Kesehatan

8 Maret 2021

Ini Dia 12 Manfaat Pucuk Merah, Tak Hanya Bagus Dijadikan Tanaman Hias

Tanaman hias ini rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan dan lingkungan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pernahkah Moms mendengar tanaman pucuk merah? Jika Moms adalah penggemar tanaman hias, maka Moms pasti sudah mengenal betul tanaman satu ini.

Tanaman ini memiliki nama latin Syzygium oleana, dan Moms pasti sangat mudah untuk mengenalinya. Pasalnya, tanaman ini memiliki daun berbentuk lancet yang tumbuh rapat antara satu dengan yang lainnya dengan bagian atas yang berwarna merah.

Daun-daun pada tanaman ini akan mengeluarkan warna merah menyala yang cantik saat ia masih muda.

Namun, seiring bertambah usianya, warna daun ini akan berubah menjadi hijau. Karena warnanya yang cantik, tak mengherankan jika banyak yang menggemarinya.

Tanaman pucuk merah pun banyak dijual di pedagang tanaman hias.

Harganya terbilang terjangkau, apalagi jika Moms membelinya saat masih kecil. Satu pot tanaman yang masih bibit bisa dijual dengan harga hingga Rp 10.000,- sementara yang sudah agak besar, biasanya dijual seharga Rp 45.000,- hingga Rp 150.000,- tergantung ukurannya.

Jika sudah mencapai lebih dari 3 meter, tanaman ini bisa dijual hingga jutaan rupiah.

Namun, tahukah Moms bahwa tanaman ini tak hanya indah dijadikan tanaman hias? Ada beberapa manfaat pucuk merah untuk kesehatan yang bisa Moms dapatkan.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Manfaat Pucuk Merah untuk Kesehatan

Manfaat Pucuk Merah untuk Kesehatan

Foto: lazada.co.id

Ternyata tanaman pucuk merah adalah salah satu tanaman yang mengandung senyawa bioaktif yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang cukup baik.

Ada beberapa jenis senyawa bioaktif yang ada pada pucuk merah, tersebut meliputi fenol, flavonoid, asam betulinat, alkaloid, triterpenoid, steroid, dan saponin.

Karena kandungan senyawa bioaktif yang cukup beragam ini, maka tak mengherankan jika banyak yang memanfaatkan pucuk merah untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Untuk Moms yang penasaran manfaat pucuk merah apa saja yang bisa didapatkan, berikut ulasannya.

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ternyata kandungan senyawa asam betulinat dan triterpenoid dalam ekstrak pucuk merah bisa membantu membunuh sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya, khususnya sel kanker payudara seperti yang ditulis dalam Jurnal Kimia Mulawarman.

Namun temuan ini masih perlu diteliti lebih dalam lagi, sehingga sangat memungkinkan jika kelak pucuk merah bisa menjadi salah satu obat kanker payudara yang ampuh.

2. Mencegah Keracunan Makanan

Karena mengandung senyawa antimikroba, maka manfaat pucuk merah yang selanjutnya adalah melindungi sistem pencernaan dari bakteri yang masuk dari makanan yang Moms makan.

Manfaat pucuk merah ini juga telah didukung oleh riset yang menunjukkan bahwa senyawa dalam tanaman ini efektif membunuh bakteri Salmonella dan E. Coli.

Baca Juga: Keracunan Makanan pada Anak: Ini Cara Mencegah dan Pertolongan Pertamanya!

3. Mengatasi Gejala Irritable Bowel Syndrome

Tak hanya membunuh bakteri, kandungan asam betulinat pada ekstrak pucuk merah juga bisa bersifat sebagai obat untuk mengatasi diare dan antispasmodik yang baik dengan membantu merelaksasikan otot di dinding usus.

Mengutip artikel dari Very Well Health, manfaat ini kemudian akan meredakan keluhan kram perut dan diare yang sering terjadi pada pengidap Irritable Bowel Syndrome.

4. Memperkuat Imun

Mengutip Science Alert, manfaat pucuk merah selanjutnya datang dari kandungan antioksidan di dalamnya, yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih.

Ingat, kerusakan ini bisa terjadi di mana di dalam tubuh, termasuk organ dan sel-sel imun. Dengan dosis yang tepat, maka tanaman ini akan mampu melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Kerusakan oksidatif juga bisa terjadi pada berbagai organ tubuh, yang kemudian menyebabkan terganggunya metabolisme, sistem peredaran darah, hingga regenerasi sel.

Alhasil, ini akan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah riset menunjukkan bahwa pucuk merah bisa Moms manfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Manfaat ini diduga datang dari senyawa aktif steroid dan terpenoid yang ada dalam ekstrak pucuk merah. Namun, temuan ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi untuk membuktikannya.

6. Menurunkan Kadar Asam Urat

Kandungan tanaman pucuk merah ternyata mirip dengan kandungan pada daun salam yang juga memiliki banyak khasiat.

Selain itu, ada kesamaan antara daun salam dan tanaman pucuk merah yang banyak diyakini dalam pengobatan tradisional, yaitu menurunkan kadar asam urat pada pengidap penyakit ini.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Rematik dan Asam Urat? Cek Faktanya di Sini!

Manfaat Pucuk Merah Sebagai Tanaman Hias

Manfaat Pucuk Merah Sebagai Tanaman Hias

Foto: kabartani.com

Tanaman pucuk merah pada dasarnya tetaplah tanaman hias.

Meskipun manfaat kesehatannya juga banyak, namun Moms juga perlu tahu manfaat pucuk merah sebagai tanaman hias itu sendiri.

Ada beberapa manfaat yang akan Moms dapatkan.

7. Menyerap Karbon dioksida

Tanaman hias pada dasarnya tak hanya mempercantik rumah saja, tetapi juga mampu menyaring udara.

Jika ini tujuan Moms, maka sangat tepat jika Moms memilih tanaman pucuk merah. Sebab tanaman ini terbukti memiliki kemampuan menyerap karbondioksida pada yang lebih besar dibanding jenis tanaman hias lainnya.

Dengan begini, Moms akan merasakan udara yang lebih segar dan bersih.

8. Mencegah Longsor di Perbukitan

Tanaman ini ternyata membawa manfaat jika ditanam di area perbukitan. Karena ia adalah tanaman besar dan memiliki struktur akar tunggang yang kuat, akar ini mampu menghujam tanah dengan kokoh untuk menopang batang pohonnya yang besar.

Berkat struktur yang kuat ini, maka ia bisa mencegah longsor, terutama jika di tanam di daerah perbukitan.

9. Bisa Menyimpan Cadangan Air Saat Kemarau

Saat memasuki kemarau, Moms pasti khawatir jika pekarangan jadi kering. Namun, Moms tak perlu lagi khawatir karena tanaman pucuk merah juga mampu menyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air untuk musim kemarau.

Manfaat ini juga datang berkat struktur akar tunggangnya yang besar sehingga ia bisa menyerap dan menyimpan air dalam jumlah banyak.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

10. Mengharumkan Ruangan

Ternyata pohon ini juga bisa mengharumkan ruangan berkat kandungan minyak atsiri yang memiliki aroma khas di dalamnya.

Untuk mendapatkan aroma tersebut, Moms hanya perlu meremas daun hingga hancur, dan aroma khas minyak atsiri akan segera menyebar dan mengharumkan rumah.

11. Pewarna Makanan Alami

Moms sedang butuh pewarna makanan tapi lupa pewarna yang biasa Moms gunakan habis? Jangan khawatir, Moms bisa memanfaatkan tanaman pucuk merah sebagai pewarna makanan alami.

Moms akan mendapatkan warna orange merah yang cocok untuk ditambahkan ke dalam makanan.

Caranya pun mudah, rebus daun pucuk merah hingga air berubah warna dan kemudian pewarna makanan alami siap dicampurkan dengan masakan.

12. Sebagai Pagar Tanaman Hidup

Apabila Moms merawat tanaman ini dengan tepat, maka ia bisa tumbuh hingga tujuh meter dengan diameter 30 cm.

Dengan ukuran ini, Moms bisa menjadikannya sebagai pagar di rumah. Tanam pucuk merah dengan berdekatan antara satu pohon dengan pohon lainnya juga akan menutup area depan rumah sehingga Moms bisa mendapatkan privasi.

itulah beberapa manfaat tanaman pucuk merah untuk kesehatan dan juga sebagai tanaman hias. Jadi, jangan ragu lagi untuk menanamnya di rumah ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait