Kesehatan Umum

28 September 2021

Cek Kandungan Nutrisi dan Kalori Jagung Rebus

Dalam satu bonggol jagung rebus, ada nutrisi apa saja di dalamnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Debora

Menurut Moms, berapa jumlah kandungan kalori jagung rebus?

Jagung rebus menjadi salah satu camilan yang sering dijumpai di pedagang kaki lima gerobak hingga pusat perbelanjaan.

Jagung rebus yang selama ini kita kenal terbagi menjadi dua jenis, yakni jagung rebus yang dijual dalam bentuk utuh dan jagung rebus pipil.

Keduanya sama-sama enak dan memiliki rasa manis yang bikin menggugah selera.

Jagung rebus di Indonesia sangat populer karena camilan ini terbilang cukup mengenyangkan.

Selain itu, jagung rebus juga kaya nutrisi di dalamnya sehingga Moms sekeluarga bisa merasakan manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh jika mengonsumsinya secara rutin.

Baca Juga: 5 Resep Grontol Jagung, Si Jajanan Pasar yang Manis

Kandungan dalam Jagung Rebus

Kandungan Jagung Rebus

Foto: loveandlemons.com

Kandungan nutrisi dalam jagung rebus ada banyak sekali. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kaya Kandungan Serat

Jagung rebus sangat kaya kandungan serat di dalamnya sehingga setelah Moms mengonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama.

Dalam jagung rebus terdapat kandungan serat yang tidak larut seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Kandungan serat yang tinggi bisa membuat saluran pencernaan lebih lancar dan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, Moms yang sedang berdiet juga cocok mengonsumsi jagung rebus karena bisa membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga: 4 Resep Bakwan Jagung Renyah dan Nikmat untuk Keluarga

2. Kandungan Karbohidrat Bisa Menggantikan Nasi

Jagung Rebus

Foto: www.julieseatsandtreats.com

Jagung di beberapa negara menjadi makanan pokok bagi masyarakatnya, seperti di negara yang ada di Amerika Tengah dan Selatan.

Dalam 100 gram jagung rebus mengandung karbohidrat sebanyak 21 gram.

Jumlah ini memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan kandungan karbohidrat pada nasi, tapi cukup untuk memberikan asupan karbohidrat .

Hal ini dikarenakan dalam jagung terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pokok yang mengenyangkan dan memberikan tenaga untuk Moms beraktivitas seharian.

3. Asam Folatnya Sangat Bagus untuk Ibu Hamil

Dalam jagung rebus terdapat kandungan asam folat yang sangat bagus untuk ibu hamil.

Kandungan asam folat diperlukan untuk perkembangan janin dalam kandungan karena bisa membentuk sistem sel, sistem saraf, dan tulang belakang.

Jika kekurangan asam folat, maka janin dalam kandungan bisa mengalami gangguan pertumbuhan.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil, Moms cukup menyantap 1-2 buah jagung rebus setiap harinya.

Baca Juga: Meski Mungil, Simak Ragam Manfaat Jagung Muda Ini Moms!

4. Kandungan Vitamin B dapat Menjaga Sistem Saraf

Kalori Jagung Rebus

Foto: recipes.howstuffworks.com

Dalam jagung rebus juga mengandung vitamin B kompleks yang pastinya bisa menjaga kesehatan saraf. Jenis vitamin B yang terkandung dalam jagung rebus adalah vitamin B3, B5, B6, dan B9.

Menurut jurnal berjudul Corn Nutrition and Health Benefits, kandungan vitamin B kompleks pada jagung rebus bisa mengatasi rasa depresi, menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit Alzheimer, dan lain sebagainya.

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, vitamin B kompleks pada jagung rebus bisa mengatasi rasa morning sickness dan mencegah anemia.

5. Antioksidannya Tinggi

Perlu Moms ketahui kalau kandungan antioksidan dalam jagung rebus ini juga sangat tinggi.

Kandungan antioksidan mampu mencegah terjadinya radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam jagung rebus bisa membantu melindungi mata dari kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan selain antioksidan ada juga kandungan zeaxanthin yang menjadi karotenoid yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kita.

Baca Juga: 11 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

6. Kandungan Proteinnya Juga Tinggi

Jagung Rebus

Foto: www.thespruceeats.com

Kandungan protein juga ada di dalam jagung rebus sehingga bisa membantu tubuh yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Protein juga mampu membentuk sel dan jaringan dalam tubuh secara lebih baik lagi.

Kandungan protein dalam jagung rebus per 100 gramnya adalah 3,4 gram.

Kandungan protein sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung dari varietas jagungnya. Untuk jenis jagung ketan dan jagung mutiara, kandungan proteinnya akan lebih tinggi.

7. Jagung Rebus Juga Kaya Akan Kandungan Kalium

Kandungan kalium ternyata juga bisa Moms temukan dalam jagung rebus.

Terdapat setidaknya 218 mg kalium dalam 100 gram jagung rebus.

Kalium bisa berfungsi untuk membantu pergerakan masa otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh, menjaga tekanan darah agar tetap stabil, hingga menjaga elektrolit dalam sel-sel tubuh.

Kalium juga dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh.

Baca Juga: 5 Resep Puding Jagung Lembut, Cocok untuk Keluarga

Kalori Jagung Rebus

Kalori Jagung Rebus

Foto: pexels.com/Cats Coming

Selain kandungan-kandungan nutrisi yang ada di atas, jagung rebus juga mengandung kalori di dalamnya.

Kalori jagung rebus per 100 gram memiliki kandungan sekitar 35 kalori saja.

Jumlah kalori jagung rebus ini lebih rendah sebenarnya jika dibandingkan dengan kalori nasi putih yang per 100 gram bisa mengandung sekitar 130 kalori.

Lalu, apabila dibandingkan dengan jagung bakar, menurut Moms sebenarnya kalori jagung rebus ini lebih tinggi atau lebih rendah?

Ternyata kalori jagung rebus dinilai lebih rendah dibandingkan dengan jagung bakar.

Hal ini dikarenakan adanya bahan tambahan di dalam jagung bakar yang bisa membuat kalorinya bertambah.

Kalori jagung bakar per 100 gram adalah sebesar 143 kalori.

Kalori jagung rebus bisa lebih rendah karena di dalamnya tidak ada bahan campuran apa pun.

Lain halnya dengan jagung bakar yang sebelum dibakar harus dioles terlebih dahulu dengan mentega atau margarin.

Olesan mentega atau margarin ini yang bisa membuat kalori pada jagung bakar jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalori jagung rebus.

Jadi kalau sedang diet atau menurunkan berat badan, Moms sebaiknya lebih memilih kalori jagung rebus yang lebih rendah sehingga ketika menyantapnya tidak ada perasaan berdosa atau rasa bersalah karena bisa gagal diet.

Setelah Moms sudah tahu informasi mengenai kalori jagung rebus dan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Semoga informasi di atas berguna untuk Moms dan keluarga.

  • https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn
  • https://www.verywellfit.com/corn-facts-content-calories-and-health-benefits-4116932
  • https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-jagung-manfaat-jagung-bagi-kesehatan/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tabel_kandungan_nutrisi_jagung
  • https://www.merdeka.com/jatim/10-manfaat-jagung-rebus-untuk-kesehatan-salah-satunya-atasi-gangguan-pencernaan-kln.html?page=4
  • https://food.detik.com/info-sehat/d-5321919/kalori-jagung-rebus-dan-jagung-bakar-samakah
  • https://www.sehatq.com/artikel/kalori-jagung-rebus-dan-kandungan-nutrisinya-yang-kaya-manfaat
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait