Jalan-jalan

10 Juli 2021

10 Makanan Khas Madura yang Pantang Dilewatkan Saat Melancong

Moms sudah pernah mencicipi yang mana?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Widya Citra Andini

Daftar isi artikel

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri berbagai pulau dari Sabang sampai Merauke. Oleh karenanya, Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam. Salah satunya adalah makanan khas Madura.

Jika Moms berkesempatan mengunjungi Madura, ada baiknya untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner dari Madura berikut ini yang memanjakan lidah dengan cita rasa yang kaya.

Makanan Khas Madura

Mulai dari sate khas bumbu Madura hingga camilan manis Jubede Sumenep, yuk cek apa saja makanan khas dari Madura berikut ini, Moms!

1. Sate Bumbu Madura

makanan khas madura-sate madura.jpg

Foto: instagram.com/jogjakuliner.info

Sate Madura adalah salah satu kuliner yang sangat terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat luar Madura lainnya. Bumbu sate Madura memiliki rasa gurih dan lezat yang sulit ditolak.

Tentunya, akan lebih enak bila Moms mencicipi sate Madura asli dari daerah Madura itu sendiri. Terbuat dari daging ayam yang dibakar, sate ini disiram bumbu kacang dan ditambahkan bawang goreng yang menggugah selera.

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

2. Nasi Serpang

makanan khas madura-nasi serpang.jpg

Foto: instagram.com/surabayafoodies

Telinga Moms mungkin terasa agak asing mendengar makanan khas Madura ini. Nasi serpang adalah masakan yang menggabungkan makanan khas Madura dalam satu sajian.

Kuliner ini menyajikan nasi putih, dengan lauk pauk yang kaya seperti cumi hitam, udang, ikan tongkol, krecek, bihun, dan sambel pencit. Moms tidak akan bosan dengan aneka rasa lauk pada nasi serpang.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Sunda yang Terkenal dan Nikmat!

3. Rujak Cingur

makanan khas madura-rujak cingur.jpg

Foto: instagram.com/desimegasari

Selain sate Madura, rujak cingur juga menjadi makanan khas Madura yang sudah dikenal banyak orang, karena banyak dijual di daerah luar Madura.

Cingur diambil dari bahasa daerah Madura yang mempunyai arti "mulut". Rujak ini punya rasa asin, dan disajikan dengan ragam bahan seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, ditambah lontong, tahu, tempe, cingur, kecambah, kangkung, dan kacang panjang.

Baca Juga: Rasanya Lezat, Coba 6 Kuliner dari Durian yang Unik dan Menarik!

4. Soto Madura

makanan khas madura-soto madura.jpg

Foto: instagram.com/sbymakanhits

Tak hanya rujak cingur, ada juga makanan khas Madura yang sudah sangat terkenal ke seluruh negeri Indonesia, yaitu soto Madura.

Tidak berbeda jauh dengan jenis soto lainnya, soto Madura terbuat dari ayam suwir atau daging sapi, telur, kentang, daun bawang, serai, daun seledri, jeruk nipis, dan bawang goreng.

Bedanya, kuah soto Madura menggunakan bahan kemiri, yang menjadikan warna kuahnya menjadi kuning keruh, tetapi punya aroma cukup khas dan menggugah selera.

Baca Juga: Tak Kalah dari Rendang, Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Belahan Dunia

5. Jubede Sumenep

makanan khas madura-jubede.jpg

Foto: instagram.com/uwanurwan

Ini merupakan makanan khas Madura yang berasal dari Sumenep. Jubede paling cocok dijadikan sebagai kuliner oleh-oleh jika Moms sedang berwisata ke daerah Sumenep.

Jubede terbuat dari tepung, dicampur dengan gula merah dan air, kemudian dimasak sampai mengental. Makanan ini kerap dijadikan oleh-oleh karena tahan lama.

Baca Juga: Resep Clam Chowder, Sup Mewah dari Kerang untuk Keluarga

6. Lorjuk

Lorjuk

Foto: instagram.com/djournalfood

Apakah Moms pernah nonton film Aruna dan Lidahnya? Kalau pernah, Moms mungkin tidak akan asing dengan salah satu makanan yang hadir dalam film tersebut, yakni Lorjuk.

Lorjuk sendiri adalah kerang bambu yang memiliki bentuk kecil memanjang. Biasanya kerang ini hidup di pesisir pantai yang berlumpur. Kerang yang memiliki nama lain razor clams ini memiliki cangkang yang berwarna kecokelatan, Moms.

Oleh masyarakat Madura, lorjuk sendiri bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satu makanan yang dibuat dengan menggunakan lorjuk sebagai bahan utamanya.

Rasanya yang gurih membuat makanan khas Madura satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, Moms! Lorjuk sendiri bisa diolah menjadi tumis lorjuk, lorjuk goreng, camilan, serta campur lorjuk seperti yang ada di gambar.

Baca Juga: Resep Bubur Kampiun Khas Sumatra Barat

7. Tajin Sobih

makanan khas madura

Foto: instagram.com/exploremadura

Makanan khas Madura memang beragam Moms. Meski berada di pulau yang kecil, makanan yang ada di sini pasti bisa mengejutkan dan memanjakan lidah nih.

Salah satu makanan khas Madura yang pantang untuk dilewatkan adalah tajin sobih. Tajin sobih sendiri adalah makanan ringan atau camilan yang bisa ditemukan di Madura.

Nama camilan ini sendiri hadir dari pada pedagang makanan ini yang sebagian besar datang dari Desa Sobih.

Tajin sobih adalah bubur yang diolah dari berbagai jenis bahan dan biasanya disajikan di atas daun pisang.

Untuk para pecinta kuliner manis, makanan khas Madura yang satu ini sangat cocok karena memiliki tekstur lembut yang bercampur dengan gurih.

Baca Juga: 3 Resep Kerang Saus Padang, Tak Kalah dari Restoran Seafood Lainnya!

8. Topak Ladhe

topak ladhe

Foto: instagram.com/pippin_richflavor

Jika Moms memiliki kesempatan untuk menjalani Idul Fitri di pulau Madura, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyantap menu khas yang satu ini, topak ladhe.

Ya, makanan khas Madura yang satu ini memang biasanya dihidangkan saat hari besar seperti Lebaran nih, Moms. Jadi, jangan sampai Moms melewatkannya, ya!

Dilihat secara sekilas, makanan yang satu ini memang terlihat mirip dengan makanan khas Idul Fitri di Jakarta yakni ketupat sayur. Meski demikian, jangan tertipu oleh penampuilannya ya, Moms!

Ketika dicicipi, topak ladhe sendiri memiliki cita rasa yang unik dan tentunya berbeda. Kuahnya diolah dengan berbagai macam rempah dan juga tambahan parutan kelapa serta daging sapi.

Kaldu yang keluar dari daging sapi pun membuat rasa kuliner ini semakin ciamik. Duuuh, jadi ingin mencoba nih, Moms!

Baca Juga: Benarkah Obat Kuat Alami Telur Bebek Bisa Atasi Disfungsi Seksual pada Pria?

9. Bebek Songkem

bebek songkem

Foto: instagram.com/kulineranmadura

Pecinta bebek perlu tahu nih! Makanan khas Madura yang juga tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah bebek songkem.

Olahan bebek khas madura yang dimasak dengan olahan bumbu yang lezat ini tidak boleh sampai dilewatkan oleh para pecinta daging bebek.

Kuliner bebek madura ini dimasak dengan olahan bumbu khas yang dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga menghasilkan aroma serta rasa yang ciamik.

Bebek songkem sendiri sangat nikmat jika disantap dengan nasi yang masih hangat beserta sambal dan juga lalapan segar. Bebek songkem sendiri sudah sedari dulu menjadi kuliner favorit bagi pelancong yang singgah di Madura.

Baca Juga: 5+ Resep Bumbu Rujak Bangkok yang Segar Banget, Yuk Coba!

10. Rujak Selingkuh

makanan khas madura

Foto: instagram.com/veethadee

Makanan khas Madura lain yang nggak kalah patut dicoba adalah rujak selingkuh nih, Moms! Bukan hanya namanya yang unik, makanan yang satu ini pun memiliki rasa yang nggak kalah ciamik!

Lucunya, nama selingkuh ini didapatkan karena makanan ini terbuat dari campuran kuliner rujak yang "berselingkuh" dengan soto babat khas madura.

Campuran kedua kuliner yang "tak lazim" inilah yang membuat rasanya berbeda sehingga disebut dengan rujak selingkuh.

Jika Moms penasaran dengan rasanya, jangan sampai kelewatan untuk mencicipi rujak selingkuh ketika memiliki kesempatan singgah di Madura ya, Moms!

Nah, itu dia Moms ragam makanan khas Madura yang dapat dicoba ketika sedang berkunjung ke sana.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait