam memasukkan proses belajar sebagai salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang muslim. Sebab, perintah Allah SWT tersebut dimaksudkan untuk kebaikan setiap orang. Karena Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

Sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Al Quran: “Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mujaadilah: 11).

Menuntut ilmu akan menjadi kewajiban bagi semua umat muslim, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Jadi, belajar tidak memiliki batasan waktu. Bahkan pahalanya akan semakin bertambah jika selalu berdoa sebelum belajar dan setelahnya.

Baca Juga: Belajar dari Anak Saat Hewan Peliharaan Mati

Islam Memandang Ilmu dan Proses Belajar

Doa Sebelum Belajar -1

Foto: Orami Photo Stock

Belajar akan menghasilkan ilmu, dan jika terus dimanfaatkan, akan menjadi kebaikan yang tidak terputus. Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR Muslim).

Ilmu yang bermanfaat menjadi salah satu amalan yang tidak pernah putus pahalanya walau sudah meninggal. Untuk itu, ilmu akan menjadi sesuatu yang sangat penting yang bisa menolong seseorang baik di dunia maupun di akherat kelak.

Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang bermanfaat Moms, sebab ilmu itulah yang mengantarkan seseorang mengenal agama dan tuhannya. Setelah itu, tahapan belajar selanjutnya akan mengantarkan seseorang menjadi lebih bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Rasulullah bersabda: “Bagi siapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka wajib baginya memiliki ilmu. Dan bagi siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu. Dan barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib baginya memiliki ilmu.”

Ketika akan menuntut ilmu, seorang muslim harus berdoa agar ilmu yang didapatkan akan menjadi berkah. Doa sebelum belajar atau menuntut ilmu perlu dibiasakan sedari kecil agar anak terbiasa hingga dewasa. Tentu ini juga akan menjadi amal jariah bagi Moms dan Dads yang telah mengajarkannya.

Baca Juga: Haruskah Anak Diberi Hadiah Supaya Mau Belajar?

Doa sebelum Belajar dan setelahnya

Doa Sebelum Belajar -2

Foto: Orami Photo Stock

Untuk lebih meningkatkan kualitas proses belajar, ada baiknya untuk selalu membaca doa sebelum belajar. Membaca doa sebelum belajar adalah sebuah keinginan agar Allah SWT membantu untuk mudahkan saat memahami, menghafalkan, atau menyerapnya.

Ada beberapa doa sebelum belajar yang bisa dibaca, yakni:

1. Doa Sebelum Belajar Panjang

“Rodlittu billahirobba, wabil islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa,”

Artinya: "Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

2. Doa Sebelum Belajar Pendek

“Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin,”

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh,”.

3. Doa Sebelum Belajar Mengaji

“Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin,”.

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang,".

4. Doa Setelah Belajar Kesatu

“Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin,”.

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam,".

5. Doa Setelah Belajar Kedua

“Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu,”.

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya,".

6. Doa Setelah Belajar Ketiga

“Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal,”.

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan,".

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

Manfaat Doa sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar -3

Foto: Orami Photo Stock

Doa sebelum belajar memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengamalkannya. Ketika belajar diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka ilmu yang akan didapatkan pun menjadi lebih barokah. Ada beberapa manfaat lain dari doa sebelum belajar yang harus Moms tahu. Apa saja?

  • Terhindar dari berbagai masalah. Mempelajari sebuah ilmu tentu akan dihadapkan dengan berbagai macam masalah yang bervariasi. Jika dimulai dengan, Insya Allah proses belajar akan berjalan dengan lancar dan ilmu yang didapatkan menjadi lebih barokah.
  • Tujuan menjadi jelas. Belajar tentu memiliki sebuah tujuan yang jelas. Adanya tujuan yang jelas membuat seseorang terhindar dari keragu-raguan dalam belajar. Berdoa bisa menjadi bukti bahwa seeorang telah pasrah dan tujuan lebih mudah untuk dicapai.
  • Lebih percaya diri dan ikhlas. Mengamalkan doa sebelum belajar akan membuat seseorang bisa lebih percaya diri dan ikhlas. Pasrahkan semua hal yang akan terjadi hanya kepada Allah. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Untuk urusan hasil yang akan didapatkan, Allah yang akan menentukan.
  • Bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat. Berdoa sebelum dan setelah belajar akan membuat aktivitas belajar lebih bermanfaat dan bernilai ibadah. Selain itu juga akan mendapatkan pahala dari Allah dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.
  • Melatih kesabaran. Allah sangat menyayangi orang-orang yang sabar. Dengan berdoa, seseorang telah belajar arti dari sebuah kesabaran. Tidak ada sesuatu yang bisa terjadi secara instan. Semua membutuhkan proses, dan proses belajar yang baik dalam islam adalah action, dan menunggu hasilnya. Lakukan hal terbaik yang bisa dilakukan dan hasilnya dipasrahkan kepada Allah.

Baca Juga: Ayo Dilatih! Ini 4 Dampak Positif Jika Si Kecil Senang Belajar Nyanyi

Manfaat Belajar secara Ilmiah

Doa Sebelum Belajar -3

Foto: Orami Photo Stock

Setelah membaca doa sebelum dan setelah belajar, untuk menguatkan prosesnya, ada baiknya Moms untuk mengetahui manfaat belajar untuk Si Kecil dan juga untuk orang dewasa. Ada beberapa manfaat belajar yang telah melalui tahapan penelitian, yaitu:

1. Gaya Hidup Lebih Sehat

Orang dengan pendidikan yang lebih baik cenderung hidup lebih lama dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat, dikutip Telegraph . Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat, orang dengan pendidikan tinggi memiliki risiko sepertiga lebih rendah terkena penyakit jantung.

2. Sosialisasi

Saat belajar terutama di sekolah, Si Kecil akan belajar bersosialisasi. Ini akan memberi ruang dan kesempatan untuk bertemu orang lain yang memilki seifat dan kebiasaan berbeda. Tentunya ini akan meningkatkan rasa toleransi dan juga kerja sama sebagai salah satu manfaat dari sosialisasi.

3. Pengembangan Keterampilan Pribadi

Saat belajar di sekolah, anak diharuskan melalui berbagai jenis tugas, diskusi, dan sebagainya. Ini tentu akan meningkatkan ilmu dan keterampilan. Selain itu, anak bisa tumbuh menjadi produktif dan komunikatif akibat aktivitasnya selama belajar di sekolah.

4. Mengurangi Pernikahan Anak

Bahkan tanpa disadari, anak perempuan dengan pendidikan menengah atau lebih tinggi tiga kali lebih kecil kemungkinannya untuk menikah sebelum usia 18 tahun, dilansir Girls Not Brides.

Mengutamakan pendidikan dalam masyarakat memungkinkan anak perempuan dipandang sebagai orang yang bisa mendapatkan pendidikan akan membuatnya lebih matang saat memutuskan untuk menikah.

Inilah ulasan tentang doa sebelum dan setelah belajar beserta manfaatnya. Amalkanlah selalu doa sebelum belajar untuk mendapatkan keberkahan atas ilmu yang dipelajari dan biasakan mulai dari sekarang agar mendapatkan keberkahan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait