Rupa-rupa

4 Oktober 2021

Ragam Makanan yang Cocok Saat Hujan, Mana yang Jadi Favorit Moms?

Cuaca dingin biasanya lebih cocok dengan makanan hangat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketika hujan turun dan cuaca dingin tiba, makanan berkuah menjadi santapan yang paling pas untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja ya menu makanan yang cocok saat hujan? Simak selengkapnya, Moms.

Ada berbagai hidangan yang bisa Moms cicipi saat hujan. Mulai dari camilan atau makanan ringan hingga makanan berat yang menyegarkan.

Yuk, cari tahu makanan yang cocok saat hujan dengan membaca artikel di bawah ini!

Makanan yang Cocok Saat Hujan

Menyantap hidangan hangat saat hujan dapat menjadikan tubuh merasa lebih baik. Cuaca dingin yang terasa pun bisa berubah menjadi cukup hangat sehingga membuat Moms nyaman.

Berikut macam-macam makanan yang cocok saat hujan. Barangkali bisa menjadi referensi Moms dalam menyiapkan hidangan untuk keluarga di rumah.

Baca Juga: 7 Doa ketika Hujan dan Amalannya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

1. Soto

soto

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang cocok saat hujan yang bisa Moms santap saat cuaca dingin, pertama yakni soto. Hidangan berkuah yang biasanya berisi bihu, tauge, daun bawang, dengan irisan daging sapi atau ayam ini memang sangat cocok dikonsumsi ketika hujan.

Kuahnya bisa menghangatkan tubuh, cita rasanya yang gurih dan lezat juga akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis soto yang bisa Moms cicipi. Biasanya, setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri dalam menghidangkan soto.

Misalnya, soto Betawi yang menggunakan santan pada kuahnya, soto Lamongan dengan tambahan bubuk koya, soto mie Bogor berisi mie kuning dan tambahan risoles, dan lain-lain.

2. Tekwan

tekwan

Foto: Orami Photo Stock

Tekwan merupakan hidangan khas Palembang yang dapat Moms jadikan sebagai makanan yang cocok saat hujan karena bisa menghangatkan tubuh.

Hampir mirip dengan bakso, tekwan juga berbentuk bulat dan berukuran kecil. Tekwan sendiri dibuat dari daging ikan dan campuran tepung sagu.

Umumnya, tekwan disajikan bersama kuah udang yang nikmat. Tak lupa dengan tambahan isian lain, seperti sohun, jamur kuping, dan irisan bengkoang.

Tekwan memiliki cita rasa gurih dan segar. Apakah Moms sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: 5 Resep Soto Ayam Bening, Pas untuk Sajian Musim Hujan

3. Mie Godog

Mie Godog

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang merupakan orang Jawa mungkin sudah tidak asing dengan makanan satu ini.

Ya, mie godog atau mie rebus merupakan makanan yang cocok saat hujan, terutama ketika masih dalam keadaan hangat.

Dalam makanan tradisional Jawa, mie godog biasanya diolah menggunakan wajan besi yang memakai tungku api arang.

Untuk isiannya, makanan ini terdiri dari mie, beragam sayuran, tambahan protein, seperti daging sapi, daging ayam, atau telur.

Dengan aneka bumbu rempah dalam proses memasaknya, membuat mie godog memiliki cita rasa yang kaya dan tentu saja lezat.

4. Sayur Asem

sayur asem.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang cocok saat hujan lainnya yang bisa Moms konsumsi ketika hujan tiba ialah sayur asem. Masakan berkuah yang berisi aneka ragam sayuran ini akan sangat pas disajikan saat cuaca dingin melanda.

Kuah asamnya pasti akan terasa sangat segar di mulut dan bisa menghangatkan tubuh. Moms bisa menikmatinya langsung atau dijadikan sebagai lauk tambahan bersama nasi putih hangat.

Lebih nikmat lagi, jika disantap bersama ikan asin dan sambal. Pastinya, bisa membuat Moms ingin nambah!

Baca Juga: Bebaskan Anak Mandi Hujan! Ini, Lho Moms 7 Manfaatnya!

5. Bakso

bakso

Foto: Orami Photo Stock

Bakso bisa menjadi salah satu makanan yang cocok saat hujan. Hidangan dari daging sapi atau ayam yang diolah dengan kuah kaldu akan terasa nikmat jika disantap ketika cuaca sedang dingin.

Umumnya, bakso dihidangkan bersama mie kuning, bihun, sawi, tauge, daun bawang, dan taburan bawang goreng di atasnya. Bisa juga ditambahkan tahu bakso, siomay, atau kerupuk pangsit. Tergantung pada jenis baksonya.

Bakso akan terasa lebih nikmat ketika diberi tambahan kecap dan sambal. Membayangkannya saja bisa membuat ngiler ya, Moms?

6. Sop Kambing

Sop Kambing

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, ada sop kambing yang juga sangat pas dikonsumsi ketika hujan. Seperti namanya, hidangan ini terdiri dari daging kambing, dengan campuran tomat dan seledri yang disiram dengan kuah kaldu berwarna kuning.

Kuah sop biasanya beraroma rempah yang terbuat dari jahe, kemiri, dan daun jeruk.

Tak hanya segar saat disantap, sop kambing juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, terlebih karena kandungan jahe di dalamnya.

Moms bisa menyantap sop kambing tanpa atau dengan nasi putih hangat. Lebih nikmat lagi, jika dimakan bersama dengan sate kambing!

Baca Juga: 3 Resep Sop Kambing dan Tips Memasak Kambing Tanpa Bau Prengus

7. Sup Ayam

sup-ayam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang cocok saat hujan berikutnya adalah sup ayam. Sup ayam dengan kuah kaldu yang hangat bisa membuat tubuh Moms yang kedinginan terasa lebih baik.

Rasanya yang gurih juga akan sangat nikmat untuk dimakan bersama nasi hangat. Tak hanya terasa lezat untuk disantap, makanan yang satu ini pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Pasalnya, kaldu ayam dalam sup kaya akan asam lemak esensial dan protein. Keduanya membantu tubuh dalam membangun dan memperbaiki otot, tulang, kulit, dan sel darah yang sehat.

Dalam sup ayam, terdapat vitamin B12, vitamin C, antioksidan, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, serta karnosin yang bagus untuk tubuh. Kaldu ayam juga merupakan sumber yang kaya mineral seperti zat besi.

Selain itu, kaldu ayam mengandung selenium yang dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit kardiovaskular serta komplikasi, termasuk stroke, dan kolesterol tinggi.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam CHEST Journal menyebutkan bahwa sup ayam telah lama dianggap sebagai obat untuk gejala infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek atau flu. Efek anti-inflamasi ringan dalam sup ayam lah yang dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Nah, itu dia Moms, makanan yang cocok disantap ketika hujan. Mana kah yang jadi makanan favorit, Moms? Share di kolom komentar, yuk.

  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chicken-broth#1
  • https://journal.chestnet.org/article/S0012-3692(15)37721-7/fulltext
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait