Kesehatan Umum

29 September 2021

5 Ciri Mata Sehat dan Cara Menjaganya, Wajib Tahu!

Mata sehat akan menjamin bagaimana kualitas penglihatan seseorang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mata sehat, cerah, dan berkilau dapat mengomunikasikan banyak hal tentang seseorang. Ketika iris (bagian berwarna mata) sangat kontras dengan bagian putih mata (sklera), mata Moms cenderung lebih berkilau dan sering kali menyampaikan rasa kegembiraan, vitalitas, dan kesehatan.

Penyair meromantisasi mata sebagai jendela jiwa, tetapi mata bisa lebih tepat dipandang sebagai jendela kesehatan kita. Menurut penelitian dari Kentucky, orang dengan mata cokelat yang meleleh mungkin memiliki waktu reaksi yang lebih cepat daripada seseorang dengan mata biru, menurut penelitian dari Kentucky, seperti dilansir Everyday Health.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa risiko kesehatan atau kemampuan fisik tertentu mungkin terkait dengan warna mata, Moms benar-benar tidak dapat memprediksi mata sehat atau kualitas penglihatan berdasarkan warna saja.

Mata adalah organ yang kompleks. Ada banyak bagian yang harus bekerja sama untuk menghasilkan visi yang jelas. Untuk mendapatkan gambaran dasar tentang kondisi mata secara umum Moms juga perlu mengenali anotomi mata. 

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Yuk simak ulasan anatomi mata secara umum seperti dilansir Healthline.

  • Kornea. Kornea adalah lapisan jaringan bening di bagian depan mata yang membantu memfokuskan cahaya.
  • Saluran air mata. Bukaan ke saluran air mata terletak di kelopak mata atas dan bawah di sudut dalam setiap mata. Air mata disekresikan oleh kelenjar lakrimal dari luar, kelopak mata atas ke permukaan mata. Air mata menjaga kornea tetap terlumasi dan bersih dari kotoran. Saluran air mata mengalirkan air mata.
  • Iris dan pupil. Bagian mata yang berwarna adalah iris. Ini adalah satu set otot yang mengontrol pupil, yang merupakan lubang di tengah mata. Iris mengontrol jumlah cahaya yang masuk melalui pupil.
  • Lensa dan retina. Lensa berada di belakang pupil. Ini memfokuskan cahaya ke retina, sel peka cahaya di bagian belakang bola mata. Retina mengubah gambar menjadi sinyal listrik yang dikirim ke saraf optik.
  • Saraf optik. Saraf optik adalah bundel tebal serabut saraf yang menempel di bagian belakang mata. Ini mengirimkan informasi visual dari retina ke otak.

Baca Juga: Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai dengan Bentuk Mata

Ciri Mata Sehat

ciri mata sehat

Foto: keepfitkingdom.com

Mata sehat memberikan akses untuk melihat pemandangan indah, serta bebagai informasi tak terbatas di sekitar Moms. Sebagai organ yang komplek, Moms perlu mengetahui ciri mata sehat. 

Jangan khawatir, Moms ciri mata sehat dapat dilihat secara kasat mata dan dirasakan sendiri oleh Moms. Berikut adalah 5 ciri mata sehat seperti dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Kelopak Mata Dapat Membuka dan Menutup dengan Baik

Kelopak mata sehat dapat menutup seluruh bagian mata dengan sempurna dan dapat membuka dengan mudah. Adanya gangguan saraf akibat stroke atau kelainan Bell’s palsy dapat membuat kelopak mata sulit ditutup.

Sebaliknya, kelainan autoimun seperti myasthenia gravis atau adanya blefarospasme—gangguan saraf yang menyebabkan otot sekitar mata terus-menerus berkontraksi—membuat kelopak mata sulit dibuka.

2. Bulu Mata Teratur dan Mengarah Keluar

Bulu mata yang normal memiliki pertumbuhan ke arah luar juga menjadi ciri dari mata sehat. Jika tumbuh ke arah sebaliknya atau disebut trikiasis, dapat menandakan adanya berbagai kelainan mata. Bulu mata yang tumbuh ke arah dalam akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan iritasi pada kornea.

Baca Juga: 5 Cara Melentikkan Bulu Mata Tanpa Extension

3. Kornea (Selaput Bening) Benar-Benar Jernih

Kornea adalah bagian terdepan mata yang berperan penting untuk melihat. Kornea mata sehat akan tampak jernih dan rata.

Luka atau infeksi pada kornea akan menyebabkan mata terasa pedih dan penglihatan tampak buram. Sedangkan permukaan kornea yang tidak rata dapat menyebabkan objek yang dilihat tampak berbayang (diplopia).

4. Sklera (Bagian yang Putih) Benar-Benar Putih

Mata sehat dapat dilihat dari sklera. Sklera berwarna putih menunjukkan mata Moms dalam kondisi sehat.

Bagian ini dilapisi oleh selaput bening mata. Sklera yang menjadi kekuningan dapat menandakan adanya pertumbuhan jaringan pada mata seperti pterigium atau pinguekula, atau adanya peradangan hati (hepatitis).

5. Pupil (Orang-orangan Mata) Benar-Benar Jernih

Pupil adalah lubang tempat cahaya masuk ke dalam retina. Bagian mata ini berwarna hitam karena cahaya yang masuk langsung diserap oleh jaringan di dalam mata.

Jika berwarna putih, dapat menandakan adanya tumor pada mata (retinoblastoma), yang kerap menyerang bayi dan anak balita. Selain itu, pupil mata sehat memiliki diameter yang sama atau simetris.

Jika besar keduanya tak sama, dapat menandakan adanya kelainan mata seperti glaukoma atau gangguan yang lebih serius seperti tumor otak dan stroke.

Baca Juga: Waspada Moms, Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Sakit Mata

Cara Menjaga Mata Sehat

ciri mata sehat

Foto: biowellbeing.com

Ingatlah bahwa pola hidup sehat seperti makan dengan baik juga akan berdampak pada mata sehat, selain dapat menurunkan risiko penyakit dan kondisi yang dapat menyebabkan masalah mata atau penglihatan.

Sebagai informasi, beberapa penyakit dapat menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Hingga penting bagi Moms untuk mempertahankan pola hidup sehat untuk menghindari risiko tersebut.

Berikut adalah cara-cara menjaga mata sehat seperti dilansir National Eye Institute.

1. Makan Makanan Sehat

Pastikan untuk memiliki banyak sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi. Makan ikan yang tinggi asam lemak omega-3 – seperti salmon, tuna, dan halibut – juga baik untuk mata sehat.

2. Olahrarga

Latihan fisik dapat membantu Moms tetap sehat. Ini juga dapat menurunkan risiko kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kesehatan mata atau masalah penglihatan – seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

3. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru, itu juga dapat melukai mata Moms. Merokok meningkatkan risiko penyakit seperti degenerasi makula dan katarak – dan dapat membahayakan saraf optik.

Baca juga: Mata Perih dan Merah, Bisa Jadi Terkena Dry Eyes!

4. Kacamata

Memakai kacamata hitam untuk melindungi mata Moms dari sinar matahari, bahkan di hari mendung! Pastikan untuk mencari kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB.

Selain itu Moms juga perlu memakai kacamata pelindung ketika melakukan aktivitas tertentu. Beberapa kacamata dirancang untuk melindungi mata selama aktivitas tertentu, seperti berolahraga, melakukan pekerjaan konstruksi, atau melakukan perbaikan rumah.

Moms dapat membelinya dari sebagian besar penyedia perawatan mata dan beberapa toko peralatan olahraga.

5. Istirahatkan Mata

Melihat komputer dalam waktu lama dapat membuat mata lelah. Istirahatkan mata setiap 20 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki selama 20 detik juga menjadi cara menjaga mata sehat.

Jika Moms memakai lensa kontak, lakukan langkah-langkah untuk mencegah infeksi mata. Selalu cuci tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Pastikan untuk mendisinfeksi lensa kontak dan menggantinya secara teratur.

6. Tes Mata secara Teratur

Sangat mudah untuk mengabaikan mata karena mereka sering tidak sakit ketika ada masalah. Namun melakukan tes mata secara teratur bisa menjadi langkah untuk menjaga mata sehat.

Selain itu dengan tes mata, Moms juga dapat mengetahui apakah Moms membutuhkan kacamata baru atau adanya perubahan resep.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak, Yuk Simak!

Ahli kacamata dapat menemukan banyak masalah kesehatan umum dan tanda-tanda awal kondisi mata sebelum Moms menyadari gejala apa pun, banyak di antaranya dapat diobati jika ditemukan cukup dini.

The National Health Service (NHS) merekomendasikan untuk melakukan tes mata setiap 2 tahun atau lebih sering tergantung rekomendasi dari dokter mata Moms. Jika Moms khawatir dengan perubahan pandangan, jangan ragu untuk segera membuat jani dengan ahli kacamata atau dokter mata.

  • https://www.everydayhealth.com/vision-center/does-eye-color-reveal-health-risks.aspx
  • https://www.healthline.com/health/eye-health#refractive-errors
  • http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera/bagaimana-tanda-tanda-mata-sehat
  • https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait