Newborn

NEWBORN
16 Juni 2020

4 Cara Mencegah Bibir Kering pada Bayi Baru Lahir, Ampuh Banget!

Dengan menjaga asupan yang cukup, bibir kering bisa dicegah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi yang baru lahir terkadang mengalami kulit kering, termasuk di area bibir. Bibir Si Kecil mungkin tampak pecah-pecah. Hal ini terjadi karena kulit mereka menyesuaikan dengan lingkungan di luar rahim.

Ketika terjadi perubahan cuaca, maka hal ini akan berdampak pada perbedaan suhu dan tingkat kelembaban. Ini dapat menyebabkan kulit dan bibir Si Kecil bisa kering, yang selanjutnya menyebabkan bibir pecah-pecah.

Untuk bayi, terutama bayi baru lahir, masalah bibir kering ini harus selalu menjadi perhatian. Jika diabaikan terlalu lama, bibir kering dapat berakhir retak atau pecah dan juga berkembang menjadi luka.

Selain perubahan cuaca, penyebabab lainnya dari bibir pecah-pecah pada bayi adalah kebiasaan bayi untuk selalu mengisap bibirnya. Dikutip dari Cleveland Clinic, bibir pecah-pecah juga bisa menjadi tanda dehidrasi pada Si Kecil.

Baca Juga: 8 Penyebab Bibir Kering pada Bayi Baru Lahir

Cara Mencegah Bibir Kering pda Bayi Baru Lahir

Kabar baiknya, gejala bibir kering pada bayi ini sebenarnya bisa dicegah. Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah bayi baru lahir yang mengalami bibir pecah-pecah.

1. Menjaga Suhu di Rumah

mencegah bibir kering pada bayi

Cara mencegah bibir kering pada bayi yang pertama adalah dengan menjaga suhu lingkungan yang konsisten. Moms bisa menggunakan pelembab udara di musim dingin untuk menjaga udara di rumah tetap lembab.

2. Kenakan Pakaian yang Sesuai dengan Cuaca

mencegah bibir kering pada bayi

Memastikan bahwa bayi mengenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca saat di luar ruangan, dapat melindungi mereka dari dingin, matahari, dan angin.

Selain itu, coba tutupi bibir bayi saat Moms pergi ke luar, terutama saat cuaca cerah atau berangin. Moms bisa menutupi wajah mereka dengan kain atau syal yang ringan dan agar mereka tetap bisa bernapas.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

2. Hindari Penggunaan Lotion atau Krim

mencegah bibir kering pada bayi

Cara mencegah bibir kering pada bayi yang berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan lotion atau krim kecuali mereka aman untuk bayi, sehingga dapat mengurangi risiko bibir kering.

Menurut National Health Service, penggunaan lotion atau krim bisa jadi malah memperburuk kondisi kulit bayi yang kering mengingat kulit bayi lebih tipis dan lebih sensitif daripada kulit orang dewasa.

4. Memastikan Asupan Nutrisi Bayi

mencegah bibir kering pada bayi

Cara mencegah bibir kering pada bayi yang terakhir adalah memastikan asupan nutrisi Si Kecil. Memberi makan bayi yang baru lahir secara teratur dan meningkatkan asupan dalam cuaca panas dapat membantu menjaga bayi terhidrasi dengan baik.

Hal ini membuat Si Kecil terhindar dari dehidrasi yang menjadi salah satu penyebab bibir kering pada bayi.

Baca Juga: 4 Penyebab Bibir Kering pada Bayi, Bisa Dicegah!

Nah itulah cara-cara mencegah bibir kering pada bayi ya Moms. Selamat mencoba.

Artikel Terkait