2-3 tahun

2-3 TAHUN
22 Maret 2021

Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Minyak ikan untuk anak sangatlah dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan tubuh anak yang sedang tumbuh dan berkembang membutuhkan asupan yang bergizi.

Semua anak membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain agar sehat dan tumbuh secara normal.

Dan seperti halnya vitamin D, zat besi, dan kalsium, anak-anak membutuhkan asam lemak omega-3, termasuk asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang bisa mereka dapatkan dari minyak ikan.

Minyak ikan banyak didapat dari jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, trout, dan herring.

Jika anak tidak makan ikan jenis ini, mereka mungkin membutuhkan sumber asam lemak omega-3 lain, termasuk makanan lain yang ditambah dengan minyak ikan, multivitamin dengan DHA dan EPA, atau suplemen minyak ikan lainnya.

Tapi, kenapa minyak ikan populer? Banyak orang tua meyakini bahwa minyak ikan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak.

Selain itu, minyak ikan juga diketahui dapat membantu anak dengan ADHD, asma, radang sendi, irama jantung abnormal, dan bahkan membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Membenarkan pernyataan di atas, dilansir dari jurnal yang berjudul The Role of Omega-3 Fatty Acids in Child Development pun membernarkan adanya hubungan antara mengonsumsi minyak ikan secara rutin dengan perkembangan otak Si Kecil.

Nah, sebelum Moms memberikan asupan minyak ikan untuk anak, inilah beberapa hal yang perlu Moms ketahui seputar minyak ikan dan manfaatnya untuk si kecil.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 4.jpg

Foto: todaysparent.com

Dilansir dari Eat Right, berbagai penelitian menunjukkan kemungkinan manfaat omega-3 pada minyak ikan untuk anak.

Selain mendukung kemampuan kognitif, termasuk koordinasi mata dan tangan, kemampuan fokus dan sosial, omega-3 juga dapat menekan risiko asma, serta membantu anak dengan ADHD.

Nah setelah mengetahui mengenai minyak ikan, yuk bahas lebih lanjut mengenai manfaat minyak ikan untuk anak dengan lebih dalam yuk!

1. Memberikan Mood Positif

Pernahkan Moms melihat Si Kecil terus-terusan merasa murung dan tidak ceria sepanjang hari? Nah jika ya, minyak ikan bisa menjadi solusinya!

Ketika Si Kecil mengonsumsi minyak ikan secara rutin, hal tersebut bisa membuat ia senang dan tertawa sepanjang hari. Yup, minyak ikan bisa membuat mood Si Kecil menjadi positif sepanjang hari!

Tak sampai sana Moms, minyak ikan juga bisa membantu mengakhiri tantrum yang sering dialami Si Kecil lho!

2. Mempercepat Daya Tangkap Otak

Studi Oxford-Durham merupakan sebuah studi yang mempelajari dan melihat efek suplemetasi omega-3 pada anak dengan ganguan koordinasi perkembangan (DCD).

Pada akhir penelitian, hasilnya menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam membaca, mengeja dan berperilaku pada mereka yang sudah mengonsumsi suplemen omega-3.

Peneliti pun menyimpulkan bahwa omega-3 adalah sebuah pilihan pengobatan yang aman dan manjur untuk anak-anak dengan gangguan koordinasi perkembangan.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah

3. Menurunkan Resistensi Insulin pada Anak Obesitas

Nah, jika Si Kecil mengalami obesitas, ternyata memberikan minyak ikan untuk anak bisa sangat membantu, Moms.

Sebuah jurnal yang dipublikasi oleh Juarez Lopez yang menuliskan bahwa, dalam sebuah penelitian pada anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas.

Ditemukan bahwa suplementasi asam lemak omega-3 mampu secara signifikan mengurangi konsentrasi glukosa alias gula darah dan insulin (hormon yang menghentikan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi), serta menurunkan konsentrasi trigiserida. Trigiliserida sendiri menjadi komponen utama lemak tubuh.

Hasil dari penelitian ini adalah omega-3 sangat berguna sebagai terapi suportif untuk anak-anak serta remaja obesitas yang mengalami resistensi insulin.

Nah, jadi Moms tak perlu khawatir ketika sering memberikan sumber omega-3 untuk Si Kecil, ya! Ketika Si Kecil mengonsumsinya, ia pun tak akan menjadi tambah gemuk.

Asam lemak omega-3 juga bisa membantu mengendalikan berat badan serta mengecilkan lingkar pinggang.

Jadi dengan kata lain, Si Kecil akan terhindari dari risiko kegemukan sejak kecil hingga dewasa ketika mengonsumsinya secara rutin.

Karena banyak sekali dan pentingnya manfaat omega-3 bagi kesehatan Si Kecil, American Academy of Pediatrics pun memberikan anjuran kepda anak agar memakan ikan sebanyak 1-2 porsi dalam satu minggu.

Nah, agar Si Kecil tak merasa bosan dengan menu makanan, Moms perlu memvariasikan menu dengan sumber makanan lainnya yang mengandung omega-3.

Tak sampai sana, Moms juga bisa menambahkan susu yang sudah diperkaya omega-3 sebagai nutrisi penting agar kebutuhan gizi Si Kecil tetap terjaga.

Memberikan makanan yang mengandung sumber asam lemak omega-3 juga bisa membantu pencegahan stunting lho, Moms!

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tahukah Moms kalau omega-3 pada orang dewasa seing digunakan sebagai obat depresi? Nah ternyata hal ini juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental Si Kecil.

Ya, pemberian omega-3 bisa diterapkan pada anak dan hasilnya akan sangat luar biasa. Omega-3 tak hanya memiliki sederet manfaar pada kesehatan fisik anak, namun juga mental Si Kecil.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketika anak-anak mengonsumsi omega-3 secara rutin, hal tersebut bisa menurunkan dirinya terjangkit beberapa penyakit mental pada anak usia 6 hingga 12 tahun seperti depresi, bipolar dan juga skizofrenia.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ikuti 4 Cara Membuang Sisa Minyak Goreng yang Benar

Dosis Minyak Ikan untuk Anak

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Dosis minyak ikan yang biasa untuk anak-anak, jika mereka mendapatkannya benar-benar dari mengonsumsi ikan, adalah dua porsi ikan berlemak seminggu.

Saat menyajikan ikan untuk anak-anak, orang tua harus mengingat semua peringatan tentang kandungan merkuri pada ikan. Yang aman adalah tuna kaleng, salmon, pollock, dan ikan lele.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Suplemen Minyak Ikan untuk Anak

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 3.jpg

Foto: pixabay.com

Alih-alih memberi si kecil makanan yang mengandung minyak ikan alami, banyak orang tua memilih memberikan suplemen minyak ikan untuk anak.

Meskipun dosis normal minyak ikan yang disarankan tidak dianggap berbahaya, memberikan suplemen minyak ikan pada Si Kecil dipandang masih belum terlalu diperlukan menurut banyak penelitian.

Perlu diingat bahwa jumlah asam lemak omega-3 dalam suplemen minyak ikan ini bisa sangat bervariasi.

Beberapa ada yang hanya memiliki sangat sedikit DHA di dalamnya, seringkali hanya 100 mcg atau 0,1 mg per dosis.

Sedangkan suplemen lainnya memiliki 50 mg DHA ditambah 10 mg EPA.

Periksa label untuk memastikan Moms mendapatkan jumlah DHA yang diharapkan.

Alih-alih memberi si kecil makanan yang mengandung minyak ikan alami, banyak orang tua memilih memberikan suplemen minyak ikan untuk anak.

Baca Juga: Saatnya Berhenti Menyuapi Si Kecil, Ini Manfaat Anak Makan Sendiri

Sumber Minyak Ikan

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 1.jpg

Foto: pixabay.com

Nah, Moms perlu tahu nih sumber minyak ikan untuk anak, agar nutrisi Si Kecil tetap terjaga.

Selain suplemen minyak ikan, Moms sebenarnya bisa mendapatkan minyak ikan murni sekaligus asam lemak omega-3 dari beberapa makanan.

Jadi Moms nggak perlu terus-terusan memberikan suplemen pada Si Kecil. Dengan memberikannya makanan yang mengandung omega-3 di beberapa makanan yang mudah ditemukan di pasar atau pun supermarket.

Makanan yang kaya akan minyak ikan untuk anak adalah;

  • Ikan berlemak, termasuk ikan herring, trout, mackerel, salmon, dan sarden yang memiliki kadar DHA dan EPA tertinggi. Ikan lain termasuk pollock, scallop, kerang, udang, ikan lele, dan tuna semuanya memiliki kadar DHA dan EPA yang lebih rendah daripada ikan berlemak.
  • Biji rami, kacang kenari, kacang kedelai, tahu, minyak kanola - dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA).

Sebagian besar merek susu formula, yang sekarang diperkaya dengan DHA dan ARA untuk membuatnya mirip seperti ASI, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan

Nah, gimana nih Moms penjelasan mengenai manfaat minyak ikan untuk anak? Jadi tak perlu takut untuk memberikan suplemen omega-3 secara rutin lagi karena memberikan suplemen tersebut pada Si Kecil sudah terbukti meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental Si Kecil!

Jika Moms masih memiliki pertanyaan seputar manfaat omega-3 dan untuk kesehatan anak, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait