12 Januari 2024

8 Manfaat Ibu Hamil Makan Nangka, Bantu Pertumbuhan Janin

Nangka ternyata kaya akan serat Moms

Makan buah-buahan, sayuran, dan makanan bergizi lainnya tentu disarankan selama kehamilan. Termasuk ibu hamil makan nangka.

Nah, beberapa ibu hamil pun penasaran dengan makan nangka yang memiliki rasa manis serta tekstur buah yang lezat.

Nangka adalah salah satu dari banyak buah tropis yang bisa Moms nikmati bila menyukainya.

Tak hanya itu, nangka pun bisa dibuat camilan yang sangat baik untuk mengatasi lapar selama kehamilan. Tapi, apakah aman ibu hamil makan nangka?

Baca Juga: Tanya Jawab Dokter tentang Kadar Asam Urat Normal Wanita

Kandungan Nutrisi Buah Nangka

Buah Nangka
Foto: Buah Nangka (Orami Photo Stocks)

Sebelum Moms mengetahui manfaat ibu hamil makan nangka, ketahui lebih dulu kandungan nutrisi buah nangka.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 165 gram (g) buah nangka:

  • Kalori: 155 kalori
  • Karbohidrat: 40 g
  • Serat: 3 g
  • Protein: 3 g
  • Vitamin A: 10% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 18% dari AKG
  • Riboflavin: 11% dari AKG
  • Magnesium: 15% dari AKG
  • Kalium: 14% dari AKG
  • Tembaga: 15% dari AKG
  • Mangan: 16% dari AKG

Manfaat Ibu Hamil Makan Nangka

Moms, menurut U.S. Departement of Agriculture, nangka sangat bergizi.

Buah ini mengandung jumlah kalori moderat sekitar 155 kalori dalam satu cangkir nangka.

Tapi hampir 5 kalori berasal dari lemaknya, yang membuatnya menjadi pilihan yang cukup sehat untuk ibu hamil.

Berikut ini manfaat konsumsi nangka selama hamil.

1. Vitamin

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Nangka (Orami Photo Stock)
Foto: Ilustrasi Ibu Hamil Makan Nangka (Orami Photo Stock)

Ibu hamil makan nangka boleh-boleh saja, Moms karena nangka mengandung vitamin yang baik untuk tubuh.

Nangka adalah sumber yang kaya akan vitamin A, B, dan C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu, menurunkan risiko infeksi umum

2. Kaya Serat

Selama kehamilan sering terjadi sembelit.

IOSR Journals mengungkapkan nangka mengandung serat makanan yang tinggi yang membantu meringankan pencernaan dan mengurangi sembelit.

Bahkan, memungkinkan Moms memenuhi kebutuhan serat harian yang disarankan.

3. Kalium

Sumber kalium yang sangat baik, buah ini membantu menurunkan tekanan darah, oleh karena itu, mengurangi risiko penyakit jantung juga.

4. Folat

Kadar folat dan zat besi yang sangat baik dalam buah ini membantu menormalkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia bagi ibu hamil.

5. Magnesium

Kandungan magnesium dalam buah meningkatkan kesehatan tulang pada ibu dan janin.

Hal ini akan meningkatkan kekuatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

6. Gula Alami

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita. Jika Moms hamil mungkin merasa malas atau lelah karena bayi.

Tetapi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat seperti nangka dapat memberi energi dan mencegah kelelahan.

Nangka memiliki gula alami (fruktosa dan sukrosa) yang memberi ibu hamil dorongan energi cepat.

Nangka dapat memberi Moms kalsium, seng, zat besi, beta-karoten, dan lain-lain.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb