Rupa-rupa

RUPA-RUPA
18 Januari 2021

9 Mainan Edukasi Anak 7 Tahun dan Manfaatnya

Mainan edukasi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan melatih motorik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam perkembangannya, seorang anak tidak akan bisa lepas dari mainan. Tapi tak perlu khawatir Moms, sebab mainan bisa melatih kemampuan anak untuk berimajinasi dan berpikir.

Ketika seorang anak sudah memasuki usia 7 tahun, ia sedang mengalami perkembangan pola pikir dan mulai bisa menilai berbagai bentuk kejadian yang ada di sekitarnya.

Dilansir dari Kids Health, anak yang memasuki usia sekolah dasar mulai mengalami perkembangan motorik dengan sangat cepat dan membutuhkan permainan yang melibatkan kemampuan fisik.

Mainan edukasi anak 7 tahun ini meliputi mainan yang merangsang saraf otak, menambah kreativitas, belajar warna, hingga untuk membentuk kemampuan kognitif.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 7 Tahun

Situs web Healthy Children menyarankan orang tua harus berhati-hati ketika melihat tulisan edukasi pada sebuah mainan, terutama pada mainan komputer.

Umumnya mainan yang terdapat pada komputer bukanlah sebuah mainan edukasi anak yang sebenarnya.

Sebuah mainan edukasi anak 7 tahun sudah seharusnya memiliki fisik nyata dan bukan termasuk ke dalam sebuah format permainan digital.

Namun, apabila Si Kecil sudah dibiasakan untuk bermain game pada komputer atau gadget maka Moms harus memberikan batasan waktu bermain game maksimal 1 jam dalam setiap harinya agar tidak menjadi kebiasaan yang buruk di kemudian hari.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi mainan edukasi anak 7 tahun yang bisa Moms siapkan di rumah.

1. Alat Tulis

mainan edukasi anak 7 tahun 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mainan edukasi anak 7 tahun yang pertama ialah alat tulis. Alat tulis dapat melatih kreativitas anak dengan cara mengajak menulis, mewarnai serta menggambar. Anak akan belajar mengenal warna, bentuk, serta melatih konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Salah satu mainan edukasi anak 7 tahun untuk alat tulis adalah Crayola Fun Creativity pack.

Crayola Fun Creativity Pack. Mainan ini sangat cocok untuk mengasah kemampuan imajinasi dan kreativitas anak agar bisa berkreasi sesuai dengan keinginannya.

Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk membuat berbagai hal yang menarik dengan menggunakan Crayola Fun Creativity Pack ini. Yuk, beli mainan edukasi yang satu ini di Orami.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 6 Tahun

2. Mainan Kayu

edukasi mainan anak 7 tahun yaitu mainan kayu.jpg

Foto: Kids Love What

Mengenalkan anak mainan kayu sebagai mainan edukasi anak 7 tahun ternyata kaya akan manfaat, lho!

Mainan kayu cocok untuk merangsang konsentrasi, melatih imajinasi serta pengenalan warna pada Si Kecil. Mainan kayu sebagai mainan edukasi anak 7 tahun dapat berupa mainan yang bersifat bongkar pasang sehingga bisa juga melatih motorik anak.

Biasanya mainan kayu dilengkapi tali penarik sehingga berfungsi juga sebagi mainan bergerak yang sangat menarik bagi anak. 

Tekstur yang berbeda pada mainan kayu ini melatih motorik anak untuk mengenal permukaan tekstur, serta koordinasi mata, tangan untuk melatih imaijinasi.

Mainan kayu umumnya menggunakan cat dengan warna yang menarik sekaligus aman bagi anak, sehingga Moms tidak perlu khawatir.

3. Alat Masak

mainan edukasi anak 7 tahun.jpg

Foto: Cafe Mom

Peralatan masak dapat Moms coba untuk mainan edukasi anak 7 tahun dalam mengenal peralatan rumah tangga.

Mainan alat masak ini mungkin terlihat kurang edukatif, tapi siapa sangka kalau masak-masakan bisa mengasah imajinasi anak sehingga baik untuk meningkatkan kreativitasnya.

Selain itu, Si Kecil juga bisa mengenal nama-nama makanan dan peralatan masak, seperti pisau, panci, wajah, bumbu masak dan lain-lain.

Sebagai mainan edukasi anak, mulai banyak mainan peralatan masak ini sudah tersedia mainan satu set dapur berserta isinya.

Untuk menumbuhkan minat anak dalam mengenal mainan edukasi anak 7 tahun, Moms bisa menemani Si Kecil untuk bermain bersama, atau dengan mengajak teman seumurannya untuk bermain.

Dengan ini anak akan senang dan dapat melatih anak untuk belajar kerjasama.

4. Robot-robotan

mainan edukasi anak 7 tahun 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mainan edukasi anak 7 tahun berikutnya adalah mengenalkan mainan robot-robotan.

Ternyata, mainan robot-robotan ini memiliki manfaat untuk melatih imajinasi anak dan komunikasi dengan orang lain. Apabila anak sedang bermain, ia akan berkomunikasi dengan robot seolah-olah berbicara dengan seseorang.

Mainan edukasi anak 7 tahun ini melatih motorik dan kognitif pada anak.

Salah satu contoh mainan robot-robotan adalah Mudpuppy Robot Magnetic Figures. Mainan edukasi anak 7 tahun ini berbahan dasar magnet ini sangat cocok untuk Si Kecil yang senang merakit mainannya sendiri.

Mainan edukasi ini juga bisa melatih kemampuannya dalam mengenal bentuk.

Moms bisa memberikan mainan edukasi anak 7 tahun ini sebagai tahap awal sebelum memberikan mainan rakitan lainnya agar Si Kecil bisa terbiasa lebih dulu. Mainan edukasi ini dapat dibeli langsung di Orami.

5. Susunan Bangunan

mainan edukasi anak 7 tahun 3.jpg

Foto: Amazon.com

Untuk mengembangkan kemampuan Si Kecil dalam memecahkan masalah, Moms bisa memberikan mainan edukasi anak 7 tahun seperti susunan bangunan. Salah satu contohnya seperti ThinkFun Gravity Maze.

Mainan edukasi anak 7 tahun ini mengharuskan anak untuk mengatur kotak-kotak sedemikian rupa agar ketika bola dijatuhkan bisa sampai pada kotak bagian akhir.

Jenis permainan ini sangat menarik untuk dimainkan beramai-ramai dan bisa jadi salah satu bentuk latihan pola pikir yang sangat efektif bagi anak.

Baca Juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Mainan Edukasi Anak Perempuan

6. Puzzle

manfaat-mainan-edukasi-anak-7-tahun-puzzle-dan-blok-susun-bagi-anak-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mainan edukasi anak 7 tahun selanjutnya adalah bermain puzzle atau gambar acak. Dengan bermain ini, anak akan berpikir untuk menyelesaikan teka-teki pada permainan.

Ini akan melatih motorik otak anak dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Mainan edukasi anak 7 tahun ini melatih keterampilan dan kreativitas anak dalam menyusun gambar yang acak hingga menjadi kesatuan.

Selain itu, mainan edukasi anak ini juga mengontrol emosional anak, melatih kesabaran, dan mengajarkan anak belajar mengenal proses.

7. Alat Main Petualangan

mainan edukasi anak 7 tahun 4.jpeg

Foto: Walmart.com

Contoh mainan edukasi anak 7 tahun berikutnya adalah alat main petualangan. Salah satu contohnya adalah Kids Outdoor Explorer Kit. Pada mainan edukasi anak 7 tahun ini, anak akan mendapatkan berbagai bentuk perlengkapan mainan untuk berpetualang.

Moms bisa mengajaknya bermain di luar dengan agar melatih ia belajar mengenai arah pada kompas.

Permainan ini sangat disukai karena bisa melatih rasa percaya diri pada anak dan menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang sangat baik.

Anak akan belajar untuk tidak putus asa dan berani dalam menghadapi berbagai masalah, menarik ya.

8. Pasir Kinetik

Pasir-Kinetik-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pasir kinetik menjadi mainan edukasi anak yang cukup digemari orang tua saat ini. Selain warna yang mencolok dan bentuk-bentuk unik, pasir kinetik kaya akan manfaat sebagai mainan edukasi anak 7 tahun.

Mainan pasar kinetik melatih motorik pada anak, karena anak akan belajar untuk mengenal tekstur dari yang ia genggam.

Kemampuan fungsi tangan pada anak seperti mencubit, meremas, menekan, hingga membentuk pasir dapat mengajarkan anak fungsi tangan sebagai mainan edukasi anak 7 tahun.

Mainan ini juga tidak memiliki batasan umur untuk dikreasikan sehingga dapat menstimulasi kreativitas anak. Saat memainkannya, anak juga menjadi lebih fokus dan tenang.

9. Mainan Elektronika

mainan edukasi anak 7 tahun 5.jpeg

Foto: Walmart.com

Memperkenalkan Si Kecil pada mainan elektronika sejak dini adalah salah satu hal yang sangat baik.

Mainan edukasi anak 7 tahun ini untuk memperkenalkan anak dengan peralatan rumah tangga seperti alat listrik serta mainan elektronika.

Snap Circuits Electronics Exploration Kit merupakan mainan edukasi anak 7 tahun yang sangat tepat untuk mengajarkan anak elektronika dasar.

Moms bisa membantunya merakit seluruh komponen mainan yang ada agar bisa menjadi sebuah papan sirkuit listrik yang bekerja dengan baik.

Baca Juga: 5 Mainan Edukasi untuk Anak Usia 5 Tahun dan Manfaatnya

Manfaat Mainan Edukasi Anak 7 Tahun

Mainan edukasi dibuat sedemikian rupa untuk melatih dan mengajak anak belajar tanpa terasa seperti pekerjaan rumah yang membosankan dan formal.

Setelah mengetahui rekomendasi mainan edukasi anak 7 tahun, mari simak apa saja manfaat mainan edukasi untuk anak itu sendiri?

1. Membentuk Kemampuan Kognitif dan Problem Solving

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Mainan edukasi anak 7 tahun yang Moms berikan dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikirnya serta mencari solusi dari sebuah masalah.

Dengan mainan edukasi, anak akan semakin terlatih konsentrasi, intuisi, kemampuan literasi, kemampuan berhitung, memori, serta kemampuan mengidentifikasi masalah.

Tentu saja kemampuan ini akan sangat berguna dalam menghadapi berbagai masalah di kehidupan nyata kelak, Moms.

Misalnya seperti menyelesaikan soal matematika, melakukan analisis, mampu berpikir secara runtut, mampu berkonsentrasi, dan lain-lain yang membutuhkan kecerdasan berpikirnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

2. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Hampir semua mainan anak-anak dirancang untuk dimainkan bersama orang lain.

Mainan yang mengajak Si Kecil bermain bersama saudara dan teman-temannya bermanfaat untuk mengenalkan cara bersabar, bekerja sama, berkompromi, membangun kepercayaan diri, dan melatih kemampuan berkomunikasi.

Apabila anak telah terbiasa bertemu teman, ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan melancarkan komunasi anak. Karena apabila anak dapat berkomunikasi dengan baik, ini merupakan proses yang baik untuk pertumbuhannya.

3. Menumbuhkan Kecerdasan Emosional

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Lebih lanjut, manfaat mainan edukasi anak 7 tahun adalah melatih bersosialisasi dengan menumbuhkan kecerdasan emosionalnya. Ketika bermain bersama saudara atau teman, Si Kecil akan belajar perasaan yang positif dan negatif.

Perasaan positif seperti rasa humor, tertawa, menang, dan percaya diri akan muncul. Si Kecil juga akan belajar mengerti dan mengelola perasaan negatif seperti kekalahan saat bermain, bersabar menunggu giliran, marah, dan menangis.

Semua ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan emosi dan pengenalan awal anak tentang cara berbagi, nilai-nilai sosial, cara berteman, dan membangun hubungan positif, rasa simpati dan empati, serta melatih kekuatan mental anak seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terfavorit, Simak di Sini Moms!

Nah, agar pertumbuhan fisik Si Kecil optimal, Moms dapat mencarikannya berbagai bentuk mainan edukasi anak 7 tahun yang membuatnya terus aktif bergerak.

Itulah beberapa jenis mainan edukasi anak 7 tahun yang bisa Moms coba berikan kepada Si Kecil. Ajaklah ia bermain bersama dan berikan bimbingan saat bermain.

Semoga artikel ini cukup membantu ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait