Parenting

21 Mei 2021

8 Fakta Anak Tengah, Pembawa Perdamaian dan Menantu Idaman

Salah satu fakta anak tengah adalah memiliki sifat yang paling unik dalam keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin pernah dengan tentang fakta anak tengah yang kurang mengenakkan. Selama beberapa dekade, anak yang lahir diatara anak tertua dan termusa cenderung mengalami kesulitan untuk tumbuh dewasa.

Biasanya banyak anggota keluarga yang salah paham akan sifat mereka. Terkadang anak tengah juga sering diabaikan dan diremehkan karena sikap mereka yang dianggap berbeda.

Nah, biar enggak salah lagi sebaiknya Moms simak yuk artikel mengenai fakta anak tengah berikut ini.

Baca juga : 10 Fakta Anak Ketiga, Pintar Mengatur Emosi dan Punya Potensi Sukses

8 Fakta Anak Tengah yang Perlu Moms Ketahui

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak tengah sangat mandiri dan kreatif, dengan kualitas kepemimpinan tertentu yang tidak dapat ditandingi oleh anak sulung dan bungsu.

Para peneliti juga telah menghabiskan waktu untuk mencari tahu fakta anak tengah. Mulai dari kepribadian hingga keberhasilan berdasarkan urutan kelahiran. Penelitian tersebut menunjukan bahwa urutan kelahiran memiliki peran besar dalam perkembangan seorang anak.

Berikut fakta anak tengah yang perlu Moms ketahui!

1.Negosiator yang Handal

fakta anak tengah

Foto: Orami Photo Stock

Karena berada di antara anak pertama dan terakhir, anak tengah sangat handal dalam melakukan suatu negosiasi. Ia merasa tidak mendapat perhatian yang cukup terbiasa dalam melakukan manipulator yang cerdas dan terampil.

Fakta anak tengah dapat melihat semua sisi pertanyaan dan berempati serta menilai reaksi dengan baik. Mereka lebih bersedia untuk berkompromi, sehingga mereka bisa berdebat dengan sukses. Karena saat masih anak-anak mereka terbiasa menunggu atau mengalah dari adik atau kakaknya sehingga dengan sendirinya mereka menjadi pribadi yang lebih sabar.

2. Mudah Beradaptasi Dalam Tim

mudah beradaptasi

Foto: Orami Photo Stock

Saat bekerja dalam sebuat tim, anak tengah dapat dengan mudah beradaptasi. Sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan saat harus bergabung dalam sebuah tim yang besar.

Sebuah studi tahun 1966 yang masih berlaku hingga hari ini di The Journal of Genetic Psychology menemukan bahwa fakta anak tengah cenderung lebih baik dalam situasi kelompok.

Jadi, jika Moms ingin memasukan anak dalam sebuah klub olahraga sebaiknya pilih sepakbola dibandingkan tenis. Beri mereka beberapa teman dan aktivitas, sehingga mereka akan siap untuk pergi.

3. Anak Tengah adalah Anak yang Baik

Anak tengah cenderung memiliki sifat yang lebih baik

Foto: Orami Photo Stock

Jarang sekali orang tua menjadikan anak tengah sebagai favorit. Namun, hal itu tak lantas membuat mereka bertingkah laku aneh dan menjadi anak nakal.

Faktanya, sebuah studi tahun 1964 yang dilakukan oleh Texas Christian University dan University of Minnesota telah meneliti penerimaan dan penolakan teman sebaya dalam kaitannya dengan urutan kelahiran.

Akhirnya, para peneliti menemukan bahwa fakta anak tengah, yang dikelilingi oleh kakak dan adik memiliki perilaku yang sangat baik. Karena, mereka adalah yang paling bisa menyesuaikan diri dari kelompok itu.

Baca juga: Ide Nama Anak Pertama yang Menarik untuk Si Kecil

4. Lebih Pintar dari Anak Bungsu

Anak tengah lebih cerdas dari anak bungsu

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan oleh American Psychological Association menemukan bahwa semakin banyak saudara kandung yang dimiliki seorang anak, semakin kurang kecerdasan mereka.

Ini adalah "model pengenceran" dan itu ada karena orang tua secara alami dapat menghabiskan lebih sedikit waktu dengan setiap anak untuk membantu pembelajaran dan pemahaman.

Jadi fakta anak tengah yang perlu diketahui adalah mereka kurang cerdas dibandingkan kakaknya tetapi lebih pintar dari adik laki-laki atau perempuan mereka.

5. Anak Tengah Pembawa Perdamaian

fakta anak tengah

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah artikel yang terbitkan pada 2014 menyebutkan bahwa, anak tengah memiliki sifat yang lebih kooperatif dan pengertian, tetapi juga peduli dengan keadilan.

Karena berada di antara anak pertama dan terakhir, anak tengah sering menjadi agen perdamaian. Tidak heran kalau fakta anak tengah adalah negosiator yang baik dan selalu membawa pedamaian dalam keluarga.

Baca juga: Anak Laki-laki Lebih Lambat Berjalan, Mitos atau Fakta?

6. Pasangan Hidup Idaman

Anak tengah

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang memiliki pasangan anak tengah mungkin akan merasa beruntung saat membaca artikel ini. Karena studi pada 2009 menunjukan bahwa anak tengah merupakan seseorang yang romantis.

Penelitian tentang urutan kelahiran dan preferensi romantis mengamati 2.500 individu dan pasangan mereka dan menentukan bahwa fakta anak tengah berakhir dalam hubungan yang jauh lebih bahagia dan memilih untuk tetap setia kepada pasangan dan teman romantis.

Ada satu hal yang Moms tahu pasti, anak tengah selalu bisa diandalkan serta jujur dan setia.

7. Pintar Membaca Situasi

fakta anak tengah

Foto: freepik.com

Fakta anak tengah lain yang perli Moms ketahui adalah mereka cenderung dikondisikan sebagai pembawa damai, mereka menjadi terampil membaca orang dan mengetahui apa yang membuat mereka tergerak. Sifat ini dapat menyiapkan mereka untuk sukses di dunia kerja.

Dalam artikel New York Times pada 2015 disebutkan berada di antar anaak pertama dan terakhir mengajarkan mereka memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat. Anak tengah tidak akan sungkan mengungkapkan pendapat mereka di muka umum.

8. Tak Takut untuk Bersaing

fakta anak tengah

Foto: freepik.com

Selama ini kebanyakan orang hanya melihat hal negatif dari fakta anak tengah yang selama ini beredar. Padahal banyak hal positif yang bisa mereka kembangkan dan menjadi sebuah pemikiran inovatif.

Berada di antara anak pertama dan terakhir membuat anak tengah sadar akan kemampuan mereka. Tak heran, kalau anak tengah senang berkompeitisi dan tidak bersaing. Pasalnya sejak mereka masih anak-anak, mereka harus berusaha untuk mendapatkan perhatian dari orangtua yang biasanya kurang pada mereka.

Hal ini tentu sangat baik untuk masa depan mereka. Karena mereka tidak akan mudah dikalahkan dalam berbagai urusan.

Baca juga: Mengenal Sindrom Tourette pada Anak

Sindrom Anak Tengah

sindrom anak tengah

Foto: freepik.com

Saat berbicara fakta anak tengah pasti tidak bisa dipisahkan dengan istilah sindrom anak tengah.

Sindrom anak tengah adalah keyakinan bahwa anak tengah dikucilkan, diabaikan, atau bahkan diabaikan karena urutan kelahirannya. Menurut cerita, beberapa anak mungkin memiliki kepribadian dan karakteristik hubungan tertentu sebagai akibat menjadi anak tengah.

Lalu, apakah benar ada sindrom anak tengah? Simak penjelasannya berikut ini yuk.

1.Urutan Lahir Mempengaruhi Kondisi Psikologis

Pada tahun 1964, Alfred Adler mengembangkan teori tentang pentingnya urutan kelahiran dalam pengembangan kepribadian.

Dalam teorinya, ia mengklaim bahwa meskipun anak-anak dapat dilahirkan dalam satu rumah tangga, urutan kelahiran mereka sangat mempengaruhi perkembangan psikologis mereka.

Menurut teori urutan kelahiran Adler, seorang anak mungkin memiliki beberapa karakteristik kepribadian, bergantung pada urutan kelahirannya.

Baca juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

Misalnya, anak tertua lebih otoriter dan merasa maha kuasa karena harapan tinggi yang sering ditetapkan oleh orang tua. Anak bungsu diperlakukan seperti bayi manja dan tidak pernah bisa berdiri di atas saudaranya yang lain. Anak tengah berwatak tenang tetapi kesulitan menyesuaikan diri karena terjepit di antara adik dan kakaknya.

2. Teorinya Tidak Terbukti

Teori ini membuka jalan untuk melihat lebih dalam bagaimana urutan kelahiran memengaruhi perkembangan psikologis seseorang. Namun, teori Adler hanyalah sebuah teori, dan penelitian sejak itu menunjukkan hasil yang bertentangan tentang dampak urutan kelahiran.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada pengaruh kepribadian dari urutan lahir, hasilnya kontradiktif, dan diperlukan lebih banyak penelitian.

Pada akhirnya, kepribadian dan hasil kehidupan ditentukan oleh berbagai pengaruh sosial, keuangan, dan keluarga - tetapi tidak harus berdasarkan urutan kelahiran.

Baca juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak

Demikian penjelasan mengenai fakta anak tengah dan juga syndrome anak tengah yang perlu Moms ketahui. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://says.com/my/fun/middle-children-are-the-coolest
  • https://www.insider.com/middle-child-facts-2018-8#middles-can-be-super-successful-because-they-had-to-vie-for-attention-as-children-10
  • https://www.mentalfloss.com/article/552066/facts-about-middle-children
  • https://cafemom.com/parenting/177007-surprising_scientific_facts_middle_kids/119279-theyre_marriage_material
  • https://www.healthline.com/health/mental-health/middle-child-syndrome#bottom-line
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait