Kesehatan Umum

23 Maret 2021

5 Manfaat Buah Kundur dan Cara Mengkonsumsi

Buah kundur memiliki banyak manfaat untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Buah kundur atau dikenal juga dengan nama melon musim dingin merupakan tanaman asli dari Asia bagian selatan.

Ciri fisik dari buah ini adalah panjang dan bulat. Setelah matang, bagian luar buah yang berbulu akan berubah menjadi lapisan bubuk berwarna abu-abu.

Tekstur buah ini mirip dengan timun, sementara daging buahnya sering diolah menjadi berbagai menu di kawasan Cina dan India.

Selain rasanya yang enak, buah kundur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, di India dan Tiongkok buah ini sudah dimanfaatkan sebagai obat selama berabad-abad.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

Kandungan air dalam buah kundur cukup tinggi, yaitu 96 persen. Selain itu, buah ini juga sangat rendah kalori, lemak, protein dan karbohidrat.

Kendari demikian, buah kundur kaya akan serat dan menyediakan berbagai nutrisi baik untuk tubuh, temasuk vitamin C, riboflavin dan Zinc.

Journal of Food Research menjelaskan selaim vitamin C, buah kundur merupakan sumber flavonoid dan karoten yang baik, dua antioksidan yang dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan kondisi tertentu seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Buah satu ini sering dipuji karena khasiatnya sebagai obat pencahar, diuretik, dan afrodisiak. Selain itu, buah ini juga diyakini memberikan manfaat kesehatan mulai dari peningkatan tingkat energi dan pikiran yang lebih tajam hingga pencernaan yang lebih lancar dan risiko penyakit yang lebih rendah.

Moms yuk simak manfaat buah kundur untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Sebagai MPASI, Luar Biasa!

1. Meningkatkan Pencernaan

Manfaat buah kundur

Foto: freepik.com

Tingginya kandungan air dan serat serta kalori yang rendah membuat buah kunduru dapat membantu meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan rendah kalori dan padat air seperti buah kundur dapat membantu Moms menurunkan berat badan.

Apalagi buah satu ini merupakan sumber serat larut yang baik. Jenis serat ini membentuk zat seperti gel di usus Anda, yang memperlambat pencernaan dan membantu meningkatkan rasa kenyang.

Karena kandungan karbohidratnya rendah, panganan satu ini cocok untuk Moms yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

2. Mencegah Tukak Lambung

buah kundur baik untuk mencegah tukak lambung

Foto: freepik.com

Buah kundur memiliki banyak manfaat untuk saluran pencernaan. Selain melancarkan, konsumsi panganan ini juga bisa mencegah tukak di dalam lambung.

Tukak lambung adalah kondisi dimana terjadi luka di lapisan perut. Salah satu gejala yang ditimbulkan saat Moms mengalami penyakit ini adalah sakit perut hebat. Bahkan dapat menyebabkan sesak napas.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak buah kundur dapat membantu mencegah munculnya tukak lambung pada tikus.

3. Mengurangi Peradangan

buah kundur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Foto: freepik.com

Manfaat lain dari buah kundur adlaah dapat mengurangi peradangan. Kondisi ini merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh dan berperan dalam proses penyembuhan.

Saat tubuh mendeteksi adanya penyerang, tubuh meluncurkan respons biologis untuk mencoba menghilangkannya.

Penyerang bisa jadi benda asing, seperti duri, bahan iritan, atau patogen. Patogen termasuk bakteri, virus, dan organisme lain yang menyebabkan infeksi.

Sebuah penelitian tabung reaksi dan hewan mencatat bahwa ekstrak buah kundur dapat mengurangi peradangan. Seperti yang Moms ketahui, peradangan merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit kronis.

Baca juga: Mengenal Nummular Dermatitis, Peradangan Kulit Berbentuk seperti Koin

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

buah kundur mencegah diabetes tipe 2

Foto: freepik.com

Salah satu manfaat dari buah kundur adalah dapat mencegah diabetes tipe 2. Kondisi ini disebabkan oleh dua masalah yang saling terkait, yaitu sel di otot, lemak, dan hati menjadi resisten terhadap insulin.

Karena sel-sel ini tidak berinteraksi secara normal dengan insulin, mereka tidak mengonsumsi cukup gula. Pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa labu abu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan insulin.

5. Memiliki Efek Anti Mikroba

buah kundur

Foto: freepik.com

Mungkin memiliki efek antimikroba. Beberapa penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrient menunjukkan bahwa ekstrak buah kundur dapat melindungi dari bakteri dan jamur tertentu.

Moms perlu ingat, semua penelitian ini dilakukan dengan mengambil ekstrak dari buah kundur. Sementara untuk manfaat buah kundur yang dimakan secara langsung masih perlu penelitian lebih lanjut baik di laboratorium maupun menggunakan objek tertentu.

Baca juga: Kementan Luncurkan Produk Eucalyptus untuk Antivirus Corona, Apakah Efektif Digunakan?

Cara Mengkonsumsi Buah Kundur

cara mengolah kundur

Foto: freepik.com

Buah kundur merupakan salah satu bahan masakan paling populer di Asia. Biasanya, buah ini akan dipotong dadu kemudian direbus atau ditambahkan ke dalam sup.

Panganan satu ini juga bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng, ditambahkan untuk campuran salad atau dibuat menjadi manisan. Moms juga bisa mengkonsumsi buah kundur secara langsung karena rasanya mirip dengan mentimun.

Tak hanya itu, buah kundur juga bisa diolah menjadi permen, selai, saus tomat, kue, es krim, atau makanan manis India yang dikenal sebagai petha.

Menu populer lain yang dibuat dari buah kundur adalah smoothies dan jus. Biasnaya, buah ini akan dicampurkan dengan buah lain saat diolah menjadi smoothies atau jus.

Moms dapat menemukan buah kundur di sebagian besar supermarket Asia atau pasar tradisional. Pastikan untuk memilih labu yang terasa berat untuk ukurannya dan bebas dari memar atau lekukan luar.

Untuk penyimpanan, Moms pastikan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Bubuk putih pada permukaan buah kundur menjadi lengket saat basah dan harus dibilas sebelum mengirisnya hingga terbuka.

Baca juga: Apakah Kunyit Aman Dikonsumsi Ibu Hamil? Ini Penjelasannya!

Resep Buah Kundur dengan Udang

resep buah kundur

Foto: saveur.com

Moms yang ingin mencoba resep kundur, bisa mencoba resep dari saveur.com berikut ini.

Bahan:

  • 500 gram buah kundur, potong dadu
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1½ sdt garam
  • 4 sdm minyak mustard
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 buah cabai merah utuh kering, pecah-pecah, biji dan batang dibuang
  • 1 sdt biji jintan
  • 1½ sdt jintan bubuk
  • 1 sdt bubuk cabai merah
  • 1 sdm pasta jahe
  • ½ sdm pasta bawang putih
  • 400 gram udang, buang kepalanya kemudian potong menjadi 2–3 bagian
  • 1 sdt biji ajwain
  • 70 gram kacang polong
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdm garam masala bubuk
  • Air perasan lemon

Cara membuatnya:

  1. Masukkan ke daam wajan, buah kundur yag sudah dipotong dadu kemudian tambahkan setengah sendok teh kunyit, setengah sendok teh garam dan 250 ml air air. Rebus, tutupi, sampai matang dan sebagian besar air terserap.
  2. Dalam wajan terpisah, panaskan minyak mustard hingga berasap, lalu biarkan dingin selama 2– 3 menit. Ini dilakukan untuk menghilangkan rasa pedas ekstra pada minyak mustard. Setelah 2–3 menit, masukkan bawang bombay, cabai merah kering dan biji jinten, lalu goreng minyak dan bumbu terpisah.
  3. Campur jintan bubuk, sisa kunyit dan bubuk cabai merah dengan pasta jahe dan bawang putih dan goreng selama satu menit atau sampai matang.
  4. Tambahkan udang, sisa garam dan biji ajwain dan masak selama beberapa menit dengan api besar. Jika bumbu tampak lengket atau gosong, taburi dengan air dan lanjutkan memasak selama beberapa menit sampai udang berwarna merah muda, matang dan dilapisi bumbu.
  5. Tambahkan labu yang sudah dimasak ke udang, kecilkan api dan masak selama 2-3 menit lagi. Tambahkan kacang polong dan masak sampai sebagian besar cairan menguap dan minyak mulai terpisah di sisi wajan.
  6. Selanjutnya, tambahkan gula, garam masala, dan perasan jus lemon.
  7. Buah kundur dengan udang siap untuk disantap.

Baca juga: 7+ Resep Es Buah Segar, Cocok jadi Santapan di Hari yang Panas

Moms demikian penjelasan tentang manfaat dan cara mengkonsumsi buah kundur. Semoga bermanfaat ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait