OBAT-OBATAN
30 November 2021

19+ Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Asma!

Bukan hanya buah alpukat yang memiliki, daun alpukat juga memiliki kemampuan ajaib dalam mengobati
19+ Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Asma!

Apakah Moms dan keluarga suka mengkonsumsi buah alpukat? Tidak aneh memang, mengingat manfaat buah alpukat untuk kesehatan sudah terkenal di seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan daun alpukat? Apakah memiliki manfaat serupa?

Ternyata bukan hanya buah alpukat yang memiliki manfaat kesehatan, daun alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun alpukat membantu memperbaiki gejala radang sendi, pilek, flu, sakit gigi dan sakit perut.

Kandungan Nutrisi Daun Alpukat

daun alpukat

Foto: daun alpukat (avoseedo.com)

Foto: avoseedo.com

Kebaikan daun alpukat adalah karena profil nutrisinya yang kaya. Daun alpukat mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seseorang, seperti flavonol, quercetin, glikosida, polifenol, estragole, alpha dan beta pinene, cineol, limonene, serotonin, flavonoid, dan lainnya.

Moms mungkin akan terkejut mengetahui daun alpukat memiliki lebih banyak protein daripada buah dan bijinya. Berikut ini adalah kandungan daun alpukat, seperti dikutip dari Danette May:

Protein: Sebuah makalah 2012 tentang komposisi nutrisi daun alpukat mengungkapkan bahwa 100 gram daun alpukat, memberikan 25,54 gram protein. Bandingkan dengan 1,6 gram protein dari satu buah alpukat.

Serat: Jika seseorang ingin meningkatkan asupan serat, daun alpukat dapat melakukan keajaibannya akan hal itu. Sekitar 100 gram daunnya mengandung 38,4 gram serat, sedangkan buahnya memiliki 2 gram serat.

Perlu diingat, jika seseorang dapat memasukkan 100 gram daun alpukat setiap hari dalam menu makanan, maka dia akan mencapai asupan serat harian yang disarankan.

Fitonutrien: Daun alpukat kaya akan bahan kimia tanaman yang bermanfaat, dan kandungannya lebih tinggi daripada buah atau bijinya.Flavonoid dan fenol adalah fitonutrien antioksidan utama dalam daun alpukat. 

Antioksidan ini menunjukkan efek anti-kanker dan anti-inflamasi yang membantu menurunkan risiko banyak penyakit degeneratif.

Mineral: Daun alpukat tinggi sodium dan potasium yang membantu mendukung keseimbangan elektrolit yang sehat. Keseimbangan elektrolit yang baik adalah kunci untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Mereka juga merupakan sumber zat besi yang baik yang menyediakan sekitar 14 mg per 100 gram daun.

Mineral lainnya termasuk seng, mangan, kalsium dan fosfor juga ada dalam daun alpukat. Seng diperlukan untuk penyembuhan luka, zat besi untuk membawa darah yang kaya oksigen ke sel.  Mineral lain seperti mangan dan tembaga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Jarak, Bisa Mengencangkan Payudara!

Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

daun alpukat

Foto: daun alpukat (planthopiles.com)

Foto: planthopiles.com

Terdapat banyak manfaat daun alpukat yang mungkin sangat berguna bagi tubuh, mulai dari mencegah infeksi hingga membantu menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan manfaat daun alpukat yang berhasil dirangkum oleh Orami.

1. Sebagai Anti Aging

Senyawa flavonol dalam daun alpukat memiliki mekanisme untuk melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, seperti osteoarthritis.  Hal ini membawa manfaat daun alpukat untuk mencegah penuaan dini juga.

2. Bertindak Sebagai Diuretik

Daun alpukat mengandung quercetin yang berfungsi sebagai diuretik. Daun alpukat membantu buang air kecil dengan baik agar proses pembuangan produk limbah metabolisme benar-benar sempurna.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Daun alpukat mengandung polifenol dan pinene, zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.  Seseorang bisa mendapatkan manfaatnya untuk mencegah infeksi melalui mekanisme kerjanya.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Legundi untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Cacingan Juga!

4. Membantu Mengobati Batu Ginjal

Daun Alpukat memiliki Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin yang merupakan zat yang dapat memecah batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Seseorang bisa mendapatkan zat tersebut dari daun alpukat. 

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Limonene yang terkandung dalam daun alpukat dapat bertindak sebagai obat alami untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah kondisi hipertensi.

6. Mengurangi Serangan Asma

Daun alpukat mengandung pinene yang berfungsi untuk mengurangi serangan asma melalui beberapa mekanismenya.  Zat ini memiliki efek bronkodilator, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru.  Mekanisme ini membawa daun ini untuk mengobati serangan asma dengan baik.

7. Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Senyawa quercetin dan pinene dari daun alpukat dapat membantu menyembuhkan sakit kepala.  Daun alpukat menghambat pemancar rasa sakit ke otak sehingga sakit kepala atau gejala nyeri lainnya dapat dikurangi.

8. Membantu Mencegah Kanker

Daun alpukat dapat mencegah kanker karena berasa dari kandungan pinene dan limonene. Zat ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan bertindak sebagai agen kemoprotektif.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kayu Manis untuk Diabetes dan Ibu Menyusui

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan kulit dan pori-pori. Daun alpukat adalah salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa untuk kesehatan kulit seseorang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms harus menumbuk daun muda alpukat dan mengoleskannya ke kulit 5-10 menit, lalu cuci bersih.

10. Mengurangi Sakit Punggung

Kandungan pinene dalam daun alpukat dapat mengurangi rasa sakit di seluruh bagian tubuh, terutama untuk sakit punggung.

11. Mengurangi Pembengkakan

Efek quercetin pada daun alpukat dapat mengurangi pembengkakan tubuh melalui mekanismenya dalam meminimalkan zat inflamasi.

Moms bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari daun alpukat ini dengan mengoleskan daun alpukat yang sudah dihaluskan ke area yang bengkak selama 4-5 jam lalu cuci bersih.

12. Menghilangkan Sariawan

Sariawan bisa berasal dari bakteri atau kerusakan di daerah rongga mulut. Hal tersebut dapat dihilangkan dengan kandungan polifenol pada daun alpukat.

Kunyah saja daun alpukat lalu tempelkan pada luka sariawan selama 5-10 menit untuk mendapatkan manfaat tersebut.

13. Bantuan untuk Mengobati Diabetes

Daun alpukat untuk mengobati diabetes berasal dari kandungan glikosidanya. Glikosida dapat menggantikan gula yang dibutuhkan tubuh dan memberikan rasa kenyang sehingga menghentikan konsumsi kalori berlebihan dari gula biasa.  Sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kemampuan daun alpukat untuk penurun kadar kolesterol ini telah dibuktikan melalui senyawa limonenenya. Limonene dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol total secara efektif.

Baca Juga: Manfaat Daun Berlangkas dan Efek Samping yang Dapat Terjadi

15. Membantu Mengobati Radang Sendi

Senyawa quercetin dalam daun alpukat dapat berperan sebagai anti inflamasi sehingga dapat membantu mengobati penyakit arthritis.

16. Bertindak Sebagai Agen Detoksifikasi

Senyawa flavonol dalam daun alpukat dapat membersihkan darah dari zat beracun dan membuangnya melalui urin. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun alpukat sebagai agen detoksifikasi.

17. Membantu Mengatasi Diare

Limonene yang terkandung dalam daun alpukat juga memiliki mekanisme untuk menjaga keseimbangan pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Kandungan akan membantu untuk mengobati diare dan masalah pencernaan lainnya.

18. Meningkatkan ASI

Daun alpukat dapat bermanfaat bagi wanita saat menyusui.  Zat estragole dalam daun alpukat dapat meningkatkan produksi ASI pada wanita.  

19. Mengurangi Kecemahan dan Mengatasi Insomnia

Daun alpukat juga dapat mengurangi kecemasan dan mencegah insomnia melalui kandungan serotoninnya. Serotonin berperan penting dalam mengatur suasana hati, mengontrol nafsu makan, dan tidur.

Selain itu, kandungan limonene juga membawa manfaat kesehatan untuk mengurangi kecemasan dengan baik.

20. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat luar biasa daun alpukat adalah membantu menurunkan berat badan. Daun alpukat mengandung limonene yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan sehingga seseorant dapat mengontrol asupan dan mencegah penambahan berat badan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Patikan Kebo, Tanaman Pengganggu yang Membantu Atasi Asma

Cara Menggunakan Daun Alpukat

daun alpukat

Foto: daun alpukat (pixabay.com)

Foto: pixabay.com

Daun alpukat tersedia di pasar makanan etnis dan toko kesehatan di seluruh negeri. Cara mudah lainnya untuk mendapatkan daun alpukat adalah membeli secara online.

Dengan segudang manfaat daun alpukat, bagaimana cara penyajiannya untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari?

20 Manfaat daun alpukat untuk kesehatan telah dijelaskan di atas. Daun alpukat biasanya dikonsumsi sebagai teh. Untuk membuat teh ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cuci 3 lembar daun alpukat
  • Rebus dalam panci dengan 1-2 gelas air selama 10 menit
  • Biarkan teh sampai hangat.
  • Tambahkan pemanis sampai Moms mendapatkan rasa terbaik
  • Minumlah 1-2 gelas per hari secara teratur

Selain membuatnya menjadi teh, Moms juga bisa menggunakan daun alpukat untuk menambah rasa pada sup dan rebusan atau semur. Yang paling mudah, Moms dapat menikmati daun alpukat untuk salad, seperti sayuran hijau lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Shiso Merah, Bisa Mengatasi Masalah Kulit

Namun jangan lupa, sebelum Moms menambahkan daun alpukat ke menu makanan atau minuman Moms, pastikan untuk mencuci daun alpukat tersebut dengan baik.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan merendam daun alpukat dalam air selama beberapa menit, bilas dan ulangi sekali lagi.

Itulah beberapa manfaat daun alpukat untuk kesehatan dan cara mengolahnya. Selamat mencoba!

  • https://www.avoseedo.com/avocado-tea-7-health-benefits-of-the-avocado-leaf/
  • https://www.naturalhaircareguides.com/how-to-use-avocado-leaves-for-hair-growth/
  • https://www.naturalhaircareguides.com/how-to-use-avocado-leaves-for-hair-growth/
  • https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-avocado-leaves/amp