Rupa-rupa

16 September 2021

Filosofi Warna Hitam, Benarkah Hanya Melambangkan Duka?

Filosofi warna hitam bisa bermakna positif dan negatif tergantung dari penggunaannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Filosofi warna hitam selalu menjadi perbedebatan banyak kalangan. Hal ini karena banyak persepsi mengenai arti warna hitam yang sebenarnya.

Ada yang menganggap filosofi warna hitam sebagai simbol duka, ada juga yang menganggap sebagai simbol keberanian, dan lain sebagainya.

Warna hitam sendiri merupakan warna yang punya tampilan paling gelap jika dibandingkan dari warna-warna lainnya.

Dalam dunia kuliner, warna ini jarang digunakan karena tidak terlihat menggugah selera, tapi dalam dunia fashion, warna hitam justru banyak digunakan karena cocok dipadukan dengan segala jenis warna lainnya, baik itu warna terang hingga warna gelap.

Baca Juga: 7 Cara agar Suara Merdu dan Bagus, Ini Rahasianya!

Mengenal Filosofi Warna Hitam

Berhubung ada banyak persepsi mengenai warna hitam dalam kehidupan manusia, kita akan membahasnya satu per satu ya Moms! Yuk, langsung cek saja beberapa filosofi warna hitam yang ada di bawah ini:

1. Filosofi Warna Hitam yang Selalu Dikaitkan dengan Duka

Filosofi Warna Hitam sebagai Duka

Foto: pexels.com/Ksenia Chernaya

Filosofi warna hitam yang pertama ini selalu diidentikkan dengan lambang duka karena warna hitam dianggap mewakili kematian.

Tidak diketahui secara pasti dari mana asal filosofi ini, tapi jika kita melihat gambaran malaikat maut selalu diberikan jubah yang berwarna hitam. Mungkin dari sinilah warna hitam menjadi sangat erat kaitannya dengan kematian.

Baca Juga: 10 Desain Teras Rumah Minimalis, Cocok Buat Rumah Subsidi

2. Filosofi Warna Hitam yang Mencerminkan Kemisteriusan

Arti Warna Hitam yang Misterius

Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Berlawanan dengan filosofi warna hitam di atas, ternyata warna ini juga dianggap mencerminkan kemisteriusan dari seseorang.

Ketika ada orang yang mengenakan pakaian hitam, biasanya orang tersebut cenderung memiliki karakter yang agak tertutup dan tidak terlalu mempedulikan apa perkataan orang lain mengenai dirinya.

Tidak banyak yang bisa diekspresikan dengan warna hitam. Hal ini membuat orang cenderung menganggap warna ini sebagai warna yang tidak mudah ditebak artinya. Oleh karena itu, warna hitam sangat erat dengan sisi misterius dari seseorang.

Baca Juga: 6 Filosofi Bunga Matahari, Melambangkan Optimisme dan Umur Panjang

3. Filosofi Warna Hitam yang Identik dengan Seksi dan Anggun

Arti Warna Hitam untuk Wanita

Foto: unsplash.com

Filosofi warna hitam juga identik dengan sisi seksi dan anggun dari seorang wanita. Ketika seorang wanita mengenakan warna hitam, orang akan melihat segi keseksian dan keanggunan darinya.

Tak heran kalau dalam dunia fashion, hitam sudah menjadi warna yang paling mendasar ketika sebuah brand membuat gaun malam, pakaian dalam, hingga high heels. Hal ini dikarenakan warna hitam bisa mengeluarkan sisi seksi dan anggun dari wanita.

Ketika seorang wanita mengenakan gaun berwarna hitam, maka aura anggun dan seksi akan terlihat darinya pada saat berjalan.

4. Filosofi Warna Hitam yang Melambangkan Keberanian Bagi Pria

Arti Warna Hitam untuk Pria

Foto: unsplash.com

Lain halnya jika warna hitam dikenakan oleh kaum pria. Jika seseorang mengenakan pakaian berwarna hitam, maka orang akan melihatnya sebagai pria yang berani dan kuat.

Warna hitam pada pria memang melambangkan keberanian dan kekuatan. Dalam dunia psikologi, pria yang suka warna hitam juga dianggap sebagai orang yang serius dan jarang bermain-main.

Warna hitam yang dikenakan oleh pria juga melambangkan ketegasan dari orang tersebut.

Baca Juga: 3 Rumah Adat Maluku dan Filosofi Kehidupan yang Ada di Dalamnya

5. Filosofi Warna Hitam dalam Berbagai Kebudayaan

Arti Warna Hitam Menurut Kebudayaan

Foto: pexels.com/Hadi Slash

Jika menilik filosofi warna hitam dari segi kebudayaan, maka Moms akan menemukan arti yang berbeda-beda.

Di Indonesia, warna hitam sendiri cenderung dengan perlambang duka karena saat ada orang yang meninggal, biasanya kerabat akan mengenakan pakaian hitam sebagai lambang duka.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, di negara Barat, warna hitam juga identik dengan warna berkabung karena pada masa Kaisar Romawi, ketika ada yang meninggal, maka semua orang akan mengenakan pakaian berwarna gelap, seperti hitam.

Dalam budaya Tiongkok, warna hitam selalu dikaitkan dengan elemen air, utara, dan musim dingin. Warna hitam di sana juga lebih diidentikkan dengan perlambang nasib buruk. Contohnya saja kucing hitam dan gagak hitam.

Sedangkan dalam budaya Mesir Kuno, warna hitam menjadi simbol dari kehidupan serta kekuatan dari seseorang. Masyarakat Mesir Kuno percaya kalau warna hitam yang dikenakan pada pakaian bisa membuat seseorang merasa takut dan karena aura yang dikeluarkan dari warna tersebut.

Baca Juga: 10+ Jenis Pakaian Adat Aceh, Penuh dengan Filosofis

6. Filosofi Warna Hitam dalam Psikologi

Arti Warna Hitam dalam Psikolog

Foto: pexels.com/Anete Lusina

Dalam ilmu psikologi, warna hitam ternyata memiliki arti tersendiri. Menurut sebuah studi Psikologi Warna, warna hitam melambangkan kekuatan, berat, forma;itas, keseriusan, kesunyian, misteri, ketakutan, kematian, kerahasiaan, duka cita, penyesalan, dan kehampaan.

Jadi bisa diartikan kalau warna hitam memiliki dua sisi yakni sisi yang bagus dan kurang bagus. Hal ini tergantung dari persepsi dan penempatan dari warna hitam tersebut. Apakah warna hitam akan diletakkan dalam dunia fashion, interior, atau kuliner.

Arti warna hitam juga bisa berbeda tergantung dari pemakainya. Orang bisa saja mengartikan filosofi warna hitam pada pakaian yang digunakan sebagai lambang duka, tapi bisa saja orang tersebut sengaja mengenakan warna hitam karena ingin menyembunyikan berat badannya yang bertambah.

Baca Juga: Benarkah Bawa Sial? Ini 9 Fakta Kucing Hitam yang Unik!

7. Filosofi Warna Hitam dalam Sebuah Kata

Arti Kata Hitam

Foto: depositphotos.com

Arti warna hitam dalam sebuah kata sebenarnya lebih banyak mengacu pada hal-hal yang negatif dan kurang baik. Beberapa contoh arti hitam dalam sebuah kata adalah:

  • Black sheep atau kambing hitam yang bermakna orang yang dilimpahkan kesalahan atas apa yang tidak ia lakukan.
  • Black market yang bermakna sebagai perdagangan ilegal.
  • Black heart yang berarti orang yang punya niat jahat.
  • Black hole yang bermakna lubang hitam di mana sesuatu bisa tersedot masuk dan hilang begitu saja.
  • Black mood yang artinya orang yang sedang dalam suasana hati tertekan atau suasana hatinya sedang buruk.
  • Black list yang bermakna daftar orang atau benda yang tidak diterima atau harus dihindari.

Sebenarnya masih banyak lagi arti warna hitam dalam sebuah kata, contoh di atas hanya segelintir saja. Tapi secara keseluruhan arti warna hitam memang cenderung memiliki konotasi tidak baik.

Meski demikian, bukan berarti warna hitam ini harus kita benci ya Moms! Warna hitam juga punya filosofi tersendiri yang positif sehingga juga bisa membawa dampak baik bagi kita.

Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Moms mengenai warna hitam ya!

  • https://www.jurnal.id/id/blog/psikologi-warna-pada-branding/#Hitam
  • https://www.diedit.com/arti-warna-hitam/
  • https://dosenpsikologi.com/makna-warna-hitam-dalam-simbolisme-psikologi
  • https://www.sehatq.com/artikel/arti-warna-menurut-psikologi-warna
  • http://www.penadiri.com/2021/03/arti-warna-hitam.html
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5173928/arti-filosofi-dan-psikologi-warna-yang-harus-diketahui
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait