Kehamilan

KEHAMILAN
23 Maret 2020

Ibu Hamil Makan Nangka, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Nangka ternyata kaya akan serat Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makan buah-buahan, sayuran, dan makanan bergizi lainnya tentu disarankan selama kehamilan. Apakah Moms tahu alasannya?

Jawabannya diet seimbang dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk Si Kecil dalam kandungan, makanan sehat pun dapat menjaga ibu dan bayi tetap sehat.

Nah, beberapa ibu hamil pun penasaran dengan makan nangka yang memiliki rasa manis serta tekstur buah yang lezat. Nangka adalah salah satu dari banyak buah tropis yang bisa Moms nikmati bila menyukainya.

Tak hanya itu, nangka pun bisa dibuat camilan yang sangat baik untuk mengatasi lapar selama kehamilan. Tapi, apakah aman ibu hamil makan nangka?

Manfaat Ibu Hamil Makan Nangka

Moms, menurut U.S. Departement of Agriculture, nangka sangat bergizi. Buah ini mengandung jumlah kalori moderat sekitar 155 kalori dalam satu cangkir nangka.

Tapi hampir 5 kalori berasal dari lemaknya, yang membuatnya menjadi pilihan yang cukup sehat untuk ibu hamil. Berikut ini manfaat konsumsi nangka selama hamil.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Ayam Bakar?

1. Vitamin

Nangka

Foto: Orami Photo Stock

Nangka adalah sumber yang kaya akan vitamin A, B, dan C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu, menurunkan risiko infeksi umum

2. Kaya Serat

Selama kehamilan sering terjadi sembelit. IOSR Journals mengungkapkan nangka mengandung serat makanan yang tinggi yang membantu meringankan pencernaan dan mengurangi sembelit.

Bahkan, memungkinkan Moms memenuhi kebutuhan serat harian yang disarankan.

3. Kalium

Sumber kalium yang sangat baik, buah ini membantu menurunkan tekanan darah, oleh karena itu, mengurangi risiko penyakit jantung juga.

4. Folat

Kadar folat dan zat besi yang sangat baik dalam buah ini membantu menormalkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia bagi ibu hamil

5. Magnesium

Kandungan magnesium dalam buah meningkatkan kesehatan tulang pada ibu dan janin. Ini meningkatkan kekuatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

6. Gula Alami

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita. Jika Moms hamil mungkin merasa malas atau lelah karena bayi. Tetapi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat seperti nangka dapat memberi energi dan mencegah kelelahan.

Nangka memiliki gula alami (fruktosa dan sukrosa) yang memberi ibu hamil dorongan energi cepat.

7. Membantu Perkembangan Janin

Nangka dapat memberi Moms kalsium, seng, zat besi, beta-karoten, dan lain-lain. Mineral ini dapat membantu pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan. Vitamin A juga memainkan peran penting dalam perkembangan penglihatan dan sel janin.

Baca Juga:4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

Efek Samping Ibu Hamil Makan Nangka

Ibu Hamil Makan Nangka, Amankah-2.jpg

Walaupun memiliki beragam manfaat, ada juga efek samping konsumsi nangka selama hamil yang harus Moms ketahui. Berikut penjelasannya.

1. Dapat Menyebabkan Alergi

European Journal of Allergy and Clinical Immunology menerangkan bila Moms belum pernah makan nangka, maka saat hamil bukanlah waktu untuk bereksperimen dengannya. Karena, tidak tahu apakah Moms alergi pada buah nangka tersebut.

2. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Konsumsi nangka yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

3. Mengentalkan Darah

Jika Moms memiliki kelainan darah, menurut Natural Standard Herb & Supplement Guide maka hindari nangka selama kehamilan karena dapat meningkatkan koagulasi darah.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Nangka mengandung banyak gula alami. Tidak heran, nangka dapat dengan mudah mempengaruhi kadar gula darah. Karena itu, tidak tepat untuk mengonsumsinya jika Anda memiliki diabetes gestasional.

Baca Juga:Menenangkan Anak yang Mimpi Buruk

Nangka sehat dan dapat menawarkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Karena itu, Moms tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, karena dapat mempengaruhi kesehatan.

Apa pun yang dimakan, makanlah dalam jumlah sedang maka Moms akan baik-baik saja. Selain itu, sebelum memasukkan makanan apa pun dalam makanan sehari-hari selama hamil, berkonsultasilah dengan dokter kandungan atau ahli gizi.

Artikel Terkait