Kesehatan

KESEHATAN
18 Maret 2021

8 Penyebab Tulang Rusuk Sakit Sebelah Kiri, Salah Satunya Tanda Gangguan Jantung!

Segera temui dokter ya jika terus berlanjut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pernahkah Moms atau Dads mengalami atau merasakan tulang rusuk sakit sebelah kiri? Nah ternyata ada berbagai alasan yang bisa menjadi faktor penyebabnya, lho!

Rasa sakit yang terjadi pada tulang rusuk memang bisa mengganggu aktivitas harian. Jadi, Moms dan Dads harus segera mencari tahu alasan tulang rusuk sakit sebelah kiri nih!

Sebelum membicarakan mengenai tulang rusuk sakit sebelah kiri, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai tulang rusuk yuk!

Kenalan dengan Tulang Rusuk

rusuk sakit sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Tulang rusuk memiliki bentuk yang panjang serta pipih. Nah tulang ini menempel pada tulang dada atau yang biasa dikenal dengan sternum.

Sebagian besar tulan rusuk menempel pada bagian tengah dada, namun tak semuanya tersambung, Moms!

Hanya tujuh pasang tulang rusuk yang menempel pada tulang dada. Ketujuh pasang tulang rusuk ini dikenal dengan istilah tulang rusuk setaji dan bisa terubung melalui tulang dada melalui tulang rawang.

Sementara itu, lima pasang tulang rusuk di bawahnya dinamakan tulang rusuk palsu.

Meski terlihat kokoh, sebenarnya tulang rusuk punya tingkat fleksibilitas tertentu lho! Hal tersebutlah yang membuat tulang ini bisa mengembang seiring proses pernapasan terjadi dan di saat yang sama bisa melindungi benturan dari luar yang bisa membuat organ vital bagian dada cidera.

Lalu, apa yang membuat tulang rusuk sakit sebelah kiri?

Baca Juga: Tulang Rusuk Belakang Sakit, Jangan Dianggep Sepele!

Penyebab Tulang Rusuk Sakit Sebelah Kiri

rusuk sakit sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah sempat dibahas, tulang rusuk berjumlah 24 buah dengan masing-masing tubuh memiliki 12 pasang tulang.

Tulang rusuk memiliki fungsi untuk melindungi organ vital seperti paru-paru, jantung, dan hati dari berbagai benturan luar.

Nah, ketika salah satu komponen tulang rusuk atau organ di sekitarnya mengalami masalah, hal tersebut bisa menyebabkan tulang rusuk sakit sebelah kiri atau di bagian lainnya.

Timbulnya nyeri di sekitar tulang rusuk pada dasarnya dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan. Nah, ini penyebab tulang rusuk sakit sebelah kiri atau di bagian lainnya seperti yang dijelaskan oleh dr. Yohana Margarita;

1. Cedera tulang atau Otot Sekitar Dada

Cedera bisa terjadi jika Moms dan Dads sempat jatuh dan membuat bagian dada terluka. Cedera yang diakibatkan kecelakaan atau olahraga bisa menjadi peyebab paling umum dari tulang rusuk sakit sebelah kiri atau di bagian lainnya.

Cedera dada sendiri bisa berbentuk ringan da juga berat. Dalam kasus cedera berat, kondisi ini bisa menyebabkan tulang rusuk retak, patah dan juga memar.

2. Costochondritis (Peradangan Tulang Rawan Iga)

Costocondiritis atau yang biasa dikenal dengan sindrom tietze adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan tulang rusuk sakit sebelah kiri dan bagian lain.

Nah costochondritis ini adalah sebuah kondisi adanya peradangan pada tulang rawan yang melekat pada sternum atau tulang dada bersama dengan tulang rusuk atas.

Nah, nyeri yang biasa dirasakan karena kondisi ini bisa terasa ringan hingga berat. Tulang rusuk sakit sebelah kiri bisa menjadi salah satunya.

Ketika memiliki kondisi ini, tulang rusuk biasanya akan terasa seperti ditekan dan Moms bisa merasakan nyeri ketika disentuh bahkan ketika menarik napas.

Dalam kondisi yang parah, rasa sakit pun bisa melebar ke anggota tubuh lain sehingga mengganggu aktivitas. Jika hal ini terjadi, segera periksakan ke dokter ya Moms!

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

3. Ketegangan Otot

Otot tegang atau otot ketarik juga bisa menimbulkan tulang rusuk sakit sebelah kiri, lho!

Jadi, selain cidera akbiat olahraga, kondisi ini juga bisa terjadi karena kurangnya peregangan sebelum olahraga, mengangkat beban, atau kurangnya elastisitas. Tak hanya itu, batuk yang sedang parah pun bisa membuat otot ketarik.

Nah, oleh karena itu, cobalah untuk melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga ya!

4. Penyakit Asam Lambung

rusuk sakit sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka kalau tulang rusuk sakit sebelah kiri bisa disebabkan oleh asam lambung naik juga?

Asam lambung yang naik bisa disebut dengan penyakit maag. Nah, kondisi ini pun umum dialami oleh banyak orang.

Maag merupakan sekumpulan gejala yang disebabkan oleh adanya gangguan atau penyakit yang terletak pada saluran pencernaan. Perlu diketahui, berikut gejala maag selain rusuk sakit sebelah kiri;

  • Tidak nafsu makan
  • Kembung
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut
  • Rasa perih atau terbakar pada ulu hati
  • Bersendawa
  • Mudah terasa penuh setelah makan
  • Mual

5. Pleuritis (Peradangan Selaput Paru)

Peradangan pada lapisan paru dan perut biasanya disebut dengan pelura. Nah, kondisi ini juga bisa menjadi menjadi penyebab tulang rusuk sakit sebelah kiri.

Sejak eksistensi antibiotik, pleuritis sendiri sebenarnya menjadi lebih jarang ditemukan. Jadi, apabila memang seseorang terjangkit kondisi ini, biasnaya bisa sembuh dengan sendirinya.

Pemilik kondisi ini pada umumnya akan merasakan tulang rusuk sakit sebelah kiri dalam beberapa hari hingga dua minggu.

Namun peradangan lain seperti yang terjadi pada paru, yakni bronkitis, juga bisa mengakibatkan rusuk sakit sebelah kiri.

6. Emboli paru (Penyumbatan Pembuluh Darah Paru)

Emboli paru biasanya terjadi ketika arteri yang membawa darah menuju paru-paru terhalang karena adanya penyumbatan.

Jadi, penderita kondisi tidak hanya merasakan tulang rusuk sakit sebelah kiri, namun kondisi seperti batuk darah, sesak napas, gelisah, keringat yang berlebihan, detak jantung tak teratur dan gejala lain pun bisa dirasakannya.

Pada kondisi yang serius, emboli paru bisa merusak paru-paru dan organ tubuh yang lainnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Terong Hijau, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Cocok Sebagai Menu Diet!

7. Gangguan Jantung

Nyeri yang disebabkan oleh cotocodritis mirip dengan nyeri yang disebabkan oleh penyakit jantung, atau gangguan pada sendi.

Nah karenanya, Moms perlu hati-hati jika memiliki kondisi seperti ini. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan EKG, Echo jantung, Rontgen, CT scan, atau MRI untuk memastikan penyebab dari sakit yang Moms rasakan.

8. Kanker Paru-paru

Merasakan rusuk sakit sebelah kiri juga bisa menjadi salah satu gejala kanker paru-paru.

Pada penderita kanker paru-paru, salah satu gejala yang umum adalah sakit tulang rusuk yang semakin parah ketika menarik napas yang dalam, tertawa dan juga batuk.

Selain rasa sakit pada tulang rusuk, gejala lain seperti sesak napas, batuk berdahak yang disertai darah pun bisa menjadi terjadi. Kanker paru yang berasa dari area tubuh lain dapat menyebabkan sakit pada tulang rusuk dan dada.

Perlu diketahui bahwa kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian pada pria dan juga perempuan.

Bila keluhan kerap berulang maka ada baiknya Moms menemui dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya melalui pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, itu dia Moms penjelasan mengenai tulang rusuk sakit sebelah kiri. Jaga kesehatan selalu ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait