12 Manfaat Gerakan Kayang dan Cara Melakukannya dengan Tepat

Ikuti cara melakukannya untuk mengurangi risiko cedera

Gerakan kayang merupakan satu di antara bentuk dari olahraga senam lantai dan yoga.

Gerakan ini menyerupai bentuk busur dan berfungsi untuk meregangkan bagian dada, bahu, dan pinggul.

Gerakan kayang mampu melatih kekuatan otot perut, kaki, bahu, tangan, dan pinggang.

Biasanya orang yang mampu melakukan gerakan ini mempunyai tubuh yang prima dan kelenturan tubuh yang sangat baik.

Yuk, Moms ketahui lebih lanjut mengenai gerakan kayang dari pengertian hingga manfaat lainnya bagi tubuh!

Baca Juga: Apa Itu MPLS? Kenali Tujuan dan Tata Pelaksanaannya!

Apa Itu Gerakan Kayang?

Gerakan Kayang
Foto: Gerakan Kayang (Istockphoto.com)

Kayang atau bridge pose adalah salah satu gerakan yang dilatih dalam senam lantai atau floor exercise.

Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, fokus gerakan kayang terletak pada upaya memposisikan tubuh secara melengkung atau membusur ke atas, dengan menggunakan telapak tangan dan kaki sebagai tumpuan.

Gerakan ini umumnya menghadirkan tekanan pada bahu dan sedikit bagian pinggang, sehingga meningkatkan kelenturan tubuh pesenam.

Penilaian gerakan kayang sendiri dengan menempatkan kaki lebih tinggi dan memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada bagian pinggang.

Sikap kayang sendiri hampir sama dengan sikap lilin dimana tujuannya sama-sama untuk melatih kelenturan tubuh.

Namun, sikap lilin dan kayang berbeda dalam hal tumpuan serta arah kaki yang digunakan.

Meskipun sederhana, untuk bisa melakukan kayang dibutuhkan latihan rutin hingga akhirnya tubuh menjadi lentur, lho!

Bagi pemula, jika ingin mahir dalam sikap kayang harus melakukan latihan bertahap untuk meminimalisir cedera.

Cedera yang mungkin terjadi jika tanpa latihan yang tepat bisa berupa patah tulang atau cedera parah lainnya.

Jangan lupa, ya Moms untuk sedia matras atau alas yang empuk untuk mencegah cedera saat berlatih.

Manfaat Gerakan Kayang

Manfaat Gerakan Kayang
Foto: Manfaat Gerakan Kayang (Istockphoto.com)

Bukan tanpa alasan mengapa pose ini sering kita temui dalam rangkaian olahraga, terutama yoga.

Ternyata, ada banyak sekali manfaat kayang untuk tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, ini dia Moms beragam manfaat kayang yang wajib diketahui.

1. Menambah Fleksibilitas Tulang Belakang dan Pinggul

Berdasarkan Very Well Fit, manfaat gerakan kayang adalah untuk menambah fleksibilitas dan elastisitas tulang belakang dan pinggul.

Seiring bertambahnya usia, tulang belakang mengalami tekanan dari tubuh yang kian melemah.

Terlebih jika Moms sedang aktif bekerja dan banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk.

Gerakan kayang dapat meremajakan tulang belakang dan pinggul agar tetap elastis dan fleksibel.

2. Membantu Memperbaiki Kondisi Asma

Melansir Siddhi Yoga, manfaat kayang ternyata dapat memberikan efek terapeutik pada penderita asma.

Pasalnya, kayang memungkinkan peningkatan jumlah oksigen ke dalam tulang rusuk.

Ini karena posisi kayang membantu meregangkan area dada, sehingga membantu melebarkan cabang-cabang paru agar berfungsi normal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kebas Kaki dan Tangan, Tidak Sulit!

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat kayang selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah.

Melakukan pose backbend dengan menempatkan posisi kepala ke bawah, bisa meningkatkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi penting lainnya ke wajah dan kulit kepala.

Hasilnya, gerakan kayang bermanfaat untuk membantu mendapatkan kulit bercahaya dan rambut yang sehat.

4. Menambah Tinggi Badan

Gerakan kayang memang cukup sulit bagi sebagian orang, khususnya yang mempunyai berat badan berlebih.

Namun, gerakan ini bisa membantu meregangkan area punggung sampai ujung kaki.

Alhasil, manfaat kayang yang bisa dirasakan adalah peregangan tulang kaki dan juga otot di sekitarnya.

Walau masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi gerakan kayang dipercaya bisa menambah tinggi badan.

Baca Juga: 10 SD Islam Terbaik di Bandung serta Program Unggulannya

5. Mengurangi Nyeri Lutut dan Punggung

Bokong dan paha belakang sering kali tidak difokuskan ketika kegiatan sehari-hari atau latihan intensitas tinggi.

Umumnya, kebanyakan orang lebih fokus pada paha depan.

Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan nyeri lutut dan punggung karena dominasi 1 otot di atas yang lain dapat menyebabkan cedera.

Oleh karena itu, di sinilah kayang berperan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, manfaat kayang juga dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.