Resep

8 Juli 2021

5 Resep Pizza Roti Rumahan, Super Mudah Dibuatnya!

Tidak lagi mahal, kini Moms bisa menikmati pizza murah dan enak dengan membuat pizza roti
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika keluarga Moms pecinta pizza, tentu Moms akan familiar dengan super supreme, meat lover, papperoni, hawaiian clasic, dan aneka pizza dengan topping lainnya. Bagaimana dengan pizza roti, apakah Moms pernah mendengarnya?

Mungkin Moms pernah terpikir untuk membuat pizza sendiri. Sayangnya, yang juga harus Moms pikirkan adalah membuat adonan dough roti pizza dari nol atau dari tepung dan ragi. Akan tetapi, senenarnya Moms bisa mengganti base pizza dengan memanfaatkan olahan roti dan menjadikannya pizza roti.

Pizza roti adalah olahan pizza berbahan dasar roti dengan topping yang tidak jauh berbeda dibandingkan pizza pada umumnya. Terdengar seperti kombinasi yang menarik bukan?

Jika Moms bertanya kepada siapa pun tentang asal-usul pizza, maka Moms tidak akan terkejut jika mereka menjawab pizza adalah bagian dari makanan Italia. Dikutip dari Spizzico Italian Restaurant menyebut pizza sebagai makanan Italia bukanlah hal yang salah. 

Roti pipih beragi dengan berbagai bahan yang dipanggang di atasnya tersebut sebenarnya tidak dapat dingklaim sebagai penemuan orang Italia. Namun, sejak Napoli atau Italia didirikan sebagai kota pelabuhan Hijau, pizza dikembangkan lebih lanjut di Italia.

Awalnya, makanan lezat nan mahal ini adalah roti dengan minyak dan rempah-rempah. Baru kemudian mozzarella dan tomat ditambahkan sebagai modifikasi pizza modern, seperti yang kita kenal sekarang. Karena hal tersebut, pizza menjadi populer di akhir abad ke-18.

Saat itu, pizza yang kini Moms biasa temui di restaurant sebenarnya  dianggap makanan jalanan.  Dan, ketika Italia bersatu pada tahun 1861, Raja dan Ratu mengunjungi Napoli.

Mereka mencoba berbagai macam pizza, tetapi favorit Ratu adalah pizza dengan keju putih lembut, tomat merah, dan daun basil hijau. Ini kebetulan juga menjadi warna bendera Italia! 

Bahkan dengan popularitasnya di Italia, termyata makanan pizza masih belum terlalu terkenal di seluruh dunia. Namun, itu semua berubah pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Seperti kebanyakan orang Eropa, orang Italia juga datang mencari pekerjaan di Amerika. Bersama mereka, budaya kuliner Italia ikut hadir dan faktanya New York memiliki salah satu restoran pizza pertama yang didokumentasikan pada tahun 1905.

Namun, baru pada tahun 1940-1950-an makanan ini tidak lagi menjadi makanan asing dan lebih menjadi favorit orang Amerika. Kemudian, dengan pizza beku yang ditemukan pada tahun 60-an, semua orang dari mana pun dapat menikmatinya. 

Lalu bagaimana dengan sejarah pizza roti? Pizza roti bisa dibilang adalah hasil kreativitas tangan-tangan lihai para pecinta menu pizza di Indonesia. Memanfaatkan roti tawar, pizza roti bukanlah makanan enak dan murah yang mustahil. 

Selain gampang dibuat, pizza roti cocok untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Jika Moms penasaran dengan cara membuat pizza roti, maka Moms wajib membaca 5 resep pizza roti yang bahan-bahannya super murah dan dapat dibuat oleh siapapun.

Baca Juga: 4 Varian Resep Pizza, Mudah Banget!

1. Resep Pizza Roti Mpasi 2+ Tahun

pizza roti

Foto: Instagram/babyfood_bymami

Karena bahan dasarnya roti, pizza roti bukanlah makanan yang hanya bisa dinikmati orang dewasa. Anak-anak, terutama bayi Moms yang berusia 2 tahun ke atas juga bisa menikmati pizza roti sebagai mpasi.

Tentu saja diolah selayaknya mpasi biasa, Moms bisa menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan resep dari Instagram Babyfood_bymami untuk usia Si Kecil. Perhatikan juga takarannya, karena Si Kecil sebenarnya tidak membutuhkan porsi yang terlalu besar ya Moms. 

Bahan:

  • 3 Lembar roti tawar gandum
  • Margarine atau mentega secukupnya
  • 3 sdt Pasta tomat
  • 50 gram Makaroni
  • 1 Tangkai daun seledri
  • 3 sdm Kornet sapi
  • 2 sdm Mayones
  • 50 gram Keju cheddar

Cara Membuat:

  1. Olesi setiap lembar roti tawar dengan margarin dan pasta tomat. Potong masing-masing roti sebanyak empat bagian. Sisihkan.
  2. Campur makaroni rebus, daun seledri iris, kornet, dan mayones. Aduk rata lalu kemudian, sendokkan di atas masing-masing potongan roti. Beri keju cheddar parut di atasnya.
  3. Panggang sebentar pizza roti dalam oven sampai roti kering.
  4. Angkat dan sajikan pizza roti untuk Si Kecil yang sedang bersemangat makan.

Baca Juga: Resep Pizza Pastry Ragout Udang yang Mewah, Spesial!

2. Resep Pizza Roti Tawar Super Kilat

pizza roti

Foto: Instagram/ Debbie_ariestha

Dengan pizza roti, membuat pizza tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih, dengan bahan dasarnya yaitu roti tawar, merupakan suatu makanan yang hampir selalu ada di rumah kita. 

Resep pizza roti Moms Debbi ini konon tidak kalah enak dari pizza biasa, asalkan Moms tetap menggunakan bahan topping yang sama dan melimpah. Wah penasaran dengan pizza roti tawar super kilat ini ya Moms? Yuk, kita coba.

Bahan:

  • Roti tawar
  • Smoked beef
  • Keju mozzarella
  • Jagung pipil
  • Bawang bombay iris
  • Saos bolognaise
  • Mayonaise
  • Saos tomat
  • Oregano

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang persegi, olesi bawah roti dengan margarin lalu tata diloyang.
  2. Tambahkan saos bolognaise ke seluruh permukaan roti, tambahkan keju mozzarella, smoked beef, jagung pipil, bawang bombay, mayonaise, saos tomat dan oregano.
  3. Panggang pada suhu 200 derajat Celsius api atas bawah selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Angkat dan sajikan pizza roti tawar bersama keluarga ya Moms. 

Baca Juga: Wow, Ada Pizza Durian di Pezzo Pizza!

3. Resep Pizza Roti Tawar Teflon

pizza roti

Foto: Instagram / raeshaars3008

Jika Moms tidak memiliki oven dan ingin membuat pizza, jangan khawatir karena pizza roti bisa menjadi solusinya. Selain bahannya pasti ada di rumah Moms, pizza roti juga bisa dibuat walau hanya menggunakan teflon.

Resep kali ini adalah resep dari Moms Raesha yang biasa memasak atau bikin kue dengan alat dan bahan seperti salah satunya pizza roti dengan teflon. Kita coba ikuti yuk Moms, mungkin saja resep pizza roti ini cocok di lidah Moms dan anggota keluarga yang lain.

Bahan:

  • 2 btr Telur
  • 4 Lembar roti tawar 
  • 2 Buah sosis siap makan
  • Sedikit margarin/mentega
  • Saos spaghetti/saus biasa
  • Parsley/oregano
  • Keju quickmelt/mozarella parut

Cara Membuat:

  1. Kocok telur, potong-potong roti, campurkan dan aduk rata.
  2. Panaskan teflon dengan api terkecil. Tambahkan sedikit margarin atau mentega, sampai meleleh.
  3. Masukkan adonan roti yang telah dicampur kocokan telur, ratakan sambil sedikit ditekan.
  4. Kemudian saus spaghetti atau saus biasa, ratakan.
  5. Tambahkan juga irisan sosis, keju mozarella parut, oregano/parsley, dan kemudian tutup teflon atau panggang dengan api paling kecil.
  6. Jika adonan bawah sudah kecoklatan atau keju terlihat meleleh, matikan api, angkat dan potong-potong pizza roti sesuai selera.
  7. Sajikan pizza roti selagi hangat. Tambahkan saus dan mayonise sebagai cocolan

Tipa membuat pizza roti teflon:

  1. Api harus yang paling kecil agar pizza roti teflon tidak cepat gosong
  2. Parsley atau oregano boleh optional atau diganti daun sledri
  3. Hias dengan topping sesuai selera, bisa di tambah jagung, bawang bombay, paprika, kornet, jamur, dan bahan lainnya.
  4. Untuk sosis, gunakan sosis siap makan. Jika menggunakan sosis mentah, tumis terlebih dahulu sebentar.

Baca Juga: 5 Manfaat Super Oregano, Daun Aromatik Pelengkap Pasta dan Pizza

4. Resep Pizza Roti Bayam 

pizza roti

Foto: Instagram / Novane Perdana

Jika Moms ingin membuat pizza roti yang lebih menarik, maka Moms mungkin harus mencova resep pizza roti bayam milik Novane. Mirip seperti pizza asli di beberapa restaurant, topping pizza roti akan diberi daun bayam.

Selain membuat tampilannya lebih cantik karena warna yang berbeda, Moms tentu sudah tahu manfaat dari sayuran hijau sejenis bayam ini. Bayam adalah salah satu sayuran yang juga mengandung mineral seperti zat besi.

Tanpa zat besi yang cukup, darah tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin atau protein dalam darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi bayam, rupanya bisa mencegah anemia defisiensi zat besi.

Bahan (Dengan takaran sesuai selera):

  • Roti tawar
  • Saus tomat
  • Saus cabe (optional)
  • Mayonaise
  • Daun bayam
  • Sosis dipotong2
  • Keju quict melt diparut

Cara Membuat:

  1. Ambil 1 lembar roti tawar dan olesi dengan saus tomat, saus cabe dan mayonaise.
  2. Tata bayam diatasnya, lalu beri sosis, serta taburi keju quict melt.
  3. Oven dengan api atas suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15 menit.
  4. Angkat dan sajikan pizza roti bayam bersama teh atau kopi.

Baca Juga: Resep Pizza Muffin Lezat! Buat Sendiri Yuk Moms!

5. Resep Pizza Roti Saos Barbeque

pizza roti

Foto: Instagram / Rita_siucien

Roti tawar memang biasanya sering tersisa dan salah satu cara mengakali penggunaannya adalah dibuat menjadi aneka pizza roti, misalnya pizza roti barbeque. Seperti salah satu resep pizza roti dari Moms Rita ini, roti yang awalnya tidak laku lagi di rumah akan menjadi diperebutkan ketika sudah diolah menjadi pizza roti. 

Bahan:

  • 4 Lembar roti tawar
  • Saos BBQ scukupnya
  • 2 Lembar smokebef atau bisa diganti dengan sosis
  • Keju mozarella
  • Oregano secukupnya

Cara Membuat:

  1. Olesin roti tawar dengan saos bbq. Letakan pada loyang.
  2. Tata irisan sosis, keju mozarella dan taburi oregano.
  3. Panggang dengan oven menggunakan suhu 180 derajat Celsiusselama 10 menit hingga matang. Jangan lupa panaskan panaskan oven terlebih dahulu.
  4. Angkat pizza roti saos bbq dan sajikan bersama saos serta mayonais.

Baca Juga: 5 Resep Saus BBQ Sederhana dan Lezat, Cobain Moms!

Itulah lima resep pizza roti super gampang yang tidak kalah enak dengan pizza biasanya. Selain untuk dewasa, pizza roti juga bisa dikonsumsi Si Kecil asalkan Moms menyesuaikan topping atau isian sesuai selera masing-masing ya. Selamat mencoba.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait