Jalan-jalan

18 Juli 2021

15 Makanan Khas Sumatera Barat Selain Rendang dan Sate Padang

Mulai dari makanan pedas hingga manis semuanya ada
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Makanan khas Sumatera Barat memang sudah sangat populer di Indonesia. Rumah makan padang dapat ditemui di berbagai provinsi di Indonesia. 

Selain rendang yang dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terenak di dunia, atau sate Padang, ada juga makanan khas Minang alias Sumatera Barat lain yang sayang untuk dilewatkan. 

Makanan Khas Sumatera Barat

Jika Moms dan keluarga yang berniat untuk berlibur di Sumatera Barat, selain sate padang, ada lagi beberapa makanan yang wajib untuk dicobai. Apa saja makanan khas Sumatera Barat tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Sejarah Unik Rendang Asli Minang

1. Gulai Gajeboh

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: archipelagos.id

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan pertama adalah gulai gajeboh. Padang tidak hanya terkenal dengan hidangan rendangnya saja. Ada juga olahan lain yang wajib dicicipi yaitu gulai gajeboh atau dikenal dengan sandung lamur.

Hidangan ini terbuat dari daging sapi bagian punuk yang biasanya memiliki banyak gajih (lemak). Sesuai namanya, makanan khas Sumatera Barat ini dilengkapi dengan kuah gulai pada umumnya. Campuran rasa asam pareh dan santan berpadu menjadi satu.

Selain rasa gurih dari lemak pada daging, ada sedikit rasa pedas yang dihasilkan dari kuah ini, sehingga terasa lebih nikmat. Namun masakan ini tidak disarankan bagi Moms yang menderita kolesterol tinggi ya.

2. Rendang Paru

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: citarasaindonesia.co.id

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah rendang paru. Nampaknya Sumatera Barat terkenal dengan makanan rendang-rendangan ya.

Setelah rendang daging sapi, kini ada rendang paru. Olahan daging ini terbuat dari paru-paru sapi yang lebih lunak dan basah dibandingkan dengan daging sapi.

Berbeda dengan rendang sapi, makanan khas Sumatera Barat satu ini menggunakan bumbu seperti bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan dedaunan.

Untuk memasak rendang paru, diperlukan takaran santan yang lebih banyak dibandingkan denga daging rendang normal. Penasaran ingin coba Moms?

Baca Juga: Resep: Ayam Bakar Padang

3. Kacimuih

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: makananoleholeh.com

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah kacimuih. Namanya memang asing di telinga. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan manis yang cocok dijadikan sebagai camilan sore saat berkumpul bersama keluarga.

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah lompong sagu. Lompong sagu terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan yang berasal dari Minang ini memiliki rasa dominan manis dan aroma khas pemanggangan.

4. Lompong Sagu

makanan khas sumbar

Foto: raunsumatra.com

Makanan khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah lompong sagu. Lompong sagu terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja.

Makanan yang berasal dari Minang ini memiliki rasa dominan manis dan aroma khas pemanggangan.

Bentuknya juga unik lho, jika sudah matang, makanan khas Sumatera Barat ini akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan dengan taburan kelapa di atasnya.

Baca Juga: Tak Kalah dari Rendang, Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Belahan Dunia

5. Galamai

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: makananoleholeh.com

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah galamai. Kuliner ini sangat populer di Sumatera Barat. Galamai mirip dengan dodol atau jenang, sehingga bahan-bahan yang digunakan pun hampir mirip, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah.

Bedanya ada pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, yang menciptakan cita rasa baru dan berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa tersebut.

6. Ayam Pop

ayam pop.jpeg

Foto: pinterest.com

Pecinta masakan Padang sudah pasti tidak asing dengan makanan khas Sumatera Barat berikut ini.

Ayam pop yang gurih ini terbuat dari ayam kampung, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan jeruk nipis, ditambah santan. Yang paling khas dari makanan ini yakni ditambah sambal cabai merah.

Biasanya bagian pilihan yang disajikan pada restoran Padang yakni bagian paha dan dada. Makanan khas Sumatera Barat ini enak dimakan dengan nasi hangat, ditambah dengan kuah gulai dan rendang, serta lalapan daun singkong.

7. Nasi Kapau

kapau.jpeg

Foto: harianminang.com

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya adalah nasi kapau.

Nasi kapau bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan nasi padang, yang sudah begitu terkenal dan sangat mudah dijumpai. Yang menjadi pembeda antara nasi padang dengan menu kuliner khas daerah Bukittinggi ini, yaitu pada cara penyajiannya. 

Karena umumnya lauk pauk dari nasi kapau akan langsung dipajang di atas meja.Untuk lauknya sendiri, ada juga salah satu hidangan yang cukup berbeda dengan nasi padang dari segi rasa. 

Hidangan ini yaitu gulai kapau, yang terbuat dari nangka, kol, dan juga kacang panjang. Gulai kapau ini memiliki rasa sedikit asam dengan kuah berwarna kuning. Sementara untuk lauk lauk lainnya, tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada nasi padang.

Baca Juga: 5 Resep Udang Saus Padang yang Pedas Menggoda, Yuk Buat!

8. Pinyaram

16070960256-pinyaram.jpg

Foto: harianhaluan.com

Makanan khas Sumatera Barat ini mirip kue cucur dari Betawi. Bahan dari tepung beras dan santan ini biasanya disajikan untuk santapan buka puasa Ramadhan atau acara pernikahan.

Rasanya yang sangat manis dan empuk sangat cocok dimakan dengan teh atau kopi. Bahkan makanan ini sudah terkenal hingga negara tetangga seperti Malaysia.

Pinyaram terutama terbagi menjadi dua varian, yakni pinyaram putih yang terbuat dari beras putih, dan pinyaram hitam yang terbuat dari beras hitam. Mengenai rasa, pinyaram bisa divariasikan dengan berbagai rasa seperti pisang, durian, dan sebagainya.

9. Keripik Sanjai

Keripik-Sanjai-Balado-0-1975d071e2892dce.jpg

Foto: pinterest.com

Bila Moms sedang mencari makanan khas Sumatera Barat yang cocok untuk oleh-oleh, maka jawabannya adalah keripik sanjai.

Keripik terbuat dari singkong dengan rasa pedas dan manis, ada sensasi legit yang membuat tidak berhenti memakannya.

Rasa pedas pada keripik sanjai ini karena telah diberi bumbu balado berwarna merah. Bumbu Keripik Sanjai sangat khas yakni berupa saus yang dioleskan ke keripik lalu dikeringkan. Bikin ketagihan saat makan keripik ini.

10. Gulai Itiak Lado Mudo

download.jpg

Foto: ksmtour.com

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya adalah sejenis gulai. Bedanya, gulai ini diolah tanpa menggunakan santan dan biasa disebut dengan gulai itiak lado mudo.

Masakan satu ini merupakan gulai yang terbuat dari daging bebek muda, kemudian diberi tambahan cacahan cabai hijau. 

Karena menggunakan daging bebek muda, Moms akan mendapatkan tekstur daging yang lebih empuk dan gurih.

Rasa sensasi pedas gurihnya pasti susah Moms lupakan, deh. Sangat cocok untuk Moms pecinta gulai masakan Padang dan ingin mencoba yang lain.

Baca Juga: Yakin Boikot Nasi Padang? Ini 5 Rumah Makan Padang yang Pasti Bikin Ketagihan!

11. Gulai Banak

gulai banak.jpg

Foto: pinterest.com

Dari segi bumbunya, gulai banak yang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat ini memang tidak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya. 

Namun jika biasanya gulai menggunakan daging sapi atau ayam, maka gulai banak memilih menggunakan bahan dari otak sapi. Sehingga memberikan tekstur yang lembut dan juga lezat.

Sebagai dataran yang memiliki salah satu makanan terenak di dunia, tidak heran jika Sumatera Barat juga mempunyai berbagai menu Andalan lezat lainnya yang begitu khas. 

12. Kalio

kalio.jpg

Foto: pinterest.com

Ingin makan daging tapi tidak mau rendang atau gulai? Jangan khawatir Moms, Sumatera Barat masih punya olahan lainnya yang bisa dicicipi dan dijamin enak.

Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi, yang masih berwarna kecokelatan dibanding rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Makanan khas Sumatera Barat bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat.

Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang di luar Sumatera Barat karena durasi memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan. Selain itu, rasanya tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak juga tidak sekeras rendang.

Seperti juga rendang, isi kalio biasanya daging sapi, ayam, limpa, hati sapi atau jengkol. Hati, limpa, jengkol, dan kentang biasanya lebih banyak dimasak menjadi kalio karena sering hancur saat diaduk dan terlalu keras saat sudah menjadi rendang.

Baca Juga: Ayam Kalio, Hidangan Lezat Khas Minang untuk Berbuka Puasa

13. Dadih

dadih_20170310_000335.jpg

Foto: tribunnews.com

Tahukah Mom kalau Sumatera Barat ternyata memiliki olahah yogurt tradisonalnya sendiri? Dadih (dadiah) adalah yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau.

Makanan khas Sumatera Barat ini difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang telah dilayukan di atas api. Proses fermentasi dilakukan dalam suhu ruangan dan berlangsung hingga terjadi penggumpalan sekitar 2 sampai 3 hari.

Dadih biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dicampur dengan emping (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula merah. Dadih dapat juga dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

14. Sala Lauak

Resep-Salalauak.jpg

Foto: resepkoki.com

Makanan khas Sumatera Barat ini selalu hadir dalam setiap acara adat yang diselenggarakan di kota Padang khususnya di wilayah pesisirnya.

Terdapat dua jenis sala lauak, yakni lunak dank eras. Perbedaannya ada pada jenis ikan yang digunakan.

Kalau sala lauak lunak terbuat dari ikan stuhuak, sedangkan sala lauak keras dibuat dari bahan ikan asin. Saat makan ini, kamu bakal merasakan sensasi renyah di luar dan lembut di dalam ditambah dengan aroma ikan yang sedap.

15. Soto Padang

soto-padang-MAHI-1.jpg

Foto: masakapahariini.com

Tidak hanya Sate Padang, Soto Padang juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang harus untuk Moms cicipi. Sajian yang satu ini juga cukup populer di Indonesia dan banyak ditemukan di luar kawasan Sumatera Barat.

Soto Padang ini merupakan soto kaldu sapi yang dihidangkan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, perkedel kentang dan bihun.

Kuah kaldu sapi pada soto ini terasa lebih kuat karena diberi berbagai rempah, seperti cengkeh, daun jeruk, bunga lawing hingga kapulaga.

Sebagai pelengkapnya, masakan khas Sumatera Barat ini diberi tambahan kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka sehingga memperkaya rasa dan tekstur dari Soto Padang ini.

Baca Juga: Gordon Ramsay Kunjungi Sumbar, Ini 5 Makanan Khas Daerah Minang yang Harus Moms Coba

Ada lagikah kuliner khas Sumatera Barat yang mungkin Moms ketahui dan ingin mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait