Kesehatan

22 Agustus 2021

11+ Manfaat Mahoni untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Kejantanan Pria!

Mungkin Moms mengenal mahoni dari kayunya, tapi buah mahoni juga baik untuk kesehatan lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Karla Farhana

Jika menyebut mahoni, maka orang Indonesia mungkin lebih familiar dengan kayu mahoni atau mahogani. Kayu ini cukup terkenal untuk dijadikan berbagai furnitur rumah tangga, mulai dari meja, kursi, lemari, dan masih banyak lagi. Namun, sebetulnya pohon mahoni juga menghasilkan buah dan biji. Manfaat mahoni beserta bijinya juga tak perlu diragukan.

Buah mahoni bisa juga disebut sebagai buah langit (sky fruit) karena memiliki keunikan tersendiri.

Jika buah lain tergantung ke bawah, maka buah mahoni menggantung ke atas dan tangkainya mengarah ke langit. Dalam bahasa Melayu, buah mahoni juga dikenal sebagai buah tunjuk langit.

Sayangnya tidak semua negara memiliki tanaman mahoni, karena pohon mahoni (Swietenia macrophylla) hanya tumbuh di negara yang memiliki hutan hujan tropis.

Alhasil, phon ini hanya bisa ditemui di negara-negara Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Fiji, Honduras, dan Solomon. Di hampir semua negara tempat mahoni tumbuh, buah ini biasa digunakan sebagai obat herbal.

Manfaat mahoni bisa setara dengan gabungan ginkgo biloba dan ginseng. Meskipun bukti ilmiah masih sedikit, namun beberapa orang mengaku bahwa buah mahoni ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Lantas, apa saja sih manfaat mahoni untuk kesehatan? Mari simak ulasannya berikut ini

Baca Juga: 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Memberi Energi Lebih!

Manfaat Mahoni dan Bijinya untuk Kesehatan

Deretan Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya untuk Kesehatan

Foto: touchtalent.com

Berikut ini manfaat mahoni dan bijinya yang perlu Moms ketahui:

1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Suplemen

Orang biasanya menggiling biji buah mahoni menjadi bubuk dan meminumnya dengan air. Kini biji mahoni lebih banyak tersedia, dan seringkali dijual dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan.

Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin, membuatnya lebih kaya nutrisi dibandingkan tanaman padat nutrisi lainnya, seperti relatifnya ginseng.

Dalam suplemen mahoni juga terkandung berbagai vitamin, mineral, protein dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat terbesar dari biji mahoni adalah pengaruhnya dalam meningkatkan sirkulasi darah.

Ini karena flavonoid dalam biji mahoni secara langsung dapat membantu meningkatkan sirkulasi, sementara saponin juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kombinasi nutrisi dalam biji mahoni ini kemudian akan menjadikannya pengobatan alami yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

Mengutip Dietary flavonoid intake and cardiovascular risk: a population-based cohort study, orang yang mengonsumsi flavonoid dengan kadar yang lebih tinggi seperti dalam biji mahoni memiliki risiko lebih rendah mengalami kejadian kardiovaskular.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat flavonoid bagi kardiovaskular.

Flavonoid adalah senyawa fenolik yang mengandung banyak pigmen tanaman. Selain pada biji mahoni, flavonoid juga umumnya ditemukan pada ginkgo biloba dan tongkat ali.

Senyawa ini memiliki banyak manfaat bagi manusia, terutama karena merupakan antioksidan yang dapat memusnahkan radikal bebas dan racun. Ia juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Enzim antioksidan dalam kandungan biji mahoni akan memerangi berbagai penyakit yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh oksidasi, misalnya akibat penumpukan lemak jahat (LDL), tekanan darah tinggi, dan masalah jantung.

Tak hanya itu, manfaat kesehatan dalam kandungan flavonoid bisa dijelaskan seperti ini:

  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Mencegah timbulnya aterosklerosis.
  • Mencegah penumpukan lemak di dinding pembuluh darah.
  • Menurunkan tingkat kolesterol darah.
  • Mengurangi risiko emboli koroner.
  • Mendorong produksi zat antibodi yang bisa membantu mencegah peradangan pada jaringan.
  • Meringankan rasa sakit, menghentikan perdarahan, dan mengurangi gejala yang disebabkan oleh luka eksternal.
  • Menyingkirkan radikal bebas yang berlebihan dan berbahaya di dalam tubuh.
  • Mencegah reaksi oksidatif dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan yang Wajib Moms Tahu

3. Mengatasi Diabetes

Manfaat mahoni dalam memerangi diabetes datang dari kandungan saponinnya.

Mengutip jurnal Saponins and their potential role in diabetes mellitus, saponin sendiri adalah glukosa yang membentuk busa sabun jika dicampurkan dengan air. Ini merupakan sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan diketahui memiliki sifat hipoglikemik.

Tak hanya pada mahoni, saponin juga dapat kita temukan dalam ginseng, akan tetapi kandungan saponin pada biji mahoni lebih tinggi.

Saponin berfungsi untuk mengobati diabetes melitus, bahkan efek hipoglikemik dari saponin lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, terutama metformin.

Selain bermanfaat untuk melawan diabetes, beberapa manfaat dari saponin di dalam biji mahoni antara lain:

  • Mengurangi lemak darah dan mencegah obesitas.
  • Meningkatkan ketahanan dan memperkuat fisik tubuh.
  • Mencegah agregasi trombosit darah sehingga bisa menghindari penggumpalan darah
  • Mengobati berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh alergi, seperti asma.
  • Mencegah pembekuan darah dan insomnia.

4. Manfaat Mahoni bagi Kejantanan Pria

Buah mahoni memiliki manfaat bagi kejantanan pria berkat kandungan saponinnya.

Kandungan saponin ini akan memperlancar aliran darah, termasuk pembuluh darah ke penis.

Dengan begini, akan kecil kemungkinanya pria akan mengalami disfungsi ereksi.

Jadi, Moms bisa menyarankan suami untuk rutin mengonsumsi suplemen buah atau biji mahoni untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini.

Namun, tetap perlu diingat bahwa kesehatan seksual juga bisa ditingkatkan dengan cara lain.

Seperti dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, mengelola stres, dan istirahat cukup. Dengan begini, keharmonisan keluarga pasti akan terjaga terus Moms!

5. Manfaat Biji Mahoni untuk Kesuburan

Meski belum teruji sepenuhnya di dunia medis, entah bagaimana, mengonsumsi satu biji mahoni setiap hari dipercaya bisa meningkatkan kesuburan.

Apalagi jika Moms belum mempunyai anak dan ingin sekali merasakan kehamilan, coba diskusikan dengan dokter apakah hal ini aman dilakukan.

6. Penangkal Serangga

Biji dalam buah mahoni nyatanya juga bisa berfungsi sebagai semprotan serangga. Secara spesifik, saponin dalam bijinya ini cenderung mampu menghalau serangga.

Bagi orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak dapat menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, maka ia bisa menggunakan bubuk biji mahoni sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang dibawa oleh serangga.

7. Mengobati Sembelit

Biji mahoni juga diyakini bisa menyembuhkan sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara ditumbuk, lalu dicampur dengan air hangat untuk menghilangkan sembelit yang bikin kamu tersiksa.

8. Nyeri Haid

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sakit saat haid juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat herbal dari biji buah mahoni. Mengonsumsi biji buah mahoni pada awal siklus haid diyakini bisa mengurangi rasa sakit tersebut.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Moms kerap mengeluhkan kehilangan nafsu makan, maka mahoni bisa dijadikan solusi. Cukup konsumsi satu biji setiap hari, sampai mendapatkan kembali nafsu makan.

10. Mengatasi Demam dan Pilek

Khasiat biji mahoni juga sangat baik untuk menyembuhkan flu (pilek) dan demam.

Coba ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni campur dengan air panas 1/4 gelas beserta satu sendok makan madu. Moms bisa minum selagi masih hangat, dan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

11. Eksim dan Rematik

Coba ambil 1/2 sendok teh bubuk mahoni lalu masukkan ke dalam 1/2 cangkir air panas, kemudian untuk membuat rasanya lebih manis, tambahkan satu sendok makan madu. Setelah itu minumlah selagi masih hangat dan lakukan tiga kali sehari.

12. Manfaat Lain Buah dan Biji Mahoni

Selain manfaat mahoni di atas, ada juga khasiat biji mahoni secara keseluruhan pada berbagai masalah kesehatan berdasarkan jenis masalahnya di bawah ini:

  • Sistem peredaran darah, ia bermanfaat dalam mengurangi kondisi hipertensi, hiperlipidemia, aterosklerosis, penyakit kardiovaskuler, stroke, kejang, arthritis, varises vena, gangguan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.
  • Sistem kekebalan, ia bermanfaat dalam mengatur dan memperkuat sistem kekebalan, anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-virus, anti-tumor, anti-kanker, dan lain-lain.
  • Sistem endokrin (termasuk masalah metabolisme) yang mana bisa berkontribusi untuk memperbaiki masalah diabetes, kemandulan, infertilitas, hiposeksualitas atau kurangnya dorongan seksual, nyeri menstruasi, dan lain-lain.
  • Sistem pernapasan, seperti memulihkan bronkitis kronis, asma, batuk.
  • Sistem saraf, seperti meringankan gangguan tidur, kelelahan, stres, insomnia, migrain.
  • Penuaan, yakni menghapus radikal bebas dan sumber oksigen reaktif.
  • Sistem pencernaan (termasuk hati, kandung empedu, dan pankreas), yang mana mereka akan menyembuhkan maag gastrointestinal, sirosis hati, hepatitis akut, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

Bagaimana Cara Mengonsumsi Mahoni

Bagaimana Cara Mengonsumsi Mahoni

Foto: deviantart.com

Karena manfaat mahoni dan bijinya cukup banyak, maka Moms boleh mengonsumsinya rutin.

Namun, sebelum mengonsumsi biji mahoni, minum 1-2 gelas air untuk membersihkan perut sehingga proses penyerapan akan lebih baik. Biji mahoni bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan.

  • Jika Moms ingin memelihara kesehatan tubuh, maka konsumsi satu biji mahoni dengan ukuran kecil atau sedang atau satu kapsul biji mahoni setiap pagi dan malam hari.
  • Sementara untuk mengatasi penyakit kronis, konsumsilah 2 biji mahoni ukuran sedang atau 2 kapsul biji mahoni setiap pagi, siang dan malam.

Moms boleh langsung menelannya atau menggigitnya hingga menjadi potongan kecil lalu telan dengan air.

Ketika Moms menggigitnya, Moms akan merasakan rasa yang sangat pahit, namun hal itu dapat mempercepat penyerapan pada tubuh.

Baca Juga: Manis dan Legit, Ini 4 Manfaat Buah Kelengkeng yang Tak Terduga!

Pahami juga Bahaya Konsumsi Mahoni

Pahami juga Bahaya Konsumsi Mahoni

Foto: depositphotos.com

Moms perlu ingat bahwa kunci supaya terhindar dari efek samping buah mahoni adalah mengonsumsinya dengan kadar aman yang direkomendasikan. Atau Moms juga bisa mendiskusikan dengan dokter mengenai batas aman mengonsumsi buah ini.

Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi saponin juga bisa menyebabkan batu empedu. Ini karena saponin juga bertindak sebagai steroid.

Sementara itu, flavonoid juga paling aman dikonsumsi dalam jumlah yang tidak lebih dari 200 mg. Umumnya, menurut tradisi dan adat kebiasaan mengonsumsi biji buah mahoni cukup satu biji saja setiap hari.

Dari situ saja Moms bisa mendapatkan efek bagi kesehatan seperti yang diharapkan. Namun supaya lebih aman, selalu konsultasikan dengan dokter kesehatan untuk informasi lebih lanjut.

Akibat tidak banyak penelitian yang konklusif mengenai manfaat mahoni dan efek kesehatannya, maka efek samping buah mahoni juga sebetulnya masih samar seperti manfaatnya.

Mengutip Strait Times, tercatat ada tujuh kasus cedera hati yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir yang diduga terkait dengan makan biji mahoni.

The Health Sciences Authority (HSA) mengatakan menerima laporan ini selama tiga tahun terakhir, yang mana pasien mengalami cedera hati mulai dari gangguan fungsi hati ringan hingga gagal hati.

Ketujuh pasien yang berusia 40-70-an ini telah memakan biji mahoni baik dalam bentuk mentah maupun dalam kapsul dan lima dari mereka dirawat di rumah sakit.

Tak hanya cedera hati, seorang pasien juga mengalami cedera ginjal dan satu lagi menderita poliartralgia, yaitu nyeri sendi. Untungnya mereka bisa pulih dan berhenti mengonsumsi produk yang dicurigai.

Selain itu, berdasarkan teori ilmiah yang telah teruji, memang ada efek yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi jika ramuan flavonoid aktif dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Lezat dan Manis, Ini 7 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Menurut sebuah penelitian, flavonoid memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat mutagenik dan genotoksik.

Pada dosis normal, sifat berbahaya tersebut tidak akan muncul dan flavonoid tetap memberikan bermanfaat. Namun saat mereka diminum secara berlebihan, antioksidan ini akan berubah menjadi pro-oksidan dan mutagen.

Jadi, sebelum Moms mengonsumsi biji mahoni atau suplemennya, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait