Kesehatan Umum

21 Oktober 2021

Penyebab Perut Buncit dan 12 Cara Mengatasinya, Catat Moms!

Terlalu banyak minum alkohol bisa membuat perut buncit, apa iya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Semua pasti sepakat bahwa perut buncit terkadang membuat tidak percaya diri, bukan?

Bagaimana tidak, kesulitan memilih celana dan susah mencari dress pesta bisa membuat bingung. Terutama bagi perempuan yang selalu ingin berpenampilan menarik.

Ternyata, hal ini tidak selalu disebabkan karena banyak makan, lho! Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasi perut yang buncit, Moms!

Baca Juga: Kenapa Perut Buncit dan Berbunyi Ketika Dipukul?

Penyebab Perut Buncit atau Lemak Berlebih di Perut

Terdapat sejumlah penyebab yang bisa menimbulkan perut buncit. Beberapa kebiasaan tersebut mungkin saja tidak Moms sadari.

Berikut adalah faktor-faktor pemicu perut menjadi buncit:

1. Protein dan Karbohidrat Tinggi

Pola Makan Buruk.jpg

Foto: foxnews.com

Penyebab perut buncit yang pertama adalah karena pola makan buruk.

Makanan manis seperti kue, permen serta minuman seperti soda dan jus buah, dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Secara tak langsung, ini memperlambat metabolisme, serta mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Menerapkan pola diet rendah protein dan tinggi karbohidrat juga dapat memengaruhi berat badan sehingga membuat perut lebih besar.

Hal ini karena, protein dan karbohidrat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, lho.

2. Asupan Lemak Tinggi

Moms, pola makan buruk tidak hanya sebatas itu, lho.

Sumber nutrisi seperti lemak juga dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan dapat mengakibatkan obesitas.

Biasanya, ini dapat kita jumpai di sejumlah makanan seperti makanan cepat saji, gorengan, dan kue manis seperti muffin.

Jika memang ingin mengatasi perut buncit, The American Heart Association merekomendasikan untuk mengganti lemak 'jahat' dengan lemak sehat.

Hal ini berupa gandum, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Jangan lupa juga untuk selalu membaca label makanan, ya! Ini dapat membantu seseorang menentukan apakah makanan tersebut mengandung lemak jahat atau tidak.

3. Terlalu Banyak Alkohol

penyebab perut buncit alkohol.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Penyebab perut buncit yang selanjutnya adalah terlalu banyak konsumsi alkohol.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan ternyata juga dapat membuat perut buncit.

Tidak hanya itu, ini juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit hati dan infeksi dalam tubuh.

Sebuah laporan tahun 2015 tentang konsumsi alkohol dan obesitas dalam jurnal Current Obesity Reports, menunjukkan bahwa laki-laki yang minum alkohol berlebihan akan mengalami penambahan berat badan di sekitar perut.

Artinya, ini memicu mereka mengalami perut yang buncit.

4. Kurang Olahraga

Penyebab perut buncit yang selanjutnya adalah karena kurang olahraga.

Jika seseorang lebih banyak mengonsumsi makanan daripada berolahraga, berat badannya tentu saja akan bertambah.

Gaya hidup yang tidak aktif, membuat seseorang sulit untuk membuang lemak yang berlebih.

Hal yang cukup terasa adanya penumpukan lemak di sekitar perut dan pemicu perut tampak membesar.

Baca Juga: 3 Jenis Olahraga yang Bisa Hilangkan Depresi

5. Stres

Malas Olahraga.jpg

Foto: travishashfitness.com

Siapa sangka, ternyata stres menjadi penyebab perut buncit berikutnya.

Hormon steroid atau yang dikenal sebagai kortisol, membantu tubuh mengendalikan dan mengatasi stres.

Ketika seseorang berada dalam situasi berbahaya atau tekanan tinggi, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan ini dapat berdampak pada metabolisme.

Adapula ini memengaruhi seseorang untuk mencari rasa 'nyaman' dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Di waktu yang bersamaan, hormon kortisol menyebabkan kalori yang berlebih berada di sekitar perut dalam waktu yang lama.

Akhirnya, perut buncit susah dihindari karena seseorang sedang stres.

5. Genetika Keluarga

Memiliki keluarga dengan riwayat badan gemuk? Ternyata, genetika memiliki pengaruh terhadap perut yang buncit, Moms.

Ada beberapa bukti bahwa gen seseorang cukup berperan dalam menentukan apakah mereka memiliki badan gemuk atau tidak.

Para ilmuwan menilai bahwa genetik juga dapat memengaruhi metabolisme dan risiko seseorang terserang penyakit terkait obesitas.

Demikian pula, faktor lingkungan dan perilaku juga berperan dalam kemungkinan orang menjadi gemuk.

6. Kualitas Tidur yang Buruk

Genetika-Gendut.jpg

Foto: telegraph.co.uk

Penyebab perut buncit yang selanjutnya adalah kualitas tidur yang buruk.

Sebuah studi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengaitkan pertambahan berat badan dengan durasi tidur pendek yang bisa menyebabkan lemak pada berlebih perut atau perut buncit.

Kualitas tidur buruk dan durasi tidur yang singkat dapat berperan memicu menumpuknya lemak di sekitar perut, Moms.

Tak hanya itu, kebiasaan buruk ini juga berpotensi menyebabkan perilaku makan yang tidak sehat.

Sejumlah gangguan makan dapat terasa akibat kualitas tidur yang tidak sehat.

Baca Juga: Perut Balita Buncit, Apakah Itu Masalah Serius?

7. Merokok

Merokok adalah penyebab lainnya seseorang mengalami perut buncit.

Sejumlah ahli melihat bahwa rokok bukanlah sumber utama yang membuat perut tampak membesar.

Akan tetapi, mereka percaya merokok menjadi salah satu faktor risiko yang mempengaruhinya.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE menunjukkan bahwa, obesitas bisa menyerang perokok dan juga non-perokok.

Namun, seorang perokok memiliki risiko lebih tinggi memiliki kelebihan lemak di perut. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, lho.

Jenis-Jenis Lemak Perut

Tak kalah penting untuk mengenal jenis-jenis lemak di perut, lho!

Seperti kita ketahui, ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa memiliki perut buncit.

Pola makan yang buruk, kurang olahraga, dan stres, bisa jadi salah satu pemicunya.

Sebaliknya, jika kita menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga, ini dapat membantu menghilangkan perut buncit atau lemak perut yang tidak diinginkan.

Diketahui juga, perut yang buncit dapat dikategorikan dalam berbagai hal, lho. Berikut beberapa jenis lemak yang berada di sekitar perut:

1. Lemak Mengelilingi Organ (Visceral)

Cara Menghilangkan Perut Buncit yang Mengganggu, Mudah!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Perut buncit mengacu pada lemak di sekitar perut. Ada 2 jenis lemak perut yaitu visceral atau lemak yang mengelilingi organ dan subkutan atau lemak yang berada di bawah kulit.

Komplikasi kesehatan dari lemak visceral lebih berbahaya daripada lemak di bawah kulit.

Jose Medina-Inojosa, dokter spesialis jantung di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, mengatakan bahwa memiliki perut yang besar kemungkinan merupakan dampak dari pola hidup yang tidak sehat.

Adapun kebiasaan buruk ini meliputi:

Jika ini dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, Moms.

Wendy Scinta, MD, MS, dokter bariatrik tersertifikasi dan presiden Obesity Medicine Association, menjelaskan bahwa seorang perempuan dengan ukuran pinggang lebih dari 90 cm kemungkinan memiliki risiko kelebihan lemak visceral.

Jenis lemak ini berada jauh di dalam perut dan mengelilingi organ-organ di sekitarnya.

Diketahui ini cukup berbahaya karena dapat mengeluarkan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan dan peningkatan peradangan, pembekuan darah, dan masalah kesehatan lainnya," katanya seperti dikutip dari popsugar.com.au.

2. Lemak di Bawah Kulit (Subkutan)

8 Kiat Menghilangkan Perut Buncit Pada Wanita

Foto: Orami Photo Stocks

Sebenarnya, tak jauh berbeda dari lemak di sekitar perut atau di bawah kulit.

Lemak jenis ini terletak di dalam lapisan kulit dan memiliki berbagai fungsi penting untuk tubuh.

Normalnya, manfaat lemak di bawah kulit ini untuk tubuh meliputi:

  • Menyimpan energi tubuh
  • Melindungi otot dan tulang dari benturan atau jatuh
  • Aliran jalan untuk saraf dan pembuluh darah antara kulit dan otot
  • Membantu mengatur suhu tubuh
  • Pengait lapisan dalam kulit dengan otot dan tulang dengan menggunakan jaringan penghubung khusus

Posisi lemak subkutan ini biasanya ada di bawah lapisan kulit dan bisa kita pegang saat mencubit perut buncit, Moms.

Adapun berbagai masalah kesehatan yang bisa timbul dari lemak subkutan ini untuk tubuh.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyerang kita sewaktu-waktu:

Penyakit Alzheimer serta jenis demensia lainnya juga salah satu masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Jangan panik! Berikut cara yang bisa Moms coba untuk mengatasi perut buncit:

1. Pola Hidup Sehat

Cara Mengatasi Perut Buncit-Diet.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pola makan sehat dan gizi seimbang dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Dalam arti lain, ini juga akan memiliki efek positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Seseorang yang ingin mengatasi perut buncit, harus menghindari gula, makanan berlemak, dan karbohidrat olahan yang memiliki kandungan gizi rendah.

Sebaliknya, Moms harus meningkatkan asupan buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

2. Kurangi Porsi Makan

Cara mengatasi perut buncit selain memilih makanan yang ingin dikonsumsi, Moms juga perlu mengurangi porsinya.

Hal ini karena makan dalam porsi besar, terutama saat malam hari, dapat menyebabkan perut buncit.

Jadi, cobalah untuk membatasi porsi di setiap waktu makan.

Sebisa mungkin, hindari makan di malam hari dan jangan langsung tidur ya, Moms.

Sebaiknya, tunggu beberapa jam setelah makan malam sehingga perut tidak buncit.

Tidur setelah makan diketahui tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

3. Utamakan Porsi Besar di Siang Hari

Mengatasi Perut Buncit dengan Hidup Sehat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai gantinya, Moms bisa mengganti porsi makanan yang besar dengan camilan sehat di siang hari.

Misalnya, camilan yang memiliki banyak protein dan serat, seperti sayuran atau yoghurt dengan buah.

Cara mengatasi perut buncit ini juga bisa membuat Moms merasa kenyang lebih lama, lho.

Namun, Moms perlu cermat dalam memilih bahan makanan dan camilan. Jangan lupa untuk membaca label terkait komposisi dan nilai gizi pada setiap makanan.

Yoghurt mungkin dapat menjadi pilihan yang bagus dan sehat, tetapi beberapa merek lain mungkin memiliki kadar gula tinggi.

Sementara itu, beberapa produk saus seperti mayones yang biasa Moms pilih untuk membuat salad pun, bisa saja mengandung banyak lemak dan kalori.

Baca Juga: Simak Deretan Makanan yang Mengandung Lemak Baik dan Jahat, Jaga Pola Makan Tetap Sehat!

4. Ganti Minyak Goreng yang Lebih Sehat

Yuk, ganti minyak goreng yang digunakan untuk memasak makanan di rumah.

Ini adalah salah satu cara lainnya yang bisa Moms jadikan sebagi cara mengatasi perut buncit.

Moms perlu mengetahui bahwa minyak goreng menyumbang banyak lemak yang tidak sehat dan menyebabkan perut yang buncit, lho.

Jadi, mulailah untuk mencari pengganti minyak goreng di dapur dengan minyak lain yang rendah lemak.

Beberapa minyak yang bisa Moms pilih untuk mengatasi perut buncit akibat menumpuknya lemak, yaitu:

Minyak biji bunga matahari juga terbilang salah satu lemak sehat yang perlu dicoba, Moms.

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi Alkohol.jpg

Foto: independent.co.uk

Moms, mulai sekarang hindari mengonsumsi alkohol, yuk! Terlihat menarik, tapi ini salah satu penyebab seseorang mengalami perut yang buncit.

Kandungan gula yang tinggi di dalam alkohol memicu penimbunan lemak di sekitar perut.

Tidak hanya itu, adapun sejumlah masalah kesehatan lainnya yang bisa mengganggu metabolisme, seperti:

Cobalah untuk melakukan cara mengatasi perut buncit ini dengan konsisten, Moms!

6. Kurangi Asupan Gula

Kris Gunnars, BSc, Peneliti Nutrisi dengan gelar Sarjana Kedokteran, mengatakan gula dapat meningkatkan lemak pada perut dan lemak hati yang mengarah pada resistensi insulin serta sejumlah masalah metabolisme.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa minuman manis dari gula berkaitan dengan risiko obesitas pada anak-anak. Adapun risikonya meningkat 60% untuk setiap penyajian harian.

Yuk, lebih cermat dalam mengurangi jumlah gula dalam makanan atau pertimbangkan untuk sepenuhnya menghentikan asupan minuman manis.

"Ini termasuk minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda yang manis, minuman kemasan, dan berbagai minuman berenergi tinggi gula lainnya," katanya seperti dikutip dari Healthline.

7. Tingkatkan Olahraga Fisik

olahraga-untuk-mengatasi-perut-buncit.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Gaya hidup yang tidak menentu membawa banyak masalah terhadap kesehatan serius, termasuk penambahan berat badan.

Dalam mengatasi perut yang buncit, hal ini perlu dibarengi dengan olahraga fisik secara rutin.

Melakukan latihan aerobik dan latihan kekuatan dapat membantu seseorang mengatasi lemak pada perut mereka.

Diketahui, olahraga akan lebih efektif jika seseorang menggabungkan latihan kardiovaskular dengan olahraga intensitas tinggi (HIIT).

Adapun, ini sama manfaatnya apabila melakukan latihan angkat beban dan olahraga anaerobik, lho.

8. Perbanyak Jalan Kaki

Jika olahraga dirasa sangat berat, Moms dapat memulainya dengan memperbanyak jalan kaki.

Cara sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan ini juga termasuk sebagai olahraga dalam mengatasi perut buncit.

Jalan kaki dapat membakar kalori, mengencangkan tubuh, dan baik untuk kesehatan jantung.

Moms dapat mencobanya dengan berjalan santai di sekitar halaman rumah atau taman sendiri, bersama keluarga, atau hewan peliharaan.

Selain itu, jalan kaki juga dapat mengurangi lemak perut subkutan dan visceral, lho. Jadi, jangan malas dan rutinlah berjalan kaki, Moms!

Baca Juga: Jalan Kaki, Aktivitas Sederhana yang Punya 7 Manfaat Luar Biasa

9. Dapatkan Lebih Banyak Sinar Matahari

SInar Matahari Untuk Kesehatan.jpg

Foto: promedicahealthconnect.org

Yuk, perbanyak berjemur atau beraktivitas di bawah sinar matahari, Moms!

Sebuah studi pada International Journal of Environmental Research and Public Health, 2016, menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pada hewan dapat membantu mengurangi kenaikan berat badan dan disfungsi metabolisme.

Ulasan ini menyoroti bahwa beberapa penelitian telah melihat efek sinar matahari pada manusia, sehubungan dengan kenaikan berat badan.

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan yang ada sejauh ini.

10. Mengelola Stres dengan Baik

Stres dapat menyebabkan berat badan seseorang bertambah. Pelepasan hormon stres kortisol memengaruhi nafsu makan seseorang.

Tak jarang, ini bisa menyebabkan konsumsi makanan yang berlebih dan tidak terkontrol.

Cara mengelola stres yang baik yakni bisa dengan melakukan meditasi, yoga, dan olahraga ringan lainnya.

Bagi yang senang olahraga air, berenang juga kegiatan yang bisa dicoba, lho!

11. Perbaiki Pola Tidur

Perbaiki Pola Tidur.jpg

Foto: inlifehealthcare.com

Tidur sangat penting untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Jika waktu istirahat terlalu sedikit, ini dapat berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang.

Manfaat tidur cukup adalah membiarkan tubuh beristirahat, memulihkan diri, dan membiarkan tubuh melakukan detoks.

Jika Moms ingin mengatasi perut yang buncit, cobalah untuk tidur dengan tepat waktu.

Hindari begadang karena hal ini dapat meningkatkan risiko kita untuk makan di malam hari.

12. Berhenti Merokok

Merokok bisa menjadi salah satu pemicu peningkatan lemak perut atau perut buncit.

Terlepas itu, kebiasaan merokok juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya, Moms.

Berhenti merokok secara signifikan dapat mengurangi risiko dari kelebihan lemak pada perut, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, lho.

Baca Juga: Ikuti 4 Gaya Hidup Sehat Ini Agar Terhindar dari Obesitas

Itulah penyebab dan berbagai cara mengatasi perut buncit.

Mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dan katakan selamat tinggal perut buncit!

  • https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/trans-fat
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4338356/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4442216/
  • https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/trans-fat
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4338356/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4442216/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait