Kesehatan

28 Maret 2021

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak

Beda sebab beda pula cara mengatasinya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mengatasi mata merah pada anak terkadang tidak cukup hanya dengan tetes mata saja, tapi juga harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagian besar kasus mata merah pada anak sebenarnya tidak berbahaya dan masuk dalam kategori konjungtivitis atau peradangan pada konjungtiva mata.

Berdasarkan jurnal Red Eyes in Children, sebagian besar dapat ditangani dengan aman dengan menunggu menunggu atau antibiotik topikal.

Menurut ensiklopedia kesehatan University of Rochester Medical Center, konjungtivitis biasanya ditandai dengan gejala seperti mata gatal dan iritasi, pembengkakan kelopak mata, bagian putih mata berwarna merah atau pink, dan terkadang disertai dengan keluarnya cairan dari mata.

Baca Juga: Ini Langkah Mengobati Mata Merah pada Anak yang Bisa Dilakukan

Penyebab Mata Merah pada Anak

Yuk Moms, cari tahu berbagai penyebab mata merah pada anak serta cara tepat untuk mengatasinya.

1. Mata Merah Akibat Virus

5 Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Sesuai Penyebabnya 1.jpg

Foto: prnewswire.com

Menurut informasi dari medicalnewstoday.com, sekitar 80% kasus mata merah disebabkan oleh infeksi adenovirus. Kondisi ini cukup sering menyerang anak, karena Si Kecil berinteraksi dengan banyak orang sekaligus saat di sekolah.

Mata merah akibat virus biasanya terjadi bersamaan dengan infeksi saluran pernapasan atas, dan disertai dengan gejala mata berair.

Tidak perlu antibiotik untuk mengatasi mata merah pada anak yang disebabkan oleh infeksi virus.

Cukup seka kelopak mata dengan kapas yang sudah dibasahi air hangat lalu berikan 1-3 tetes obat mata biasa pada setiap mata. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari ya, Moms.

2. Mata Merah Akibat Bakteri

5 Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Sesuai Penyebabnya 2.jpg

Foto: Calgaryoptometry.com

Berbagai jenis bakteri seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Neisseria gonnorhea, atau Chlamydia trachomatis juga bisa menyebabkan mata merah pada balita.

Saat mengalami mata merah akibat bakteri, mata Si Kecil biasanya mengeluarkan cairan kental yang akan mengerak setelah menjadi kering.

Untuk mengatasinya, Moms perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter untuk diberikan resep tetes mata antibiotik.

Pastikan Moms memberikannya secara konsisten sesuai dosis sampai mata anak kembali sembuh seperti semula.

Baca Juga: Mengenal Kalazion pada Bayi, Kondisi Mata Bengkak Seperti Bintitan

3. Mata Merah Akibat Alergi

5 Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Sesuai Penyebabnya 3.jpg

Foto: Eyecarekids.com.au

Anak dengan rhinitis alergi akan mengalami gejala mata merah, bersin, dan keluar ingus saat terkena paparan alergen seperti serbuk sari atau debu.

Untuk mengatasi mata merah pada anak akibat reaksi alergi, Moms bisa memberikan obat antihistamin dan tetes mata yang dijual bebas sesuai dengan dosis yang disarankan. Jangan lupa jauhkan Si Kecil dari alergen ya, Moms.

4. Mata Merah Akibat Iritasi

5 Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Sesuai Penyebabnya 4.jpg

Foto: Paulkenny.me

Menurut penjelasan dalam situs web American Optometric Association, mata merah juga bisa terjadi akibat kontak dengan bahan kimia, makanan, atau asap.

Standar tindakan untuk mengatasinya adalah mencuci mata dengan air selama beberapa menit.

Jika mata merah tidak kunjung mereda, segera bawa Si Kecil ke dokter untuk diberikan penanganan lebih lanjut ya, Moms.

Baca Juga: Mata Perih dan Merah, Bisa Jadi Terkena Dry Eyes!

5. Mata Merah Akibat Benda Asing

5 Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak Sesuai Penyebabnya 5.jpg

Foto: Newtimes.co.rw

Coba Moms cek, apa mata anak yang merah hanya sebelah saja? Kalau iya, besar kemungkinan penyebabnya adalah kemasukan benda asing berukuran kecil, seperti butiran pasir atau debu.

Untuk mengatasi mata merah pada anak yang seperti ini, Moms bisa memberikan obat tetes mata biasa sesuai dengan dosis yang disarankan.

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh British Journal of General Practice, Moms harus segera membawa Si Kecil ke dokter kalau mata merah tidak reda setelah lebih dari 2 mingggu, atau muncul keluhan gangguan penglihatan, mata sakit saat melihat cahaya, atau perubahan warna pada kornea.

Mengatasi Mata Merah pada Anak

Karena mata merah pada anak memiliki banyak penyebab (termasuk beberapa yang serius dan membutuhkan perhatian segera), Moms harus segera memeriksakan anak ke dokter mata jika Si Kecil mengalami mata merah,terutama jika kemerahan muncul secara tiba-tiba dan dikaitkan dengan ketidaknyamanan atau penglihatan kabur.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Kesehatan Mata Anak di Kala Pandemi, Yuk Terapkan!

Juga, temui dokter mata anak sebelum menggunakan obat tetes mata "penghilang mata merah". Tetes ini mungkin mengandung obat yang disebut vasokonstriktor yang mengecilkan pembuluh darah.

Membuat pembuluh darah pada sklera lebih kecil akan memutihkan mata, tetapi jika Moms sering menggunakan obat tetes penghilang mata merah pada anak selama jangka waktu tertentu, maka mungkin mulai perlu menggunakannya lebih sering agar mata merah tidak kembali lagi.

Dan anak juga mungkin mengalami mata merah yang lebih parah jika mereka berhenti menggunakan obat tetes.

Untuk cara terbaik dan teraman untuk menghilangkan mata merah pada anak, temui dokter mata Si Kecil untuk menentukan penyebab mata merah pada anak dan dapatkan pilihan pengobatan yang paling efektif.

Baca Juga: 3 Masalah Pada Mata Bayi yang Harus Moms Tahu

Sampai Moms dapat menemui dokter mata Si Kecil tentang masalah mata merah pada anak, kenakan kacamata sebagai gantinya.

Anda juga mungkin ingin sering membasahi mata dengan tetes mata pelumas bebas pengawet sampai anak dapat menemui dokter mata sendiri.

Itu dia Moms beberapa penyebab dan cara mengatasi mata merah yang anak alami. Apakah Moms pernah mencoba cara lain untuk mengatasi mata merah pada anak? Yuk share di kolom komentar, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait