Kesehatan

3 September 2021

7 Manfaat Umbi Garut, Bisa Obati Sakit Lambung!

Tak usah ragu dikonsumsi, karena banyak manfaat umbi garut untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat umbi garut. Pasalnya tanaman ini kurang populer di Indonesia.

Masyarakat Indonesia memang kurang mengenal tanaman tanaman umbi garut. Meski termasuk dalam jenis umbi-umbian, tapi keberadaan umbi garut ini tidak seterkenal singkong, ubi, talas, hingga kentang.

Meski kurang terkenal, tapi umbi garut ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi sebelum kita membahas tentang manfaat umbi garut, Moms kenalan dulu yuk dengan tanaman ini!

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Kencana Ungu untuk Kesehatan, Pernah Coba?

Apa Itu Umbi Garut?

Umbi Garut

Foto: abahtani.com

Umbi garut adalah salah satu tanaman yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Kita pasti menduga kalau tanaman ini asalnya dari daerah Garut. Padahal aslinya umbi garut berasal dari Filipina dan banyak dijumpai di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan.

Berbeda dengan jenis umbi-umbian lainnya yang banyak ditanam di lahan pertahian, tanaman garut ini justru lebih banyak ditanam di pekarangan rumah di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan umbi garut lebih sering dijadikan sebagai cadangan makanan pada saat musim paceklik.

Umbi garut ini memili bentuk lonjong dengan warna putih agak kekuningan dan ada garis-garis horizontal pada bagian luarnya.

Baca Juga: Jarang Dilirik, Ternyata Ada 15+ Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan!

Manfaat Umbi Garut untuk Kesehatan

Umbi Garut untuk Sakit Perut

Foto: post.healthline.com

Umbi garut sangat bagus dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut situs pustaka.setjen.pertanian.go.id, umbi garut ini mengandung energi, lemak, protein, air, serat, dan pati. Tapi selain itu, umbi garut juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.

Dengan banyaknya kandungan di dalam umbi-umbian ini, maka tak heran kalau ada banyak manfaat umbi garut seperti:

1. Manfaat Umbi Garut untuk Obati Sakit Lambung

Manfaat umbi garut yang pertama adalah bisa mengobati penyakit lambung. Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung.

Hal ini diperkuat dalam jurnal Potensi Antibakteri Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang di dalamnya dijelaskan kalau umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten.

Pati resisten ini yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan.

Selain bisa menetralisir asam lambung, umbi garut juga bisa mengurangi sakit maag yang kronis serta diare.

Umbi garut bisa memproduksi lactobacillus sp aerob yang merupakan prebiotik oligosaccharida yang punya kemampuan untuk menghalau bakteri patogen penyebab diare.

Moms bisa mengonsumsi umbi garut yang sudah diparut lalu diperas airnya. Air umbi garut inilah yang perlu Moms konsumsi untuk meredakan penyakit lambung.

Baca Juga: 13+ Makanan untuk Anemia yang Baik Dikonsumsi

2. Manfaat Umbi Garut untuk Orang yang Sedang Diet

Manfaat umbi garut berikutnya selain bisa mengobati penyakit lambung adalah sangat bagus untuk orang yang sedang berdiet.

Dari jurnal Umbi Garut Sebagai Alternatif Pengganti Terigu, tanaman ini telah dibudidayakan di India Barat untuk dijadikan sebagai pengganti tepung terigu.

Umbi garut memiliki kandungan karbohidrat dan energi yang cukup tinggi, tapi kadar proteinnya lebih rendah dibandingkan beras, jagung, serta umbi-umbian lainnya.

Meski demikian, kandungan seratnya lebih pendek sehingga mudah dicerna dan bisa bertahan lama dalam tubuh sehingga bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet.

Ditambah lagi umbi garut juga bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit diabetes.

Kandungan gluten yang rendah ini juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang sensitif terhadap gluten karena gluten yang tinggi bisa menyebabkan toksin, sembelit, diare, hingga menimbulkan gas penyebab kembung.

Rendahnya kandungan gluten juga bisa membantu penurunan berat badan.

Baca Juga: 10 Tanaman Philodendron yang Populer di Kalangan Pecinta Tanaman Hias

3. Manfaat Umbi Garut untuk Ibu Hamil

Dibandingkan dengan jenis umbi-umbian lainnya, umbi garut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Tanaman ini pada akarnya memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bagus untuk pembentukan DNA pada janin dalam kandungan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan glutennya yang rendah juga bisa bermanfaat untuk mencegah perut kembung yang seringkali dialami oleh ibu hamil yang diakibatkan oleh berbagai macam hal.

Mulai dari dikarenakan pertumbuhan janin yang menekan bagian perut sehingga membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dari biasanya hingga yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.

4. Manfaat Umbi Garut Bisa untuk Kurangi Risiko Anemia

Untuk manfaat selanjutnya dari umbi garut ini bisa mengurangi risiko anemia. Hal ini diperkuat dari sebuah jurnal berjudul Umbi Garut Kurangi Risiko Anemia.

Dalam umbi garut terdapat karbohidrat alami yang murni dan memiliki kekentalan tinggi. Meski kandungan protein dan lemak dalam umbi garut ini rendah, tapi kandungan fosfor dan zat besinya jauh lebih tinggi dibandingkan jenis tepung-tepungan lainnya.

Dengan tingginya kandungan fosfor dan zat besi, maka akan sangat berguna untuk mengurangi risiko anemia. Konsumsi umbi garut setiap harinya, bisa dalam bentuk tepung yang diolah menjadi aneka olahan makanan hingga diparut dan diperas airnya untuk diminum.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan, Moms Perlu Tahu!

5. Manfaat Umbi Garut untuk Kekebalan Tubuh

Manfaat umbi garut lainnya adalah bisa digunakan sebagai asupan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam tanaman umbi garut terdapat lactobacillus sp aerob yang mengandung prebiotik oligosaccharida sehingga bisa menghilangkan bakteri jahat dalam usus. Usus yang sehat akan membuat daya tahan tubuh meningkat.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi bisa diserap dengan baik nutrisinya oleh usus sehingga tubuh mendapat asupan gizi yang lebih maksimal. Dengan kandungan nutrisi lengkap yang didapat oleh tubuh, pastinya imunitas juga akan lebih tinggi.

6. Manfaat Umbi Garut untuk Mengobati Luka

Umbi garut juga bisa bermanfaat untuk mengobati luka yang ada pada tubuh, terutama luka bakar. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa memarut umbi garut lalu memeras airnya dan menempelkannya di atas kulit atau bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Dalam umbi garut terdapat kandungan yang bisa meredakan peradangan yang diakibatkan oleh luka bakar.

Cukup oleskan ramuan umbi garut sebanyak 2-3 kali setiap harinya dan luka bakar Moms akan perlahan sembuh.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Kesemek, Bisa Menyehatkan Jantung dan Penglihatan!

7. Manfaat Umbi Garut untuk Kesehatan Otak

Manfaat umbi garut yang terakhir adalah bisa menyehatkan otak. Hal ini dikarenakan umbi garut memiliki kandungan asam folat.

Asam folat tak hanya dibutuhkan oleh janin dalam kandungan untuk perkembangan otak, tapi juga dibutuhkan oleh bayi, balita, dan anak-anak yang masih dalam proses masa pertumbuhan.

Asam folat bisa mendukung kecerdasan otak sehingga buat Moms yang memiliki si Kecil bisa mulai diberikan olahan umbi garut dalam campuran makanan mereka. Jika malas mengolahnya dari bentuk utuh, Moms bisa membeli tepung umbi garut yang sudah jadi.

Tepung umbi garut ini mirip dengan tepung-tepungan lainnya yang bisa Moms olah jadi aneka gorengan hingga cake yang sehat untuk buah hati.

Itulah beberapa manfaat umbi garut yang bisa berguna untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms ya!

  • https://www.merdeka.com/sumut/manfaat-garut-bagi-kesehatan-umbi-bebas-gluten-yang-kaya-nutrisi-kln.html
  • https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/1950/file/UMBI-GARUT-SEBAGAI-ALTERNA.pdf
  • http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/61065
  • http://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/mengenal-umbi-garut
  • https://www.pertanianku.com/mengenal-tanaman-garut-sebagai-obat-herbal/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Garut_(tumbuhan)
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait