Kesehatan

KESEHATAN
25 Desember 2020

17 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Moms Wajib Tahu!

Buah kurma sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Mendengar kata kurma, apa yang terlintas dalam pikiran, Moms? Ya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa.

Rasanya yang manis dengan kandungan gula alami membuat kurma menjadi favorit banyak orang. Selain itu, ada juga ragam manfaat buah kurma untuk kesehatan yang patut Moms ketahui.

Nutrisi dalam Buah Kurma

nutrisi dalam buah kurma

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan, Moms bisa mencari tahu terlebih dahulu kandungan nutrisi pada buah ini.

Dalam U.S. Department of Agriculture, dijelaskan informasi nutrisi berikut untuk satu buah kurma dengan total 7 gram, yaitu:

  • Kalori: 20
  • Lemak: 0 g
  • Natrium: 0,14 mg
  • Karbohidrat: 5.3g
  • Serat: 0.6 g
  • Gula: 4 g
  • Protein: 0,2 g

1. Karbohidrat

Satu buah kurma mengandung lebih dari 5 gram karbohidrat, yang sebagian besar berasal dari gula. Selain itu, kurma terasa sangat manis karena memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu dua kali lebih manis dari glukosa.

Ada sekitar setengah gram serat dalam kurma rata-rata. Kandungan gula meningkat dan serat berkurang saat buah matang.

Indeks glikemik kurma dapat berkisar antara 43 dan 55 tergantung pada varietas dan tingkat kematangannya. Meskipun manis, kurma ternyata merupakan makanan rendah glisemik, menurut jurnal Nutrition.

2. Lemak

Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan. Melihat data dari U.S. Department of Agriculture di atas, dapat diketahui bahwa jumlah lemak dalam kurma adalah 0 gram.

3. Protein

Kurma memasok protein dalam jumlah minimal. Sertakan sumber protein lain, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan, untuk memenuhi kebutuhan harian.

4. Vitamin dan Mineral

Kurma merupakan sumber potasium, magnesium, dan zat besi yang baik. Juga, kurma memasok enam vitamin B esensial, termasuk asam folat dan pantotenat. Kurma juga memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi, sejenis antioksidan yang melindungi dari kerusakan sel, bersama dengan fitoestrogen yang bermanfaat.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang!

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil

manfaat kurma untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms telah mengetahui nutrisi dalam buah kurma. Kini, mari ketahui apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan, salah satunya bagi ibu hamil.

Studi yang diungkapkan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, kurma aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayinya.

Namun, sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Lebih jelasnya tentang manfaat buah kurma untuk ibu hamil, ini ulasannya.

Selain terkenal membantu proses persalinan, ada beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil yang bisa didapatkan, yaitu:

1. Memberikan Energi pada Bumil

Selama Moms hamil, tentunya membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Nah, mengonsumsi beberapa kurma setiap hari punya manfaat dalam memasok gula yang dibutuhkan, bersama dengan nutrisi lainnya.

2. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat buah kurma bisa menjadi sumber folat yang baik untuk ibu hamil. Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), folat dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

WHO merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan lahir.

3. Mengatur Tekanan Darah Bumil

Selama masa kehamilan, ada baiknya Moms untuk memerhatikan tekanan darah. Mengonsumsi kurma dapat memberikan manfaat untuk mengatur tekanan darah saat hamil.

Manfaat buah kurma mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot saat hamil.

Hal ini karena bila kekurangan kalium, maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

4. Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi

Kurma mengandung magnesium, yang merupakan mineral penting dalam pembentukan janin di kandungan. MelansirAdvanced Biomedical Research, magnesium juga berperan penting dalam membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi.

Tidak hanya itu, kandungan magnesium juga dapat mengatur kadar gula darah dan tekanan darah. Kurma juga membantu mencegah defisiensi magnesium kehamilan, yang dapat meningkatkan risiko kronis kronis, preeklamsia, disfungsi plasenta, dan persalinan prematur

Baca Juga: 4 Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Sehat Banget!

5. Buah yang Kaya Serat

Buah kurma menjadi salah satu buah yang mengandung serat tinggi.

Untuk itu, manfaat buah kurma yang selanjutnya untuk ibu hamil yaitu mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

Namun, tetap perhatikan porsi yang dimakan karena terlalu banyak serat juga berpotensi sebabkan diare.

6. Mengurangi Sembelit

Karena kurma merupakan sumber serat yang kaya, kurma menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat dan membantu meredakan sembelit terkait kehamilan. Mereka membuat perut kenyang, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

7. Memberikan Vitamin K untuk Bayi

Bayi biasanya lahir dengan kadar vitamin K rendah, jenis vitamin yang membantu pembekuan dan perkembangan tulang Si Kecil. Jika ibu mengkonsumsi kurma selama dan setelah kehamilan, bayi dapat memperoleh sejumlah vitamin ini melalui ASI.

8. Mengandung Zat Besi

Kurma mengandung sejumlah zat besi dan dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Zat besi menjaga hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh Moms dan janin di dalam kandungan.

9. Menjaga Keseimbangan Garam Air

Tahukah Moms bahwa menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kurma mengandung banyak kalium, yang menjaga keseimbangan garam air, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini bisa meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Baca Juga: 6 Manfaat Saffron untuk Anak, Redakan Berbagai Penyakit!

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Pengidap Diabetes

manfaat kurma untuk pengidap diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal, menunjukkan bahwa bagi penderita diabetes yang mengonsumsi kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak meroket.

Karena itu, yuk cari tahu ragam manfaat dari konsumsi buah kurma untuk pengidap diabetes berikut ini, Moms.

10. Menjaga Kadar Gula Darah

Gargi Sharma, Ahli Gizi Rumah Sakit Bhatia, Mumbai, menjelaskan bahwa GI atau Glycemic Index adalah peringkat relatif karbohidrat dalam makanan, sesuai dengan bagaimana mereka mempengaruhi kadar glukosa darah.

Semakin tinggi GI makanan, semakin tinggi pula risiko kadar gula meningkat dalam aliran darah. Inilah mengapa pasien diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tingkat GI lebih rendah.

Manfaat buah kurma memiliki GI yang rendah, sehingga bisa dikonsumsi pengidap diabetes. Manfaat kurma untuk pasien diabetes bisa dirasakan ketika makan berbagai jenis kurma atau mencampurnya dengan yogurt biasa.

"Dalam studi lain mengatakan bahwa pasien diabetes dapat mengonsumsi 8 hingga 10 kurma dalam sehari. Setara dengan 7-10 kurma yang digunakan dalam penelitian lain,” kata Gargi mengutip Hindustan Times.

11. Memberikan Sumber Energi

Pada tahap awal pematangan, buah kurma mengandung sukrosa dalam jumlah tinggi. Saat buah semakin matang, sukrosa dipecah menjadi glukosa dan fruktosa.

Glukosa dan fruktosa adalah bentuk gula paling sederhana yang ada dalam tubuh, yang secara cepat bisa menyediakan energi.

Pada seseorang yang mengidap diabetes makan beberapa kurma pada siang hari atau saat berolahraga, maka manfaat buah kurma bisa memberikan pasokan energi dan stamina bisa dapatkan oleh tubuh.

12. Sumber Nutrisi dan Vitamin yang Lengkap

Manfaat buah kurma yang bukan rahasia umum lagi adalah sebagai sumber nutrisi yang sangat baik.

Kurma sangat rendah lemak, tidak memiliki kolesterol, dan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B-kompleks, vitamin A, zat besi, kalsium, tembaga, natrium, kalium, magnesium, mangan, dan selenium.

Karena kandungan nutrisi ini, buah manis tersebut dikatakan berpotensi menjadi salah satu makanan terbaik untuk masa depan. Jadi jangan ragu untuk makan buah kurma saat hamil ya Moms.

Baca Juga: Resep Air Nabeez, Air Kurma untuk Memperlancar ASI

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Anak

manfaat kurma untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Selain rasanya yang manis, kandungan buah kurma pun sangat baik, Moms. Lantas, apa saja manfaat buah kurma untuk anak-anak? Mari, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya.

13. Mencegah Terjadinya Diabetes Sejak Dini

Bagi Moms yang membiasakan anaknya mengonsumsi berbagai camilan manis, sebaiknya mulai dikurangi ya, Moms. Karena camilan manis berbahaya bagi anak dalam jangka panjang.

Si Kecil bisa menjadi lebih rentan terserang penyakit diabetes, yang tentunya akan sangat mengganggu bagi masa depan mereka. Nah, salah satu pengganti camilan manis yang bisa Moms suguhkan ialah buah kurma.

Kandungan flavonoid dalam buah kurma bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula dalam kurma juga diproses lebih lama oleh tubuh, sehingga aman dikonsumsi Si Kecil.

14. Membantu Tingkat Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat buah kurma untuk anak-anak lainnya adalah membantu mencukupi asupan vitamin dan meningkatkan daya imunnya.

Buah kurma merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin. Ada vitamin C, B1, B3, B3 hingga B5 yang tentunya sangat berguna untuk kemampuan daya imun anak.

Baca Juga: 15 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Simak Moms!

15. Menjaga Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Di masa tumbuh kembangnya, tentunya penting untuk menjaga proses kesehatan dan pertumbuhan tulang anak yang tidak bisa dianggap remeh. Ini manfaat buah kurma lain yang bisa didapatkan untuk Si Kecil.

Untuk membantu kesehatan tulang anak, coba ajak Si Kecil merasakan manfaat buah kurma dengan mengonsumsinya secara rutin.

Mengutip Nakhil Dates, buah kurma mengandung magnesium, mangan, dan selenium. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan kekuatan tulang dan pemurnian darah.

Selain itu, terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium di dalam kurma yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dibuang oleh ginjal.

16. Melancarkan Pencernaan

Masalah umum yang bisa dialami Si Kecil terkait dengan pencernaannya. Makanan yang dikonsumsi anak bisa menjadi salah satu aspek yang memengaruhi daya pencernaan anak.

Bila makanan yang dikonsumsi tersebut memiliki kandungan serat yang sedikit, ini bisa membuat pencernaan anak bekerja lebih berat. Salah satu manfaat buah kurma untuk anak adalah kandungan seratnya yang tinggi.

Jika Si Kecil secara rutin mengonsumsi buah kurma, kandungan serat yang terdapat di dalam buah kurma bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

17. Memperkuat Gigi

Anak-anak memiliki gigi susu yang nantinya akan digantikan oleh oleh gigi tetap. Tahap ini merupakan momen penting, sehingga Si Kecil harus menjaga kesehatan giginya agar tetap kuat.

Anak yang secara rutin dibiasakan untuk mengonsumsi buah kurma, bisa memicu pertumbuhan gigi tetap yang kuat. Kurma memiliki tekstur yang sangat baik untuk gigi.

Selain itu, dengan kandungan kalsium yang tinggi, kurma bisa menjadi stimulus agar gigi anak menjadi lebih padat, kuat, dan tidak gampang keropos.

Kurma bisa dimakan dalam semua tahap kehamilan. Moms hanya perlu berhati-hati tentang jumlah kurma yang akan Moms makan.

  • Pada trimester pertama, sembelit adalah masalah umum pada ibu hamil, dan kurma membantu mencegahnya. Namun, sebaiknya makan dalam jumlah sedang pada awal kehamilan, terutama jika Moms memiliki masalah gula darah atau strep grup B.
  • Pada trimester kedua, kita berisiko tinggi terkena diabetes gestasional. Moms perlu mendapatkan saran dokter saat berencana memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari kita.
  • Pada trimester ketiga, makan kurma bisa membuat persalinan kita juah lebih cepat dan mudah. Ibu hamil dapat makan enam buah kurma sehari mulai dari minggu ke 36, yaitu empat minggu sebelum perkiraan tanggal jatuh tempo.

Beberapa ibu hamil menghindari konsumsi kurma selama musim panas karena diyakini dapat menghasilkan panas dan sakit perut atau suhu tubuh. Tapi ini belum terbukti secara ilmiah.

Kurma tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Namun, jika Moms memakannya secara berlebihan, ini dapat menyebabkan berat badan kehamilan yang berlebihan, meningkatnya gula darah, risiko mengembangkan diabetes gestasional, dan kerusakan gigi jika kebersihan mulut yang buruk.

Itu dia Moms, 17 manfaat buah kurma untuk kesehatan Moms dan Si Kecil. Wah, ternyata ada banyak sekali, ya! Namun, selalu ingat agar tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan, ya! Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi.

Artikel Terkait