Trimester 1

1 Maret 2021

11 Makanan Penambah Hb Ibu Hamil, Cegah Risiko Anemia!

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para ibu hamil adalah kondisi Hb yang rendah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, di masa kehamilan, penting untuk mengonsumsi makanan penambah Hb ibu hamil untuk mencegah dari risiko anemia.

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah, yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Mengutip Australian Red Cross, hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi, ditemukan dalam sel darah merah. Oksigen bergerak ke dalam sel darah merah dan berikatan dengan hemoglobin, sehingga dapat diangkut ke seluruh tubuh.

Kekurangan Hb saat hamil sering dikaitkan dengan anemia, seperti yang dikatakan American Pregnancy Association. Karena itu, Moms perlu mengonsumsi makanan penambah Hb ibu hamil.

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan jumlah sel darah merah yang cukup, yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Meskipun ada beberapa penyebab anemia, kekurangan zat besi adalah yang paling umum. Yuk, cari tahu apa saja makanan penambah Hb ibu hamil muda dan tua yang bisa Moms konsumsi berikut ini.

Baca Juga: Apa Penyebab Hb Rendah saat Hamil?

Makanan Penambah Hb Ibu Hamil Muda

Selama kehamilan, jantung akan bekerja lebih keras untuk memberikan makanan yang cukup untuk janin dan tubuh meningkatkan volume darahnya hingga 30-50 persen seperti menurut American Pregnancy Association.

Dalam jurnal Anemia in Pregnancy, kondisi anemia adalah salah satu komplikasi yang paling sering pada kehamilan. Mengalami anemia ringan merupakan hal yang normal selama kehamilan karena peningkatan volume darah.

Maka ibu hamil perlu meningkatkan kadar Hb, ketika mengalami penurunan. Berikut ini makanan penambah Hb ibu hamil yang baik bagi ibu hamil.

1. Konsumsi Ragam Sayuran

5 Makanan penambah HB pada ibu hamil.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Sayuran hijau adalah salah satu makanan penambah Hb ibu hamil. Moms yang sedang hamil perlu mengonsumsi sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan zat besi.

Jika kadar hemoglobin rendah selama kehamilan, Moms akan mendapatkan manfaat dari mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Kandungan zat besi tersebut dapat membantu dalam produksi hemoglobin dalam pembentukan sel darah merah.

Beberapa makanan dan herbal yang kaya akan zat besi yang dapat dikonsumsi adalah kangkung, bayam, dan ketumbar, serta ketumbar, mint, dan fenugreek.

Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya selama kehamilan. Selain itu, bit adalah salah satu bahan terbaik untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Ini tidak hanya tinggi kandungan zat besi, tetapi juga asam folat bersama dengan kalium dan serat. Minumlah jus bit setiap hari untuk memastikan jumlah darah yang sehat.

2. Buah dan Kacang Kering

5 Makanan penambah HB pada ibu hamil 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Chickpea, kacang merah, almond dan kacang kedelai adalah salah satu makanan penambah Hb ibu hamil yang baik selama kehamilan usia muda. Ini karena kacang-kacangan mengandung asam folat dan vitamin.

Ibu hamil juga dapat mengonsumsi buah kering seperti kurma atau kismis yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan.

Jenis tanaman polong-polongan seperti miju-miju, kacang tanah, kacang polong dan kacang tanah juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin secara signifikan.

Kandungan zat besi dan asam folatnya membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

3. Pilih Beras Merah

5 Makanan penambah HB pada ibu hamil 3.jpg

Foto: herworld.com

Beras merah kerap menjadi alternatif karbohidrat yang lebih sehat dan sering dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet. Ini menjadi makanan penambah Hb ibu hamil muda yang lain.

Namun, siapa sangka bahwa nasi merah ini memenuhi asupan zat besi harian.

Beras merah menjadi pilihan makanan penambah Hb ibu hamil yang dapat membentuk sel darah dan juga janin dalam kandungan. Selain itu, nasi merah mampu mengurangi kolesterol jahat yang berada dalam tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Cegah Hb Rendah pada Ibu Hamil

4. Makan Buah-buahan yang Segar

5 Makanan penambah HB pada ibu hamil 4.jpg

Foto: momlovesbest.com

Mengonsumsi buah-buahan segar seperti delima dan jeruk dapat meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan. Moms bisa mengonsumsi makanan penambah Hb ibu hamil ini.

Buah delima yang kaya akan zat besi, juga jeruk yang kaya akan vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Selain itu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi buah kiwi, persik, jeruk Bali, dan jambu biji yang merupakan sumber zat besi yang sangat baik dan dapat dianggap meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh selama kehamilan.

Semangka juga merupakan salah satu buah terbaik yang membantu meningkatkan hemoglobin karena kandungan zat besi dan vitamin C-nya yang membuat proses penyerapan zat besi menjadi lebih baik dan lebih cepat.

5. Daging Sapi dan Udang

5 Makanan penambah HB pada ibu hamil 5.jpg

Foto: www.lunadelsea.com

Daging merupakan sumber zat besi yang mampu mendorong produksi Hb dalam kehamilan. Ini bisa menjadi makanan penambah Hb ibu hamil yang lain.

Namun, saat hamil tentunya hanya boleh mengonsumsi daging sapi tanpa lemak agar mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatannya selama kehamilan.

Mewakili makanan laut, udang menjadi makanan penambah Hb ibu hamil yang baik. Udang mengandung zat besi dalam jumlah cukup besar. Setidaknya dalam 100 gram udang mengandung 3 mg zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

Bagi ibu hamil yang memiliki Hb rendah, bukan perkara makanan saja yang mampu meningkatkan hemoglobin, namun perlu diimbangi dengan olahraga yang cukup.

6. Makan Makanan Kaya Vitamin C

makanan yang mengandung vitamin C untuk menambah HB

Foto: Orami Photo Stock

Hb tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh, oleh karena itu diperlukan media untuk membantu penyerapannya dengan baik. Karenanya, di sinilah vitamin C berperan.

Makan lebih banyak jeruk, lemon, paprika, tomat, grapefruit, buah beri, karena sangat kaya akan kandungan vitamin C sebagai makanan penambah Hb ibu hamil.

Baca Juga: Hb Rendah Saat Hamil, Bolehkah Melahirkan Normal?

Makanan Penambah Hb Ibu Hamil Tua

Mengutip University of California San Francisco Health, selama paruh terakhir kehamilan, tubuh Moms membuat lebih banyak sel darah merah agar cukup untuk Moms dan bayi dalam kandungan.

Setiap sel darah merah menggunakan zat besi sebagai intinya. Zat besi tidak dapat dibuat oleh tubuh dan harus diserap dari makanan yang dimakan. Penting bagi Moms untuk mengonsumsi makanan penambah Hb ibu hamil.

Meskipun zat besi ditemukan dalam banyak makanan, zat ini sulit diserap, sehingga tubuh Moms sulit mendapatkan cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhannya selama kehamilan.

Ketika Moms tidak memiliki cukup zat besi dalam makanan yang dikonsumsi, tubuh membuat lebih sedikit sel darah merah, yang disebut anemia. Anemia defisiensi zat besi sangat umum dan mudah diperbaiki.

Tubuh Moms juga membutuhkan nutrisi yang disebut folat untuk membuat sel darah yang sehat. Folat mudah diserap dan ditemukan di sebagian besar sayuran hijau.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan penambah Hb ibu hamil tua yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anemia di masa kehamilan trimester akhir.

7. Konsumsi Makanan Peningkat Asupan Folat

makanan penambah hb ibu hamil-kaya kandungan serat

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi makanan penambah Hb ibu hamil dengan kandungan folat. Folat adalah sejenis vitamin B yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Tubuh menggunakan folat untuk menghasilkan heme, komponen hemoglobin yang membantu membawa oksigen.

Jika seseorang tidak mendapatkan cukup folat, sel darah merahnya tidak akan bisa matang, yang dapat menyebabkan anemia defisiensi folat dan kadar hemoglobin yang rendah.

Sumber folat yang baik meliputi daging sapi, bayam, nasi, kacang-kacangan, kacang polong hitam, kacang merah, alpukat, selada, atau suplemen folat yang tersedia untuk dibeli secara online.

8. Pilih Sayuran Berdaun

makanan penambah hb ibu hamil-sayuran berdaun

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip First Cry Parenting, sayuran hijau, terutama sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan zat besi adalah makanan yang wajib disertakan sebagai makanan penambah Hb ibu hamil.

Jika kadar hemoglobin Moms rendah, maka bisa mendapatkan keuntungan dari makan makanan kaya zat besi. Zat besi membantu produksi hemoglobin, yang membantu pembentukan sel darah merah.

Beberapa makanan dan herba kaya zat besi yang bisa Moms konsumsi di masa kehamilan termasuk bayam, kangkung, dan brokoli, serta ketumbar, mint, dan fenugreek.

Sayuran berdaun hijau juga kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk kehamilan.

Baca Juga: Benarkah Produk Kedelai Fermentasi yang Kita Konsumsi Bisa Mengurangi Risiko Kematian?

9. Konsumsi Kedelai dan Olahannya

makanan penambah hb ibu hamil-kedelai dan olahannya

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penambah Hb ibu hamil selanjutnya adalah kedelai, beserta dengan olahannya.

Kedelai adalah sumber protein yang ideal untuk membantu menambah zat besi sehingga menjadi salah satu makanan pencegah anemia pada ibu hamil yang patut dikonsumsi.

Manfaat kedelai dapat Moms temukan dengan mudah di dalam tempe, tahu, atau tofu. Moms bisa juga mengonsumsi olahan kacang kedelai keringnya dan tambahkan di atas sajian salad untuk menambahkan kerenyahan yang bergizi.

10. Makan Sereal untuk Cegah Anemia

makanan penambah hb ibu hamil-sereal

Foto: Orami Photo Stock

Sereal dan oats merupakan salah satu sumber utama zat besi sehingga mampu menjadi makanan pencegah anemia pada ibu hamil. Sereal bisa dikonsumsi sebagai makanan penambah Hb ibu hamil.

Oats dan sereal juga kaya akan mineral esensial magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, dan selenium.

Tetapi penting untuk memilih jenis sereal yang tepat bagi ibu hamil. Sereal berwarna-warni dan penuh gula bukanlah cara terbaik untuk meningkatkan zat besi.

11. Cokelat Hitam

makanan penambah hb ibu hamil-cokelat hitam

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms pecinta cokelat, maka bisa dengan mengonsumsi cokelat hitam sebagai makanan penambah Hb ibu hamil. Sebab, camilan ini bisa mencegah anemia pada ibu hamil, lho.

Cokelat hitam tidak hanya merupakan sumber zat besi yang sangat baik, tetapi juga diisi dengan banyak antioksidan penting penangkal penyakit.

Satu ons cokelat hitam mengandung 3,3 mg zat besi atau sekitar 18 persen dari kebutuhan harian. Selain itu, cokelat hitam juga dapat meningkatkan kesehatan dengan berbagai manfaatnya.

Cokelat hitam juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak makanan pencegah anemia pada ibu hamil lainnya. Seperti buah-buahan yang kaya vitamin C, buah kering, salmon, kerang, dan lentil.

Selain itu, dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, kandungan flavanol yang tinggi pada cokelat bisa meningkatkan fungsi plasenta dan menurunkan risiko preeklamsia.

Jika Moms menderita anemia dan terbiasa mengonsumsi makanan yang di atas, maka tinggal tambah saja porsinya. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Nah, itu dia Moms makanan penambah Hb ibu hamil muda dan hamil tua. Jika Moms merasa makanan ini masih belum cukup, Moms dapat mengonsumsi suplemen. Tetapi, ingat untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Seperti yang sudah dibahas di awal, anemia selama kehamilan bisa berpotensi meningkatkan sejumlah permasalahan kehamilan mulai dari persalinan prematur hingga angka kelahiran yang rendah.

Jadi, Moms perlu terus memeriksakan diri dan menjaga kadar Hb agar tetap normal.

Melansir dari Parenting Firstcry, Moms harus mengetahui kadar Hb normal sesuai dengan usia kehamilan.

  • Trimester pertama kehamilan: 11,6-13,9 gr/dl atau 116-139 gr/L
  • Trimester kedua kehamilan: 9,7-14,8 gr/dl atau 97-148 gr/L
  • Trimester ketiga kehamilan: 9,5-15 gr/dl atau 95-150 gr/dl

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini

Turunnya Hb di Masa Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan normal.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Moms sebenarnya tidak perlu khawatir karena sedikit menurunya Hb pada masa kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Kendati demikian, Moms juga harus menjaga agar Hb tidak sampai turun di bawah batas normal.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan rendahnya Hb pun bisa terjadi sebelum masa kehamilan.

Faktor seperti diet rendah kandungan zat besi, donor darah sebelum hamil, kehilangan banyak darah saat siklus menstruasi terakhir, kegagalan tubuh dalam menyerap zat besi dengan benar hingga kembali hamil usai persalinan bisa menjadi penyebabnya.

Lalu, apa yang menyebabkan turunnya Hb di masa kehamilan? Ternyata kondisi ini terjadi karena ekspansi volume plasma lebih besar jika dibandingkan dengan massa sel darah merah.

Kendati demikian, terdapat peningkatan jumlah Hb yang bersirkulasi sehingga secara langsung berhubungan dengan peningkatan massa sel darah merah.

Hb pada ibu hamil sendiri masih dianggap normal jika turun menjadi 10,5 gr/dl selama masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan para ibu hamil mengalami kondisi peningkatan volume darah untuk memberikan nutrisi yang penting bagi janin yang dikandungnya.

Lalu, apa yang akan terjadi jika Hb dari ibu hamil berada di bawah normal selama kehamilan? Ketika Moms mengalami kondisi Hb rendah, beberapa efek samping yang mungkin dirasakan adalah;

  1. Merasa lelah terus menerus
  2. Pusing
  3. Kulit dan bibir menjadi pucat
  4. Mengalami sesak napas bahkan saat tengah melakukan istirahat
  5. Adanya peningkatan detak jantung
  6. Tangan dan kaki sering kali terasa dingin
  7. Kuku menjadi rapuh dan mudah patah

Perlu diingat, kondisi seperti ini jika dibiarkan bisa memburuk bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Dan ketika Hb menurun jadi 6gr/dl, ibu hamil bisa mengalami kondisi angina.

Angina adalah sebuah kondisi di mana seseorang merasakan nyeri dada yang perlahan akan berpindah ke area bahu serta leher akibat kurangnya aliran darah ke area jantung.

Jadi, penting sekali bagi Moms untuk selalu memeriksakan Hb agar kondisi tubuh tetap terjaga dan tidak membahayakan bayi yang ada dalam kandungan.

Mengonsumsi makanan penambah Hb untuk ibu hamil yang sudah dibahas sebelumnya pun sebaiknya dilakukan agar memiliki Hb yang normal. Lalu, jangan lupa istirahat ya Moms!

Nah, bagaimana artikel mengenai makanan penambah Hb untuk ibu hamil serta ulasan mengenai bahaya jika Hb di bawah normal yang disajikan? Jika ada pertanyaan lanjutan mengenai topik ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya, Moms!

Jangan lupa jaga kesehatan selalu dengan menyantap makanan bergizi seimbang agar tetap fit hingga persalinan tiba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait