Fashion & Beauty

2 Juni 2021

Catat! Inilah 7 Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

Mulailah untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat untuk mencegah jerawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Seperti yang Moms ketahui, jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi. Baik pada wanita maupun laki-laki. Namun, tahu kah Moms bahwa ada makanan penyebab jerawat? Yuk, cari tahu.

Meski biasanya jerawat disebabkan oleh hormon, jenis kulit, dan faktor kebersihan kulit yang buruk, banyak orang telah percaya bahwa makanan penyebab jerawat benar adanya.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal Dermatology Practical & Conceptual, hasilnya menunjukkan bahwa 71% partisipan mengira makanan yang digoreng atau berminyak menyebabkan jerawat.

Sementara yang lain mengira bahwa minuman cokelat, susu, dan soda adalah makanan penyebab jerawat.

Perlu Moms ketahui bahwa jerawat memengaruhi sebanyak 50 juta orang di Amerika Serikat setiap tahun. Masalah kulit tersebut sering kali dimulai selama masa pubertas, dan ini sangat umum terjadi antara usia 12 dan 24 tahun.

Para ilmuwan memang perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui bagaimana makanan bisa dikatakan sebagai makanan penyebab jerawat.

Namun sejauh ini, mereka telah melihat beberapa kemungkinan pemicu jerawat yang asalnya dari mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Jerawat di Dahi Meradang, Ini Penyebabnya

Makanan Penyebab Jerawat

Menurut Medical News Today, jerawat berkembang ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau keduanya. Penyumbatan ini juga terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak sebum, minyak yang membuat kulit tidak mengering.

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan munculnya jerawat dan jenis lesi lainnya.

Selama masa pubertas, tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang disebut faktor pertumbuhan mirip insulin 1 (IGF-1). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa IGF-1 dapat meningkatkan produksi sebum dan memperburuk gejala jerawat.

Makanan tertentu juga dapat meningkatkan kadar IGF-1. Inilah makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Moms hindari.

Dengan demikian, Moms dapat membantu memperbaiki gejala jerawat dan membantu mencegah munculnya jerawat.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mengatasinya

1. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Healthline, orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat.

Makanan yang kaya karbohidrat olahan yang bisa menjadi makanan penyebab jerawat meliputi:

  • Roti, biskuit, sereal atau makanan penutup yang dibuat dengan tepung putih
  • Pasta yang dibuat dengan tepung terigu
  • Nasi putih dan bihun
  • Soda dan minuman manis lainnya
  • Pemanis seperti gula tebu, sirup maple, madu atau agave

Satu studi dalam Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30% lebih besar terkena jerawat, sedangkan mereka yang secara teratur makan kue memiliki risiko 20% lebih besar.

Peningkatan risiko ini dapat dijelaskan oleh efek karbohidrat olahan terhadap gula darah dan kadar insulin.

Karbohidrat olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, yang juga meningkatkan kadar gula darah lebih cepat. Saat gula darah naik, kadar insulin ikut meningkat untuk membantu mengantarkan gula darah keluar dari aliran darah dan masuk ke sel.

Kadar insulin yang tinggi ini tidak baik untuk mereka yang berjerawat. Insulin membuat hormon androgen lebih aktif dan meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1).

Hal ini berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan dengan meningkatkan produksi.

Di sisi lain, diet rendah glikemik, yang tidak secara dramatis meningkatkan kadar gula darah atau insulin, dikaitkan dengan penurunan keparahan jerawat.

Meskipun penelitian tentang topik ini cukup menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak lagi studi untuk memahami lebih lanjut bagaimana karbohidrat olahan berkontribusi pada jerawat.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil, Terjamin Aman!

2. Produk Susu

produk susu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penyebab jerawat lain yang sebaiknya dihindari, yaitu produk susu. Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk susu dan keparahan jerawat pada remaja.

Sebuah studi dari Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang secara teratur mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat.

Namun, penelitian sampai saat ini baru difokuskan pada remaja dan dewasa muda yang hanya menunjukkan korelasi antara susu dengan jerawat, bukan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, belum jelas bagaimana susu dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat, tetapi ada beberapa teori yang diajukan.

Salah satunya, susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari efeknya pada gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Selain itu, susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

Meskipun ada spekulasi tentang mengapa minum susu dapat memperburuk jerawat, tidak jelas apakah produk susu berperan langsung.

Jadi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ada jumlah atau jenis produk susu tertentu yang dapat memperburuk jerawat.

Baca Juga: Jerawat di Alis, Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkannya!

3. Alkohol

Makanan Penyebab Jerawat - Alkohol

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip laman The Dermatology Specialist, meskipun alkohol belum terbukti menjadi makanan penyebab jerawat secara langsung, tetapi saat minum alkohol, minuman ini biasanya menciptakan ketidakseimbangan dalam kadar estrogen atau testosteron, faktor utama dalam frekuensi dan tingkat keparahan jerawat.

Ketika kadar hormon meningkat, kulit akan menghasilkan zat yang disebut sebum. Sebum dapat menyumbat pori-pori dengan minyak dan bakteri, yang pada akhirnya menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Mengenal Alkohol Denat pada Skincare, Amankah?

4. Cokelat

Jumlah kafein yang ditemukan dalam cokelat panas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Orang sering percaya bahwa cokelat adalah makanan penyebab jerawat.

Sebuah studi dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology yang melibatkan 33 pria menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram cokelat hitam per hari selama 4 minggu menyebabkan perubahan kulit yang dapat membuat jerawat lebih mungkin terjadi.

Kondisi ini lebih mungkin terjadi pada pria yang lebih muda.

Memilih cokelat hitam (dark chocolate) untuk mengatasi jerawat mungkin merupakan pilihan yang lebih baik karena kandungan susu dan gulanya lebih sedikit daripada cokelat biasa.

Baca Juga: 9 Makanan sebagai Viagra Alami, Ada Cokelat Hitam untuk Meningkatkan Libido!

5. Kedelai

Makanan Penyebab Jerawat - Kedelai

Foto: Orami Photo Stock

Kedelai memiliki reputasi sebagai alternatif yang bagus untuk hal-hal yang tidak sehat dan memang benar bahwa kedelai memiliki banyak manfaat.

Tetapi, kedelai juga dapat merusak kulit jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau jika berasal dari sumber yang tidak terverifikasi, dan hal ini bisa menjadi makanan penyebab jerawat.

Menurut Time yang dilansir Insider, 90% tanaman kedelai dunia dimodifikasi atau direkayasa secara genetik.

Beberapa kandungannya inilah yang membuat kedelai dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga memicu timbulnya jerawat, kemerahan, dan kerutan, terutama pada wanita.

Baca Juga: Mari Simak Penyebab dan Cara Membasmi Jerawat Batu di Wajah

6. Bubuk Protein Whey

protein whey

Foto: Orami Photo Stock

Protein whey adalah suplemen makanan yang dikenal sebagai sumber yang kaya asam amino leusin dan glutamin.

Namun, asam amino dalam bubuk protein whey dapat membuat sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Asam amino juga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan tingkat insulin lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

Studi dari jurnal Cutis telah melaporkan hubungan antara konsumsi protein whey dan jerawat pada atlet pria.

Studi lain menemukan korelasi langsung antara tingkat keparahan jerawat dan jumlah hari mengonsumsi suplemen protein whey.

Namun, masih perlu studi tambahan untuk memastikan apakah benar bubuk protein whey ini termasuk dalam makanan penyebab jerawat.

Baca Juga: 3 Penyebab Jerawat pada Pria, Bantu Dads Menghindarinya Yuk!

7. Makanan Cepat Saji

fast food (6)

Foto: Orami Photo Stock

Jerawat sangat terkait dengan makan makanan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake adalah makanan andalan khas Barat yang termasuk dalam makanan penyebab jerawat.

Satu studi dalam Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda Tiongkok menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% mengembangkan jerawat. Makan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17%.

Sebuah studi dari Journal of the European Academy of Dermatology & Venereology terpisah terhadap 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan peningkatan risiko jerawat sebesar 24%.

Tidak jelas mengapa makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, tetapi beberapa peneliti mengatakan bahwa makanan cepat saji mungkin memengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon dengan cara yang mendorong perkembangan jerawat.

Makanan cepat saji berminyak juga sebagian besar dapat memperparah jerawat.

Minyak dan lemak pada makanan cepat saji yang diolah dengan cara digoreng dapat membuat kulit terlihat tidak sehat, menyebabkan penumpukan minyak berlebih, dan memicu timbulnya jerawat.

Meski demikian, perlu dilakukan lebih banyak bukti penelitian untuk menguji kebenaran pernyataan ini.

Baca Juga: Makanan untuk Kulit Berminyak, Apa yang Harus Dimakan dan Dihindari?

Nah, itu dia beberapa makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Moms hindari. Yuk, beralih mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat agar masalah kulit, seperti jerawat dapat dicegah.

  • https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-acne#TOC_TITLE_HDR_4
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22070422/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20337811/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22988649/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24847404/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27422392/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28606553/
  • https://www.thedermspecs.com/blog/5-foods-that-cause-acne/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322639#diet-and-skin
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/hormonal-acne-diet#foods-to-avoid
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4866623/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6169599/
  • https://www.eatthis.com/foods-that-cause-acne/
  • https://www.insider.com/healthy-foods-that-cause-acne-2018-1#soy-1
  • https://time.com/3840073/gmo-food-charts/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait