Kesehatan

7 September 2021

Jerawat di Badan Sangat Mengganggu? Cari Tahu Penyebab dan Cara Menghilangkannya!

Kenapa punggung dan lengan bisa jerawatan ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms bahwa selain bisa muncul di wajah, jerawat juga dapat terjadi di beberapa bagian tubuh lainnya? seperti leher atau punggung. Lalu, apa ya yang menjadi penyebab jerawat di badan tersebut? Simak selengkapnya.

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di badan juga pasti membuat Moms tidak nyaman. Selain itu, jerawat di badan juga bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, yuk cari tahu penyebab jerawat di badan cara mengatasinya berikut!

Baca Juga: Simak Arti Jerawat di Dagu, dan Cara Pengobatannya!

Penyebab Jerawat di Badan

Moms bisa mengalami jerawat di beberapa bagian badan, seperti dada, leher, bahu dan lengan atas, bahkan pada bagian bokong.

Daerah ini sangat rentan terhadap peradangan jerawat karena mengandung lebih banyak kelenjar sebaceous daripada bagian tubuh lainnya.

Di antara beberapa bagian tubuh lainnya, jenis jerawat pada badan yang sering kali dialami adalah jerawat punggung atau back acne/backne.

Lantas, apa ya yang menjadi penyebab munculnya jerawat di bagian badan? Inilah penjelasannya.

1. Faktor Keturunan

jerawat badan.jpg

Foto: 100percentpure

Ternyata, faktor keturunan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di badan. Jadi, apabila salah satu atau kedua orang tua memiliki riwayat jerawat di badan, maka Moms sendiri mungkin lebih rentan berjerawat.

Untuk menentukan sejauh mana jerawat berjalan dalam keluarga, para peneliti memeriksa genom 5.602 orang dengan jerawat parah dan 21.120 orang tanpa jerawat.

Studi tersebut kemudian dipublikasikan dalam Journal of Nature Communication.

Para peneliti mampu memetakan dan mengidentifikasi 15 variasi genetik yang berbeda di 15 wilayah genom yang dimiliki oleh orang-orang dengan jerawat parah.

Beberapa dari gen ini menyebabkan variasi dalam struktur kelenjar sebaceous seseorang, dan perubahan ini mungkin membuat kelenjar mereka lebih sulit untuk mempertahankan diri dan melindungi dari penumpukan bakteri.

Dengan kata lain, jika salah satu keluarga memiliki riwayat jerawat, itu bukan karena mewarisi "gen jerawat".

Namun, Moms mungkin mewarisi kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sifat biologis yang membuat wajah atau bagian tubuh lainnya lebih rentan terhadap penyumbatan pori yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Jerawat di Bibir Menyakitkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2. Hormon

penyebab jerawat di badan.jpg

Foto: iStock

Androgen, seperti testosteron adalah hormon seks utama pria, tetapi wanita juga memilikinya dan ketika hormon ini tidak seimbang, androgen dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum (minyak), perubahan aktivitas sel kulit, dan peradangan, yang semuanya berkontribusi pada jerawat.

Hal ini sering terjadi pada pria dan wanita selama masa pubertas, tetapi fluktuasi hormon dapat menyebabkan jerawat pada usia berapa pun.

Menurut studi yang diterbitkan pada laman TrialsJournal, kadar androgen wanita dewasa akan tetap konstan sepanjang siklus menstruasi mereka.

Kemudian, tepat sebelum perdarahan dimulai, kadar estrogen turun, memungkinkan lebih banyak testosteron untuk mengikat reseptor pada kelenjar sebasea dan merangsang produksi sebum.

Kadar testosteron yang berlebihan pada pria dewasa dapat memiliki efek yang sama, dan sering kali disebabkan oleh kecenderungan genetik.

Melansir JDDG: Journal der Deutschen Dermatologischen Gesellschaft gangguan endokrin lain yang berhubungan dengan jerawat pada wanita, yakni sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan hiperplasia adrenal.

Baca Juga: 10 Penyebab Jerawat di Rahang dan Leher, Moms Perlu Tahu!

3. Stres

penyebab jerawat di badan - stres

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui bahwa munculnya hormon stres pada tubuh dapat memicu jerawat, memperburuk jerawat yang ada, dan memperlambat proses penyembuhan, bahkan pada orang yang tidak rentan terhadap jerawat sekali pun.

Mengapa demikian? Karena ada beberapa faktor yang berperan dalam hal ini, antara lain:

  • Peradangan: Menurut Journal of Biomedical Dermatology, stres menyebabkan pelepasan sitokin, protein kecil yang mengikat reseptor di kelenjar sebaceous dan mengaktifkan respons peradangan.
  • Sistem kekebalan: Melansir Journal of Perioperative Medicine, stres bisa merusak sistem kekebalan yang membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan bakteri. Jerawat juga membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh ketika Moms sedang stres, karena stres menghambat kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.
  • Hormon: Stres akut dan berkepanjangan menyebabkan lonjakan androgen, yang menyebabkan peradangan dan produksi sebum berlebih.
  • Tidur dan diet: Stres menyebabkan banyak orang makan berlebihan makanan tidak sehat dan kurang tidur. Meskipun perilaku ini mungkin tidak memicu jerawat dengan sendirinya, mereka dapat meningkatkan peradangan di tubuh dan membuat Moms lebih rentan berjerawat.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil, Dijamin Aman!

Cara Menghilangkan Jerawat di Badan

Setelah mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan jerawat di badan, lalu bagaimana ya Moms, cara mengatasinya? Tidak perlu khawatir, berikut tips menghilangkan jerawat di badan yang ampuh.

1. Mandi Teratur

cara mengatasi jerawat di badan - mandi

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms memiliki kebersihan diri yang buruk, maka tubuh pun akan lebih rentan terinfeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, mandilah secara teratur sehingga tubuh selalu bersih dan terhindar dari jerawat.

Selain bakteri, mandi teratur juga membantu menghilangkan unsur-unsur yang menghalangi pori-pori, seperti sel kulit mati, kotoran, dan minyak (sebum).

Moms bisa mandi dengan air hangat sehingga pori-pori kulit terbuka sehingga sabun bisa benar-benar membersihkan seluruh area tubuh.

Dalam hal ini, Moms mungkin dapat memilih sabun khusus untuk jerawat di badan. Setelahnya, bilaslah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Nomor 3 Banyak yang Nggak Tahu!

2. Lakukan Eksfoliasi

cara mengatasi jerawat di badan - eksfoliasi

Foto: Orami Photo Stock

Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi jerawat di badan, yakni dengan eksfoliasi rutin sehingga sel-sel kulit mati beregenerasi menjadi lapisan kulit baru.

Eksfoliasi ini dilakukan dengan menggunakan lulur atau scrub, setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Jika Moms tidak mengeksfoliasi kulit, maka sel-sel kulit mati tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di badan. Eksfoliasi juga dapat melembutkan dan mencerahkan kulit.

Namun, jangan lakukan eksfolasi terlalu sering karena bisa mengiritasi kulit dan membuatnya kering.

Pilihlah produk eksfoliasi dengan butiran scrub yang lembut sehingga tidak terasa sakit saat digunakan, atau Moms juga bisa membuat lulur atau scrub sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Lulur Alami, Coba Yuk Moms!

3. Coba Gunakan Acne Spot Treatment

cara mengatasi jerawat di badan - spot treatment

Foto: Healthline.com

Moms juga bisa menggunakan acne spot treatment untuk mengatasi jerawat-jerawat yang ada di badan. Sesuai namanya, produk obat-obatan ini digunakan dengan cara dioleskan pada bagian badan yang berjerawat.

Dengan menggunakan produk acne spot treatment, maka dapat membantu jerawat dengan mengecilkan jerawat dan menyembuhkan peradangan yang mendasarinya.

Produk acne spot treatement bisa dengan mudah Moms dapatkan karena dijual bebas di apotek atau swalayan. Sebagian besar produk acne spot treatment ini mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Dari kedua bahan ini, asam salisilat lebih disukai karena benzoil peroksida terkenal sebagai bahan pemutih pakaian.

Namun, ada risiko toksisitas ketika asam salisilat dioleskan ke area yang luas, jadi pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dahulu dan jangan lupa untuk membaca aturan pakainya dalam kemasan.

Baca Juga: 9 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Wajah Berjerawat

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Moms juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti minyak pohon teh, kayu manis dan madu untuk mengatasi jerawat di badan.

Namun, lakukanlah dengan hati-hati ya, Moms, karena mungkin bisa menimbulkan iritasi sehingga membuat jerawat semakin meradang.

  • https://www.verywellhealth.com/treating-back-acne-15636
  • https://perioperativemedicinejournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13741-020-00169-x
  • https://biomeddermatol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s41702-019-0042-2
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ddg.13664
  • https://trialsjournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13063-020-04432-w
  • https://www.nature.com/articles/s41467-018-07459-5
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/chest-acne
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait