Fashion & Beauty

12 Desember 2020

Ketahui Ragam Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan dan Cara Membuatnya

Berikut ini manfaat masker beras untuk kulit wajah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Kalau bicara tentang beras, pasti erat kaitannya dengan makanan pokok orang Asia, termasuk Indonesia, ya, Moms. Tapi, pernahkah Moms tahu kalau beras ternyata punya segudang manfaat untuk kulit?

Jangan kaget ya Moms, karena tren beras untuk kecantikan ini sudah terkenal di kalangan wanita Jepang dan Korea.

Maka dari itu, Moms pasti pernah melihat produk-produk skincare Jepang dan Korea yang memiliki kandungan beras di dalamnya. Masker beras, menjadi salah satu bentuk perawatan kecantikan yang sudah terkenal.

Hal ini tidak terlepas dari manfaat air beras di dalamnya. Lantas, sebenarnya bagaimana cara membuat masker beras dan apa saja manfaat masker beras? Lalu, apakah aman memakai masker beras untuk perawatan wajah sehari-hari?

Tidak perlu bingung lagi, simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya, Moms!

Baca Juga: 5 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

Manfaat Masker Beras untuk Wajah

Perlu diakui, memang belum banyak studi yang melakukan penelitian tentang manfaat masker beras untuk kulit. Namun, sebagian besar manfaatnya didasarkan pada pengalaman orang-orang yang sudah mencobanya.

Nah, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Terlepas dari itu, sebaiknya Moms simak beberapa manfaat masker beras untuk wajah sebagai berikut:

1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Masker beras untuk kulit wajah ternyata bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Manfaat masker beras ini bisa didapatkan dari air beras di dalamnya.

Mengapa demikian? Menurut studi yang diambil dari jurnal Cosmetics menemukan bahwa air beras mengandung antioksidan yang mampu menghambat aktivitas elastase atau enzim yang merusak elastin.

Nah, kandungan inilah yang nantinya membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Secara tidak langsung, manfaat masker beras mampu mengencangkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Lalu, cara lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal adalah Moms mencuci wajah dengan air beras.

Air beras adalah air bertepung yang tersisa setelah nasi dimasak atau dibiarkan meresap.

Air beras dipercaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras. Seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, dan antioksidan.

Diketahui juga bahwa air beras fermentasi memiliki banyak selenium, magnesium, asam folat, vitamin B1 hingga B6, niasin, dan vitamin K.

Wah, jadi banyak sekali nutrisi dalam air beras, ya? Hal ini juga yang membuat air beras tidak hanya bermanfaat untuk kulit, melainkan juga untuk rambut.

“Air beras bermanfaat karena punya bentuk cair. Dia akan menyerap ke dalam rambut dan kulit kepala lebih cepat dari vitamin lainnya,” ujar ahli kimia kosmetik Debbie Williams, yang memiliki lini produk perawatan rambut sendiri.

Baca Juga: 4 Gerakan Yoga Wajah untuk Kurangi Keriput dan Kencangkan Kulit

2. Membantu Mencerahkan Kulit

Membantu Mencerahkan Kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Standar kecantikan wanita Asia adalah berkulit cerah. Jadi, tidak heran kalau banyak produk skincare Indonesia, Jepang, atau Korea yang mengklaim mampu mencerahkan kulit.

Ternyata, salah satu manfaat masker beras untuk wajah, yaitu mampu mencerahkan kulit.

Manfaat masker beras diasumsikan mampu meminimalkan noda hitam di wajah dan mencerahkan kulit secara merata. Jadi, banyak produk perawatan kulit yang mengandung beras dikatakan mampu mencerahkan kulit.

Namun, sayangnya manfaat ini belum terbukti secara ilmiah.

Jika Moms ingin mencoba masker beras untuk mencerahkan kulit wajah, tentu tidak menjadi masalah.

Namun, apabila setelah Moms memakai masker beras dan mengalami reaksi alergi atau iritasi, sebaiknya segera hentikan pemakaian, ya.

Selain masker beras, ada cara lainnya yang bisa Moms lakukan untuk mencerahkan kulit. Di antaranya adalah rutin mencuci muka dan memakai pelembap yang mengandung proteksi terhadap sinar UV.

Perawatan ini untuk mencegah terjadinya flek hitam di wajah.

Tidak lupa juga, lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah.

Nah, lebih baik lagi Moms juga melakukan perawatan facial dan peeling untuk mengatasi wajah yang kusam. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing pribadi, ya!

3. Melindungi Skin Barrier

Melindungi Skin Barrier

Foto: Orami Photo Stock

Moms, tahukah apa yang dimaksud dengan skin barrier? Sederhananya, skin barrier adalah garda utama yang tujuannya untuk melindungi kulit dari berbagai hal, seperti infeksi bakteri, sinar UV, hingga bahan kimia berbahaya.

Skin barrier juga yang menjaga kulit dari gesekan atau goresan.

Maka dari itu, penting sekali bagi Moms untuk melindungi skin barrier dengan baik. Ternyata, manfaat masker beras juga mampu melindungi skin barrier.

Ketika skin barrier terganggu, maka kulit menjadi mudah kering dan rentan terkena gangguan, salah satunya adalah dermatitis atopik.

Nah, Moms bisa memakai masker beras sebagai perlindungan untuk skin barrier. Studi dari Acta Dermato-Venereologica mengungkapan sebuah penelitian bahwa pati beras membantu meningkatkan dan memperbaiki pelindung alami kulit.

Manfaat ini akan semakin efektif bagi kamu yang menderita dermatitis atopik. Fungsi masker beras untuk kulit ini juga dikatakan mampu mengatasi eksim, ruam, dan peradangan.

Namun, apabila kamu belum begitu yakin, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu.

Baca Juga: 5 Pelembap di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit Kusam

4. Mengatasi Sunburn

mengatasi sunburn.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Moms pernah mengalami wajah yang sunburn atau terbakar sinar matahari? Kondisi ini bisa terjadi ketika Moms terlalu lama berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari seharian.

Jika Moms memiliki kulit yang sensitif, maka akan lebih mudah untuk mengalami sunburn.

Ternyata, manfaat masker beras mampu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Adapun beberapa tanda kamu mengalami sunburn, yaitu wajah kemerahan, peradangan, dan terkadang terasa gatal-gatal.

Jika terjadi kondisi demikian, tidak ada salahnya Moms segera memakai masker beras untuk kulit wajah yang mengalami sunburn. Ketika memakai masker beras, kulit akan terasa lebih tenang dan gejala sunburn juga akan mereda.

Peradangan kulit ini adalah tanda yang tidak baik, karena Moms akan merasa sakit sampai kulit benar-benar sembuh. Kondisi ini juga berisiko infeksi jika bakteri dan kotoran menempel pada kulit yang terluka.

Cara lainnya untuk mampu menenangkan sunburn, yaitu mengoleskan lidah buaya pada area kulit yang meradang.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas untuk mencegah terjadinya sunburn pada kulit wajah.

5. Mengurangi Lingkar Hitam pada Mata

Mengurangi Lingkar Hitam pada Mata

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms sedang memiliki lingkar hitam pada area mata? Wah, kondisi yang disebut ‘mata panda’ ini benar-benar bisa menurunkan rasa percaya diri, ya?

Ada banyak faktor yang membuat Moms memiliki lingkaran hitam pada mata, salah satunya adalah kebiasaan begadang.

Ternyata, manfaat masker beras berikutnya adalah mampu mengurangi lingkar hitam pada mata. Manfaat ini bisa didapatkan dari tepung beras.

Tepung beras adalah salah satu cara terbaik dan obat alami untuk mengatasi lingkar hitam pada mata. Moms juga dapat menghilangkan tampilan yang sangat lelah dan memberikan efek pendinginan pada mata yang lelah.

Cara membuatnya dengan menyiapkan pasta kental menggunakan pisang, minyak jarak dan tepung beras dan gunakan sebagai masker mata atau aplikasikan pada area yang terkena.

Bahan yang tersedia dalam kemasan sangat bagus untuk mencerahkan kulit halus di sekitar mata. Masker juga memberikan relaksasi membuat kita terlihat jauh lebih muda.

Baca Juga: Rahasia Menghilangkan Mata Panda

6. Mengeksfoliasi Kulit Wajah

Mengeksfoliasi Kulit Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker beras untuk kulit wajah berikutnya adalah membantu mengeksfoliasi. Bagaimana bisa, ya?

Ternyata, bubuk beras memiliki tekstur yang agak kasar sehingga menjadi bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai scrub.

Nah, partikel halus ini membantu sel-sel kulit mati yang mengelupas keluar dari kulit dengan lebih mudah. Beras juga mampu menyerap semua sebum dan membuat kulit Moms lebih bersih, halus, dan segar kembali.

Maka dari itu, masker beras cocok sekali digunakan bagi pemilik kulit berminyak.

Namun, ingat eksfoliasi wajah tidak bisa dilakukan setiap hari, ya, Moms. Atur waktu untuk mengeksfoliasi wajah sekitar 2-3 kali seminggu saja.

Terlalu banyak melakukan eksfoliasi untuk kulit juga tidak baik. Kulit wajah Moms bisa mengalami iritasi, sensitif, dan rusak. Bukannya menjadi sehat, malah bisa merusak kulit wajah semakin parah.

7. Melembutkan Kulit

Melembutkan Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajahnya lembut dan bercahaya.

Namun, beberapa faktor bisa membuat kulit wajah menjadi kusam dan kasar, seperti aktivitas di luar ruangan, terpapar polusi, paparan sinar UV, dan faktor-faktor lainnya.

Nah, ada baiknya Moms memakai skincare yang tepat untuk tetap menjaga kelembutan kulit.

Selain masker beras, Moms bisa menggunakan air beras untuk menjadi pembersih wajah sehari-hari, lho! Moms bisa menggunakan air beras sebagai pembersih wajah sehari-hari.

Caranya mudah sekali, yaitu cukup celupkan kapas atau bola ke dalam air beras.

Kemudian, pijat ke wajah Moms selama beberapa menit. Biarkan wajah Moms mengering untuk mendapatkan manfaat maksimal. Nah, cara ini bisa dilakukan secara teratur untuk kulit lembut dan bercahaya.

Itulah beberapa manfaat masker beras untuk kulit wajah yang bisa Moms dapatkan. Selanjutnya, bingung cara membuat masker beras untuk kulit wajah? Tidak perlu khawatir, simak ulasan berikutnya, ya!

Baca Juga: 6 Tahapan Skincare di Malam Hari Agar Kulit Glowing

Cara Membuat Masker Beras

Cara Membuat Masker Beras.jpg

Foto: pinterest.com

Cara membuat masker beras sebenarnya mudah sekali, lho, Moms! Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah untuk ditemukan.

Alternatifnya, Moms juga bisa menambahkan tambahan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Begini caranya:

Bahan utama membuat masker beras:

  • 1 cangkir beras
  • 3 gelas air

Bahan tambahan membuat masker beras:

  • 2 sendok teh madu
  • 1 sendok makan susu

Cara Membuatnya:

  1. Rebus beras dan air selama kurang lebih 5 menit.
  2. Pastikan tekstur nasi sampai empuk tapi pastikan tidak benar-benar kering. Lalu, haluskan sampai terlihat seperti bubur.
  3. Letakkan nasi rebus di atas kain katun tipis dan peras untuk mendapatkan cairan seperti gel.
  4. Pindahkan masker tersebut ke wadah tertutup. Moms juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu atau susu untuk memaksimalkan manfaatnya.

Madu dan susu bisa menjadi bahan alami terbaik untuk masker beras. Madu adalah bahan alami yang cocok untuk semua jenis kulit.

Madu membantu menghidrasi kulit tanpa membuatnya berminyak dan memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Susu juga mengelupas dan mencerahkan kulit serta membuatnya kulit lebih awet muda.

Itulah cara sederhana untuk membuat masker beras dan informasi sederhana tentang manfaat masker beras untuk kulit wajah.

Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait