Kesehatan Umum

11 Oktober 2021

9 Manfaat Kayang untuk Tubuh, Bisa Mengatasi Asma Lho!

Apa saja ya manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Walau sering kali dilakukan ketika olahraga atau mengikuti kelas yoga, tapi tahukah Moms apa saja manfaat kayang?

Kayang atau bridge pose adalah salah satu gerakan yang dilatih dalam senam lantai atau floor exercise.

Kayang melibatkan gerakan membengkokkan tubuh ke belakang dengan kedua tangan dan kaki sebagai tumpuan pada lantai.

Meskipun sederhana, untuk bisa melakukan kayang dibutuhkan latihan rutin hingga akhirnya tubuh menjadi lentur, lho!

Jangan lupa, ya Moms untuk sedia matras atau alas yang empuk untuk mencegah cedera saat berlatih.

Nah, berikut ini Orami sudah merangkum apa saja manfaat kayang untuk tubuh dan tentu saja kesehatan.

Yuk, Moms disimak!

Baca Juga: 5 Olahraga yang Meningkatkan Gairah Seks Ini Patut Dicoba Bersama Pasangan

Apa Saja Manfaat Kayang?

da790dcf-manfaat-gerakan-kayang-650x433.jpg

Foto: istock.com

Bukan tanpa alasan mengapa pose ini sering kita temui dalam rangkaian olahraga, terutama yoga. Ternyata, ada banyak sekali manfaat kayang untuk tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, ini dia Moms beragam manfaat kayang yang wajib diketahui.

1. Menambah Fleksibilitas Tulang Belakang dan Pinggul

Berdasarkan Very Well Fit, manfaat kayang adalah untuk menambah fleksibilitas dan elastisitas tulang belakang dan pinggul.

Seiring bertambahnya usia, tulang belakang mengalami tekanan dari tubuh yang kian melemah.

Terlebih jika Moms sedang aktif bekerja dan banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk.

Gerakan kayang dapat meremajakan tulang belakang dan pinggul agar tetap elastis dan fleksibel.

2. Membantu Memperbaiki Kondisi Asma

Melansir Siddhi Yoga, manfaat kayang ternyata dapat memberikan efek terapeutik pada penderita asma.

Pasalnya, kayang memungkinkan peningkatan jumlah oksigen ke dalam tulang rusuk.

Ini karena posisi kayang membantu meregangkan area dada, sehingga membantu melebarkan cabang-cabang paru agar berfungsi normal.

Baca Juga: 4 Gejala Asma Akibat Olahraga (Exercise-Induced Asthma) yang Bisa Moms Alami

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat kayang selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah.

Melakukan pose backbend dengan menempatkan posisi kepala ke bawah, bisa meningkatkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi penting lainnya ke wajah dan kulit kepala.

Hasilnya, gerakan kayang bermanfaat untuk membantu mendapatkan kulit bercahaya dan rambut yang sehat.

4. Menambah Tinggi Badan

Kayang memang cukup sulit bagi sebagian orang, khususnya yang mempunyai berat badan berlebih.

Namun, gerakan ini bisa membantu meregangkan area punggung sampai ujung kaki.

Alhasil, manfaat kayang yang bisa diraskan adalah peregangan tulang kaki dan juga otot di sekitarnya.

Walau masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi gerakan kayang dipercaya bisa menambah tinggi badan.

Baca Juga: Apakah Ada Cara untuk Menambah Tinggi Anak?

5. Mengurangi Nyeri Lutut dan Punggung

Bokong dan paha belakang sering kali tidak difokuskan ketika kegiatan sehari-hari atau latihan intensitas tinggi.

Umumnya, kebanyakan orang lebih fokus pada paha depan.

Sayangnya kebiasaan ini dapat menyebabkan nyeri lutut dan punggung karena dominasi 1 otot di atas yang lain dapat menyebabkan cedera.

Oleh karena itu, di sinilah kayang berperan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, manfaat kayang juga dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Hal ini bisa terjadi berkat peningkatan aliran darah ke sel-sel otak yang bisa membebaskan Moms dari stres, kecemasan, dan masalah emosional lainnya.

Bahkan menurut Mind Body Green, manfaat kayang juga bisa untuk menyembuhkan patah hati.

Patah hati memang menyebalkan dan dapat mengganggu aktivitas harian.

Ini karena gerakan kayang dapat menyinari hati secara spiritual. Hal ini baik untuk meredakan patah hati yang sedang dirasakan. 

Baca Juga: 7 Latihan Peregangan untuk Atasi Bahu Kaku, Coba Sekarang!

7. Menjadikan Tubuh Ideal

Karena gerakan ini memerlukan kelenturan dan kekuatan otot, maka dengan sering latihan, manfaat kayang akan membuat tubuh terlihat lebih ideal.

8. Melatih Kekuatan Otot Tangan dan Kaki

Manfaat kayang berikutya adalah dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki. 

Ini karena posisi tubuh bertumpu pada tangan dan kaki, jadi gerakan ini dapat melatih kekuatan otot-otot tersebut.

Selain itu kayang juga bermanfaat menambah kekuatan otot bahu, perut dan dada.

9. Memperbaiki Postur Tubuh

Kayang membangun kekuatan di glutes dan erector spinae, yang membantu Moms mempertahankan postur yang tepat saat duduk atau berdiri untuk waktu yang lama.

Manfaat kayang ini juga memperkuat inti yang selalu membantu dengan postur.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil, Bisa Hilangkan Kecemasan Jelang Melahirkan Lho!

Cara Melakukan Pose Kayang

manfaat kayang.jpg

Foto: istock.com

Melansir Yoga Journal, pose kayang terkenal dapat memperkuat kaki dan pinggul, relaksasi tulang belakang, dan membuka jantung untuk mengalirkan oksigen lebih leluasa.

Gerakan backbend atau membengkokkan punggung ke belakang ini sangat membutuhkan kekuatan dan kelenturan tubuh untuk melakukannya.

Pose ini mengharuskan Moms membuka dada, bahu, dan pinggul dengan cara melawan postur tubuh pada umumnya.

Bagi pemula, bisa mengikuti teknik berikut ini agar bisa memperoleh manfaat kayang:

1. Sikap Awal Tidur

Untuk melakukan pose kayang, Moms harus memulainya dari sikap awal. Bagi pemula, Moms bisa memulainya dengan cara berbaring.

Bagaimana caranya?

  1. Posisikan badan dengan tidur telentang.
  2. Lalu tekuk kedua lutut, kemudian rapatkan atau himpitkan kedua tumit pada pinggul.
  3. Setelah itu, tekuk kedua siku dan telapak tangan bertumpu pada matras dan tempatkan ibu jari di samping telinga.
  4. Lakukan gerakan badan diangkat pelan-pelan ke atas, kemudian disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus.
  5. Terakhir, lakukan gerakan kepala masuk di antara kedua tangan.

2. Sikap Awal Berdiri

Selain dimulai dari sikap tidur, Moms yang sudah berpengalaman dan memiliki otot punggung yang kuat juga bisa memulainya dari sikap awal berdiri.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Posisikan badan dengan pose berdiri dan buka sedikit kedua kaki.
  2. Posisikan tangan masing-masing berada di samping badan.
  3. Gerakan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang.
  4. Kemudian, badan melenting ke belakang. Pastikan jika posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik.
  5. Untuk gerakan dari sikap berdiri ini, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan tembok, sehingga cedera dapat dihindari.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

3. Dibantu Teman

Jika Moms merasa sikap awal berdiri terlalu sulit, Moms bisa meminta bantuan teman. Begini caranya:

  1. Posisi sikap berdiri sempurna dengan tangan ke atas.
  2. Teman berada di depan atau di samping Moms.
  3. Satu atau 2 tangan teman berada di pinggul belakang untuk siap-siap menahan.
  4. Perlahan ayunkan tangan ke belakang.
  5. Posisikan kepala menengadah dan lentingkan badan ke belakang.
  6. Perhatikan posisi telapak tangan saat mendarat dan pertahankan posisi sampai menemukan titik nyaman.
  7. Lepaskan bantuan teman secara perlahan.

Jika sudah berhasil melakukan pose kayang, jangan lupa luruskan kaki untuk mengistirahatkannya ya, Moms.

Jika belum bisa, Moms bisa melakukan bridge pose yaitu setengah kayang dengan tangan berada di sisi tubuh.

Walau sulit, ada baiknya Moms tetap terus berlatih dengan teman dan menggunakan matras.

Hindari pula kesalahan kayang seperti:

  • Tidak melakukan pemanasan atau peregangan yang cukup
  • Siku tangan bengkok, karena kekakuan ada pada bagian bahu dan sendi
  • Posisi badan kurang membusur karena bagian punggung yang kurang lentur serta kekakuan pada otot perut yang lemah
  • Keseimbangan yang kurang
  • Usahakan posisi kepala harus pas dan jangan terlalu menengadah

Baca Juga: 6 Manfaat Push Up Tiap Hari, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Itu dia Moms manfata kayang untuk tubuh beserta cara melakukannya. Yuk mulai dicoba!

  • https://www.active.com/health/articles/pose-of-the-month-bridge-pose
  • https://www.yogajournal.com/poses/types/backbends/bridge-pose/
  • https://www.ekhartyoga.com/resources/yoga-poses/bridge-pose
  • https://www.verywellfit.com/supported-bridge-pose-3566904
  • https://www.siddhiyoga.com/setu-bandha-sarvangasana-bridge-pose
  • https://www.everydayyoga.com/blogs/guides/how-to-do-bridge-pose-in-yoga
  • https://www.mindbodygreen.com/0-17705/5-reasons-to-do-bridges-every-day.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait