Kehamilan

KEHAMILAN
28 Februari 2020

Pelupa saat Hamil, Ini 6 Cara Mengatasinya

Makan makanan kaya omega-3 bisa jadi salah satu solusinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, mungkin pernah mendengar kata pelupa saat hamil yang kadang disebut Momnesia atau otak kehamilan. Jika jadi pelupa saat hamil, Moms mungkin akan lupa janji bertemu, untuk apa masuk ke toko, tempat meninggalkan dompet, bahkan mungkin nomor telepon sendiri.

Baca Juga:Pelupa Waspada Infertilitas! Jangan Tinggalkan Sarapan ya, Moms!

“Jika membaca buku tentang kehamilan ya memang ada yang namanya otak kehamilan atau momnesia. Dan ada juga bukti dari penelitian yang menunjukkan defisit dalam memori,” kata Helen Christensen, PhD dari Australian National University.

Pelupa Saat Hamil

Perubahan otak

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan artikel dari Nature Neuroscience, menjadi pelupa saat hamil merupakan hal yang normal dan umum. Bahkan jika Moms bangga dengan keterampilan multitasking atau kemampuan untuk tetap teratur, Moms mungkin masih mengalami kesulitan berkonsentrasi atau mengingat kunci mobil saat sedang hamil.

Berita baiknya hal tersebut bersifat sementara yang biasanya akan hilang selepas melahirkan. Lalu, hal apa yang harus dilakukan ketika menjadi pelupa saat hamil? Yuk simak ulasan cara mengatasi kondisi pelupa saat hamil agar tidak semakin parah.

1. Hindari Stres

Moms, cobalah untuk tidak keras kepada diri sendiri ketika mengalami pelupa saat hamil. Ambil napas dalam-dalam saat melupakan sesuatu. Stres hanya akan membuat otak kehamilan Anda semakin keruh.

2. Buat Catatan

Jika Moms perlu mengingat sesuatu untuk melakukan beberapa hal seperti membeli makanan, panggilan telepon, makan vitamin, maka tak ada salahnya untuk membuat catatan di tempat yang mudah diingat serta dilihat seperti kulkas, kamar mandi, hingga dompet.

3. Gunakan Telepon Genggam

Mengandalkan pengingat di kalender ponsel juga bisa membantu tetap teratur serta menjadi minim pelupa saat hamil.

Baca Juga:Brain Fog, Lupa Sesaat Apa yang Ingin Dilakukan. Mengapa Bisa terjadi?

4. Miliki Selera Humor

Moms, biarkan diri Anda tertawa ketika mengalami pelupa saat hamil. Hal ini perlu dilakukan agar Moms lebih santai serta menghindari stres.

5. Konsumsi Choline

Menurut jurnal keluaran Federation of American Societies for Experimental Biology, dengan mengonsumsi choline yang merupakan bahan penyusun untuk bahan kimia otak pembentuk memori yang disebut dengan asetilkolin maka dapat membantu meningkatkan fungsi otak serta Si Kecil dalam kandungan.

6. Makanan kaya Omega-3

Masukkan makanan yang kaya akan omega-3 termasuk ikan yang aman bagi kehamilan seperti salmon untuk mendukung fungsi otak yang sehat serta perkembangan yang baik bagi Moms dan bayi.

Baca Juga:5 Fakta Perubahan Otak Selama Kehamilan, Bisa Jadi Pelupa!

Pelupa Gejala Depresi?

Hindari stress

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun beberapa kejadian pelupa saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. Tapi, hal ini pun dilansir dari babycentre.uk, bisa menjadi salah satu gejala depresi, bersamaan dengan konsentrasi yang buruk. Gejala depresi lain yang harus diwaspadai adalah:

  • Perasaan sedih
  • Kehilangan minat pada hal-hal yang dulu Anda sukai
  • Merasa gagal atau merasa bersalah
  • Sulit tidur dan bangun di malam hari, meskipun tidur yang rusak sering terjadi pada kehamilan
  • Terlalu banyak tidur, meskipun merasa lelah juga normal dalam kehamilan
  • Tekanan dan ketegangan kehamilan, terutama jika Anda juga merawat anak-anak kecil, dapat meningkatkan risiko depresi

Bila terjadi hal disebutkan di atas, maka Moms ada baiknya berbicara dengan bidan atau dokter karena mereka akan dapat memberi bantuan yang dibutuhkan. Penting untuk mengatasinya sekarang, karena jika tidak, depresi tidak akan hilang begitu Si Kecil lahir.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait