Fashion & Beauty

30 November 2021

4 Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Manfaatnya

Kulit berminyak, kering, berjerawat, atau pori besar? Simak cara memilih pembersih wajah sesuai jenis kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, apakah sudah memilih pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit?

Kulit wajah memang memerlukan perhatian khusus dibanding kulit tubuh, ya Moms. Sebab, area ini lebih sensitif dan menjadi pusat perhatian. Salah cara merawat kulit wajah, bisa-bisa kulit muka jadi bermasalah.

Ternyata, penyebabnya bisa jadi pada pembersih wajah yang Moms pakai, lho!

Jangan-jangan, facial cleanser yang selama ini Moms gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit wajah. Bukannya memberikan efek baik untuk kulit, pembersih wajah malah membuat berbagai masalah kulit wajah datang bergantian silih berganti.

Manusia diciptakan dengan jenis kulit wajah berbeda-beda. Karena itu, Moms perlu tahu tipe kulit wajah terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan kulit muka seperti facial cleanser.

Biasanya, sudah tertera informasi mengenai tipe kulit wajah yang cocok di kemasan pembersih wajah.

Yuk Moms mulai perhatikan jenis pembersih wajah yang sesuai, agar wajah senantiasa tampak sehat dan glowing!

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Jenis Pembersih Wajah

jenis pembersih wajah

Foto: Orami Photo Stock

Ada begitu banyak jenis produk untuk membersihkan wajah. Ini dia jenis-jenis facial cleanser yang dapat Moms pilih sesuai dengan kebutuhan kulit Moms.

  • Cream Facial Cleanser

Produk berbahan dasar krim ini efektif dalam menghapus riasan, menghilangkan kotoran, dan minyak berlebih sekaligus menghidrasi kulit.

Oleh karena itu, pembersih bertekstur lembut ini tidak menghasilkan banyak busa atau menghilangkan minyak alami kulit sehingga tidak akan membuat kulit Moms kering dan dehidrasi.

  • Gel Cleanser

Produk yang bisa Moms gunakan untuk membersihkan wajah ini terbuat dari gel yang menghasilkan cukup banyak busa, tetapi tetap efektif dalam menghapus riasan dan kotoran.

Pembersih gel biasanya memiliki konsistensi seperti jeli yang jernih dan perlu dibilas. Usai digunakan, kulit wajah akan terasa lembap dan segar.

  • Foaming Face Wash

Sesuai dengan namanya, produk pembersih ini menghasilkan busa. Tergantung pada jenisnya, produk ini bisa menghasilkan tingkat busa yang berbeda, mulai dari gelembung ringan hingga busa penuh.

Busa akan masuk untuk membersihkan pori-pori, menghilangkan kotoran dan juga menghapus riasan. Bahan utama yang menyebabkan efek berbusa adalah sodium lauryl sulfate (SLS) yang merupakan bahan pencerah kulit.

  • Micellar Water

Micellar water merupakan produk pembersih yang berbahan dasar air. Produk ini dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih, kotoran, dan riasan tanpa membuat kulit terasa mengelupas atau mengganggu lapisan pelindung kulit.

Jenis pembersih ini memiliki molekul yang disebut micelles yang bertindak seperti magnet untuk menjebak kotoran dan minyak tanpa perlu dibilas.

  • Cleansing Wipes

Pembersih kulit wajah yang satu ini sangat praktis karena hadir dalam bentuk tisu atau kain lembut. Ini sangat cocok untuk Moms yang memiliki mobilitas tinggi atau dibawa traveling.

Moms bisa membersihkan riasan sekaligus kotoran di mana saja dan kapan pun, bahkan tak perlu dibilas! Pilihlah cleansing wipes diperkaya dengan hyaluronic acid dan ceramide yang dapat menghidrasi kulit.

  • Cleansing Oil

Pembersih kulit wajah berbahan dasar minyak ini memiliki tekstur lembut di kulit dan sangat efektif dalam menghilangkan riasan maupun kotoran.

Produk ini tidak akan membuat kulit Moms terasa kering, tetapi justri menutrisinya. Cleansing oil sangat cocok untuk pemilik jenis kulit kering, kulit normal, dan kulit kombinasi.

  • Bar Soap Cleanser

Ini merupakan pembersih kulit wajah berbentuk sabun batang. Berbeda dengan sabun batang yang digunakan untuk mandi, bar soap cleanser khusus wajah ini mengandung bahan pelembap yang dapat menyehatkan kulit dan menyeimbangkan tingkat pH.

Namun, pastikan Moms memilih sabun pembersih wajah karena menggunakan sabun mandi biasa justru akan berisiko menyebabkan dehidrasi, sensitif, hingga peradangan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam?

Cara Memilih Pembersih Wajah yang Sesuai Jenis Kulit

cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berbeda tipe kulit, berbeda pula penanganannya. Setiap bahan yang digunakan dalam komposisi pembersih wajah, harus dipastikan memberikan efek baik untuk kesehatan kulit.

Nah, umumnya bahan-bahan inilah yang terkandung di dalamnya:

1. Kulit Berminyak

Jika Moms memiliki kulit berminyak, hindari pembersih wajah yang mengandung essential oil karena akan membuat wajah semakin berminyak.

Menggunakan essential oil dapat membuat wajah lengket dan tak nyaman. Dalam beberapa kasus, penggunaannya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi penyebab komedo.

Untuk mengatasinya, Moms bisa memilih pembersih wajah yang mengandung ekstrak rice atau formula microbeads yang mampu menyerap minyak secara maksimal.

Kedua bahan tersebut juga menjaga kelembapan wajah, jadi tidak akan memberikan efek kencang dan kering setelah menggunakannya.

Baca Juga: Make Up untuk Kulit Berminyak

2. Kulit Kering

Kulit Kering

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang punya tipe kulit kering, pasti sering ya mengalami wajah terlihat kusam bahkan mengelupas. Salah pilih pembersih wajah, bisa jadi kulit semakin kering dan terasa tidak nyaman.

Nah, Moms bisa mencoba gunakan pembersih yang memiliki kandungan rose oil atau alpukat guna melembapkan dan menghidrasi kulit wajah, nih!

Kedua bahan tersebut akan menghidrasi kulit sembari mengangkat kotoran. Ini karena alpukat mengandung biotin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks, dan rose oil mengandung vitamin A.

Jangan lupa gunakan pelembap juga setelah mencuci wajah ya, Moms.

3. Pori Besar

Pori besar memang sering membuat kita bingung mencari perawatan yang tepat ya, Moms. Salah-salah pilih, pori bisa tersumbat bahkann semakin besar dan mengganggu penampilan.

Kalau kulit wajah Moms memiliki pori besar, ada beberapa tips untuk memilih perawatan wajah terutama pembersih. Selalu ingat untuk hindari pembersih wajah yang mengandung scrub karena akan membuat pori semakin besar.

Scrub wajah juga bisa melukai kulit dan membuat iritasi jika sering digunakan dengan kasar.

Nah, solusinya Moms bisa memilih pembersih wajah yang mengandung lemon karena mampu membuat pori wajah tersamarkan. Selain itu, lemon juga kaya vitamin C yang dapat menerahkan wajah. Satu produk banyak manfaat, ya, Moms!

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

4. Muka yang Rentan Jerawat

kulit berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki wajah berjerawat memang bikin tidak percaya diri. Belum lagi perasaan takut mencoba produk tertentu karena khawatir jerawat akan semakin parah.

Tapi, tenang Moms! Jika Moms memiliki kondisi wajah berjerawat, cobalah memilih pembersih wajah yang mengandung formula tea tree yang mampu menghilangkan jerawat dalam waktu singkat.

Melansir Healthline, tea tree menjadi pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Kandungan dalam tea tree dapat menenangkan kemerahan, bengkak, dan pembengkakan.

Bahkan dapat membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, sehingga membuat kulit semakin halus dan bersih.

5. Kulit Sensitif atau Kombinasi

Bagi Moms yang memiliki kulit sensitif atau kombinasi dengan sebagian kulit kering dan bagian lainnya berminyak, sebaiknya memilih facial cleanser lembut.

Jenis kulit sensitif cenderung bereaksi terhadap faktor eksternal, termasuk perawatan kulit. Tanda-tanda kulit sensitif dapat berupa rasa perih, terbakar, dan kemerahan.

Sementara itu, kulit kombinasi biasanya ditandai dengan masalah kulit kusam, tekstur kasar di beberapa tempat dan pori-pori membesar, komedo, serta adanya minyak berlebih di beberapa tempat (terutama di bagian T-zone, yakni sekitar hidung, dagu dan dahi).

Carilah pembersih wajah yang bebas pewangi, hipoalergenik, bebas paraben, dan bebas sabun, yang tidak akan mengiritasi kulit sensitif Moms.

Biasanya, facial cleanser berbahan dasar air, seperti micellar water merupakan pilihan terbaik bagi pemilik kulit sensitif atau kombinasi.

Manfaat Rajin Menggunakan Pembersih Wajah

mencuci wajah1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rajin membersihkan wajah ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat wajah tampak selalu segar.

Mengutip Healthline, ada baiknya untuk membersihkan wajah setidaknya sehari 2 kali. Jika Moms melakukan olahraga dan perlu membuat kondisi wajah lengket akan keringat, bisa juga membersihkan wajah hingga 3 kali atau sebanyak yang dibutuhkan.

Namun perlu dicatat, untuk jenis kulit kering dan sensitif, disarankan untuk membersihkan wajah cukup sekali sehari. Ini dianjurkan untuk mengurangi gesekan pada wajah yang bisa menyebabkan iritasi.

Ini dia beberapa manfaat dari rajin menggunakan pembersih wajah melansir dari Westlake Dermatology, mulai diterapkan dengan rajin yuk, Moms!

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

1. Membersihkan Kotoran di Wajah

Tujuan utama kita dari memilih pembersih wajah yang cocok sudah pasti untuk menghilangkan kotoran seperti minyak dan debu dari wajah, ya, Moms.

Sepanjang hari, kulit wajah yang terpapar langsung dengan lingkungan akan dipenuhi bakteri, polutan, virus, dan juga sel-sel kulit mati.

Tanpa membersihkan wajah, kulit akan tertutup lapisan tebal kotoran yang menyulitkan produk skincare lain untuk menembus kulit dengan baik.

Nah, dengan rajin membersihkan wajah tentu akan memberikan tampilan kulit yang segar. Manfaat lainnya, tentu menghilangkan penyebab jerawat dan komedo yang super mengganggu.

2. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

kulit lembap

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Indian Journal of Dermatology disebutkan bahwa facial cleanser tidak hanya berfungsi sebagai agen pembersih untuk menghilangkan sebum, kotoran, sel-sel mati, dan mikroorganisme dari kulit.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, produk facial cleanser yang diproduksi saat ini juga memberikan manfaat untuk melembapkan kulit.

Maka, membersihkan wajah secara teratur (bersamaan dengan penggunaan pelembap yang baik) juga merupakan faktor penting dalam membantu kulit menjaga tingkat hidrasi yang tepat, lho, Moms.

Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat dan terasa kasar, berkerut, dan menua. Oleh karenanya, membersihkan wajah akan membantu mengelola tingkat pH kulit dan memungkinkan menjaga kadar air yang cukup.

Baca Juga: Kulit Dehidrasi, Apakah Berbeda dengan Kulit Kering?

3. Menjaga Kondisi Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

Kelenjar kecil di bawah kulit menghasilkan minyak yang disebut sebum untuk melindungi kulit dari bahaya dunia luar.

Kelenjar ini menggunakan folikel rambut di dalam kulit sebagai jalur, sehingga memungkinkan minyak mencapai permukaan kulit (lapisan luar). Minyak ini nantinya akan membentuk penghalang yang mencegah penetrasi bakteri atau agen berbahaya lainnya.

Nah, Moms, kotoran yang berlebihan menumpuk di permukaan dapat menyebabkan folikel tersumbat, memerangkap sebum, keringat, dan sel kulit mati.

Kurangnya sebum di permukaan kulit, akan memungkinkan bakteri menembus folikel penyebab peradangan.

Hasil akhirnya tentu sesuatu yang Moms tidak sukai, apa lagi kalau bukan jerawat.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Oleh karena itu Moms, membersihkan kulit dengan memilih pembersih wajah yang tepat akan sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi kulit.

Pembersih wajah akan membersihkan pori-pori kotoran untuk mencegah penumpukan kotoran, memungkinkan minyak sebum mencapai permukaan kulit tanpa hambatan, dan mengurangi kemungkinan breakout.

Sekarang, Moms tak salah lagi memilih produk pembersih wajah. Jika kulit wajah sudah bersih sempurna, maka kulit akan tampak lebih sehat dan make up bisa menempel dengan lebih baik. 

  • https://beautyinsider.my/different-types-of-cleansers/
  • https://www.cerave.com/skin-smarts/skincare-tips-advice/how-to-choose-face-wash-cleanser-for-skin-type
  • https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin
  • https://www.healthline.com/health/avocado-benefits-for-skin
  • https://www.byrdie.com/rose-hip-oil-for-skin
  • https://www.westlakedermatology.com/blog/skin-cleansing-101-why-washing-your-face-is-important/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-wash-your-face#quick-chart
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088928/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait