Kesehatan

KESEHATAN
19 November 2020

10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, Bisa Turunkan berat Badan Lho!

Kaya akan vitamin dan mineral penting, labu kuning sangat baik untuk ditambahkan dalam menu makanan sehat di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Labu kuning punya bentuk dan warna yang cantik. Tapi apakah ada manfaat labu kuning? Berikut ulasannya.

Labu kuning atau biasa dikenal dengan sebutan pumpkin adalah labu musim dingin yang berasal dari kelurga Cucurbitaceae. Buah ini berasal dari Amerika Utara dan sangat populer di negara tersebut karena menjadi simbol atau bagian dari dekorasi peringatan Thanksgiving dan Halloween

Namun, perlu Moms ketahui bahwa daging tanaman labu kuning memberikan berbagai manfaat kesehatan di luar dari kepopulerannya sebagai bagian dari perayaan.

Meskipun umumnya dipandang sebagai sayuran, labu kuning secara ilmiah merupakan bagian dari buah karena mengandung biji. Konon secara nutrisi, kandungannya memang lebih mirip dengan sayuran daripada buah-buahan.

Labu kuning tercatat sebagai buah yang rendah kalori. Namun, kelebihannya tetap terjaga sebagai buah yang kaya vitamin dan mineral, dimana hal tersebut juga ada dalam biji, daun, dan jusnya.

Labu kuning memiliki berbagai manfaat yang fantastis, termasuk menjadi salah satu sumber beta karoten yang paling terkenal.

Beta karoten adalah antioksidan kuat yang memberi warna cerah pada sayuran dan buah-buahan oranye. Tubuh mengubah beta karoten yang tertelan menjadi vitamin A.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan volume beta karoten yang tinggi mungkin memiliki berbagai jenis manfaat seperti mengurangi risiko pengembangan jenis kanker tertentu, menawarkan perlindungan terhadap asma dan penyakit jantung, serta menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan nabati seperti labu kuning, juga dapat menurunkan risiko obesitas dan kematian secara keseluruhan.

Labu kuning juga dapat membantu seseorang menghindari diabetes dan penyakit jantung, meningkatkan kulit dan rambut yang sehat, meningkatkan energi, dan indeks massa tubuh (BMI) yang sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Buah Labu untuk Balita

Manfaat labu Kuning untuk Kesehatan

Ada banyak cara untuk memasukkan labu kuning ke dalam makanan penutup, sup, salad, pengawet, dan bahkan sebagai pengganti mentega.

Nah berikut ini adalah 10 manfaat labu kuning yang patut Moms ketahui, sehingga dapat menjadikannya salah satu superfood yang wajib dikonsumsi di rumah:

1. Manfaat Labu Kuning untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Labu kuning kaya akan serat yang memperlambat pencernaan. Oleh karena itu labu kuning akan membuat siapapun yang memakannya merasa kenyang lebih lama.

Caroline Kaufman, MS, RDN serta Ahli Diet dan Nutrisi lain yang sedang naik daun, mengatakan ada tujuh gram serat dalam secangkir labu kalengan. Angka itu lebih dari yang bisa Moms dapatkan dalam dua potong roti gandum.

“Labu mungkin mengenyangkan, tapi ini juga menjadi kekutan superstarnya yaitu kandungannya yang rendah kalori. Labu kalengan hampir 90 persen berisi air, jadi selain membantu Anda tetap terhidrasi, labu ini memiliki kurang dari 50 kalori per porsi," kata Kaufman seperti dikutip dari WebMD.

2. Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan mata

Seperti yang telah disebutkan di atas, pewarna labu kuning yang memberikan warna oranye yang cemerlang berasal dari pasokan beta-karoten yang melimpah. Setelah itu, beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A jelas sangat penting untuk kesehatan mata dan membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Secangkir labu kuning dapat mengandung lebih dari 200 persen asupan harian vitamin A yang direkomendasikan kebanyakan orang. Manfaat ini menjadikannya pilihan yang luar biasa untuk kesehatan optik.

Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa antioksidan ini dianggap membantu mencegah katarak dan bahkan dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

3. Manfaat Labu Kuning untuk Menjaga Imunitas

Cara Sistem Kekebalan Tubuh Melawan Bakteri dan Virus - 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock
Apakah Moms sedang mencari cara untuk menangkal penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Cobalah labu kuning. Asupan besar vitamin A yang diberikan labu kuning, ternyata dapat membantu tubuh seseorang melawan infeksi, virus, dan penyakit menular.

Minyak labu kuning bahkan membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Tidak hanya itu, labu kuning juga mengandung hampir 20 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan, di mana hal tersebut dapat membantu seseorang pulih dari flu lebih cepat.

4. Manfaat Labu Kuning sebagai Anti-aging

Apakah Moms percaya bahwa makan labu kuning akam dapat membantu Moms terlihat lebih muda? Ini adalah fakta sebenarnya karena kandungan beta-karoten dalam labu kuning yang dapat membantu melindungi seseorang dari sinar UV dan menyebabkan kerutan di wajah.

Tidak hanya itu, daging buah labu kuning juga dapat menjadi masker wajah alami yang luar biasa efeknya dan juga menenangkan. Moms hanya perlu 1/4 cangkir labu kuning yang dihaluskan, telur, satu sendok makan madu, serta satu sendok makan susu.

Campur semua bahan dan aplikasikan. Tunggu sekitar 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: Dari Setrika Wajah Hingga Sulam Alis, Ketahui Efek Jangka Panjang Pada Berbagai Perawatan Kecantikan Modern

5. Manfaat Labu Kuning untuk Menurunkan Risiko Kanker

corona dapat mengobati kanker

Foto: Orami Photo Stock

Selain bagus untuk mata dan kulit, beta-karoten rupanya juga bermanfaat untuk melawan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya beta-karoten mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker, termasuk prostat dan kanker paru-paru.

“Vitamin A dan C adalah ‘sejenis pasukan pertahanan sel’. Dua vitamin tersebut adalah antioksidan dan mereka bertindak sebagai perisai untuk sel Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker,” ujar Kaufman.

Analisis terhadap 13 penelitian menunjukkan bahwa orang dengan asupan alfa-karoten dan beta-karoten yang lebih tinggi, memiliki risiko kanker perut yang lebih rendah secara signifikan. Demikian pula, banyak penelitian pada manusia lainnya telah menemukan bahwa individu dengan asupan karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker tenggorokan, pankreas, payudara, dan kanker lainnya.

Namun, para ilmuwan masih belum benar-benar yakin apakah ini manfaat karotenoid dari labu kuning itu sendiri atau faktor lainnya. Misalkan kebiasaan gaya hidup mereka yang mengonsumsi makanan kaya karotenoid, di mana memang benar hal itu bertanggung jawab atas penurunan risiko ini.

6. Manfaat Labu Kuning untuk Menurunkan Gula Darah

Dalam sebuah tes ilmiah, labu kuning juga telah terbukti menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan toleransi glukosa, dan meningkatkan jumlah insulin yang diproduksi tubuh. Itu artinya, memasukan labu dalam menu makanan dapat membantu seseorang mengontrol diabetes dan kadar gula darah mereka.

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa kombinasi dua ekstrak tumbuhan, salah satunya adalah pumpkin polysaccharides, dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus.

Meski studi tersebut tidak melibatkan manusia, penelitian menunjukkan beberapa potensi senyawa tanaman ini dalam membatasi diabetes tipe 2. Karena pengaruhnya terhadap gula darah, para ilmuwan mungkin dapat mengolahnya kembali menjadi obat antidiabetik.

Pengujian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum penelitian ini benar-benar dianggap pasti. Namun meskipun Moms tidak menderita diabetes, mengunyah labu kuning tentu bukanlah hal yang akan merugikan.

Baca Juga:Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

7. Manfaat Labu Kuning untuk Meminimalisir Penyakit Kronis

Mengenal Iskemia Miokardium, Kondisi yang Sebabkan Jantung Kekurangan Aliran Darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh proses metabolisme tubuh seseorang. Meskipun sangat tidak stabil, radikal bebas memiliki peran yang berguna seperti menghancurkan bakteri berbahaya.

Namun, radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh akan menciptakan keadaan yang disebut stres oksidatif. Hal ini telah dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Labu kuning mengandung antioksidan, seperti alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Semua senyawa tersebut dapat menetralkan radikal bebas dan menghentikannya bekerja merusak sel dalam tubuh seseorang.

Penelitian tabung reaksi dan hewan juga telah menunjukkan bahwa manfaat antioksidan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko kanker, penyakit mata, dan kondisi lainnya. Namun, perlu diingat bahwa lebih banyak penelitian berbasis manusia diperlukan untuk membuat rekomendasi kesehatan yang lebih akurat.

8. Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Jantung

Labu kuning mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Labu kuning tinggi akan kalium, vitamin C dan serat, yang manfaatnya telah dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalium yang lebih tinggi tampaknya memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan risiko stroke yang lebih rendah. Dua hal ini adalah faktor risiko dari penyakit jantung. 

Labu kuning juga tinggi antioksidanyang dapat melindungi kolesterol LDL "jahat" dari proses oksidasi.  Ketika partikel kolesterol LDL teroksidasi, mereka dapat menggumpal di sepanjang dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membatasi pembuluh darah seseorang dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

9. Manfaat Labu Kuning untuk Membantu Tidur Nyenyak

Jam-Tidur-yang-Terbaik.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Labu kuning kaya akan trytophan, asam amino yang diubah menjadi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter atau "perasaan baik" yang dapat membantu seseorang menenangkan diri, melepas lelah, dan tertidur.

10. Manfaat Labu Kuning untuk Menjaga Suasana Hati

Kekurangan serotonin akan menjadi perhatian banyak orang. Alasan mengapa serotonin penting untuk kesehatan secara keseluruhan adalah karena itu merupakan pertahanan utama seseorang dalam melawan depresi dan kecemasan.

Cara sederhana untuk memastikan seseorang memproduksi serotonin alami adalah dengan memasukkan makanan yang mengandung asam amino triptohphan. Asam amino tersebut akan diubah menjadi serotinin dalam tubuh.
Baca Juga: 10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

Nah Moms harus tahu bahwa biji labu kuning mengandung banyak tritophan dan ini akan membantu menjaga suasana hati Moms tetap cerah.

Artikel Terkait