Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Aug 8, 2018

Stres Menyusui dan ASI Seret? Lakukan Pijat Oksitosin Selama 3 Menit dengan Cara Ini

Bagikan


Stres Menyusui dan ASI Seret? Lakukan Pijat Oksitosin Selama 3 Menit dengan Cara Ini

Menyusui adalah tugas seorang ibu yang mungkin terasa sulit di awal namun begitu bernilai bagi kesehatan bayi dan juga ikatan kasih sayang antara ibu dan anak. Tak heran jika ada ibu yang berujar kangen dengan masa-masa menyusui. Ya, tentu karena momen menyusui memang terasa sangat indah, ya, Moms.

Namun, ASI bukan dimaknai hanya sekadar air susu ibu saja, lho, Moms. Tapi, punya arti yang lebih dalam. Karena bukan cuma jumlahnya yang penting, tapi justru kualitas yang sangat perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi perkembangan otak bayi.

Selain asupan nutrisi, untuk memastikan kelancaran ASI juga diperlukan ketenangan mental yang didapat dari lingkungan sekitar. Apalagi dari suami, yang punya pengaruh besar karena dukungannya pada sang istri dapat membantu kelancaran produksi ASI.

Baca Juga : Selain Ayah, Dukungan untuk Ibu Menyusui Juga Diperlukan dari Orang-orang Ini

Tapi, pernah, kan, kita mengalami rasa lelah, stres, suntuk yang akhirnya membuat produksi ASI berkurang alias ‘seret’? Kalau sudah begini rasanya ingin marah-marah saja, ya, Moms?

Tenang dulu, kita masih bisa, kok, mengatasinya dengan teknik relaksasi. Tidak sendirian, yuk, coba ajak juga suami Moms membantu kita dengan melakukan pijat oksitosin (pijat punggung).

Pijatan di area punggung ini mampu memicu pengeluaran oksitosin, sebuah hormon yang diperlukan untuk mengeluarkan ASI. Hormon yang diproduksi di salah satu bagian otak yaitu hipotalamus ini akan beraksi jika mendapat sentuhan.

"Oksitosin ini nantinya dapat merangsang payudara untuk berkontraksi, jadi ASI bisa keluar dengan lancar. Tidak hanya itu, pijat oksitosin juga dapat mengurangi produksi hormon kortisol saat kita stres," ujar DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita saat ditemui dalam peluncuran #MumToMum sebuah digital platform untuk para ibu dari Anmum Indonesia, di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Bolehkah Menyusui Bayi Sambil Tiduran? Ini 5 Dampak Negatifnya

Stres Menyusui dan ASI Seret? Lakukan Pijat Oksitosin Selama 3 Menit dengan Cara Ini

Secara umum manfaat pijat sendiri mampu menurunkan rasa nyeri, membuat nyaman dan rileks, melancarkan aliran darah, dan menurunkan ketegangan otot maupun saraf.

Tentu pijat punggung dapat membawa manfaat lebih bagi ibu menyusui, terutama mengatasi letih pasca persalinan. Dampaknya selain memperlancar ASI juga dapat membantu ibu tidur lebih nyenyak dan jika melahirkan secara cesar dapat pula membantu pemulihan jadi lebih cepat.

Yang menyenangkan, pijat ini bisa dilakukan setiap hari oleh suami tercinta. Caranya antara lain:

  1. Ibu duduk di kursi atau bersandar ke arah depan sambi memeluk bantal
  2. Pijat kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan atau dengan ibu jari dengan posisi menunjuk ke depan
  3. Di tulang belakang leher, carilah bagian tulang yang paling menonjol. Nah, dari titik ini turun sedikit kebawah (jaraknya 1-2 jari), geser ke kanan dan kirinya (jaraknya 1-2 jari juga).
  4. Sudah ketemu? Mulailah memijat memutar perlahan-lahan ke arah bawah hingga mencapai batas garis tali bra. Bisa juga hingga pinggang jika memang dibutuhkan.
  5. Beri tekanan lebih kuat dengan membentuk lingkaran kecil dengan kedua ibu jari. Pijat sisi tulang belakang dari leher ke arah bawah hingga sebatas dada (tulang belikat)
  6. Lakukan selama 2-3 menit dan secara rutin

Baca Juga : 5 Faktor Penyebab Ibu Menyusui Kesulitan Memberi ASI Eksklusif

Tapi, meski pijat oksitosin sangat membuat rileks, perhatikan juga hal ini ya:

  1. Jangan terlalu keras memberi tekanan saat memijat, salah-salah bisa membuat tubuh jadi nyeri. Kalau terasa nyeri, langsung hentikan pemijatan.
  2. Dilakukan setelah melahirkan, jangan saat hamil. Karena kalau pas hamil, tekanan saat memijat malah bisa memicu timbulnya kontraksi dini. Bahaya!

Jadi, yuk, para suami belajar dulu cara pijat oksitosin. Biar ibu menyusui jadi rileks, nyaman, merasa disayang suami dan hubungan pun makin mesra setelah kehadiran Si Kecil.

Siap mencoba?

(ARH)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.