Rupa-rupa

14 November 2020

9 Makanan Khas China yang Halal dan Nikmat, Mau Coba?

Makanan khas China tidak melulu mengandung babi, ada juga yang halal dan cocok untuk anak-anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Bangsa China adalah bangsa yang dikenal sebagai pedagang dan imigran di berbagai negara.

Kelezatan hidangan khas China telah diakui dimana-mana bahkan membawa pengaruh pada budaya kuliner di berbagai negara, misalnya negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Rasanya yang nikmat disertai bahan dan bumbu yang berdampak baik untuk kesehatan, membuat makanan khas China sering dipilih untuk menu sehari-hari.

Di Indonesia, banyak makanan khas China yang telah diadaptasi dengan kuliner lokal, namun beberapa di antaranya masih populer dengan resep seperti di daerah asalnya. Inilah makanan khas China yang halal untuk dikonsumsi masyarakat muslim Indonesia.

Baca Juga: Konsumsi Garam dan MSG Saat Menyusui, Ketahui 5 Hal Ini

Sudah banyak makanan khas China yang diadaptasi dan disesuaikan dengan selera dan budaya setempat.

Tapi apa saja makanan khas China yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan tapi tetap cocok di lidah orang Indonesia dan anak-anak?

Makanan Khas China yang Halal

Bagi Moms yang penasaran, berikut berbagai pilihan makanan khas China yang halal dan nikmat disantap bersama keluarga!

1. Bebek Peking

Bebek Peking adalah hidangan yang dulunya disajikan untuk Kaisar

Foto: freepik.com

Bebek peking adalah salah satu makanan khas China yang halal karena berbahan dasar bebek yang dipanggang dan dibumbui rempah-rempah serta kecap.

Bebek peking berasal dari Beijing, yang dahulu dihidangkan khusus untuk kaisar. Rasanya yang lezat membuat sajian ini begitu terkenal di seluruh dunia.

Di restoran berkelas, bebek peking disajikan utuh dengan cara dipotong langsung di depan pelanggan, namun beberapa restoran juga menerima pesanan dalam jumlah porsi tertentu untuk alasan kepraktisan.

Dihidangkan bersama saus manis, kulit daging bebek peking yang dipanggang hingga garing sangat nikmat dimakan selagi hangat.

Bebek sendiri cukup sehat untuk dikonsumsi. Dibandingkan dengan sapi dan ayam, bebek memiliki kandungan lemak tak jenuh yang paling tinggi, hampir setara dengan mentega dan minyak zaitun.

Sementara itu, bebek juga dapat memenuhi asupan protein, vitamin B kompleks, selenium, fosfor, dan zat besi.

2. Ayam Kung Pao

Ayam Kung Pao juga bisa menjadi pilihan makanan khas China yang halal.jpg

Foto: freepik.com

Ayam Kung Pao juga bisa menjadi pilihan makanan khas China yang halal. Cita rasanya yang pedas, manis, dan gurih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Hidangan ini berbahan dasar ayam yang dipotong dadu, kacang, daun bawang, saus spesial, serta irisan cabe.

Hidangan klasik ayam kung pao berasal dari daerah Sichuan yang terkenal dengan ladanya yang khas.

Namun bagi sebagian masyarakat lada Sichuan terasa terlalu pedas, sehingga di luar daerah ini, ayam kung pao biasanya disajikan tidak sepedas di daerah asalnya.

Di Indonesia, ayam kung pao mungkin mengalami modifikasi karena bahan baku yang cukup asing seperti lada Sichuan.

Umumnya ayam kung pao dimasak bersama bawang putih, jahe, dan saus yang dicampur sedikit maizena. Wah, nikmat sekali dimakan selagi hangat dengan nasi putih.

Baca Juga: Resep Ayam Krispi XXL Khas Shihlin Taiwan, Patut Dicoba!

3. Nasi Hainam

Nasi Hainam begitu lezat karena kaldu ayam yang direbus berjam jam

Foto: freepik.com

Nasi Hainan atau lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai Nasi Hainam, juga merupakan makanan khas China yang halal.

Konon hidangan ini sudah diadaptasi dan dibawa oleh imigran dari provinsi Hainan ke daerah Asia Tenggara.

Kelezatan nasi hainam tidak perlu diragukan lagi. Di Singapura, nasi hainam dibuat mengikuti metode tradisional Hainan, yaitu dengan merebus ayam utuh di suhu tertentu yang mematangkan ayam sekaligus membuat kaldu.

Setelah itu, ayam dicelupkan ke air dingin agar kulitnya menjadi kenyal seperti jelly dan digantung hingga kering.

Kaldu ayam tersebut kemudian dipakai untuk memasak nasi bersama jahe, bawang putih, dan daun pandan. Tidak heran cita rasa nasi hainam begitu lezat, harum, dan sulit untuk ditolak.

4. Ikan Kukus ala Kanton

ikan kukus ala kanton.jpg

Foto: freepik.com

Makanan khas China yang halal satu ini sangat mudah dibuat di rumah, karena di daerah asalnya, hidangan ini memang menjadi masakan rumahan yang sedap, cepat, bergizi, dan mudah dibuat.

Resep rumahan ini telah menyebar hingga ke daratan Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Ikan yang digunakan dapat berbentuk fillet (sudah dibersihkan dan tersisa daging saja) maupun utuh.

Ikan dikukus terlebih dahulu sampai matang selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian disajikan bersama saus kecap yang dimasak bersama jahe, daun bawang, dan daun seledri.

Selain mendapatkan manfaat dari ikan, pada hidangan ini juga terdapat jahe yang terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan.

Pada Protective and therapeutic potential of ginger, peneliti menyimpulkan bahwa jahe maupun turunannya, dalam bentuk ekstrak atau senyawa yang diisolasi, menunjukkan aktivitas antiproliferatif (menekan pertumbuhan sel), antitumor, invasif, dan anti-inflamasi yang relevan.

5. Bakpao

Bakpao adalah salah satu makanan khas China yang dapat dibuat halal

Foto: freepik.com

Kata bakpao yang dikenal masyarakat kita saat ini berasal dari bahasa suku Hokkian, yaitu bak yang berarti daging dan pao yang berarti bungkusan.

Di Indonesia yang mayoritas pemeluk Islam, bakpao yang semula berisi daging babi, diadaptasi menjadi daging ayam, cokelat, kacang hitam, kacang merah, srikaya, dan lain-lain.

Makanan khas China yang halal ini dapat ditemukan di restoran dimsum hingga penjaja keliling. Biasanya, harganya juga bersahabat dan cocok untuk mengganjal perut saat lapar.

Sama seperti hidangan lainnya, bakpao tersebar hampir di seluruh Asia, terutama di Asia Tenggara di mana banyak imigran China datang.

Karena mudah dikreasikan, bakpao mudah diadaptasi sesuai dengan selera dan makanan lokal, sehingga setiap negara biasanya mempunyai bakpao versi masing-masing.

Baca Juga: Resep Nasi Briyani Penuh Rempah Khas India

Makanan Khas China untuk Anak

Menu makanan khas China untuk anak dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Makanan khas China dikenal melibatkan berbagai sayur dan bumbu yang baik untuk kesehatan.

Memilih menu makanan khas China yang tidak digoreng dengan banyak minyak juga lebih sehat, tidak hanya untuk anak, tetapi juga untuk Moms dan Dads.

6. Nasi Goreng Yang Chow

Nasi goreng yang chow yang warna warni dapat menarik selera makan

Foto: freepik.com

Jika Moms sekeluarga sedang makan di restoran chinese food, Si Kecil biasanya akan tertarik dengan nasi goreng Yang Chow (Yang Zhou).

Bukan tanpa alasan, warna nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng khas Indonesia yang menggunakan kecap manis sebagai bumbu.

Nasi goreng Yang Chow menggunakan bahan seperti telur, wortel, kacang polong, ham, daun bawang serta daging lain, yang semuanya dipotong kecil-kecil agar bercampur dengan nasi, memberikan warna-warni yang menggugah selera makan, khususnya anak-anak.

Menu makanan khas China untuk anak ini berasal dari Yang Zhou, daerah yang memiliki ciri khas menyukai makanan-makanan berwarna terang.

Mereka juga menyukai masakan yang rasanya alami dari bahan-bahan yang digunakan tanpa terlalu berminyak.

7. Wonton

makanan khas china wonton.jpg

Foto: freepik.com

Di Indonesia, nama wonton mungkin tidak terlalu akrab di telinga, namun jika menyebut pangsit, pasti penggemar mie tidak asing lagi. Wonton cocok menjadi menu makanan khas China untuk anak.

Sajian berkuah ini lezat dinikmati hangat-hangat sebagai pendamping mie atau dijadikan lauk teman nasi yang tak kalah nikmat.

Makanan ini cocok menjadi comfort food karena rasanya yang gurih dan bisa dikreasikan dengan menambah potongan sayur di dalam kuahnya agar lebih sehat.

Secara tradisional, wonton diisi dengan daging babi dan udang cincang yang dibumbui dengan garam, lada, bawang putih, atau daun bawang. Namun di Indonesia, hidangan ini diadaptasi menjadi halal dengan diganti daging ayam dan udang.

Baca Juga: 4 Resep Mie Aceh yang Kaya Rempah, Begini Cara Membuatnya!

8. Peach Gum

Peach gum selain menyegarkan, juga menyehatkan

Foto: penthousekitchen.blogspot.com

Kepopuleran Peach Gum sedang naik daun akhir-akhir ini. Dessert ini memang sangat menyegarkan dan bahannya penuh dengan vitamin dan nutrisi, cocok diperkenalkan sebagai makanan khas China untuk anak.

Selain itu, dessert ini tergolong sup herbal yang dapat dijadikan obat atau menjaga kesehatan, sehingga baik dikonsumsi sehari-hari.

Peach Gum berasal dari Hongkong dengan nama Tao Jiao. Seperti namanya, peach gum berasal dari getah pohon peach China, yang dikeringkan dan berubah bentuk seperti kristal.

Rasa getah ini memang tawar, sehingga biasanya ditambahkan angco (kurma merah), lengkeng kering, biji goji, dan lain-lain sebagai penambah rasa. Kurang lebih dalam satu sajian Peach Gum terdapat 11 bahan yang semuanya memiliki manfaat tersendiri.

Contohnya biji goji (Goji Berry), merupakan sumber serat, zat besi, Vitamin A dan C yang cukup tinggi.

Dalam salah satu penelitian selama 30 hari terhadap 60 partisipan yang sehat dengan rentang umur 55-72 tahun, mereka yang minum jus biji goji secara rutin sebanyak 120 ml setiap hari menunjukkan peningkatan sel kekebalan tubuh.

9. Capcay

Capcay adalah makanan khas China yang mungkin akan selalu tersedia.jpg

Foto: freepik.com

Capcay adalah makanan khas China yang mungkin akan selalu tersedia di menu restoran chinese food. Bukan tanpa alasan, capcay adalah cara makan beberapa jenis sayur sekaligus dengan rasa yang lezat.

Cocok untuk menjadi makanan khas China untuk anak, capcay juga tidak terlalu sulit dibuat di rumah.

Diduga berasal dari Fujian, capcay merupakan hidangan dari suku Hokkian yang diterima baik rasanya orang Indonesia.

Arti capcay itu sendiri adalah sayur campur. Capcay biasanya terdiri dari kembang kol, kubis, wortel, jagung muda, jamur, dan daun bawang.

Capcay dapat dibuat sebagai hidangan vegetarian atau ditambahkan daging seperti ayam, sapi, bakso, ikan, udang, dan lain-lain.

Dengan komponennya yang begitu banyak dan memiliki manfaat kesehatan masing-masing, rasanya tidak salah mengajak Si Kecil makan capcay lebih sering.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

Ribuan tahun lamanya masyarakat China menggunakan makanan sebagai obat tradisional untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tidak heran hampir setiap bahan dari makanan klasik ini menyimpan manfaat kesehatan yang memang ditujukan agar yang memakannya selalu sehat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait